Connect with us

Limapuluh Kota

Bupati, Forkopimda dan Tomas Ikrarkan, Tolak Intoleransi – siarminang.net

Bupati, Forkopimda dan Tomas Ikrarkan, Tolak Intoleransi – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota, siarminang.net,-Seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota menyatakan menolak segala bentuk intoleransi,  kekerasan,  radikalisme dan terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ikrar itu diucapkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bersama seluruh unsur Forkopimda dan para tokoh masyarakat di Makodim 0306/50 Kota,  Senin (7/12).

“Kami masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota menolak segala bentuk intoleransi, kekerasan,  radikalisme dan terorisme di NKRI,”  sebut Irfendi bersama seluruh unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat dengan suara lantang. 

Selain menyampaikan ikrar, sebelumnya Irfendi Arbi juga mengajak seluruh elemen masyarakat mensukseskan Pilkada serta berharap terlaksananya Natal dan tahun baru dalam suasana kondusif. 
“Mari kita bersama-sama dan saling bersinergi menjaga keutuhan NKRI. Kita berharap peran aktif para tokoh dan seluruh elemen masyarakat untuk suksesnya Pilkada yang segera dilaksanakan di daerah ini, ” ungkap Irfendi dalam sambutannya pada acara rangkaian forum dialog dalam rangka menjaga keutuhan NKRI yang berlangsung di aula Makodim 00306/50 Kota. 

Irfendi menyebut, tidak mau pesta demokrasi yang semakin dekat ini diwarnai profokasi dan perpecahan.  Untuk itu,  ia mengajak para tokoh masyarakat dapat mendinginkan suasana dan situasi pelaksanaan Pilkada yang aman,  damai dan badunsanak. 
“Mari sama-sama kita dinginkan suasana dan situasi dalam Pilkada yang segera datang. Jangan sampai masyarakat terkotak-kotak, terpecah belah atau terprofokasi dan membuat suasana tidak kondusif, ” ujar Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi juga mengharapkan perayaan Natal serta tahun berjalan aman dan lancar. Jangan sampai liburan panjang itu menimbulkan claster baru penularan covid-19.
“Liburan panjang akhir tahun diperkirakan akan membuat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Limapuluh Kota melonjak.  Jangan sampai Pilkada dan tahun baru menjadikan daerah kita zona merah. Ini tentu harus kita antisipasi, ” papar Irfendi. 

Lebih jauh ia mengajak masyarakat memberikan hak suaranya pada Pilkada dengan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan dengan cara selalu memakai masker,  sering cuci tangan dan menjaga jarak. 

Sebelumnya Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe senada mengatakan, libur panjang akhir tahun ini akan membuat orang akan datang beramai-ramai ke Kabupaten Limapuluh Kota yang dikhawatirkan baru bisa menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19. Ia juga mengajak berbagai elemen masyarakat mendukung terwujudnya pilkada,  Natal dan tahun baru yang aman dan kondusif. 
“Mewujudkan keamanan bukan hanya tugas aparat keamanan tapi melibatkan seluruh stakeholder dengan saling koordinasi dan kerjasama, ” ucap Dandim.  

Dalam rangkaian acara itu juga digelar apel gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Kodim 0306/50 Kota yang berlangsung di lapangan Makodim 0306/50 Kota yang dipimpin Kapolres Limapuluh Kota. 

Hadir dalam acara itu Kapolres Limapuluh Kota dan Kapolres Payakumbuh, Kajari Payakumbuh,  Ketua PN Tanjung Pati,  Ketua MUI Safrijon, perwakilan dari agama Katolik Sunyoto, bundo kanduang, sejumlah kepala OPD dan lainnya. (humas)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kpu limapuluh kota

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK – siarminang.net

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK – Beritasumbar.com

Tanjung Pati, siarminang.net – Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi di Buku Registrasi Perkara Konstitusi (e-BRPK) Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Perkara yang didaftarkan pemohon melalui kuasa hukumnnya O, S.H, dkk tersebut terregistrasi Nomor:109/PHP.BUP-XIX/2021 pukul 10.00 Wib.

Untuk jadwal sidangnya, pihak MK akan segera memberitahu pihak pemohon dan KPU Limapuluh Kota dan Bawaslu Limapuluh Kota sebagai pihak termohon.

Komisioner KPU Limapuluh Kota Amfreizer saat dihubungi, Senin mengatakan dengan terdaftarnya gugatan tersebut, maka penentapan bupati dan wakil bupati terpilih belum dapat dilaksanakan

“Penetapan pasangan terpilih hasil pilkada 2020 menunggu sidang MK, karena gugatan salah satu paslon terdaftar di e-BRPK MK,” kata dia.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menetapkan pasangan Safaruddin, Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kuniawan Nakasri (Safari) sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penetepan tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota 16-17 Desember.

Dari total 162.229 suara sah, pasangan nomor urut 3 yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PKS itu meraih 50.986 suara.

Perolehan suara kedua disusul Pasangan Darman Sahladi-Maskar Dt. Podo. Paslon Nomor urut dua yang diusung Partai Demokrat, PAN dan Nasdem ini meraih 43.338 suara.

Adapun Pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus meraih 42.707 suara, dan paslon dari jalur perseorangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis meraih 25.198 suara. (Tim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS – siarminang.net

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Bantuan berupa air mineral dan dana tersebut diterima oleh Wali Jorong Balai Panjang Eri Adrianus dan Ketua Pemuda Zul Fikri, didampingi Bhabinkamtibmas Suprayetno dan para pemain tuan rumah serta panitia, Minggu (17/01).

Kepada Wali Jorong dan Ketua Panitia, Edward DF yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Rendang tersebut menyatakan, bantuan dimaksud bisa bermanfaat dan meringankan beban anggaran panitia dalam penyelenggaraan pertandingan bolavoli Salincam HARMAS ini.

“Bantuan ambo ko, kok satitiak tolong lawikkan kok sakapa tolong gunuangkan. Mudah-mudahan bisa membantu panitia menyukseskan Open turnamen Bolavoli Salincam ini,” ujar Edward DF.

“Kami beserta panitia dan anggota HARMAS mengucapkan terima kasih banyak pada Bapak Edward DF atas partisipasinya untuk kegiatan kami ini. Semoga Bapak Edward DF tetap dincintai masyarakat dan sukses menjadi wakil rakyat,” kata Zul Fikri.

Turnamen Bolavoli Salincam (Satu Hari Selesai) diikuti tim-tim hebat se-Lareh Sago Halaban. Dilaksanakan Hari Minggu (17/01) di Lapangan HARMAS Nagari Balai Panjang.

Tim-tim bolavoli yang ambil bagian memperebutkan hadiah Tabanas adalah Snakma (Padang Mengatas), Pacu (Padang Cubadak), IKADATI (Sawah Lua), IPOLGA (Ganting), MPC (Mungo), dan Harmas A-Harmas B (tuan rumah).(rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga – siarminang.net

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga  di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari. 

Prosesi tabur bunga dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan diikuti Walikota Payakumbuh Riza Falepi, mantan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo,  unsur Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat. 

Selain di Lurah Kincia, ziarah dan tabur bunga juga dilakukan di makam di Situjuah Banda Dalam dan makam di Situjuah Godang. 

Upacara peringatan peristiwa berdarah perjuangan PDRI pada tanggal 15 Januari 1949 silam itu ditiadakan karena Kabupaten Limapuluh Kota masih dalam suasana Pandemi Covid-19.
Dalam rangkaian acara itu Bupati Irfendi Arbi juga menyerahkan piagam penghargaan pejuang peristiwa Situjuah kepada para keluarga pejuang, mantan bupati Alis Marajo dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi. 

Irfendi Arbi dalam penyampaiannya usai acara, mengajak generasi muda mengambil hikmah perjuangan dan rela berkorban yang telah ditunjukan pejuang peristiwa Situjuah. Dikatakan, di Kabupaten Limapuluh Kota ada fakta sejarah mempertahankan kemerdekaan Repubulik Indonesia. 

Ia juga berharap para pejuang yang gugur dalam medan tempur di Lurah Kincia tahun 1949 itu diangkat sebagai pahlawan nasional seperti yang diminta masyarakat selama ini. 
“Peristiwa Lurah Kincia ini merupakan sejarah perjuangan melawan penjajah yang luar biasa. Kita berharap pemerintah pusat agar mengangkat pejuang itu menjadi pahlawan nasional,” tutur Irfendi. 

Senada Riza Falepi juga menegaskan, rangkaian peristiwa Situjuah tidak bisa dipisahkan dari perjuangan PDRI. Ini perjuangan luar biasa dan memiliki andil dalam keberlangsungan republik ini. 

“Kita punya andil dalam keberlangsungan republik iniIni rangkaian sejarah yang perlu kita sampaikan kepada generasi. Jika dikenalkan kepada generasi., kita khawatir sejarah luntur hingga membuat ketidakpedulian dan ketidaktahuan generasi, ” papar Riza sembari berharap daerah ini kebagian alokasi biaya pembangunan lebih sebagai daerah perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer