Connect with us

Padang Pariaman

BKAN Melanjutkan Sosialisasi Program Kepada Karang Taruna Dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis – siarminang.net

BKAN Melanjutkan Sosialisasi Program Kepada Karang Taruna Dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net,- Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Ulakan Tapakis kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, kembali menggelar Pertemuan dan Sosialisasi di Aula Kantor Camat setempat pada Selasa (17/11). Pertemuan yang dihadiri seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis (KAMUS) ini, bertujuan mensosialisasikan program BKAN dan memberdayakan generasi muda untuk peduli dan terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan yang ada di nagari. Karena, saat ini generasi millenial sangat dibutuhkan peran sertanya dalam menghadapi persaingan di era di Digital.

Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai narasumber Ketua BKAN Kecamatan Ulakan Tapakis Ali Waldana ST. yang saat ini juga menjabat sebagai Wali Nagari Kampuang Gelapung Ulakan. Dia menjelaskan, tentang tujuan dan manfaat adanya BKAN bagi masyarakat di nagari. Kemudian dijelaskan juga keberadaan lembaga BKAN ini, dengan legalitasnya yang sudah diakui sampai ke tingkat Nasional.

Dia juga mengatakan, bahwa program BKAN kedepan tentu melibatkan generasi muda sebagai tenaga potensial dan produktif. Salah satu permasalahan sosial budaya yang dihadapi sektor pertanian saat ini adalah, belum terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam proses produksi. Karena, saat ini banyak generasi muda yang tidak tertarik lagi kepada sektor pertanian.

Disisi lain, banyak kegiatan dan peluang usaha pada sektor pertanian yang sesuai bagi kawula muda. Namun, mereka masih disibukkan dengan lingkungan pergaulan dan sosial media serta kegiatan lain yang membuang waktu dengan sia-sia. Sehingga lahan terlantar yang terbentang luas di depan mata, belum dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Banyak kegiatan yang bisa dikelola oleh generasi millenial ini, terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi dan sistem digital. Seperti kegiatan pasca panen, pengolahan hasil skala rumah tangga, pemasaran produk, pengelolaan lembaga keuangan mikro di Nagari serta kegiatan yang bernilai ekonomis lainnya”. Ujar Wali Nagari yang sering disapa Awal itu.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis Adi Saputra, memperkenalkan organisasi yang dipimpinnya kepada ketua BKAN. Dia mengatakan, bahwa saat ini Karang Taruna sedang menunjukkan keberadaan di tengah masyarakat. Diantaranya, melakukan kegiatan aksi sosial dimasa Pandemi dan menggelar Dialektika terkait peran serta pemuda dalam pesta demokrasi.

“Kami akan terus berupaya, bagaimana anggota Karang Taruna bisa berbuat dan melakukan kegiatan positif bagi masyarakat dan pembangunan di nagari. Pengurus karang taruna akan menghubungi para pemilik tanah, yang tanahnya dibiarkan terlantar. Sesuai dengan latar belakang pendidikan, kami akan menjadikan lahan terlantar itu menjadi produktif dan bernilai ekonomis”. Jelas Adi.

Lahan yang tidak produktif itu, akan kami tanami sayur-sayuran atau umbi-umbian yang sesuai dengan struktur tanahnya. Kalau daerahnya rawa-rawa atau lahan gambut, mungkin bisa dijadikan kolam ikan atau tambak udang”. Ujarnya.

Lalu Arie Safitria G selaku ketua Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis juga sempat menyampaikan tentang apa yang bisa di bantu oleh BKAN untuk program unggulannya yang membuka kelas bimbingan belajar bahasa Inggris untuk pelajar sekolah dasar se-Kecamatan Ulakan Tapakis agar setiap kebutuhan program tersebut dapat di penuhi.

Badan Kerjasama Antar Nagari ini merupakan suatu lembaga yang dibentuk dengan adanya kerjasama antar nagari, dalam hal mengelola sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di nagari.
Kerjasama yang dilakukan, tidak hanya tentang peningkatan ekonomi atau dana bergulir saja. Tetapi kerjasama yang bersifat inklusif dan berkelanjutan. Termasuk pembangunan ekonomi, sosial budaya dan infrastruktur serta pembangunan kawasan pedesaan yang partisipatif dan berbasis masyarakat. (AS)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Pariaman

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah – siarminang.net

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net, Hari pertama pelaksanaan SR (Safari Ramadhan) Kabupaten Padang Pariaman secara serentak dilepas keberangkatannya menuju Masjid dan Mushola yang telah ditetapkan yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.

Kegiatan SR, Mulai Tanggal 19 – 21 Maret 2021 secara serentak pelepasannya di Pandopo alias Rumah Dinas Bupati dengan titik sasaran 102 Masjid/Mushola yang terdiri dari 34 Tim serta 2 Tim Khusus Bupati Padang Pariaman dengan 17 Masjid/Mushola sasaran 

Dandim 0308 Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko dipercaya sebagai Ketua Tim 6 SR dengan titik sasaran Musholla At-Taubah, Senin, 19/4 dinagari Campago Selatan Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Kehadiran Tim 6 SR Kabupaten ke Mushola At- Taubah disambut antusias para Jemaah serta masyarakat, sekitar  tiga ratusan orang memadati musholla tersebut dan seluruh jamaah yang hadir terpantau mematuhi Protokol Kesehatan Covid -19.

Dalam kegiatan SR Tim 6 di Musholla tersebut selain masyarakat serta jamaah yang sedang melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dan Tim SR 6 juga hadir Kapolsek Kampung Dalam AKP Kasman S.Sos beserta jajarannya, Camat yang mewakili, Walinagari Campago selatan, Ketua Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman Asmarizal Chan yang akrab disapa Ajo can juga hadir beserta beberapa jajarannya.

Kapolsek Kampung Dalam Kasman menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukumnya “agar meningkatkan ketaqwaan serta kembali melaksanakan program Magrib mangaji serta melanjutkan kegiatan kembali kesurau. Hal demikian tidak hanya pada bulan Ramadhan saja melainkan juga pada bulan lainnya.

Untuk menambah keimanan kita kita tidak bisa terlepas dari mengaji dan Alquran sebagai pedoman hidup kita orang muslim jangan berhenti mempelajarinya, dengan membaca al-Quran kita juga terhindar dari perbuata perbuatan yang melànggar hukum, baik itu agama, hukum adat, maupun hukum negara” tegas Kasman akhir dari sambutannya.

Selain Kapolsek,  Dandim 0308 Pariaman Sebagai Ketua Tim 6 SR juga memberikan sambutan yang di wakili Pasiter Dim Lettu Inf Aidil Adha yang juga Danramil Kampung Dalam “bagaimanpun juga kita tetap menjaga kerukunan ditengah masyarakat, dengan kerukunan serta kekompakan serta jalin persatuan dan kesatuan menjadikan kita semakin kuat, termasuk kekuatan kita dalam membangu Musholla ini yang sekarang sedang memerlukan biaya untuk melanjutkan pembagunannya, mushola dimana tempat kita menimba ilmu agama kita wajib memikirkanya agar terus terbangun, kalau bukan kita siapa lagi yang akan memikirnya termasuk saya pribadi juga akan andil nanti dalam melanjutkan pembangunan tersebut melalui proposal proposal nanti untuk terus dipantau pelaksanaannya.

Semasa saya bertugas disini saya akan suppor terus pembangunan tempat ibadah kita bersama yang disebut rumah Allah.”

Diakhir pidatonya Aidil juga menyerahkan sumbangan dari Tim 6 SR Kabupaten padang Pariaman Al-quran dan Uang tunai kepada Pengurus Musholla sebagai buah tangan Tim 6 SR tersebut. (Syamsul)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional – siarminang.net

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional – Beritasumbar.com

JAKARTA – Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya dihadapan Wali Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman yang hadir menyampaikan

“Atas nama Pemkab Padang Pariaman mengucapkan Terimakasih kepada Dunsanak pemangku kepentingan untuk menyambut dan memfasilitasi kami, mudah-mudahan ini langkah awal kerjasama kita dalam berbagai hal guna pembangunan daerah dapat kita terapkan dimasa yang akn datang”, ujar Bupati Suhatri Bur

Bupati Padang Pariaman juga menyampaikan Visi Kabupaten Padang Pariaman yaitu “Unggul berkelanjutan, Religius, Sejahtera, dan Berbudaya”.

“Dalam upaya mewujudkan visi tersebut dirumuskan misi pembangunan, salah satunya adalah Meningkatkan Kualitas kehidupan beragama berdasarkan falsafah adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah serta memelihara kerukunan, ketentraman dan ketertiban”, tutur Suhatri Bur

Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau H. Mahyudin Putra Minang, SE yang dikukuhkan usai silaturahmi antara Pemkab, Walinagari se Padang Pariaman, dan Para perantau, sangat menyambut baik.

“Alhamdulillah amanah ini akan kami jalan kan dengan baik. Kami bersama dengan H. Mardiyon, SE Dt.Gadang Majo Lelo dan rekan-rekan akan menjalin silaturahmi yang berkelanjutan antara ranah dan rantau, siap bersinergi dengan berbagai pihak, serta akan menghimpun para perantau untuk pembangunan Padang Pariaman kedepan”, tutup H. Mahyudin yang disertai ucapan selamat dari para hadirin.
(Megy Aidillova)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih. – siarminang.net

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih. – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

Hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris DPPKB Yusra, S.Sos.MM, Camat Ulakan Tapakih diwakili Kasi Trantib Anesa Satria SH.MM. Kasi Kesra Kecamatan Asni Gusti Wali Nagari Tapakih Soni Aprison, SPd. Kasubag TU DPPKB Arfiza SE, Kasi Kesra Nagari Hasan Basri dan Bidan Desa beserta Kader Pokja setempat.

Dalam kesempatan itu, Anesa Satria mewakili Camat Ulakan Tapakih menyampaikan kepada media. Bahwa peran Kader Pokja sangat menentukan keberhasilan program yang ada di kampung KB, terutama dalam penanganan stunting. Oleh sebab itu, para Kader Pokja harus memiliki semangat kerja yang tinggi dan mempunyai kemauan untuk belajar dan menambah wawasan. Karena mereka akan menyampaikan program pemerintah yang ada di kampung KB kepada masyarakat.

“Diharapkan Kader Pokja dapat bekerja maksimal sesuai bidangnya masing-masing, serta menguasai materi sudah diberikan. Kemudian, para Kader dapat melakukan pendataan dan survey kondisi warganya. Dan selanjutnya melaporkan setiap permasalahan yang ditemukan, kepada instansi terkait melalui Pemerintah Nagari dan Kecamatan. Karena, tujuan dari Kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup manusia untuk menciptakan keluarga yang sejahtera,” ujar Anesa.

Sebelumnya, Wali Nagari Tapakih Soni Aprison mengatakan. Bahwa untuk menyukseskan program Kampung KB di Nagarinya. Pemerintah Nagari Tapakih setiap tahun juga telah mengalokasikan anggaran melalui Dana Desa, terkait Program Bina Keluarga Balita, Pemberian Makanan Tambahan dan Pembinaan Kader Posyandu.

Sekretaris DPPKB Yusra dalam arahannya, lebih menekankan permasalahan penanganan stunting di Kampung KB. Karena, masalah stunting ini menjadi prioritas penanganannya secara Nasional. Dia juga mengharapkan peran instansi terkait di Kecamatan Ulakan Tapakih, untuk terlibat secara langsung dalam pembinaan Kampung KB. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi tersebut.

“Kita mengharapkan melalui pertemuan ini, dapat meningkatkan peran serta masyarakat, stakeholder dan forum masyarakat kampung KB. Dalam memberikan penyuluhan dan informasi tentang program KB serta ikut mensukseskan program-program tersebut sesuai bidangnya masing-masing”. tutup Yusra.

Pertemuan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab, terkait permasalahan Kader Pokja di lapangan dan kelancaran pelaksanaan program di Kampung KB. Hasil yang diharapkan adalah meningkatkan kualitas dan peran serta Kader Pokja Kampung KB. Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh semua peserta dengan baik dan dapat diimplementasikan, dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas melalui pembinaan secara berkesinambungan. (bus)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer