Connect with us

Ekonomi

Equity Crowdfunding Dorong UMKM Jadi Besar

Equity Crowdfunding Dorong UMKM Jadi Besar


Oleh: Aci Indrawadi

PADANG – Tumbuhnya pasar online telah menggairahkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Mereka tak lagi kesulitan memasarkan produk yang jadi salah satu kendala berkembangnya selama ini.

Keberadaan mereka yang jauh dari pusat bisnis bukan lagi halangan. Dengan menyiapkan flatform digital yang baik, mereka pun bisa menjual produk ke konsumen dimana pun, tak terkecuali ke mancanegara.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan hingga saat ini 8 juta UMKM telah bergabung dengan e-commerce. Apalagi Bank Indonesia (BI) bersama penyedia platform digital bersinergi mendukung kesiapan UMKM Binaan dan Mitra BI memasarkan produk secara online untuk memperluas akses pasar UMKM.

Hal tersebut dilakukan melalui program persiapan pemasaran online UMKM BI (On Boarding) dan fasilitasi penyediaan platform dan pelatihan pemasaran berbasis digital oleh penyedia platform digital. 

Di tengah berkembangnya sisi pemasaran itu, pelaku UMKM tetap dihadapkan kepada sejumlah persoalan. Salah satunya akses modal. Merujuk data Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 70 persen dari total hampir 60 juta unit UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan.

Di sisi lain usaha ini mampu menyerap tenaga kerja sekitar 75,33 persen (BPS, 2018).  DataKementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatat, pada 2018 kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,34 persen, serta penyerapan tenaga kerja 116,73 juta orang atau 97,02% dari total angkatan kerja yang bekerja.

 Masalah permodalan dan akses terhadap sumber pembiayaan merupakan masalah yang paling krusial (Rachbini, 1994). Berdasarkan hasil Sensus Eekonomi 2016, lebih dari 66 persen UMKM menyatakan memiliki kendala permodalan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan permasalahan – permasalahan lainnya, seperti adanya pesaing usaha, pemasaran, bahan baku, infrastruktur, tenaaga kerja, BBM, peraturan dan birokrasi pemerintah.

Sementara menurut Darwin (2018), UMKM memiliki aksesibilitas yang terbatas terhadap modal terutama kredit dari lembaga keuangan bank. UMKM yang mayoritas unit usaha di Indonesia hanya memperoleh sekitar seperenam pangsa kredit nasional. Namun demikian, keberadaan KUR meningkatkan pangsa kredit nasional ini sebesar seperlimanya dalam beberapa tahun terakhir.

Kecilnya persentase tersebut disebabkan karena akses pada bank dinilai tidak mudah. Bagi perbankan, kebijakan prudensial yang ketat sangat penting untuk menjaga stabilitas keuangan. Selain itu, pelaku UMK juga minim informasi terkait kredit pembiayaan usaha.

Faktor-faktor tersebut menjadi penyebab kecilnya akses UMK terhadap kredit dari bank. Untungnya, perkembangan dunia digital saat ini memberikan stimulus bagi lembaga keuangan non-bank untuk memberikan layanan pinjaman secara online dengan proses yang lebih cepat dibandingkan perbankan dan tanpa agunan. Financial technology (fintech) dalam penyaluran pembiayaannya tidak lagi melalui perantara, namun langsung ke pihak peminjam.

Tapi harus ada perhitungan dari sisi pendapatan dan jumlah utang agar tidak terjebak kredit macet. Sebab, meski menawarkan kemudahan, fintech juga cenderung memberikan bunga atau denda yang tinggi. Jika perhitungan tidak tepat, maka akan terasa memberatkan. Satu lagi, pastikan pembiayaannya dari fintech yang terdaftar di OJK.

Equity Crowdfunding

Tidak hanya itu, hembusan angin segar kini makin terasa bagi pelaku UMKM. Pasalnya, di tengah kegalauan akses permodalan, Otoritas Jasa keuangan (OJK) mengeluarkan aturan baru terkait Equity Crowdfunding (ECF) yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan kecil untuk memperoleh pendanaan.

ECF yang dikenal dengan urun dana ini adalah proses mengumpulkan sejumlah dana untuk sebuah proyek atau usaha oleh sejumlah besar orang yang biasanya dilakukan melalui platform online. Sistemnya seperti membeli saham, tidak seperti peer to peer (P2P) lending yang akadnya adalah peminjaman sejumlah dana.

Keran bisnis equity crowdfunding ini sudah dibuka sejak tahun lalu. Kepastiannya ditetapkan melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 37/POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding).

“Ada tiga ruang lingkup ECF ini yakni penyelenggara, penerbit dan pemodal,” kata Deputi  Komisioner Pengawasan Pasar Modal II OJK, Fakhri Hilmi dikutip dari cnbnindonesia, Kamis 10/10/2019)

ECF memberikan kesempatan bagi perusahaan kecil yang dalam hal ini sebagai penerbit dengan jumlah modal kurang dari Rp30 miliar untuk menghimpun dana dari publik di luar pasar modal.

Adapun untuk penawarannya tidak boleh lebih dari Rp10 miliar dengan jangka waktu  penawaran  maksimal setahun. Masa penawaran dilakukan selama 60  hari. “Misalnya saat ini menerbitkan Rp2 miliar, boleh menerbitkan lagi tahap 2, tahap 3 dan  seterusnya. Asalkan tak lebih dari Rp10 miliar dan setahun,” jelasnya lagi.

Ketentuan lain yang diatur dalam POJK ini adalah penerbitnya tak boleh perusahaan  yang merupakan anggota konglomerasi. Tak hanya itu, perusahaan ini juga tak boleh perusahaan Terbuka (Tbk) serta anak usaha Tbk. “Karena kita berusaha memberi kesempatan  perusahaan kecil agar independen. Targetnya  memang untuk yang kecil-kecil,” jelasnya.

Fakhri Hilmi mengatakan, saat ini baru satu  perusahaan yang sudah memiliki izin operasi equity crowdfunding, yaitu PT Santara Daya  Inspiratama. “Masih ada 10 perusahaan lain yang sedang diproses untuk perizinannya,” katanya.

Untuk bisa menjadi penerbit atau perseroan yang menawarkan saham, ada syarat yang harus dipenuhi sesuai peraturan dari OJK. Syarat untuk menjadi penerbit adalah perusahaan harus  berbadan hukum perseroan terbatas (PT) dan merupakan UMKM.

“Penerbit tidak boleh dikendalikan baik langsung atau tidak langsung dari kelompok  konglomerasi, perusahaan terbuka atau anak perusahaan terbuka (PT Tbk), dan perusahaan  dengan kekayaan lebih dari Rp10 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan),” terang  Fakhri kepada duitologi.com.

Layaknya perusahaan di pasar modal, penerbit juga harus menyampaikan laporan tahunan  ke OJK dan mengumumkan kepada masyarakat melalui penyelenggara, dalam hal ini adalah  badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan urun dana.

Bagaimana dengan pemodal atau pihak yang membeli saham penerbit? Sama seperti  penerbit, setiap orang dapat menjadi pemodal equity crowdfunding. Namun, ada ketentuan pemodal harus memiliki kemampuan analisis risiko terhadap saham.

Ketentuan lainnya, yaitu pemodal dengan penghasilan sampai dengan Rp500 juta per tahun  hanya bisa investasi di equity crowdfunding sebesar 5 persen dari penghasilannya.  “Penghasilan di atas Rp500 juta per tahun, maksimum investasi 10 persen dari penghasilan,”  ungkap Fakhri.

Tentu saja terobosan OJK ini sangat memberi arti bagi UMKM. Dengan adanya metode urun dana, perusahaan kecil seperti UMKM akan bisa berkembang dan memperoleh akses pendanaan yang lebih luas sehingga UMKM bisa menjadi usaha besar, yang pada akhirnya membantu tumbuhnya perekonomian negara.

 



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Beragam Tips Mulai Investasi bagi Kaum Milenial 

Beragam Tips Mulai Investasi bagi Kaum Milenial 


JAKARTA – Generasi milenial dimayoritasi oleh banyak anak muda. Maka dari itu, kebanyakan milenial memang memiliki masa menyenangkan dengan berbagai pengalaman serta cerita di dalamnya.

Generasi milenial juga cenderung suka tantangan, sehingga mereka punya pengalaman yang seru, “Mumpung masih muda”, ucapnya para milenial. Memang benar, mumpung masih muda kita bisa lakukan hal-hal yang ingin dilakukan, agar tidak menyesal pada hari tua nanti.

Tetapi, dibalik kebebasan itu, milenial juga identik dengan kebiasan suka menghamburkan uang. Nah, tentu saja kebiasaan ini harus diperbaiki karena nantinya malah bisa menyusahkan kamu di masa depan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan supaya dapat terhindar dari kehabisan uang dengan melakukan investasi. Cara ini dibilang langkah cerdas bagi kamu, untuk mengelola keuangan lebih bijak dan menghindari keborosan.

Banyak investasi hampir sama tetapi berbeda dengan menabung. Menabung artinya menyimpang uang, sedangkan berinvestasi adalah membuat uang bisa berkembang di masa depan.

Beberapa tips investasi untuk milenial saat ini! Cek Kondisi Keuangan! Nah tips investasi yang pertama adalah, kamu perlu menghitung dahulu kira-kira berapa pengeluaran kamu tiap bulannya.

Hal ini penting dilakukan karena nantinya jangan sampai setelah melakukan investasi, uang kamu malah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Jika terasa tak cukup, mungkin kamu dapat mencari penghasilan tambahan, misalnya menjadi seorang freelancer. Sulit rasanya mengorbankan banyak waktu tapi percayalah kalau hal ini bisa mengubah masa depan.

Pastikan Tahu Tujuan Investasi Milenial biasanya memiliki gaya hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Pemikiran mereka tentang uang dan bagaimana cara investasi, juga tentu lebih matang daripada kamu yang baru memulai investasi.

Nah, tips investasi pertama adalah kamu jangan sampai keliru melakukannya, sebelumnya kamu harus tahu dahulu apa tujuan investasi.

Pilihan investasi kamu jangka pendek atau jangka panjang Contohnya, jika kamu berinvestasi untuk pendidikan di masa depan atau beli rumah, maka bisa memilih investasi jangka panjang. Dan berinvestasi misalnya hanya untuk dana jalan-jalan, investasi jangka pendek bisa dilakukan.

Hilangkan pola pikir bahwa investasi hanya bisa dilakukan ketika kamu sudah banyak uang atau berumur. Pasalnya, investasi juga bisa dilakukan oleh anak muda. Bahkan, banyak ahli menyebutkan semakin dini berinvestasi semakin baik. Karena keuntungan yang didapatkan dapat lebih besar.

Tapi, kalau kamu belum memiliki banyak modal untuk berinvestasi, kamu bisa memulai dengan modal kecil, seperti investasi emas digital di KoinGold dari KoinWorks (Powered by IndoGold).

Melalui KoinGold, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas mulai dari Rp1000, tanpa dipotong biaya admin. Terdapat beragam fitur yang bisa membantu kamu melakukan investasi emas digital di KoinGold, yaitu fitur Subscription dan fitur Auto Buy-Sell.

Nah, adanya fitur-fitur ini akan sangat membantu melakukan investasi emas digital, yang besarannya dapat disesuaikan dengan tujuan, keinginan serta preferensi.

Untuk bisa melakukan transaksi emas digital, kamu hanya perlu unduh aplikasi KoinWorks, setelah melengkapi proses registrasi kamu akan bisa mengaksesnya melalui smartphone kapan pun, di mana pun.

KoinWorks sendiri adalah sebuah super financial app yang memberikan solusi keuangan dengan beragam produk finansial, dan sudah terdaftar sebagai penyelenggara Aggregator Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di zaman informasi seperti sekarang, ini pasti akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang investasi, Nah, sebelum memilih sebuah instrumen investasi, jangan lupa kamu pelajari lebih dalam akan produk pilihanmu tersebut.

Setelah menerapkan tips investasi tersebut, terakhir kamu harus memilih instrumen yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Ingat selalu untuk tidak ikut-ikutan tren, atau orang lain. Karena belum tentu kamu punya kondisi keuangan yang sama dengan mereka. (rel)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Telkomsel Perluas Pemerataan Akses Broadband 4G LTE hingga Pelosok Negeri

Tak Perlu ke Kelok HP, Dengan Telkomsel Pelajar Pasia Laweh Sudah Bisa Belajar di Rumah 


JAKARTA – Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Hal tersebut pun berlaku bagi masyarakat di daerah terpencil, pulau terluar, hingga wilayah perbatasan yang konsisten Telkomsel rangkul dari waktu ke waktu selama lebih dari 25 tahun melayani negeri.

Maka dari itu, Telkomsel terus bergerak maju menghadirkan akses 4G terdepan di lebih banyak daerah, khususnya wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terpencil), agar manfaat jaringan internet terkini dari Telkomsel semakin tersebar luas dan merata untuk dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui pemanfaatan teknologi digital.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, Telkomsel menaruh perhatian yang besar terhadap pemerataan layanan telekomunikasi di seluruh Indonesia. Berbagai inisiatif seperti Telkomsel Merah Putih telah hadir sebagai solusi yang memberikan solusi bagi masyarakat untuk menikmati standar kualitas jaringan yang sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

“Semangat ini yang akan kami terus bawa dalam memperluas kehadiran jaringan broadband terdepan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat di Tanah Air,” katanya.

Telkomsel melakukan perluasan ketersediaan jaringan 4G di Indonesia secara menyeluruh, mencakup semua pengelompokkan wilayah operasional yang terbagi menjadi empat area. Keempatnya adalah Area 1 (Sumatera), Area 2 (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat), Area 3 (Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB), dan Area 4 (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan). Telkomsel pun melakukan pendekatan yang sesuai dengan kondisi tiap-tiap daerah demi memberikan layanan 4G LTE terbaik bagi masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Telkomsel di area Sumatera adalah menghadirkan layanan 4G di Desa Pasiah Laweh, Sumatera Barat, dengan memanfaatkan infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT). Inisiatif tersebut memudahkan masyarakat dalam menikmati akses jaringan broadband terdepan, yang sebelumnya harus menuju lokasi bernama “Kelok HP” di pinggir jalan puncak bukit untuk mendapatkan konektivitas internet yang memadai. Pendekatan serupa pun diterapkan Telkomsel dalam memastikan ketersediaan jaringan 4G di Desa Woloklibang, Nusa Tenggara Timur. Penggunaan COMBAT juga dipilih karena kondisi geografis wilayah yang cukup menantang. Butuh satu jam perjalanan laut dan tiga jam perjalanan darat untuk sampai di Desa Woloklibang dari Kota Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Telkomsel juga menanggapi kesulitan akses internet di Desa Petir, Daerah Istimewa Yogyakarta. Solusi yang diberikan adalah dengan memasang alat penguat sinyal (repeater) khusus yang. Hal tersebut dilakukan sebagai optimalisasi jaringan Telkomsel yang sudah ada di wilayah tersebut, namun terhalang oleh banyaknya perbukitan, sehingga kini jaringan 4G yang terpancar jadi lebih kuat. Penanganan khusus turut dilakukan Telkomsel di Desa Nain, Sulawesi Utara. Desa yang berada di pulau kecil di sebelah utara Taman Nasional Bunaken tersebut kini dapat menikmati layanan 4G terdepan berkat peningkatan transmisi dan teknologi dengan mengalihkan akses yang sebelumnya melalui satelit menjadi lewat IP Radio yang termasuk ke dalam infrastruktur BTS Merah Putih milik Telkomsel.

“Sebagai leading digital telco company, Telkomsel berkomitmen untuk membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air. Maka dari itu, kehadiran akses jaringan broadband terdepan di setiap wilayah di negeri ini menjadi penting agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat teknologi terkini di kehidupannya, termasuk dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh hingga berjualan secara daring yang berguna bagi para pelaku UMKM dalam memperluas usahanya. Berbagai inisiatif yang selama ini dilakukan Telkomsel juga diharapkan mampu mendukung pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika yang tengah mengupayakan ketersediaan jaringan 4G di seluruh desa di Indonesia pada 2022.” kata Denny menutup. (mat)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah Dipengaruhi Mandeknya Persetujuan Paket Stimulus AS

Rupiah Menguat Seiring Terhambatnya Pemulihan Ekonomi AS


JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan ditutup melemah seiring penantian pasar atas persetujuan paket stimulus lanjutan di Amerika Serikat yang masih mandek. Rupiah ditutup melemah 8 poin atau 0,05 persen menjadi Rp14.698 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.690 per dolar AS.

“Pekan ini Rupiah banyak didorong faktor domestik, yaktu rilis data neraca perdagangan kemarin yang surplus cukup besar. Ini akan berdampak kepada current account deficit sepanjang tahun ini yang akan menyusut,” kata analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, Jumat (16/10/2020), dikutip dari antara.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada Kamis (15/10) kemarin mencatat neraca perdagangan RI pada September 2020 mengalami surplus 2,44 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 14,01 dan impor 11,57 miliar dolar AS, sehingga Indonesia mengalami surplus untuk kelima kalinya tahun ini sejak Mei 2020.

Selain itu, lanjut Arya, pelaku pasar juga tengah menunggu UU Cipta Kerja ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo setelah disahkan oleh DPR.

“UU Cipta Kerja ini diharapkan akan meningkatkan investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Rully.

Dari eksternal, pasar masih menunggu persetujuan stimulus fiskal di AS. Saat ini terlihat mulai ada kemajuan antara pemerintahan Presiden AS Donald Trump dengan Partai Demokrat mengenai jumlah stimulus yang akan dikeluarkan.

“Untuk pekan depan, saya perkirakan rupiah masih akan tetap stabil, menunggu pengesahan omnibus law dan stimulus fiskal di AS. Tapi memang ada risiko peningkatan kasus covid di berbagai negara,” kata Rully.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.699 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.695 per dolar AS hingga Rp14.748 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp14.766 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.760 per dolar AS. (ant/rin)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer