Connect with us

Payakumbuh

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan – siarminang.net

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan – Beritasumbar.com

Payakumbuh ,siarminang.net,- Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Kepala Disparpora Kota Payakumbuh Desmon Korina mengatakan kegiatan tersebut bisa terlaksana apabila pihaknya bisa memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan serta mendapatkan izin dari tim gugus tugas penanganan covit-19.

“Semuanya tergantung kondisi, apabila diizinkan maka kegiatan tersebut akan kita laksanakan,” kata Kepala Disparpora Desmon Korina kepada media di ruang kerjanya, Selasa (12/01).

Seperti event Tour de Singkarak (TDS), Desmon menyebut untuk tahun 2021 Kota Payakumbuh tidak ambil bagian dalam perhelatan tersebut mengingat dalam situasi sekarang ada pembatasan dalam melaksanakan kegiatan.

“Untuk tahun ini kita tidak lagi menjadi salah satu peserta dalam event tersebut dan daerah kita hanya dilalui saja oleh peserta TDS,” ucapnya.

Sama halnya dengan kegiatan Uda Uni, untuk tahun sekarang pihaknya tidak lagi mengadakan acara malam puncak pemilihan Uda Uni Kota Payakumbuh karena ditakutkan nantinya akan mengundang kerumanan masyarakat.

“Walaupun tidak ada, pembinaan tetap akan kita berikan kepada Uda Uni Kota Payakumbuh, dan kita juga libatkan mereka apabila ada kegiatan dan tamu penting yang berkunjung ke Payakumbuh,” jelasnya.

Dengan kondisi yang demikian, Desmon menyebut di tahun 2021 ini Disparpora akan lebih fokus menangani dua pembangunan sarana olah raga yaitu melanjutkan pembangunan GOR tipe B, dan Lapangan Sepak bola di Kelurahan Tanjung Pauh dengan total anggaran lebih kurang 10milyar rupiah.

“Kita juga tidak menutup kemungkinan melaksanakan even kerja sama, seperti kolaborasi Disparpora Kota Payakumbuh dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar seperti pelaksanaan event Silat, randai dan sebagainya,” pungkasnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Payakumbuh

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar – siarminang.net

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Turut mendampingi Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Plt Kalaksa BPBD Kota Payakumbuh Agus Rubiono, Kasatpol PP dan Damkar Devitra, Kabid Damkar Budi Kurniawan, Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Andi Malaway, petugas Dinas Lingkungan Hidup, Forum Karang Taruna Payakumbuh, LPM, RAPI, PMI serta masyarakat sekitar.

Erwin Yunaz mengatakan Pemko Payakumbuh beserta jajaran turut membantu yayasan Cahaya Islami agar dapat mengambil langkah selanjutnya terhadap gedung asrama yang terbakar itu. Karena memang kebakaran itu telah memberikan kerugian besar kepada yayasan, baik moril maupun materil.

“Atas nama pribadi serta Pemerintah Kota Payakumbuh menyampaikan turut sedih dan prihatin atas musibah kebakaran ini. Semua ini pasti ada hikmahnya, dan segala bantuan juga sudah siap siaga bagi Yayasan Cahaya Islami,” ujar Erwin.

Ditambahkan Erwin, Musibah kebakaran yang terjadi belakangan ini banyak dipicu akibat korsleting listrik. Maka dibutuhkan kewaspadaan karena kapanpun hal tersebut bisa tejadi.

“Kasus kebakaran didominasi oleh hubungan pendek arus listrik. Untuk itu saya himbau kepada seluruh warga agar menggunakan sambungan kabel yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),” pesannya.

Tidak lupa Erwin memberikan apresiasi atas kesigapan jajaran Pemko Payakumbuh dan masyarakat sekitar dalam memperhatikan dan mengevakuasi kebakaran yang terjadi di Pondok Pesantren Cahaya Islami itu.

”Kita ucapkan terima kasih kepada jajaran Pemko Payakumbuh serta masyarakat sekitar dengan sigap dalam memberikan bantuan. Tadi juga kita lihat sudah tersedianya makan dan berbagai bantuan. Kemudian juga kita sampaikan keprihatinan. Ini kita jadikan hikmah dalam lebih mewaspadai bahaya kebakaran,” pungkasnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar – siarminang.net

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar – Beritasumbar.com

Payakumbuh ,siarminang.net,- Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Kejadian itu disaksikan dan dilaporkan oleh Security Sentra IKM Randang Payakumbuh yang sedang bertugas ke petugas Satpol PP yang piket di Kantor Satpol PP dan Damkar di Padang Kaduduak, kemudian diteruskan laporan ke Posko Damkar Kota Payakumbuh.

Tak memakan waktu lama, Kasat Pol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra didampingi Kabid Damkar Budi Kurniawan langsung turun ke lapangan bersama Ph Kasi Ops dan Danru 1 Indra Jaya dengan mengirimkan seluruh armada dan personil ke lokasi untuk melakukan pemadaman dengan dibantu 3 unit Damkar Kabupaten Limapuluh Kota, ada 8 mobil damkar yang dikerahkan.

Menurut Devitra, pemadaman malam itu berlangsung dengan cukup baik. Mereka melakukan teknik supply dengan posisi mobil pemadam yang berbaris dengan mobil lainnya di belakang sebagai pemasok air sehingga penyemprotan kepada api tidak putus-putus.

“Kita melakukan pembatasan api kepada gedung asrama di bagian belakang untuk mencegah api tidak menjalar lebih jauh. Alhamdulillah, berhasil kita padamkan, apinya memang cukup besar sekali, hampir 2 jam proses pemadamannya” kata Devitra.

124 orang siswi penguni asrama dan barang berharga milik mereka malam itu dapat dievakuasi dengan selamat. Meski pemilik Yayasan Imdesmiati (50) mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib.

Pemadaman juga disaksikan oleh Plt BPBD Payakumbuh Agus Rubiono, Camat Desfitawarni, dan Lurah setempat. (Relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh – siarminang.net

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,-Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan diikuti oleh Kepala Sekolah SMP se Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan secara umum kita sudah paham apa itu Covid 19 dan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai pandemi ini. Namun terhitung mulai januari 2021, Kota Payakumbuh sudah melakukan pembelajaran tatap muka, dan kita ingin anak-anak kita aman dan nyaman dalam memulai pembelajarannya kembali. Lingkungan sekolah adalah tempat yang akan dituju oleh anak-anak kita setiap harinya sehingga kita harus membentengi mereka dengan mengadakan program sekolah tangguh agar anak-anak kita bisa paham bagaimana menjaga diri mereka masing-masing maupun keluarga dalam menghadapi situasi pandemi ini.

“Protokol kesehatan itu kita sudah paham. Yang perlu kita awasi yaitu anak didik kita. Anak didik kita jangan sampai lupa kalau kita masih dalam status siaga. Untuk itu kita ingin menghidupkan kembali dan memberdayakan kembali Palang Merah Remaja (PMR ) dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Mereka yang tergabung di PMR dan UKS kita jadikan satgas sekolah. Tujuannya mereka kita berikan ilmu dan nanti mereka memberikan informasi kepada teman-temannya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, “ujar Erwin.

Ditambahkan Erwin, Saat pembelajaran tatap muka anak-anak kita harus kita ingatkan terus, karena mereka akan berkumpul dengan teman-temannya dan apabila mereka lupa menerapkan protokol kesehatan ini bisa menjadi OTG dan bisa menularkan ke orang tua dan lansia. Tujuannya kita berbagi ilmu dengan anak-anak kita dan berlakukan satgas internal di sekolah dengan tujuan menjadi contoh bagi teman-temannya.

Diakhir sambutannya Erwin berharap, dengan adanya satgas internal sekolah tangguh mereka bisa mengingatkan teman-teman dan lingkungan sekitar.
Kalau anak-anak sudah terbiasa di sekolah, nantik mereka terbiasa dan membawa kebiasaan itu di rumah dan lingkungannya sehingga secara tidak langsung memutus mata rantai covid 1 di kota Payakumbuh pungkas Erwin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Azwardi menjelaskan bahwa konsep sekolah tangguh yang disiapkan oleh Pemko Payakumbuh di dunia pendidikan antaranya protokol kesehatan umum sekolah, protokol kesehatan sarana dan prasarana sekolah, serta protokol kesehatan berangkat dari rumah menuju sekolah.

“Kita sudah menyiapkan semua sekolah di Kota Payakumbuh untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar penularan Covid-19 terputus,” Ujar Azwardi

Selain itu tak kalah pentingnya yakni pemberlakuan protokol kesehatan selama siswa di sekolah, protokol kesehatan untuk guru dan tenaga pendidikan maupun protokol kesehatan pulang dari sekolah ke rumah.

“Jadi penerapan protokol kesehatan itu dilaksanakan saat hendak ke sekolah, saat berada di sekolah, hingga nanti pulang sekolah. Jadi semua ada ketentuan yang harus dipatuhi,” terang Azwardi

Ditambahkan, untuk persiapan pembukaan kembali fasilitas pendidikan, pemerintah melakukan program sekolah tangguh dimana prinsip yang utama yakni keselamatan anak menjadi prioritas, pungkasnya.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer