Connect with us

Limapuluh Kota

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban – siarminang.net

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban – Beritasumbar.com

Lima Puluh Kota,siarminang.net,- Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Pertemuan yang difasilitasi oleh Camat Lareh Sago Halaban Efli Zein ini, dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban (Lasahan) diantaranya Nur Dt Rajo Mangkuto, Rudi Arnel, Robby Muchsis, Delon, Rismayona, Ketua Pemuda Pancasila Kecamatan Kasri, Ady Kacer serta Kapolsek Luhak Iptu Doni Pramadona SH, turut hadir Kepala UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah II Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat Heldawati.

Dalam penyampaiannya Camat Efli mewakili wali nagari se-kecamatan Lareh Sago Halaban menyambut baik rencana kedatangan Gubernur yang diagendakan akan melakukan peresmian diawal pengerjaan pada hari Sabtu (16/01) nanti. Namun dengan melihat kondisi lokasi dimana recana awal acara ini digelar kurang representatif, Efli meminta agar acara diselenggarakan dihalaman Kantor Camat Lareh Sago Halaban yang berjarak hanya seratus meter dari lokasi peletakan batu pertama.

“Supaya undangan kita bisa agak berlama-lama disini, saya berharap kepada pemuka masyarakat sekiranya acara penyambutan dan jamuan bapak Gubernur nanti kita adakan di halaman Kantor Camat ini saja, lagipula disini tempatnya cukup layak dan tidak menimbulkan kemacetan,” ucap Efli.

Pada kesempatan yang sama Kapolsek Doni menghimbau masyarakat saling bekerjasama, mengawal dan bahu-membahu dalam meminimalisir persoalan yang bisa saja terjadi dilapangan. Guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas, Kapolsek juga menyarankan panitia meminta bantuan Satlantas.

“Mengingat acara ini akan dihadiri Bapak Gubernur dan beberapa anggota dewan lainnya jangan lupa minta juga bantuan Satlantas Polres Payakumbuh ya,” tegas Doni.

Sementara itu, Kepala UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah II Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat Heldawati selaku pengawas kegiatan menyampaikan kepada masyarakat untuk saling mendukung dan sama-sama mengawasi prosesi perbaikan ini.

“Agar jalan ini nantinya dapat berumur panjang dan bertahan lama seyogyanya seluruh elemen masyarakat tentu berhak mengawasi kendaraan melintasinya agar tidak melebihi tonase yang sudah ditentukan dinas perhubungan,” jelas Heldawati.

“Kita sangat berterima kasih kepada PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) yang telah berkenan menganggarkan dana CSR nya untuk perbaikan ruas jalan ini, oleh karena itu mari bersama-sama kita pelihara agar jalan ini tetap awet dan bertahan lama, karena kita tidak tahu kapan lagi bisa dapat anggaran seperti ini”. tukuknya. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kpu limapuluh kota

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK – siarminang.net

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK – Beritasumbar.com

Tanjung Pati, siarminang.net – Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi di Buku Registrasi Perkara Konstitusi (e-BRPK) Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Perkara yang didaftarkan pemohon melalui kuasa hukumnnya O, S.H, dkk tersebut terregistrasi Nomor:109/PHP.BUP-XIX/2021 pukul 10.00 Wib.

Untuk jadwal sidangnya, pihak MK akan segera memberitahu pihak pemohon dan KPU Limapuluh Kota dan Bawaslu Limapuluh Kota sebagai pihak termohon.

Komisioner KPU Limapuluh Kota Amfreizer saat dihubungi, Senin mengatakan dengan terdaftarnya gugatan tersebut, maka penentapan bupati dan wakil bupati terpilih belum dapat dilaksanakan

“Penetapan pasangan terpilih hasil pilkada 2020 menunggu sidang MK, karena gugatan salah satu paslon terdaftar di e-BRPK MK,” kata dia.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menetapkan pasangan Safaruddin, Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kuniawan Nakasri (Safari) sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penetepan tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota 16-17 Desember.

Dari total 162.229 suara sah, pasangan nomor urut 3 yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PKS itu meraih 50.986 suara.

Perolehan suara kedua disusul Pasangan Darman Sahladi-Maskar Dt. Podo. Paslon Nomor urut dua yang diusung Partai Demokrat, PAN dan Nasdem ini meraih 43.338 suara.

Adapun Pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus meraih 42.707 suara, dan paslon dari jalur perseorangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis meraih 25.198 suara. (Tim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS – siarminang.net

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Bantuan berupa air mineral dan dana tersebut diterima oleh Wali Jorong Balai Panjang Eri Adrianus dan Ketua Pemuda Zul Fikri, didampingi Bhabinkamtibmas Suprayetno dan para pemain tuan rumah serta panitia, Minggu (17/01).

Kepada Wali Jorong dan Ketua Panitia, Edward DF yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Rendang tersebut menyatakan, bantuan dimaksud bisa bermanfaat dan meringankan beban anggaran panitia dalam penyelenggaraan pertandingan bolavoli Salincam HARMAS ini.

“Bantuan ambo ko, kok satitiak tolong lawikkan kok sakapa tolong gunuangkan. Mudah-mudahan bisa membantu panitia menyukseskan Open turnamen Bolavoli Salincam ini,” ujar Edward DF.

“Kami beserta panitia dan anggota HARMAS mengucapkan terima kasih banyak pada Bapak Edward DF atas partisipasinya untuk kegiatan kami ini. Semoga Bapak Edward DF tetap dincintai masyarakat dan sukses menjadi wakil rakyat,” kata Zul Fikri.

Turnamen Bolavoli Salincam (Satu Hari Selesai) diikuti tim-tim hebat se-Lareh Sago Halaban. Dilaksanakan Hari Minggu (17/01) di Lapangan HARMAS Nagari Balai Panjang.

Tim-tim bolavoli yang ambil bagian memperebutkan hadiah Tabanas adalah Snakma (Padang Mengatas), Pacu (Padang Cubadak), IKADATI (Sawah Lua), IPOLGA (Ganting), MPC (Mungo), dan Harmas A-Harmas B (tuan rumah).(rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga – siarminang.net

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga  di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari. 

Prosesi tabur bunga dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan diikuti Walikota Payakumbuh Riza Falepi, mantan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo,  unsur Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat. 

Selain di Lurah Kincia, ziarah dan tabur bunga juga dilakukan di makam di Situjuah Banda Dalam dan makam di Situjuah Godang. 

Upacara peringatan peristiwa berdarah perjuangan PDRI pada tanggal 15 Januari 1949 silam itu ditiadakan karena Kabupaten Limapuluh Kota masih dalam suasana Pandemi Covid-19.
Dalam rangkaian acara itu Bupati Irfendi Arbi juga menyerahkan piagam penghargaan pejuang peristiwa Situjuah kepada para keluarga pejuang, mantan bupati Alis Marajo dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi. 

Irfendi Arbi dalam penyampaiannya usai acara, mengajak generasi muda mengambil hikmah perjuangan dan rela berkorban yang telah ditunjukan pejuang peristiwa Situjuah. Dikatakan, di Kabupaten Limapuluh Kota ada fakta sejarah mempertahankan kemerdekaan Repubulik Indonesia. 

Ia juga berharap para pejuang yang gugur dalam medan tempur di Lurah Kincia tahun 1949 itu diangkat sebagai pahlawan nasional seperti yang diminta masyarakat selama ini. 
“Peristiwa Lurah Kincia ini merupakan sejarah perjuangan melawan penjajah yang luar biasa. Kita berharap pemerintah pusat agar mengangkat pejuang itu menjadi pahlawan nasional,” tutur Irfendi. 

Senada Riza Falepi juga menegaskan, rangkaian peristiwa Situjuah tidak bisa dipisahkan dari perjuangan PDRI. Ini perjuangan luar biasa dan memiliki andil dalam keberlangsungan republik ini. 

“Kita punya andil dalam keberlangsungan republik iniIni rangkaian sejarah yang perlu kita sampaikan kepada generasi. Jika dikenalkan kepada generasi., kita khawatir sejarah luntur hingga membuat ketidakpedulian dan ketidaktahuan generasi, ” papar Riza sembari berharap daerah ini kebagian alokasi biaya pembangunan lebih sebagai daerah perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer