Connect with us

#kapolda

Andre Pertanyakan Baliho Kapolda, Mulyadi Tanggapi Santai

Andre Pertanyakan Baliho Kapolda, Mulyadi Tanggapi Santai


PADANG – Anggota Komisi III DPR RI Mulyadi menanggapi santai beredarnya baliho iklan layanan masyarakat Polri bergambar Kapolda Sumbar yang terdapat di hampir semua wilayah Sumatera Barat.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu belakangan ini, banyak beredar baliho Kapolda Irjen Pol Fakhrizal yang tidak terkait dengan tupoksinya sebagai anggota Polri karena berbaju koko (bukan baju dinas) dengan tulisan “Bersatu untuk Sumbar Maju” dan ditambah lagi dengan embel embe tulisan “Sahabat Fakhrizal”.

Sebelumnya, anggota DPR RI, Andre Rosiade melalui akun twitter miliknya menyebut beredarnya baliho bergambar Kapolda itu terindikasi sebagai aktivitas politik. Penggunaan baliho yang bergambar Kapolda dengan menggunakan baju muslim itu sudah menyimpang dari tupoksinya sebagai anggota Polri.

Mulyadi sendiri cenderung menyikapi dengan santai.  Ia menyebutkan sebagai seorang perwira tinggi aktif di lingkungan Polri, Irjen Fakhrizal harus bersikap netral dan mematuhi aturan yang ada terkait peran serta tugas dan fungsi anggota Polri.

“UU No 2 Tahun 2002 khususnya pasal 28 ayat 1 dan 2 yang secara tegas melarang anggota Polri terlibat dalam kegiatan politik praktis dan apabila ingin ikut berpolitik harus mengundurkan diri dari kedinasan,” tegasnya.

Ditambahkan Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar itu, apa yang dilakukan Fakhrizal jelas berberda dengan anggota partai politik yang bebas melakukan kegiatan politik kapan saja termasuk memasang baliho dan tanda gambar dirinya.

“Apakah Kapolda saat ini telah terlibat politik praktis seperti yang dipersoalkan Andre Rosiade, akan saya dalami dulu, khususnya terkait adanya masukan ke Komisi III tentang adanya upaya pengumpulan KTP yang dikoordinasikan anggota polri. Apakah hal itu betul dan menjadi fakta yang terjadi di lapangan, atau hanya sekedar isu,” jelas peraih suara terbanyak di Pileg 2019 silam.

Politisi asal Bukik Apik itu meminta semua anggota Polri wajib menjalankan tugas sesuai dengan amanat undang undang dan peraturan yang berlaku. (rel)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#kapolda

Kapolda Cek 4 TPS, Sumbar Aman dan Terkendali

Kapolda Cek 4 TPS, Sumbar Aman dan Terkendali


PADANG – Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal beserta beberapa pejabat utama mengecek beberarap Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada Rabu (17/4) pagi. Dari pantauan di lokasi, pelaksanaan Pemilu (pemilihan umum) 2019 berlangsung aman dan terkendali.

Begitu juga di seluruh wilayah Sumatera Barat, Pemilu berlangsung aman. Peserta pemilu, baik parpol (partai politik) dan para caleg (calon legislatif) diminta menerima hasil pemilu dengan baik.

“Situasi Sumatera Barat sangat kondusif. Sampai saat ini lancar semua, tidak ada masalah,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal.

Kapolda mencek empat TPS di Padang, yakni, dua TPS di kawasan Padang Pasir, satu TPS di Klenteng, Padang Barat dan satu TPS di kawasan Ulak Karang, Padang Utara.

“Tadi saya keliling di empat TPS. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Sesuai yang kita harapkan.
Untuk pemilih juga antusiasnya sangat luar biasa,” kata Fakhrizal.

Kapolda menegaskan, dari 34 provinsi di Indonesia, Sumbar berada pada rangking 26 soal kerawanan. Artinya, Sumbar merupakan daerah yang kerawanannya terendah.

Jenderal bintang dua ini menekankan, yang menjadi atensi pihaknya adalah menjaga stabilitas keamanan Sumbar. Jika daerah aman, kondusif, maka pembangunan menjadi lancar.(guspa)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer