Connect with us

bawaslu limapuluh kota

Bawaslu Limapuluh Kota Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipatif Dalam Pengawasan Pemilu 2020

Bawaslu Limapuluh Kota Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipatif Dalam Pengawasan Pemilu 2020


Limapuluh Kota – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota terus mengajak seluruh komponen masyarakat meningkatkan partisipatif dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada 2020. Minimal, memberi laporan awal jika menemukan indikasi pelanggaran kepada Bawaslu.

“Pada Pemilu 2019 lalu, tingkat kepedulian dan partisipasi masyarakat terhadap pelaporan tindak pelanggaran terus meningkat, tapi masih perlu ditingkatkan,” kata Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra, ketika membuka kegiatan sosialisasi Pilkada 2020 di Restoran Tiva kawasan Pulutan, Harau, Rabu (27/11).

Dari catatan Bawaslu, pada penyelenggaraan Pilkada Limapuluh Kota 2015 dan Pemilu 2019, angka partisipasi masyarakat melaporkan tindakan pelanggaran pemilu mengalami kenaikan. Ini membuktikan, kepedulian masyarakat mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran pemilu terus tumbuh.

Kendati demikian, ia menyebut, di beberapa kecamatan masih ada masyarakat yang enggan memberi informasi atau menjadi pelapor.

Sebagai wasit dalam penyelenggaraan Pilkada, Bawaslu terus berupaya mengedukasi masyarakat perihal pentingnya integritas, kredibilitas, dan transparansi penyelenggara Pilgub dan Pilbup 2020.

“Karena itu, sosilisasi ini sengaja kami gelar lebih awal karena kami berkeinginan mengajak masyarakat mengetahui pentingnya peran kita sebagai pemilih agar ikut mengawasi proses Pilkada,” kata Yoriza Asra.

Dalam sosialisasi, Bawaslu mengundang pengurus partai politik di Limapuluh Kota, Organisasi Masyarakat (Ormas), LSM hingga perwakilan pemuda dan bundo kanduang.

Tujuannya agar peserta bisa memberikan pemahaman terhadap kadernya dan masyarakat umum terkait Pilkada.

Hadir menjadi nara sumber, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen, Akademisi UIN Imam Bonjol Padang, Abrar, hingga komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata dan Zumaira.

Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen, dalam materinya sempat mengingatkan serta mengajak masyarakat mengawasi setiap indikasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), sepanjang tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020.

Sebab, potensi dan indikasi keterlibatan Aparat Sipil Negara (ASN) terkait netralitas semakin tinggi. Pada Pemilu 2019 lalu, di Sumatera Barat sekitar 27 ASN dilakukan proses penindakan karena terindikasi melakukan pelanggaran sesuai ketentuan Undang-Undang.

“Termasuk di Limapuluh Kota, ada sekitar tiga kasus terkait netralitas ASN. Ketiganya sudah ditindaklanjuti bahkan telah diberikan sanksi oleh KASN.
Karena itu mari sama-sama kita awasi, jangan sampai ada lagi pihak-pihak yang dituntut netralitasnya terlibat politik praktis,” terangnya.(humas)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));
(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&appId=322156664622039&version=v2.3”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_GB/sdk.js#xfbml=1&version=v2.7&appId=322156664622039”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bawaslu

Ratna Dewi Pettalolo Resmikan Pusat Layanan Informasi Publik Bawaslu 50 Kota – siarminang.net

Ratna Dewi Pettalolo Resmikan Pusat Layanan Informasi Publik Bawaslu 50 Kota – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota, siarminang.net – Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo mengunjungi Luak Limopuluah dalam rangka kunjungan kerja sekaligus meresmikan Pusat Layanan Informasi Publik yang digagas Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (15/11)

Dalam kunjungannya, Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan itu tampak didampingi tiga Komisioner Bawaslu Sumatera Barat. Masing-masing, Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen, bersama dua anggota Bawaslu, Alni dan Elly Yanti, berikut Kepala Sekretariat, Karnalis Kamaruddin.

Rombongan Ratna Dewi Pettalolo tiba di kantor Bawaslu Limapuluh Kota, pukul 11.10 WIB. Rombongan disambut langsung Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra, bersama dua komisioner lainnya, Ismet Aljannata dan Zumaira serta koordinator sekretariat, Mellia Rahmi dengan tari pasambahan.

Yoriza Asra dalam sambutannya menyebutkan, personil Bawaslu Limapuluh Kota terdiri dari 3 orang komisioner, 1 Koorsek dan 17 staf sekretariat. Adapun jajaran Panwascam berjumlah 39 orang tersebar pada 13 kecamatan, 79 orang Pengawas Keluarahan/Desa, serta 797 Pengawas TPS.

“Selama tahapan kampanye, Bawaslu Limapuluh Kota sudah melakukan pengawasan, sosialisasi, rakor pengawasan partisipatif, termasuk penandatangan MoU dengan berbagai pihak. Kemudian melaunching Nagari Anti Politik Uang, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak demi kelancaran tahapan pilkada serentak 2020,” sebut Yori.

Sepanjang tahapan Pilkada 2020 ini, katanya, Bawaslu Limapuluh Kota juga telah menangani sedikitnya, 6 temuan dugaan pelanggaran. Diantaranya 3 temuan dugaan pelanggaran pidana, 1 temuan dugaan pelanggaran ASN, dan 2 Temuan dugaan pelanggaran kode etik. 

Ratna Dewi Pettalolo dalam ramah tamah yang juga diikuti jajaran sekretariat serta 13 anggota Divisi HPP Panwascam, mengaku tersanjung atas sambutan Bawaslu Limapuluh Kota. Ia juga mengapresiasi gagasan Bawaslu setempat terkait layanan informasi publik.

“Kerja kita sebagai pengawas tidak hanya di lapangan saja. Tapi harus ada pembuktian. Salah satu pembuktian itu, adalah bagaimana kita menampilkan informasi pengawasan ke publik secara rapi dan ringkas, supaya publik dapat menangkap apa saja aktivitas yang sudah kita lakukan,” terangnya.

Wanita kelahiran Palu ini menambahkan, berdasarkan data yang terhimpun dari seluruh daerah yang akan menggelar pemilihan di 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota, sudah tercatat sebanyak 2.170 pelanggaran. Baik itu temuan maupun laporan yang didominasi pelanggaran administrasi.

“Peringkat kedua, yaitu pelanggaran kode etik, dan pelanggaran hukum lainnya seperti pelanggaran netralitas ASN dan juga netralitas TNI/Polri,” tambah Ratna Dewi.

Ratna Dewi juga mengingatkan jajaran pengawas di Limapuluh Kota, terutama ketika memasuki hari-hari genting, seperti masa tenang, hari pemungutan dan perhitungan suara.  “Waktu-waktu tersebut merupakan masa yang harus kita waspadai dan memaksimalkan pengawasan supaya dugaan pelanggaran dapat diminimalisir. Tanggal 6,7, dan 8 Desember 1 x 24 jam, kita harus dapat memaksimalkan pengawasan di lapangan. Agar segala bentuk politik uang dapat ditekan seminimal mungkin,” imbuhnya.



Sumber

Baca Selengkapnya

bawaslu limapuluh kota

Masyarakat Mungka Komitmen Bantu Panwaslucam Kawal Pilkada – siarminang.net

Masyarakat Mungka Komitmen Bantu Panwaslucam Kawal Pilkada – Beritasumbar.com

Mungka, www.siarminang.net – Seluruh elemen masyarakat Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota siap membantu Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) setempat untuk mengawasi proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ini.

Hal itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan yang ditandatangani pada kegiatan rapat koordinasi dalam rangka pengawasan partisipasipatif masyarakat pada Pilkada serentak tahun 2020 di Padang Loweh, Minggu (15/11).

Diantara kelompok masyarakat yang diundang dalam kegiatan tersebut adalah perwakilan karang taruna masing-masing nagari se-Kecamatan Mungka, perwakilan pelaku seni, perwakilan klub olahraga, dan perwakilan kelompok tani Kecamatan Mungka.

“Sebagai bentuk komitmen kita untuk sama-sama ikut mengawasi Pilkada 2020, pada hari ini (Minggu, 15/11), kita lakukan penandatanganan MoU bersama seluruh elemen masyarakat tersebut,” kata Ketua Panwascam Mungka, Yudianto.

Dikatakannya, pada masa kampanye seperti saat ini, kelompok-kelompok masyarakat yang ada di nagari diyakini akan coba didekati oleh para calon yang akan bertarung dalam kontestasi kali ini.

Untuk itu, diperlukan pemahaman yang mumpuni dari setiap masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Undang-Undang Pilkada, diantaranya politik uang.

“Perlu kami tegaskan di sini, politik uang tidak hanya membahayakan demokrasi tapi sanksi bagi pelakunya, baik pemberi maupun penerima sangatlah berat. Berdasaran Pasal 187A UU Nomor 10 Tahun 2016, penerima dan pemberi diancam dengan hukuman pidana penjara paling singkat 36 bulan dan denda paling sedikit Rp200 juta,” kata Yudianto.

Dari kegiatan rapat koordinasi yang dilakukan tersebut diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap Pilkada 2020 ini.

“Secara hierarki, memang Bawaslu bersama jajaran diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengawas proses Pilkada. Tapi secara hakekat, rakyat selaku pelaku utama juga bertindak sebagai pengawas, termasuk mengawasi kami penyelenggara, kalau ditingkat kecamatan ada PPK dan Panwascam,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut, Ketua PPK Kecamatan Mungka, Rio Dwi Nanda yang juga ikut bertindak sebagai narasumber memaparkan materi terkait tahapan Pilkada, baik itu yang dilaksanakan, yang tengah dilaksanakan, dan yang akan dilaksanakan. “Sesuai dengan tujuan kegiatan ini, kami harapkan masyarakat bisa lebih proaktif terkait penyelenggaraan Pilkada 2020 ini. Muaranya peningkatan partisipasi pemilih, sehingga pemilu yang Luber-Jurdil itu dapat terlaksa di daerah kita ini,” katanya.



Sumber

Baca Selengkapnya

bawaslu limapuluh kota

Bawaslu Limapuluh Kota Gelar Senam Sehat Pengawasan Pemilu

Bawaslu Limapuluh Kota Gelar Senam Sehat Pengawasan Pemilu


Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, – Penyelenggaraan senam sehat pengawasan Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota di halaman kantor Bupati, kawasan Sarilamak, Harau, Sabtu 7 September 2019 pagi berlangsung meriah. Ratusan peserta dari berbagai lembaga dan masyarakat antusias mengikuti rangkaian sosialisasi Pilkada 2020 tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra mengatakan, penyelenggaraan senam sehat pengawasan Bawaslu merupakan iven sosialisasi sekaligus edukasi, menyusul sudah dimulainya tahapan Pilkada gubernur-wakil gubernur Sumatera Barat dan pemilihan bupati – wakil bupati di wilayah Limapuluh Kota, akhir tahun ini.

Dia memastikan, Bawaslu Limapuluh Kota, tengah menjalankan berbagai program kegiatan dalam rangka persiapan pengawasan tahapan Pilkada. “Saat ini, tengah kita lakukan seleksi penjaringan anggota pengawas kecamatan. Prosesnya, sedang berjalan,” sebut Yori, pangggilan akrab Ketua Bawaslu.

Bawaslu Limapuluh Kota, tambah Yori, berkomitmen menjalankan tugas, fungsi dan kewajibannya selaku lembaga pengawas pemilu sesuai amanah Undang-Undang. Tekad tersebut tidak terlepas dari tujuan menyukseskan perhelatan pesta demokrasi pilkada serentak.

Pihaknya mengajak seluruh kalangan, baik dari instansi dan institusi pemerintah hingga masyarakat, agar sama-sama berkontribusi menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2020. Sebab, menurutnya, kesuksesan pemilihan kepala daerah menjadi tanggung jawab seluruh anak bangsa.

“Masyarakat pun, juga bisa berpartisipasi membantu tugas kami, minimal memberikan laporan, apabila menemukan indikasi kecurangan di wilayahnya. Mari kita ciptakan sistem penyelenggaraan Pilkada yang jujur, adil serta berintegritas sesuai amanat konstitusi,” ajak Yori.

Selain para komisioner dan koordinator sekterariat, iven senam sehat pengawasan Bawaslu, turut dihadiri unsur Forkopimda Limapuluh Kota. Mulai dari Sekdakab Limapuluh Kota, Widia Putra, Waka Polres 50 Kota, perwakilan Dandim 0306, Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati dan ratusan masyarakat.

Usai senam yang dipandu para instruktur berpengalaman, para peserta semakin bersemangat, karena panitia menyiapkan hadiah doorprize bersama live music. Mulai dari soufenir, pakaian, peralatan rumah tangga, televisi hingga sepeda yang disupport Bank BNI Cabang Payakumbuh serta BPJS Ketenagakerjaan Payakumbuh. (*)

Teks foto: Komisioner dan Sekretariat Bawaslu, foto bersama unsur Forkopimda serta para peserta penerima doorprize Senam Sehat Pengawasan Bawaslu di halaman Kantor Bupati, Sabtu (7/12) pagi.(rel)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));
(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&appId=322156664622039&version=v2.3”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_GB/sdk.js#xfbml=1&version=v2.7&appId=322156664622039”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer