Connect with us

SAWAHLUNTO

80 KK Terima Bantuan Kambing Dari Pemko Sawahlunto – siarminang.net

80 KK Terima Bantuan Kambing Dari Pemko Sawahlunto – Beritasumbar.com

Sawahlunto, siarminang.net,- Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat memberikan bantuan ternak kambing kepada masyarakat. Tahun 2020 ini, bantuan ternak kambing diserahkan kepada 80 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto Lelis Epriyenti, melaporkan bahwa setiap KK mendapatkan 3 ekor kambing, yakni 1 ekor kambing jantan dan 2 ekor kambing betina.

“Totalnya itu 80 KK yang menerima. Untuk pembagiannya, pada Kecamatan Lembah Segar dibagikan pada 22 KK, di Kecamatan Silungkang dibagikan pada 15 KK, kemudian di Kecamatan Barangin dibagikan pada 24 KK, sementara di Kecamatan Talawi dibagikan pada 19 KK,” kata Lelis Epriyenti, yang dihubungi Kamis 19 November 2020.

Secara simbolis, untuk penyerahan bantuan kambing pada masyarakat di Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang diselenggarakan pada Rabu 18 November 2020 kemaren.

Walikota Sawahlunto Deri Asta berpesan kepada masyarakat penerima agar jika ingin menjual kambing bantuan tersebut, maka hendaknya jangan induknya yang dijual. Jika ingin menjual maka disarankan untuk menjual anak – anak dari kambing bantuan tersebut.

“Artinya, jika yang dijual adalah anak – anaknya, maka masih ada potensi induknya untuknya terus berketurunan. Sehingga program ini berumur panjang, terus berkelanjutan,” ujar Walikota Deri Asta.

Ditambahkan Walikota, bagi Pemko Sawahlunto program bantuan ternak bagi masyarakat ini adalah amanah untuk menumbuhkembangkan ekonomi produktif masyarakat. Sedangkan bagi masyarakat, amanahnya adalah menjaga dan merawat ternak bantuan tersebut.

Walikota Deri Asta juga meminta masyarakat penerima bantuan untuk tidak segan berkonsultasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. Walikota mengingatkan, jika memang tidak punya pengetahuan atau kompetensi jangan sampai melakukan tindakan yang bersifat “coba – coba” karena dapat beresiko terhadap ternak. (Beni M)

Tayang Bersama : DMagek.ID



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan – siarminang.net

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan – Beritasumbar.com

Sawahlunto,siarminang.net, – Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Menurut Kepala Rumah Tahanan Sawahlunto, Subhan Malik, Penggeledahan tersebut merupakan intruksi dari Dirjen untuk mengantisipasi peredaran Narkoba di lingkungan Rutan, dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun 2021 ini.

Dalam pemeriksaan dan penggeledahan tersebut, pihaknya  menggandeng aparat hukum, dalam hal ini Satres Narkoba Polres Sawahlunto yang langsung dipimpin Kasat Narkoba, AKP. Syamsurijal.

“Razia ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran Narkoba di lingkungan Rutan, sebagaimana kita ketahui bahwa di sejumlah Rutan kerap terjadi peredaran Narkoba. Sesuai dengan intruksi dari Pak Dirjen, hari ini dilaksanakan serentak di seluruh Rutan dan Lapas yang ada di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Razia ini, imbuh Subhan Malik, termasuk  rangkaian kegiatan jelang peringatan hari Bhakti Kemasyarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April ini, dan nantinya akan ada bakti social.

” Dalam razia ini kita melakukan pemeriksaan dibagian dalam sel dan membongkar barang-barang milik Napi yang dimungkinkan dapat untuk menyimpan barang haram,” jelasnya.

Selain melakukan razia, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan tes urine oleh Satres Narkoba yang dipilih secara acak pada 5 orang, dari 15 tahanan khusus Narkoba yang ada di rutan ini.

“Alhamdulillah, dari  hasil penggeledahan yang dilakukan tidak ditemukan adanya Narkoba. Dan dari 5 orang yang di tes urine, hasilnya juga negative,” ungkap Subhan.

Menanggapi pertanyaan awak media terkait kemungkiunan adanya oknum pegawai Rutan yang turut “bermain” Narkoba, Subhan Malik menegaskan bahwa siapapun anggota dalam jajarannya yang coba-coba bermain Narkoba, baik dalam rutan maupun di luar tugas, maka sanksinya adalah pecat.

“Kita tidak main-main, siapapun yang terlibat pada peredaran narkoba, maka tidak ada ampun dan akan langsung di pecat,” tandasnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres sawahlunto, AKP. Syamsurijal mengatakan, sesuai perintah Kapolres AKBP. Junaidi Nur,  pihaknya menerjunkan 30 personel yang terbagi menjadi 3 bagian.

“Bagian pertama, melakukan pengamanan di luar rutan. Seterusnya, pengamanan di dalam rutan dan langsung terjun ke dalam sel rutan untuk melakukan razia Narkoba,” terangnya.

Khusus untuk sel perempuan, imbuh Syamsurijal, dilaksanakan oleh Polwan. Dan dari pemeriksaan tidak ditemukan Narkoba.

“Kita tidak menemukan barang-barang jenis Narkotika, tetapi hanya menemukan beberapa barang-barang milik warga binaan seperti mancis yang kita amankan, dan alat pencukur.,” paparnya.

Kepada pihak Rutan, ia juga menyarankan agar tidak membiarkan para Napi menyimpan mancis, karena nanti bisa memicu pembakaran di dalam sel bila terjadi kegaduhan. (ap)



Sumber

Baca Selengkapnya

Politik

Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits – siarminang.net

Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits – Beritasumbar.com

Sawahlunto, siarminang.net – Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits. Hal itu dikatakannya di hadapan warga Desa Salak saat acara khatam Alquran di Masjid Nurul Hidayah Salak, Minggu (4/4).

Menurutnya, untuk menciptakan semua itu diperlukan kerja sama dengan semua unsur masyarakat, mulai dari kepala desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan generasi muda di daerah ini.

“Kita menciptakan hafidz Alquran dan generasi Qur’ani di Kota Sawahlunto, untuk mendorong dan menyukseskan kehadiran rumah- rumah tahfidz yang ada saat ini,” katanya.

Ia mengatakan anak- anak yang bisa hafal Al-Quran merupakan anak-anak yang pintar. Untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di perguruan tinggi, bagi yang hafal Al-Quran akan mendapat prioritas dan ada yang bebas uang kuliah dan yang lainnya.

Dengan telah selesainya anak- anak khatam Al-Quran, jangan sampai berhenti membaca dan mempelajari Alquran, tetapi semakin meningkatkan pemahaman terhadap isinya sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran tersebut membentengi diri anak dari pengaruh negatif.

“Semua ini tanggungjawab orang tua dan kita semua,” kata Deri Asta.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto Jaswandi mengatakan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM) mari kita sediakan dana yang cukup, pihak desa jangan sekadar saja mengalokasikan dana desa untuk sektor pendidikan keagamaan.

Kemudian, alokasikan dana desa secukupnya untuk peningkatan SDM di setiap desa. “Investasi yang kita tanamkan hari ini, akan kita petik hasilnya beberapa tahun kemudian. Mari kita bentuk generasi muda sedini mungkin, supaya bisa membentengi diri dari pengaruh lingkungan negatif dari kemajuan teknologi saat ini,” Jaswandi. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Politik

Menuju Zona Integritas, Rutan Sawahlunto Terus Genjot Pelayanan – siarminang.net

Menuju Zona Integritas, Rutan Sawahlunto Terus Genjot Pelayanan – Beritasumbar.com

Sawahlunto,siarminang.net,- Rutan Kelas IIB kota Sawahlunto terus membuktikan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga binaan mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya renovasi di Lapas tersebut di tahun 2021 ini, dengan menggunakan anggaran perawatan sumber anggaran DIPA Tahun 2021.

Menurut Kepala Rutan IIB Sawahlunto, Subhan Malik, sejumlah renovasi tersebut diantaranya adalah Aula, lapangan terbuka dan dapur.

Bagian pertamakali yang direnovasi, sebut Subhan Malik, adalah Aula Rutan Sawahlunto, dari sebelumnya yang terkesan biasa saja, kini sudah terkesan seperti ruangan pada bangunan modern pada umumnya, dimana plafon Aula dipasangi PVC dan wallpaper dinding.

“Selanjutnya adalah lapangan bagian depan Aula yang juga dilakukan perbaikan dengan pemasangan paving block. Sedangkan untuk bagian dapur, dilakukan tata ulang ruangan dan pembaharuan cat dan plavon. Kini kegiatan memasak di dapur bisa lebih dijamin lagi hiagenitasnya,” ungkapnya.

Lebih jauh Subhan Malik menuturkan bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan perbaikan sarana prasarana, demi memberikan pelayanan prima bagi warga binaan.

“Bagaimanapun, kepuasan masyarakat adalah prioritas kami dalam mengabdi pada Negara,” pungkasnya. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer