Connect with us

Padang

HWK Sumbar Bantu Tiga Keluarga Tinggal Satu Atap di Kota Padang – siarminang.net

HWK Sumbar Bantu Tiga Keluarga Tinggal Satu Atap di Kota Padang – Beritasumbar.com

PADANG – Pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda semakin berdampak pada perekonomian masyarakat. Seperti yang tengah dialami oleh tiga keluarga yang tinggal satu atap di Jati Rawang, sebuah perkampungan di pusat Kota Padang. 

Kehidupan tiga keluarga yang sangat memprihatinkan tersebut membuat organisasi sosial Himpunan Wanita Karya Provinsi Sumatera Barat (HWK Sumbar) tergerak memberi bantuan melalui kunjungan sosial yang dilakukan pada Minggu 25 Oktober 2020. Kedatangan mereka disambut dengan suasana haru.

Dra. Zusneli Zubir, M.Hum, Ketua HWK Sumbar pada saat kunjungan tersebut mengatakan, “Kami memperoleh informasi tentang keadaan tiga keluarga tersebut dari Si Jong, salah seorang anggota keluarga mereka. Biasanya ia ikut menopang kebutuhan sehari-hari keluarganya, tapi situasi pandemi membuat usahanya macet. Saat ini ibu mereka terbaring sakit di rumah, kena diabetes, dan butuh biaya pengobatan. Bapak mereka yang biasanya bekerja jadi buruh, tidak sanggup bekerja lagi, karena sudah tua.”

Pada kunjungan sosial ke keluarga Si Jong tersebut, HWK Sumbar menyerahkan bantuan berupa sembako, dan uang tunai. Bantuan tersebut digalang dari uluran tangan ibu-ibu di HWK Sumbar, dan anak-anak Sumbar Talenta Organization.

Zusneli Zubir juga mengatakan, “Kami mengajak ibu-ibu HWK Sumbar dan anak-anak Sumbar Talenta Organization untuk membantu keluarga Si Jong, berbagi tanpa mengurangi.”

Pada kunjungan tersebut,  Zusneli Zubir didampingi oleh Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, M.Si, CIA. Dewan Kebijakan HWK Sumbar.

Sastri Bakry mengatakan, “Saya merasa bangga dan bahagia, HWK Sumbar di bawah kepemimpinan ibu Zusneli Zubir tetap konsisten melaksanakan kegiatan kepedulian kepada masyarakat marjinal, dhuafa, miskin, yang tidak terperhatikan, dan memang susah hidupnya, karena kegiatan ini sudah dilakukan oleh HWK Sumbar dari puluhan tahun yang lalu.”

Sastri Bakry juga mengatakan, HWK Sumbar juga memberi perhatian kepada anak yatim, panti asuhan, disabilitas, dan keluarga-keluarga kurang mampu. HWK Sumbar adalah organisasi mandiri, dana bantuan digalang dari para anggota, dengan tujuan ibadah dalam menjalankan syariat agama. Meskipun secara sukarela, tapi bila dilakukan bersama-sama pasti dana bantuan yang terkumpul akan jadi banyak. Seperti semut, dengan cara bersama-sama mereka bisa menghancurkan tembok yang besar, dan memindahkan batu besar.

Selain itu, Sastri Bakry mengatakan, “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, dan siapapun, HWK Sumbar adalah wadah untuk mengumpulkan aktivitas sosial. Harapan saya, semoga HWK Sumbar dan organisasi binaannya, STO, selalu bergandeng tangan, dan didukung oleh seluruh masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sosialnya.”

Sementara itu, Si Jong mengatakan, “Berkat kedatangan Bu Sastri, dan Bu Zusneli pada kunjungan sosial HWK Sumbar ini, saya dan keluarga sangat terbantu. Semoga masyarakat lainnya yang tengah berkesusahan juga dapat dibantu.”

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Semangat Kalaborasi Anggota DPR, DPD RI Asal Sumbar Majukan Pembangunan Daerah – siarminang.net

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Semangat Kalaborasi Anggota DPR, DPD RI Asal Sumbar Majukan Pembangunan Daerah – Beritasumbar.com

Jakarta – Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dalam kesempatan itu mengapresisasi terhadap semangat sinergitas dan kalaborasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal pemilihan Sumbar untuk ikut berperan serta memajukan pelaksanaan pembangunan di Sumatera Barat.

“Percepatan pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat saat ini membutuhkan dukungan dan sinergitas serta kalaborasi semua pihak, keterbatasan anggaran dan banyaknya kebutuhan guna meningkatkan pembangunan infrastruktur, ekonomi masyarakat, sosial kemasyarakatan serta mengerakkan potensi Sumbar diberbagai sektor, pertanian, pariwisata dan lain-lain sebagainya,” ungkap Mahyeldi pada acara Silaturrahmi Pemerintah Daerah dengan Anggota DPR RI dan DPD RI asal pemilihan Sumatera Barat di Balairung, Senin (19/4/20210).

Mahyeldi juga katakan, kunjungan wapres RI dan beberapa orang menteri ke Sumatera Barat telah memberikan angin segar dan semangat motivasi besar bagi pemeintah daerah dan masyarakat untuk bangkit berbuat, dimasa-masa tertekan pandemi covid 19 dan kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat.

“Sesuai aspirasi pembangunan dibeberapa kabupaten dan kota di Sumbar, kita telah sampaikan permintaan revitalisasi pembangunan 5 pasar rakyat kepada pak Wapres RI, kemudian juga pada kunjungan Kepala Bappenas RI, pembangunan Fly Over Sitinjau Laut, pembangunan perbaikan Danau Maninjau, kelanjutan pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru, pembangunan Main Studion, pembangunan Teluk Tapang seperti yang disampaikan kepala Bappeda Sumbar telah menjadi prioritas pembangunan Sumbar saat ini, tentunya tindaklanjut ,” katanya.

Mahyeldi juga sampaikan, telah memintah OPD terkait untuk melakukan koordinasi dengan lembaga dan kementerian terkait sesuai dengan proses tindak lanjut dari kunjungan wapres dan menteri ke Sumatera Barat.

“Pemerintah provinsi Sumatera Barat menyambut baik dari semangat sinergitas dan kalaborasi para anggota DPR RI dan DPD RI asal pemilihan Sumbar. Ini tentunya membuka jalan bagi kita mewujudkan pembangunan Sumbar lebih baik kedepannya. Dari itu semua itu kita mengharapkan pendapat kesejahteraan masyarakat, petani dan para UMKM kita dapat meningkat lebih baik,” harapannya.

Sementara itu anggota DPR RI Syuir Syam , kami bersepakat mendukung dan mendorong kemajuan pembangunan daerah dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Mahyeldi Asharullah – Audy Joinaldy.

“Kami siap bersinergitas dan berkalaborasi memajukan pembangunan daerah kedepan dalam kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy termasuk dengan pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Barat. Silahkan pak gubernur memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menindaklanjuti berkonsultasi dengan kami di DPR RI, apa-apa yang menjadi penting dan prioritas dalam memajukan pembangunan Sumatera Barat yang lebih baik lagi dimasa-masa mendatang,” ungkap Anggota DPR RI Syuir Syam

Syuir Syam salah seorang politisi senior Sumbar, mantan walikota Padang Panjang lebih jauh mengatakan, senang dan menyambut baik langkah yang diambil Gubernur Mahyeldi dalam mengikut sertakan para anggota DPRD RI asal Sumbar dalam memajukan pembangunan daerah.

“Saat ini pembangunan Sumbar telah jauh tertinggal dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia oleh karena itu sebagai Gubernur Sumbar hendak memiliki perhatian terhadap berbagai kunjungan berbagai komisi di DPR RI, jikapun terlalu sibuk setidak-tidak wagub mendampingi kegiatan kunker DPR RI sebagai upaya meningkatkan pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat. Tentunya dengan mendampingi tersebut apa-apa yang menjadi perhatian pemerintah daerah maupun kabupaten/kota di Sumbar akan terbuka fasiltasi dari peran, fungsi dan kewenangan masing-masing komisi DPR RI tersebut,” ajaknya.

Semua anggota DPR RI yang hadir dalam acara silaturrahmi ini menyampaikan pendapat dan masukan kepada Gubernur Sumatera Barat dan memuji langkah ini sebagai sebuah terobosan dalam memajukan pembangunan Sumatera Barat secara umum.

Anggota DPR RI Andre Rosiade juga melaporkan apa-apa yang telah dilakukan guna membangkitkan pembangunan Sumatera Barat dan juga telah menemui beberapa menteri untuk memberikan perhatian besar memajukan pembangunan di Sumbar sesuai program kementerian.

“Saya mengapresiasi acara silaturrahmi yang digagas Gubernur Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy, kompetisi pemilihan telah berakhir dan saat kita kembali bersatu bersama memajukan dan mendukung kepemimpinan terpilih. Dan saya sampaikan juga disini telah menemui beberapa menteri untuk memperhatikan Sumbar dan termasuk menteri pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno yang dalam masih mencari waktu untuk melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat. Tentunya hal ini mesti kita respon bersama, pemerintah daerah dan elemen masyarakat memberikan dukungan dan perhatian agar potensi wisata Sumbar terangkat dan dapat mengairahkan perekonomian masyarakat Sumbar,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut 9 orang anggota DPR RI asal Sumbar, Forkopimda, Bupati dan Walikota se Sumatera Barat, beberapa OPD terkait dilingkungan pemprov Sumbar.(humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Caturbakti

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H – siarminang.net

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H – Beritasumbar.com


Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung di sekitar Sekretariat Pengurus Wilayah Keluarga Besar dan Aktivis Pelajar Islam Indonesia (PW KB/PW PII) Sumatera Barat jam 16.00 WIB. Program ini menurut pengurus Lazis Caturbakti Sumatera Barat merupakan salah satu rangkaian dihadirkannya unit lembaga baru di jajaran aktivis dan alumni Pelajar Islam Indonesia di Sumatera Barat” ujar Yandi Saputra selaku ad-hoc Lazis Caturbakti sekaligus sebagai P.j Manager Pendayagunaan.

Menurut Yandi, kegiatan ini baru satu dari beberapa rangkaian kegiatan yang akan diadakah pada bulan Ramdhan 1442 H kali ini dan akan dilakukan secara rutin dan terpogram. Direncakana kegiatan ini akan berlangsung diseluruh cabang di Sumatera Barat. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan yakni; Program Kajiam Mingguan Islam (KAMI) terkait eksistensi kenapa Lazis Caturbakti ini mesti dilahirkan terutama dalam menghadapi persoalan ekonomi keummatan yang semakin sulit hari ini, Program Pelatihan Dasar Amilin (PADA) yang diawali dengan rekrutmen dan konsolidasi 10 cabang daerah yang telah dimiliki alumni dan aktivis PII di Sumatera Barat.

Lebih lanjut Yandi mengatakan alumni dan aktivis PII sebagai salah satu organisasi berbasis pelajar juga tidak akan meninggalkan kebutuhan pelajar Islam dalam program Pembinaan Kader Pelajar (PAKAR) dan mengusakan kampanye kepedulian sosial dan dakwah Islam dalam program Sebarkan Amal dan Kebaikan melalui Teknologi Inforamasi (SAKTI)” ulasnya pada pewarta siarminang.net

Hal senada juga disampaikan oleh Jen Zuldi RZ, selalu mantan Ketua PW PII Sumatera Barat (2000 – 2002) yang sekarang juga menjabat sebagai salah seorang Pengurus Pusat KB PII berpusat di Jakarta bahwa “pesiapan alumni dan kesiapan pendirian Lazis Caturbakti sudah sangat lama kami nantikan karena merupakan impian yang tak pernah padam dalam mewujudkan salah satu bentuk pengabdian kepada ummat yang belum bisa terwujud hingga saat ini”. Sebagaimana diketahui alumni dan aktivis PII sudah banyak dilahirkan semenjak 4 Me 1947 di Yogyakarta hingga keberbagai daerah Nusantara termasuk di Sumatera Barat.

Bagi para gerakan dakwah Islam PII tentunya sudah sangat tidak asing di dengar sepak terjangnya dalam pembangunan bangsa, hanya saja selama ini selepas PII para alumni banyak terafiliasi dengan berbagai oramas, partai, LSM, PNS, profesional dan lembaga formal atau non formal lainnya dan masih belum sempat bagaimana memperhatikan nasib kaderisasi ummat yang selama ini di cita-citakan. Dengan berdirinya Lazis Caturbakti Sumatera Barat semoga menjadi langkah awal untuk memulai pembangunan ekonomi syariah baik kedalam dan keluar agar kehadiran PII kembali menjadi solusi bagi anak bangsa” ujar Jen Zuldi menegaskan.



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan – siarminang.net

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Dalam momentum empat pilar ini, Anggia Erma Rini mengajak masyarakat Minangkabau untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dan juga Merawat kebhinekaan serta melestarikannya, khususnya untuk pemuda-pemudi generasi milenial yang bakal menjadi pemimpin masa depan. Selain itu Anggia juga mengajak pentingnya semangat gotong royong dalam rangka mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah dalam rangka mengamalkan nilai-nilai yg terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu Anggia juga berpesan kepada anak muda agar memiliki spirit yang kuat, dalam menyerap hal-hal baik. Termasuk tentang empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Itulah kenapa, saya selalu undang anak-anak muda di sosialisasi empat pilar ini, agar mereka paham betul fungsi dari empat pilar tersebut dalam menjaga keutuhan bangsa,” katanya.

Dikatakannya pula, anak muda yang memahami Pancasila dan UUD 1945 dengan baik, tidak akan mudah terpengaruh hal-hal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Juga tidak mudah terpapar paham radikalisme, ataupun ikut-ikutan pada tindakan radikal, ekstimis dan hal lainnya .

“Jika memahami Pancasila dan UUD 1945 dengan baik, anak muda akan lebih mencintai NKRI sebagai bentuk negara dan menjalankan falsafah Bhinneka Tunggal Ika dengan baik pula, sehingga kehidupan masyarakat lebih tenteram dan damai,” katanya.

“Salah satunya, dengan membumikan empat pilar kebangsaan. Sebab, ini yang akan membentengi Indonesia dari aksi kelompok-kelompok yang ingin menggantikan ideologi Pancasila,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, Anggia berharap generasi muda bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

“Seharusnya dengan perkembangan teknologi, para pemuda bisa lebih mudah untuk mengembangkan potensi dalam negeri untuk go international. Bukan malah membuat berita hoax sehingga memecah belah bangsa,” ucapnya

Selain itu, Anggia berharap dengan mudahnya teknologi dan informasi, jangan mudah terpancing isu-isu hoax dan hasutan ujaran kebencian di medsos.

Sebab lanjutnya, saat ini masyarakat memilih media sosial dalam mencari sumber informasi. Padahal tak sedikit informasi yang disampaikan di medsos itu hoax.

“Untuk itu masyarakat harus jeli dan paham mana berita hoax dan relity. Kalau ada yang sebarkan berita hoax segera ramai-ramai laporkan dengan bukti yang valid,” tutupnya. 



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer