Connect with us

BUKITTINGGI

Bukittinggi Diguncang Gempa – siarminang.net

Bukittinggi Diguncang Gempa – Beritasumbar.com

GEMPABUMI TEKTONIK M=3,3 DIRASAKAN DI BUKITTINGGI – SUMBAR

Kejadian dan Parameter Gempabumi
Selasa, 24 Nopember 2020 pukul 14.18.22 WIB, wilayah Bukittinggi diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,3. Episenter terletak pada koordinat 0,29 LS dan 100,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 km BaratLaut BUKITTINGGI-SUMBAR, pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sianok.

Dampak Gempabumi
Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bukittinggi I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi Susulan
Hingga pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Rekomendasi
Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Padang Panjang, 24 November 2020
Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah

Irwan Slamet, S.T, M.Si



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#cagubsumbar

Paslon Mahyeldi-Audy Joinady Menang Telak di TPS Wako Bukittinggi Mencoblos

Paslon Mahyeldi-Audy Joinady Menang Telak di TPS Wako Bukittinggi Mencoblos


BUKITTINGGI – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 4, H.Mahyeldi Ansharullah -Audy Joinadi menang telak di TPS 02 belakang Balok Kecamatan Guguak Panjang Bukittinggi. Pasangan yang diusung oleh Partai PKS dan PPP itu mengantongi 130 suara dari 255 suara yang menyalurkan hak pilihnya di TPS tersebut.

Sedangkan pasangan Mulyadi-Ali Mukni hanya berada diurutan kedua dengan perolehan 73 suara, disusul pasangan Nasrul Abit -Indra Catri dengan dukungan 29 suara serta pasangan Fahrizal-Genius Umar diurutan keempat dengan 18 dukungan suara.

Ketua KPPS TPS 2 Belakang Balok, Ira Purnama Sari yang dikonfirmasi Singgalang mengatakan, jumlah DPT yang terdaftar di TPS 2 Belakang Balok atau TPS tempat memilihnya Petahana Ramlan Nurmatias dan H.Irwandi itu berjumlah 339 pemilih, kemudian daftar pemilih tambahan 14 orang, sehingga totalnya 353 pemilih. Dari Jumlah itu hanya 255 pemilih yang memberikan hak suaranya.

Sedangkan hasil pemilihan pasangan Mahyeldi-Audy Joinadi meraih 130 suara, pasangan Mulyadi – Ali Mukni 73 suara, Nasrul Abit – Indra Catri 29 suara serta Pasangan Fakhrizal -Genius Umar 18 suara. (asrial gindo)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

#cagubsumbar

IKPS Bukittinggi Dukung Penuh Nasrul Abit-Indra Catri

IKPS Bukittinggi Dukung Penuh Nasrul Abit-Indra Catri


BUKITTINGGI – Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Bukittinggi mendukung penuh calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit-Indra Catri. Hal itu disampaikan Buya Dahril, perwakilan IKPS Bukittinggi, saat Nasrul Abit melakukan safari politik di Palolok, Kelurahan Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Senin (9/11).

“IKPS Bukittinggi solid mendukung Nasrul Abit. Beliau putra daerah kami,” ucapnya saat memberikan kata sambutan.

Dahril mengklaim bahwa 2.000 anggota IKPS Bukittinggi siap bergerak di Bukittinggi untuk memenangkan Nasrul Abit. Ia menyatakan bahwa IKPS Bukittinggi dari awal pencalonan mendukung dan mengusung Nasrul Abit.

“Ini sejarah bagi kami. Kami sesama anggota IKPS sudah berjanji memilih beliau (Nasrul Abit). Siapa lagi kalau bukan beliau? Ini pertama kali orang Pesisir Selatan akan menjadi gubernur,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Dahril bercerita tentang komitmen dukungan mereka. Saat pihaknya diundang oleh salah satu pasangan calon Bupati Agam, ada baliho foto calon gubernur lain, mereka menolak dan akhirnya panitia membuka baliho tersebut.

Ia juga menyinggung seorang tokoh Pesisir Selatan yang berseberangan pilihan politik pada Pilkada Sumbar kali ini dengan mayoritas masyarakat kabupaten itu.

“Ada anggota DPD RI dari Pesisir Selatan yang jadi tim sukses calon gubernur lain. Kami tidak bersama beliau lagi,” ujarnya.

Nasrul Abit berterima kasih atas kekompakan perantau Pesisir Selatan di Bukittinggi. Ia berpesan kepada perantau dan warga Bukittinggi untuk tidak termakan hoaks yang digoreng oleh lawan politiknya.

“Kami mohon dukungan perantau dan warga Bukittinggi. Dalam pencalonan kali ini kami diserang terus, mulai dari ijazah palsu, isu saya keturunan PKI, hingga diskriminasi terhadap Indra Catri. Walaupun diserang, saya tetap memaafkan mereka yang menyebarkan fitnah itu,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa timnya tidak bekerja untuk membuat dan menyebarkan hoaks lawan.

“Saya tegaskan kepada tim saya jangan ada yang membuat hoaks. Biarkan saja mereka yang menyebar hoaks. Masyarakat sudah cerdas dan bisa menyaring informasi. Saya tidak suka calonnya keluar masuk masjid, tapi timnya menyebar hoaks. Kita jangan sampai seperti itu,” katanya. (yose/*)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Terkait Kasus Di Bukittinggi,24 Unit MoGe Diserahkan Ke Polda Sumbar – siarminang.net

Terkait Kasus Di Bukittinggi,24 Unit MoGe Diserahkan Ke Polda Sumbar – Beritasumbar.com

Bukittinggi,- Usai pengelidikan ditingkat Polres, Jajaran Sat Reskrim Polres Bukittinggi Serahkan 24 unit kendaraan yang disita atas kasus penganiayaan anggota TNI yang dinas di Kodim 0304/Agam, oleh club Moge HOC akan diserahkan ke Polda Sumatera Barat.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto dalam keterangan persnya di Bukittinggi, Sabtu (07/11), menuturkan, terhadap kendaraan tersebut nantinya akan dilakukan pemeriksaan oleh Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumatera Barat

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, lima dari 24 kendaraan yang disita tidak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan sebagai tindak lanjut akan dilakukan pemeriksaan secara intensif,” imbuhnya.

Menurut Stefanus Satake Bayu Setianto, untuk penyelidikan lebih lanjut, tim pemeriksa saat ini sedang melakukan pengecekan lebih lanjut terkait surat-surat kendaraan tersebut, jika benar tidak ada suratnya, maka kendaraan tersebut termasuk kendaraan bodong dan akan diproses lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara, menjelaskan, 24 kendaraan yang disita Polres Bukittinggi itu, 21 unit diantaranya kendaraan jenis Harley Davidson, 2 kendaraan jenis Yamaha X-max, dan 1 kendaraan jenis KTM, dimana 5 diantaranya tidak memiliki surat kendaraan yang lengkap.

“Atas kasus penganiayaan anggota TNI 0304 itu, polisi telah menetapkan 5 tersangka dimana satu tersangka merupakan anak di bawah umur dengan status Anak Berhadapan Hukum (ABH),” ulasnya.

Disamping itu sambung Dody Prawiranegara, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 17 saksi diantaranya 6 saksi dilokasi kejadian, 2 anggota polisi, 2 korban, dan 7 saksi rimbingan moge saat kejadian.

“Sedangkan untuk peranan para tersangka sendiri diantaranya BS (16) berperan menendang korban arah kepala Serda Yusuf dan memukul serda Miftari, tersangka MS (49) berperan mengancam dengan mau menembak korban dan membanting serda Yusuf hingga tersungkur, tersangka HS (48) melalukan pemukulan sebanyak tiga kali, tersangka JD (26) memukul pada bagian kepala dan tersangka TR (33) mendorong korban,” terangnya.

Dody Prawiranegara menambahkan, berkas tahap 1 kelima tersangka telah diserahkan ke kejaksaan, satu berkas kasus anak berhadapan hukum dan satu berkas 4 orang dewasa.

“Polres Bukittinggi juga mengamankan barang bukti helm masing-masing tersangka, sepatu, baju, celana, rompi dan jaket yang digunakan pada saat melakukan penggeroyokan. Rekaman CCTV di lokasi kejadian dan rekaman video warga menjadi bukti kuat bagi polisi untuk menentukan tersangka dan peran masing-masing tersangka,” tegasnya.(kaba12.co.id)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer