Connect with us

Ekonomi

Garuda Pastikan Layanan Operasional Jelang Lebaran Tetap Normal

Garuda Pastikan Layanan Operasional Jelang Lebaran Tetap Normal


Pesawat Garuda Indonesia (net)

JAKARTA – Maskapai nasional Garuda Indonesia memastikan layanan operasional penerbangan jelang lebaran tetap berjalan normal menyusul komitmen dari Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) dan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) untuk tidak melaksanakan aksi mogok pada periode peak season Lebaran.

“Kami juga menyampaikan apresiasi terhadap APG dan Sekarga yang tetap mengedepankan kepentingan nasional dan  komitmen pelayanan operasional  terhadap konsumen di periode peak season ini,” ujar Pahala N.Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia, sebagaimana dituturkan juru bicara Garuda Indonesia, Hengki Heriandono kepada Singgalang, Minggu (3/6).

Sebelumnya, ungkap Pahala, ancaman mogok yang akan dilakukan pada periode peak season lebaran itu, pengurus APG dan Sekarga telah dipanggil oleh Menko Maritim Luhut B Panjaitan, karena mogok khususnya pada peak season akan mengganggu ketertiban umum dan mengganggu hak-hak pelayanan konsumen serta menginstruksikan jalan dialog dengan manajemen.

“Kami harapkan agar para pengguna jasa tetap tenang dan tidak perlu kuatir tentang rencana mogok di Garuda Indonesia. Kami pastikan layanan operasional penerbangan tetap berlangsung normal. Seluruh awak pesawat dan jajaran karyawan Garuda Indonesia juga telah turut bersiap dalam mengamankan operasional penerbangan pada periode peak season ini,” jelas Pahala.

Dikatakan, pihaknya menyambut baik komitmen dan dukungan Menko Maritim dalam mendukung upaya peningkatan kinerja operasional Garuda Indonesia khususnya terkait penyelarasan dinamika hubungan industrial melalui jalur dialog.

“Perlu kiranya kami tegaskan bahwa manajemen telah berkali-kali membuka ruang diskusi kepada rekan rekan APG dan Sekarga untuk mencapai titik temu terkait dengan perspektif APG dan Sekarga terhadap keberlangsungan operasional perusahaan. Karena lebih dari 90 persen aspirasi tuntutan karyawan kepada perusahaan telah dipenuhi oleh manajemen, dan tidak ada issue kesejahteraan karyawan yang menjadi penyebab rencana mogok APG dan Sekarga,” tandas Pahala. (yusman)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

IZI dan BPKP Sumbar Dukung Ekonomi Umat lewat Zakat- Lapak Berkah

IZI dan BPKP Sumbar Dukung Pembangunan Ekonomi Umat lewat Zakat- Lapak Berkah


PADANG – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatra Barat dan LAZNAS IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Perwakilan Sumatra Barat bekerjasama dalam membangun ekonomi umat, gotong royong memuliakan dhuafa.

“Kami sangat bersyukur dan sangat mengapresiasi bahwa penyaluran zakat kami, pegawai BPKP SUMBAR pada tahap awal ini disalurkan kepada 3 para Mustahik yang berhak yang dimanfaatkan pada usaha yang produktif, ” Kata Buyung Woromo Samudro, kepala perwakilan BPKP provinsi Sumatra Barat,Jumat (15/1).

Dikatakan, usaha ini diimplementasikan dengan penyerahan bantuan lapak berkah kepada para pedagang kaki lima. Sebagai awalan, bantuan lapak berkah disalurkan kepada tiga penerima manfaat.

“Penerima manfaat lapak berkah kali ini adalah para pedagang kaki lima yang berada di 3 lokasi yang berbeda yaitu Bapak Khaidir penjual bakso bakar yang berlokasi di Gaduik, Pak Wendi penjual roti bakar dan sandwich di Anak Air dan Pak Tarmizi penjual es cendol di Kalumbuak, ” lanjutnya.

Menurutnya, Program Lapak Berkah ini merupakan pemberian sarana dan modal usaha bagi masyarakat kecil, menciptakan peluang usaha, serta menghadirkan solusi dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup melalui usaha jual beli.

Dana untuk program Lapak Berkah ini dikumpulkan dari zakat para pegawai BPKP Sumbar yang bermitra dengan IZI sebagai lembaga penyalur zakat.

“Harapan besar melalui kolaborasi yang baik ini dapat berlanjut sehingga kebermanfaatan akan mengalir menjadi kebaikan – kebaikan yang berantai,”tuturnya.

” Dengan adanya Lapak Berkah ini, kami sebagai pegawai BPKP Sumbar yang memberikan zakat sangat senang, karena zakat yang kami salurkan sampai kepada penerima manfaat dan dapat membantu serta membangkitkan semangat mereka dalam perekonomian, apalagi di tengah pandemi saat ini. Dengan acara launching Lapak Berkah ini kami bisa merasakan langsung kebahagiaan mereka”, ujar salah seorang pegawai BPKP Sumbar saat antri penukaran kupon makanan dan minuman Lapak Berkah.

Sementara Tarmizi, salah seorang penerima manfaat Lapak Berkah Es Cendol merasa bersyukur usai menerima bantuan tersebut.

“Awak teruih tarang se maraso bersyukur bana mandapek bantuan gerobak dan dana usaho dari IZI dan BPKP Sumbar. Cendol ko galeh untuk sahari-hari awak, lantaran garobak yang patang alah parah bana dan dapek bantuan garobak baru dan dana usaha ko yo basyukur bana, untung usaho kamukonya lancar dan tarimokasih banyak untuk IZI Samo BPKP Sumbar, berkah jo Aamiin,” ujar pak Tarmidzi.

Pada akhirnya dengan adanya program Lapak Berkah LAZNAS IZI ini, Insya Allah dapat membangun perbaikan pondasi ekonomi umat, tentunya melalui program penyaluran zakat itu sendiri (givo)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Nilai Ekspor Indonesia Capai 16,54 Miliar Dolar AS –

Data Diragukan, BPS Diminta Independen


JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis nilai ekspor Indonesia Desember 2020 yang mencapai 16,54 miliar Dolar AS atau meningkat 8,39 persen dibanding ekspor November 2020. Secara kumulatif, nilai ekspor Indonesia Januari–Desember 2020 mencapai 163,31 miliar Dolar AS.

Untuk ekspor nonmigas Desember 2020 mencapai 15,52 miliar Dolar AS atau naik 7,06 persen dibanding November 2020. Peningkatan terbesar ekspor nonmigas Desember 2020 terhadap November 2020 terjadi pada lemak dan minyak hewan/nabati sebesar 264,2 juta persen (11,23 persen).

Menurut sektor, ekspor nonmigas hasil industri pengolahan Januari– Desember 2020 naik 2,95 persen dibanding periode yang sama tahun 2019, demikian juga ekspor hasil pertanian naik 13,98 persen.

Ekspor nonmigas Desember 2020 terbesar adalah ke Tiongkok yaitu 3,32 miliar Dolar AS , disusul Amerika Serikat 1,87 miliar Dolar AS dan Jepang 1,25 miliar Dolar AS , dengan kontribusi ketiganya mencapai 41,50 persen. Sementara ekspor ke Uni Eropa (27 negara) sebesar 1,27 miliar Dolar AS .

Menurut provinsi asal barang, ekspor Indonesia terbesar pada Januari–Desember 2020 berasal dari Jawa Barat dengan nilai 26,59 miliar Dolar AS (16,28 persen), diikuti Jawa Timur 20,31 miliar Dolar AS (12,44 persen) dan Riau 13,77 miliar Dolar AS (8,43 persen). (rel)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

2021, Gojek Makin Mantap Hadirkan Inovasi Layanan Transportasi Online

2021, Gojek Makin Mantap Hadirkan Inovasi Layanan Transportasi Online


JAKARTA – Sepanjang tahun 2020, Gojek super app terdepan di Asia Tenggara telah menghadirkan beragam inovasi dan inisiatif berbasis J3K (jaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan) untuk membantu konsumen beradaptasi selama pandemi. Memasuki 2021, Gojek semakin mantap menghadirkan berbagai inovasi pada layanan transportasi online-nya agar tetap menjadi andalan masyarakat.

Raditya Wibowo, Chief Transport Officer Gojek Group memaparkan, Gojek berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi baru , mendukung produktivitas sekaligus mengurangi kecemasan masyarakat yang masih harus hidup berdampingan dengan pandemi.

“Proses adaptasi terhadap situasi pandemi yang telah kami lakukan secara responsif dan komprehensif selama hampir satu tahun ini juga akan kami lanjutkan di tahun 2021,” katanya.

Di awal tahun 2021, Gojek akan memperkenalkan inovasi terbaru berupa fitur untuk menjadwalkan pesanan layanan transportasi dan fitur lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti kebutuhan bisnis atau yang lainnya. Ragam inovasi teknologi dalam bentuk fitur dan layanan baru tersebut akan mendukung masyarakat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah agar dapat bepergian dengan lebih cepat, aman, dan nyaman.

Ragam inovasi lainnya, baik dalam bentuk teknologi maupun non-teknologi, yang telah Gojek sediakan di 2020 dan akan terus dikembangkan di tahun 2021 di antaranya:

GoCorp: Solusi Layanan Perjalanan Bisnis yang Aman dan Nyaman dengan Biaya yang Rasional.

Mengacu pada tren 2020 dimana perkantoran masih menjadi salah satu destinasi utama masyarakat, Gojek akan menghadirkan layanan terbaru bernama GoCorp. Melalui GoCorp, Gojek menghadirkan layanan untuk mendukung perjalanan bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dengan biaya yang rasional bagi para pelaku korporasi.

Inovasi lainnya, Gojek akan mempertegas komitmen ramah lingkungan melalui GoGreener. Gojek terus memperkuat komitmen dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui inisiatif GoGreener. Beberapa inisiatif yang telah dijalankan di 2020 dan akan diperluas di 2021 di antaranya uji coba kendaraan listrik, carbon offset, serta uji emisi kendaraan bermotor. Gojek merupakan pemain pertama di industri transportasi online yang dipercaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terlibat dalam uji emisi kendaraan bermotor.

Setelah diperkenalkan di tahun 2020, Gojek akan mempercanggih fitur GoTransit. GoTransit merupakan solusi untuk merencanakan perjalanan hingga mengambil keputusan secara sistematis mengenai moda transportasi yang akan dipilih pelanggan langsung dalam aplikasi Gojek. GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi. Membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik. Dengan adanya fitur GoTransit ini akan dapat juga membantu pengguna memperkirakan berapa lama ia akan melakukan perjalanan di luar rumah sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terpapar virus.

“Kami akan terus menghadirkan ragam fitur dan inovasi yang bertujuan untuk mendukung masyarakat yang terpaksa bepergian agar dapat lebih cepat, aman, dan nyaman. Beberapa di antaranya adalah fitur pembayaran parkir dan tol tanpa cash, fitur untuk menjadwalkan pesanan GoRide dan GoCar, fitur untuk melakukan perubahan titik jemput, fitur untuk menyimpan alamat, serta fitur layanan transportasi yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebiasaan tiap pengguna,” katanya.

Harya S. Dillon, Ph.D., Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia turut mengapresiasi keseriusan Gojek dalam beradaptasi selama pandemi sejak 2020, yang akan terus diperkuat di tahun 2021.

“Gojek telah berhasil hadir sebagai pilihan utama moda transportasi selama masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru. Inisiatif J3K Gojek mampu memenuhi kebutuhan masyarakat agar tetap aman dan nyaman saat bepergian,” terangnya.

Selain itu, GoTransit juga diharapkan mampu menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang seringkali sulit untuk dijangkau masyarakat, juga menjadi alternatif moda transportasi yang mengutamakan faktor keamanan, kesehatan, dan kenyamanan selama pandemi. Saya berharap inovasi-inovasi seperti yang Gojek lakukan ini juga bisa diterapkan oleh pelaku industri transportasi lainnya.

“Untuk melengkapi komitmen Gojek dalam meluncurkan ragam inovasi di 2021, kami pun siap untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak pemangku kepentingan serta mengikuti ragam kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah selama bertujuan untuk kebaikan kita bersama. Harapan kami, inovasi dan inisiatif yang secara konsisten dihadirkan oleh Gojek dapat menciptakan layanan transportasi online yang lebih tangguh dan terus menjadi andalan masyarakat di tahun 2021,” tutup Dito. (yuke)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer