Connect with us

PESISIR SELATAN

Balai Besar TNKS Bidang Wilayah II Sumbar, berikan Sosialiasi Sadar Hukum – siarminang.net

Balai Besar TNKS Bidang Wilayah II Sumbar, berikan Sosialiasi Sadar Hukum – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,-Masyarakat di Kecamatan Ranah IV Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan mendapat kegiatan sosialiasi pengelolaan TNKS dalam rangka menjadikan masyarakat sadar hukum khususnya terkait dengan bidang Kehutanan.

Dalam sosialisi yang diadakan Balai Besar TNKS, Bidang PTN Wilayah II Sumatera Barat, juga dihadiri steak holder yang ada di Kecamatan Ranah IV Hulu Tapan, Kamis (17/12). Seperti, Aparat Penegak Hukum (Polri, TNI dan Pihak Kecamatan).

Kepala Balai Besar TNKS melalui Kepala BPTN Wilayah II Sumbar Ahmad Darwis, S.Hut, M.Si, mengatakan, upaya ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri LHK RI melalui Dirjen KSDAE bahwa pengelolaan hutan harus menjadikan masyarakat sebagai subjek dan harus melibatkan stakholder terkait, permasalahan – permasalahan lapangan harus diselesaikan dengan upaya pendekatan peneggakkan hukum merupakan langkah terkhir. 

Selain hal tersebut Balai Besar TNKS juga terus mendorong masyarakat untuk melakukan kerjasama melalui kemitraan konservasi, ungkap Ahmad.

” Kita berharap Balai Besar TNKS berharap  kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya pelestarian kawasan hutan TNKS, dan tidak ada lagi aktifitas ilegal ke dalam kawasan TNKS (Pembukaan kawasan hutan dan Ilegal Logging), hal ini sebagai antisipasi terjadi dampak lingkungan seperti banjir bandang,” tegas dirinya.

Sementara itu, Camat Rahul Alamsyah mengatakan, kami sangat memberikan apresiasi buat pengelola TNKS atas kegiatan ini, dan atas upaya-upaya dalam melibatkan masyarakat dalam pengelolaan TNKS. 

Termasuk pada tahun ini pihak BBTNKS juga telah memberikan bantuan berupa peralatan wisata alam ini merupakan wujud TNKS dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar TNKS dan mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan dalam membuka destinasi wisata baru. 

Selain hal tersebut Camat juga meminta kepada Para Wali Nagari yang hadir akan mengoptimalkan dana Desa untuk peningkatan ekonomi dan upaya pelestariang lingkungan hidup dan kepada tokoh masyarakat yang hadir agar bisa menyampaikan informasi-informasi pengelolaan TNKS kepada masyarakat sehingga kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang berurusan dengan hukum.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 30 orang terdiri dari Perangkat Kecamatan, Perangkat Nagari dan Tokoh Masyarakat. 

Adapun Narasumber dari kegiatan ini adalah Kepala BPTN Wilayah II Sumatera Barat, Kapolsek BAB Tapan, Koramil Tapan, dan Polisi Kehutanan. Kegiatan ini dibiayai oleh Pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Energi Air dalam kawasan TNKS PT. 

Brantas Cakrawala Energi, sebagai bentuk keterlibatan pemegang izin dalam upaya pelestarian kawasan TNKS yang merupakan chatmen area dari usaha pemanfaatan energi air. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESISIR SELATAN

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla. – siarminang.net

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla. – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,- Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging. 

Kepada media, Selasa (23/2)  dalam pelaksanaan penegakan hukum diwilayah hukum Polres Pessel, Kapolres Pesisir Selatan tetap mengedepankan preemtif, preventif dan penegakan hukum. Serta melaksanakan koordinasi dengan elemen masyarakat, TNI dan unsur pemerintah. Seperti  Tagana, BPBD, dan Damkar.

” Saya tegaskan, tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan Ilegal Logging serta pembakaran hutan di wilayah hukum. Kita akan tindak tegas,” ujar Sri Wibowo.

Banyak dampak bisa terjadi dari ilegal logging yaitu, banjir dan tanah longsor termasuk juga menggangu habitat satwa yang ada didalam hutan itu sendiri. Sementara itu, perambahan hutan dengan cara membakar hutan juga bisa memberikan dampak pada kesehatan warga, akibat asap ditimbulkan dari pembakaran hutan ataupun lahan. 

Dan jika terbukti didapatkan oknum warga sengaja membakar hutan ataupun melakukan ilegal logging kita akan tindak tegas ( proses hukum).

Lebih lanjutnya, perlu ada kerjasama semua pihak untuk ikut berperan dalam menjaga alam, apabila menemukan atau mengetahui aktifitas ilegal logging ataupun perambahan hutan, Sri Wibowo bisa menginformasikan pada Polres Pessel, serta jajaran Polsek – Polsek. 

Pada para jajaran Polsek – Polsek agar tetap melakukan kegiatan patroli rutin diwilayah hukumnya masing – masing, untuk meminimalisir Ilegal logging, kebakaran hutan. Termasuk bencana alam.

” Atas informasi hal tersebut, maka Kita akan segera ditindak lanjuti,”  kata Kapolres Pessel.

Lebih jauh Kapolres Pessel itu akan melaksanakan intruksi dan arahan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam hal pencegahan ilegal logging, kebakaran hutan, dan bencana alam. Tekuknya.



Sumber

Baca Selengkapnya

PESISIR SELATAN

Epaldi Bahar Ajak Segala Lapisan Masyarakat Hormati Putusan MK – siarminang.net

Epaldi Bahar Ajak Segala Lapisan Masyarakat Hormati Putusan MK – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,-Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD), Pesisir Selatan Epaldi Bahar mengajak seluruh semua lapisan masyarakat menghormati putusan/ ketetapan Mahkamah Konstitusi ( MK), untuk bersama disikapi sebagaimana mestinya. 

” Saya kira kita semua sudah mendengar dan melihat langsung bagaimana proses persidangan pembacaan putusan sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Pesisir Selatan hari ini, Selasa (16/2/2021) pukul 16.00 Wib di MK, saya berharap sekali lagi semua elemen masyarakat bisa menghormati nya,” ucap Epaldi Bahar, pada media di ruang kerjanya. Selasa (16/2).

Dikatakan dirinya, penting juga kami sampaikan, posisi sebagai penyelengara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pessel (KPU ) dalam berperkara di MK bukanlah membela pasangan calon tertentu, namun membuktikan bahwa Tahapan Pemilihan 2020 sudah dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Atas putusan telah ditetapkan dan diputuskan oleh hakim MK, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Daerah Pesisir Selatan maka akan  menunggu hasil salinan putusan MK untuk selanjutnya segera dilaksanakan Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

” Jika salinan putusan diterima KPU Pessel dari MK. Kita segera akan agendakan rapat pleno penetapan,” kata Epaldi Bahar usai pelaksanaan pembacaan sidang putusan MK disaksikan secara virtual.

Lebih lanjut atas nama KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar mengucapkan terima kasih atas kerjasama seluruh lapisan masyarakat di Pesisir Selatan, juga pihak – pihak terkait telah bersama menyukseskan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pessel. 

Dan, apa telah diputusan/ ketetapan Mahkamah Konstitusi ( MK) sekali lagi kita sama – sama menghormatinya. Tukuk Epaldi Bahar. 



Sumber

Baca Selengkapnya

PESISIR SELATAN

Diduga Terlibat Transaksi Narkoba, 2 Pemuda Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel – siarminang.net

Diduga Terlibat Transaksi Narkoba, 2 Pemuda Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,- 2 Pemuda di kecamayan Pancung Soal Pesisir Selatan dibekuk tim Opsnal Sapu Jagat dari jajaran Satresnarkoba Polres Pessel. FF (19) dan AY (21) dibekuk dengan dugaan penyalahgunaan narkotika jenis ganja. 9 paket kecil ganja diamankan dari 2 pelaku tersebut.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH menuturkan, penangkapan dua orang tersangka berawal dari informasi warga dimana keduanya sering melakukan transaksi narkoba. 

Tersangka diciduk saat sedang duduk duduk diatas sepeda motor mereka.

Dikatakan Hidup Mulia, langsung diturunkan opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pessel melakukan penyelidikan ke kampung Tarandam, Kenagarian Inderapura Timur, Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan. 

” Setelah anggota melakukan penyelidikan, didapatkan dua orang sesuai ciri – ciri tersebut sedang duduk diatas motornya, diduga hendak melakukan transaksi narkoba,” tegas Kasat Narkoba Polres Pessel, pada awak media Minggu (14/2).

Usai mengamankan dua tersangka, kita lakukan langsung melakukan pengeledahan dari keduanya, sebanyak 9 ( sembilan ) paket kecil diduga narkotika jenis ganja keringnyang di balut dengan kertas buku juga diamankan. 

Kemudian pelaku dan barang bukti dibawa kepolres pessel untuk proses hukum lebih lanjut.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer