Connect with us

Ekonomi

Hiswana Migas Jamin Ketersedian Stok Elpiji di Sumbar

Hiswana Migas Jamin Ketersedian Stok Elpiji di Sumbar


Ilustrasi (okezone.com)

PADANG – Para ibu rumah tangga dan pemilik usaha kecil dan menengah di Sumbar tampaknya tak perlu risau. Pasalnya ketersedian elpiji baik yang subsidi maupun non-subsidi mencukupi. Toh, sejak Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha bahan bakar itu tak pernah langkah di daerah ini.

Ketua Hiswana Migas Sumbar, Ridwan Hosen mengatakan, amannya stok elpiji itu atas antisipasi yang dilakukan pihaknya dengan menyiapkan kuota tambahan pada saat tingginya permintaan seperti saat hari raya. “Hiswana Migas menyalurkan rata-rata 102 ribu tabung setiap hari,” ujarnya, Jumat (24/8).

Penambahan kuota itu juga dibarengi dengan pengawasan terhadap pendistribusiannya, agar tidak terjadi kekosongan pada suatu daerah. Pada 23 Agustus saja Pertamina dan Hiswana Migas menyiapkan tambahan sebanyak 18 ribu tabung, dan hari ini disiapkan sebanyak 14 ribu tabung. Sementara besok 5.600 tabung dan padal 27 Agustus sebanyak 1.120 tabung

“Kami menjamin untuk ketersediaan elpiji baik yang tiga kilogram dan lainnya termasuk yang non subsidi, agar kebutuhan masyarakat tidak terganggu,” lanjutnya.

Kondisi tersebut juga diakui seorang pemilik pangkalan elpiji di kawasan Taruko, Kuranji, Padang, Elri. Menurutnya, memang terjadi peningkatan permintaan dari konsumen belakangan, tetapi hal itu dapat dipenuhi dengan ketersedian pasokan dari agen dan distributor.

“Memang ada peningkatan permintaan dari masyarakat, terutama yang elpiji 30 kilogram. Tetapi dengan lancarnya pasokan dari agen, permintaan itu dapat dipenuhi. Lebaran pun tak ada masalah,” tuturnya.

Seorang ibu rumah tangga, Nengsih (25), warga Lubuk Buaya, Padang juga mengaku tak kesulitan mencari keberadaan elpiji belakangan ini. “Tetap ada di pangkalan. Di sejumlah minimarket juga banyak,” ungkapnya. (arief)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Rupiah Menguat di Level Rp14.442/USD

Rupiah Pagi Ini Menguat Rp13.980


 

JAKARTA – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) balik menguat pada perdagangan hari ini. Namun Rupiah masih berada pada level Rp14.400 per USD.

Melansir Bloomberg, Jakarta, Jumat 30/7/2021), Rupiah menguat 40 poin atau 0,28% ke level Rp14.442 per USD.

Sedangkan di Yahoo Finance, Rupiah menguat 6 poin atau 0,04% pada level Rp14.488 per USD. Dengan perkiraan pergerakan hari ini di level Rp14.488-Rp14.488 per USD.

Sebagai informasi, Dolar AS melemah ke level terendah dalam satu bulan ini di perdagangan Kamis. Sehari setelah Federal Reserve AS menyatakan belum tiba saatnya untuk melonggarkan stimulus moneter, dolar AS rally dalam sebulan ini.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, turun 0,383% pada level 91,905 atau terendah sejak 29 Juni. Euro naik 0,35% terhadap dolar menjadi USD1,1885.

“Kekuasaan dolar atas euro tampaknya berakhir karena The Fed. Ekonomi perlahan-lahan mencapai kemajuan substansial di pasar tenaga kerja,” kata Analis Pasar Senior Amerika OANDA, Edward Moya, dilansir dari Reuters.

Meski demikian, indeks dolar AS masih naik 1,6% sejak pertemuan Fed pada Juni. Keputusan hawkish bank sentral AS memberi sedikit dukungan. (okezone)

Lihat Artikel Asli

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

756.750 Kg Beras Bantuan PPKM Sumbar Telah Disalurkan –

756.750 Kg Beras Bantuan PPKM Sumbar Telah Disalurkan -


PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Kepala Dinas Sosial Jumaidi, melepas peluncuran bantuan beras PPKM tahun 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) se-Provinsi Sumbar, di Gudang Bulog Kanwil Sumbar, Rawang, Kota Padang, Kamis (29/7/2021).

Beras bantuan PPKM ini untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terdata sebagai KPM PKH dan BST. Masing-masing KPM akan mendapat bantuan sebanyak 10 kg beras jenis premium.

Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Sumbar Tommy Despalingga, dalam laporannya menyebutkan total kuota beras untuk bantuan PPKM di Sumbar sebanyak 3.462.400 kg beras untuk 346.240 KPM, yang terdiri dari 170.396 PKH dan 175.844 BST.

Stok beras yang ada di seluruh gudang Bulog, menurut Tommy, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan beras PPKM di Sumbar.

“Sisa stok beras yang ada di seluruh gudang Bulog Sumbar per 28 Juli 2021 sebanyak 9.257,5 Ton dan akan masuk lagi 1.200 Ton, sehingga total stok ada 10.457,5 Ton. Jadi insyaallaah stok aman sampai Oktober nanti. Selain bantuan beras PPKM, Bulog juga membantu beras untuk yang lain seperti bencana alam, kita siap berapapun dibutuhkan,” jelas Tommy.

Untuk realisasi penyaluran beras bantuan PPKM lanjut Tommy, hingga 28 Juli 2021, berdasarkan delivery order (DO) telah mencapai 756.750 kg atau 21,9 persen dari total bantuan.

Tommy juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Sumbar dan juga PT. Pos Indonesia sehingga penyaluran beras bantuan PPKM dapat berjalan lancar.

Sebelum meresmikan peluncuran beras bantuan PPKM, Kadis Sosial Provinsi Sumbar Jumaidi, bersama Kepala Kantor Pos Padang, Ketua Satgas Logistik Bansos dan Pimpinan Bulog Kanwil Sumbar meninjau stok beras di gudang Bulog, Rawang.

Atas nama Pemprov Sumbar, Jumaidi menyampaikan terimakasih atas penyaluran beras bantuan PPKM dari Bulog melalui PT. Pos dan mengimbau kabupaten kota agar mempercepat proses penyaluran sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Bulog dan PT. Pos atas penyaluran beras bantuan ini. Bantuan ini tentu sangat besar artinya bagi masyarakat Sumbar yang merasakan dampak pandemi ini. Mudah-mudahan wujud perhatian pemerintah ini bisa segera sampai dan dinikmati masyarakat,” ungkap Jumaidi.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Utama Padang, Agus Tria Dian menyebutkan, penyaluran Bansos sekaligus beras bantuan PPKM telah dimulai sejak 24 Juli lalu dan terus dilakukan hingga 31 Juli nanti.(yuke)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Berikan Kemudahan Berkurban Online Maybank Indonesia Salurkan Bantuan Kurban Total Rp950 Juta

Berikan Kemudahan Berkurban Online Maybank Indonesia Salurkan Bantuan Kurban Total Rp950 Juta


PADANG – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) kembali melaksanakan Berbagi Untuk Kebaikan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1442-H tahun .

Tahun ini Mybank Indonesia memberikan kemudahan bagi Nasabah untuk menunaikan ibadah kurban secara online. Total Maybank menyalurkan hewan kurban senilai Rp950 juta.

Jumlah itu bersumber dari dana kebajikan yang dikelola UUS Maybank Indonesia.

Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari mengatakan, “Inisiatif Berbagi untuk Kebaikan tersebut merupakan bagian dari upaya memberikan kontribusi positif bagi pemberdayaan komunitas dan masyarakat luas yang selaras dengan misi Maybank, yakni, Humanising Financial Services”.

“Selain memberikan kemudahan ke nasabah dalam menunaikan ibadah kurban, UUS Maybank Indonesia juga ikut menyalurkan hewan kurban, meringankan beban saudara-saudari di tanah air dalam menghadapi pandemi, terutama pada Hari Raya Idul Adha yang penuh berkah ini,” katanya.

Branch Manager Kantor Cabang Syariah Maybank Kota Padang, Chintya Angelia menyampaikan, “Maybank Indonesia terus berupaya untuk memberikan solusi dan kemudahan dalam kegiatan sehari-hari Nasabah, termasuk dalam melaksanakan ibadah kurban yang bisa dilakukan oleh Nasabah setiap saat. Sehingga, dengan adanya kemudahan tersebut akan semakin banyak Nasabah yang berkurban menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Maybank Indonesia bekerjasama dengan Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap sebagai lembaga mitra penyalur hewan kurban ke masyarakat, dimana Nasabah dapat memilih jenis hewan Qurban via www.maybank.co.id/qurbanact lalu melakukan pembayaran via online lewat M2U ID APP atau M2U ID WEB secara nyaman dan aman di situasi seperti sekarang ini.

Penyaluran ini menargetkan ke komunitas dan masyarakat di sekitar seluruh jaringan kantor cabang Syariah (“KCS”) yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Mybank menggandeng lembaga maupun masjid sebagai mitra pelaksana kurban.

Di Kota Padang, melalui Kantor Cabang Syariah Maybank bermitra dengan BAZNAS Kota Padang dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mendistribusikan bantuan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang akan didistribusikan kepada masyarakat setempat.

“Kami akan terus melakukan inovasi dan upaya pengembangan keuangan Syariah Maybank di Indonesia, yang sejalan dengan strategi Shariah First yaitu memperkenalkan solusi keuangan syariah kepada Nasabah sebelum menawarkan solusi perbankan konvensional sebagai solusi keuangan yang dikelola sesuai prinsip syariah secara umum yaitu adil, ber-etika, dan transparan serta dapat diakses oleh segala lapisan masyarakat,” ungkap Chintya.

Dengan penerapkan strategi Shariah First yang konsisten, pada kuartal pertama tahun 2021, UUS Maybank Indonesia mampu mencatat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga sebesar 13,2%, menjadi Rp29,5 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut ditopang dari dana murah (CASA) Syariah dengan pertumbuhan sebesar 42,6%.

Di samping itu, total aset UUS Maybank Indonesia tumbuh sebesar 12,9% menjadi Rp35,9 triliun atau 21,96% dari total Aset Bank (Individual) per 31 Maret 2021, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun Internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Non-Ritel) dan Global Banking, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat.

Sekretaris Baznas Kota Padang Herianto mengucapkan terimkasih atas kepercayaan Mybank dalam menyalurkan daging kurban. Menurutnya, Cabang Syariah Maybank Kota Padang lembaga perbankan yang konsisten menyalurkan bantuan amalnya bersama Baznas Kota Padang.

” Kita sangat mengapresiasi kepercayaan Mybank dalam menyalurkan daging kurbannya pada tahun ini. Kita tahu Mybank selalu bekerjasama dengan Baznas dalam menyalurkan zakat dan bantuannya,” ungkapnya usai menerima simbolis bantuan kurban Mybank.

Mybank Indonesia

Maybank Indonesia terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U ID App Mobile Banking, Maybank2u Internet Banking dan berbagai saluran lainnya.

Per Maret 2021, Maybank Indonesia memiliki 362 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 Mobil Kas Keliling dan 1.312 ATM termasuk 75 CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp117,1 triliun dan memiliki total aset senilai Rp173,7 triliun pada akhir Maret 2021.(yose)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer