Connect with us

Padang

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang – siarminang.net

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang – Beritasumbar.com

Padang,- Pada saat ini masih ditemukan balita dengan kasus gizi kurang dan gizi buruk di kota Padang, karena penanganan masalah gizi kurang dan gizi buruk belum maksimal. Penderita gizi kurang dan gizi buruk terbanyak pada balita usia emas di bawah 2 tahun. Berdasarkan survei yg dilakukan ditemukan balita anggota Posyandu Anggrek 2 mengalami gizi kurang dan gizi buruk. Berdasarkan observasi yang dilakukan secara dari rumah ke rumah (door to door) oleh tim peneliti, penyebab utama dari gizi kurang dan gizi buruk pada balita Posyandu Anggrek 2 adalah kurangnya pengetahuan ibu balita tentang pentingnya makanan bergizi untuk tumbuh-kembangnya balita, kesehatan dan imunitas, disamping itu kondisi ekonomi keluarga dan jumlah anak juga sangat berpengaruh terhadap status gizi balita.

Hal ini mendorong tim peneliti dari Jurusan Kimia FMIPA dan Fakultas Farmasi Unand  melaksanakan kegiatan ”Program Kemitraan Masyarakt (PKM) Posyandu Anggrek 2 di kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang”. Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang didanai oleh didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Deputi Bidang Penguatan Risbang Kemenristek/BRIN.

Baca Juga: Program Rutin Jumat Berkah Bersama Koperasi Mandiri Dan Merdeka Melalui Unit PRT

Kegiatan ini bertujuan untuk bertujuan untuk meningkatkan gizi balita anggota Posyandu Anggrek 2 dan meningkatan pengetahuan ibu dari balita tentang makanan bergizi dan cara pengolahan makanan agar tidak kehilangan nutrisi nya. Membarikan pengatahuan tentang manfaat Spirulina platensis sebagai suplement bernutrisi tinggi.

Tim diketuai oleh Dr. Armaini, MS. dengan anggota Prof. Dr. Yetria Rilda (Kimia-FMIPA) dan Dr. Netti Suharti (Fakultas Farmasi), serta melibatkan 2 orang mahasiswa. Solusi yang diberikan tim PKM untuk mengatasi masalah gizi kurang dan gizi buruk dilakukan dalam 2 bentuk kegiatan. Pertama memberikan kapsul Spirulina platensis yang merupakan suplement bernutrisi tinggi, disertai pemberian menu makanan bergizi untuk meningkatkan status gizi balita dari gizi kurang dan gizi buruk menjadi gizi baik dan juga meningkatkan imunitas balita. Status gizi balita ditentukan bardasarkan indek Antropometri (berat badan/umur dan tinggi badan/umur ) untuk menentukan status gizi balita merujuk pada Surat Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (SK MEMKES No: 1995/MENKES/SK/XI/2010).

Kegiatan kedua memberikan penyuluhan yang diberikan dengan 3 tahap yaitu penyuluhan sosialisai COVID-19 untuk penerapan protokol COVID-19, waspadai gejala, penanganan dan peningkatan imunitas selama pendemi, penyuluhan tentang gejala gizi buruk, makanan bergizi yang dapat meningkatkan status gizi dan imunitas, penyuluhan manfaat Spirulina platensis sebagai suplement nutrisi tinggi untuk meningkatkan gizi dan sebagai antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan imunitas pada balita.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dan ucapan terima kasih dari ibu dari balita anggota Posyandu Anggrek 2 kepada tim PKM Unand karena telah membantu mengatasi masalah gizi kurang dan gizi buruk pada anak mereka, Pemberian kapsul Spirulina platensis telah dapat meningkatan status gizi balita dan penyuluhan memberikan pengetahuan tentang gizi dan makanan dan menu balita bergizi tinggi, manfaat Spirulina platensis, pengetahuan tentang COVID-19 dan peningkatan imunitas keluarga. Kami tim PKM sangat senang karena kegiatan ini telah dapat membantu masalah gizi balita Posyandu Anggrek 2 di Sebarang Padang.

Tim pelaksanaan kegiatan mengucapkan terima kasih untuk respon yang positif dan dukungan dari Kepala Puskemas Sebarang Padang, dr. Desy Susanti dan petugas Puskesmas untuk kegiatan Posyandu Rahmawati S.ST, M.Kes. Keberadaan dan konstribusi mitra yaitu tim kadar Posyandu yang diketuai oleh Roza Yusra dan anggotanya sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan.



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang – siarminang.net

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Warga Air Camar, Kelurahan Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur tersebut ditangkap oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang pada Jumat (22/1/2021) di salah satu rumah di kawasan Pasar Pagi bilangan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah.

“Pelaku ini sudah dilaporkan berkali-kali oleh sejumlah korbannya, hasil penyelidikan kami di lapangan disimpulkan bahwa (HS) pelakunya. Modusnya kupak jendela dan jambret,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda Sabtu (23/1/2021) pagi.

Rico mengatakan, terakhir kali HS dilaporkan ke polisi pada Jumat (22/1/2021) berdasarkan laporan polisi nomor LP/37/B/I/2021/SPKT Unit III Polresta Padang. Sebelum tertangkap, pada malam harinya dia mencuri gawai di Perumahan Geri Permai, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah.

“Jadi saat itu korban sedang terlelap, pelaku ini mencoba mencuri dengan cara mencongkel jendela rumah korban dan masuk mengambil setidaknya dua unit gawai merek Redmi Note Pro seri terbaru beserta kabel pengisi dayanya yang ikut diambi,” katanya.

Pada saat penangkapan dan pengembangan pencarian barang bukti (BB), kata Rico, pelaku mencoba melarikan diri. Petugas terpaksa menembak kakinya hingga akhirnya ia tersungkur dan sempat dilarikan ke RS Bhayangkara Polda Sumbar untuk diberikan pengobatan.

“Pelaku mengaku sudah sering melakukan aksi serupa , Rincinya, di Parak Gadang, Anduring, Banuaran, kawasan Pondok, Siteba, Pegambiran dan Lubuk Buaya,” katanya.

Selain menahan pelaku, polisi juga menyita sejumlah BB diantaranya, tiga unit gawai merek Redmi Note Pro dan iPhone 8 Plus, satu unit besi dengan panjang 20 sentimeter, dan satu unit sepeda motor merek Honda Supra GTR 150. (relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf – siarminang.net

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf – Beritasumbar.com


Padang,siarminang.net,-Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Dalam jumpa pers yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Sumbar tersebut, Kepala Sekolah SMKN 2 Padang, Rusmadi, secara resmi menyampaikan permohonan maafnya.

“Selaku Kepala Sekolah SMKN 2 Padang, saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dari jajaran staf bidang kesiswaan dan bimbingan konseling dalam penerapan aturan dan tata cara berpakaian bagi siswi,” kata Rusmadi.

“Ananda Jeni Cahyani Hia, kelas X OTKP 1 tetap bersekolah seperti biasa. Kami berharap, kekhilafan dan simpang siur informasi di media sosial dapat kita selesaikan dengan semangat kesamaan dalam keberagaman,” lanjut Rusmadi.

DINAS PENDIDIKAN BENTUK TIM INVESTIGASI

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Adib Alfikri, dalam keterangannya mengaku baru menerima kabar tersebut Jumat pagi. Meski begitu, ia langsung membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi ke SMKN 2.

“Tim ini diketuai oleh Kabid SMK. Sampai tadi sore, tim masih bekerja dan belum ada laporan tertulis kepada saya. Jika nanti ditemukan ada aturan atau praktek-praktek yang diluar ketentuan, saya akan ambil tindakan tegas,” ujar Alfikri.

Alfikri juga menambahkan, bahwa tidak ada maksud dari sektor pendidikan memberikan sikap pemaksaan sebab tidak ada aturan yang membolehkan hal tersebut.

“Saya perintahkan, tidak ada diskriminatif, jika ada akan kami proses sesuai atuan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, menurut Alfikri, agar hal serupa tidak terulang kembali, ia akan membuat edaran resmi. Kemudian mengkaji ulang serta merevisi jika ditemukan aturan-aturan yang tidak seharusnya

Pada kesempatan tersebut, Jasman Kadis Kominfo selaku Jubir Pemprov Sumbar menjelaskan, bahwa tidak ada satupun regulasi atau kebijakan dari Pemprov Sumbar tentang adanya kewajiban dan paksaan bagi non Islam untuk berpakain muslim ataupun muslimah.

“Pemprov Sumbar tidak ada membuat regulasi ataupun kebijakan agar non muslim berhijab. Tidak ada itu. Itu adalah kebijakan sekolah yang kedepan akan dievaluasi secara menyeluruh. Pemprov Sumbar melalui Dinas Pendidikan akan mengevaluasinya” ungkap Jasman.

Kadis Kominfo ini melanjutkan “Sebelum peralihan kewenangan SLTA diurus oleh pemprov, dulunya aturan berpakaian Muslimah setiap hari Jumat itu telah ada dan itu kebijakan Pemko saat itu. Disaat kewenangan mengurus SLTA berpindah ke provinsi, aturan ini belum sempat kita evaluasi, karena tidak ada permasalahan selama ini. Namun dengan adanya kasus ini, pemprov Sumbar melalui Dinas Pendidikan akan segera mengevaluasi seluruh aturan berpakaian dan memastikan bahwa tidak akan terjadi lagi persoalan seperti ini.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah – siarminang.net

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net -Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum’at 22/01/2021.

BRIPKA Adri Maizal Bhabinkamtibmas kelurahan Pasa Gadang menyampaikan,kegiatan ini kita Lakukan untuk melaksanakan program Sambang Warga dengan mengunjungi beberapa sekolah yang ada di Kelurahan.

“Bentuk program ini seperti,menyalurkan sumbangan warga ke Sekolah sekaligus silahturahmi.”jika Ada kita melihat Sekolah yang membutuhkan disekitar wilayah hukum Polsek Kota Padang,kita siap membantu ” ujar Adri Maizal.

Hj.Yeni Warti ,S.Pd Kepala sekolah SD.N 27 Pemancungan menyampaikan,ucapan terimakasi kepada aparat yang telah menyalurkan bantuan dan menyambangi sekolah kami,semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendekatkan dan mengedukasi.

Dalam kunjungan Ke Sekolah Dasar Negeri 27 dan 32 terlihat hadir Plt. Lurah Pasa Gadang,Waluyo Yuwono.(haries)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer