Connect with us

abg awards

Irfendi Arbi Raih ABG Awards

Irfendi Arbi Raih ABG Awards


Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi terus mengoleksi prestasi. Baru beberapa hari lampau mendapatkan ekspansi terbaik penilaian Inovasi Pelayanan Dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se- Sumatera  Barat tahun 2018, kini Irfendi kembali menerima penghargaan Ayah Bunda Genre (ABG) Award Kategori Penyantun.

ABG Award itu diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, pada acara pembukaan ajang dan temu kreatifitas Genre dan perkemahan Bakti Saka Kencana tahun 2018 di Camping Graound Kandih Kota Sawahlunto, Rabu (29/8).

Irfendi Arbi dinilai telah menunjukan komitmen, dukungan dan ketokohannya dalam meningkatkan partisipasi remaja dalam program kesehatan reproduksi Genre, serta membangun karakter remaja untuk meraih bonus demografi dan Indonesia emas. Komitmen Bupati itu terlihat dari pengembangan kelompok pusat informasi dan konseling remaja dalam mencegah triat Kesehatan Reproduksi Remaja (KRL) yang bertujuan buat mencegah perkawinan dini, menjauhi seks bebas dan menghindari Narkoba.

Bupati Irfendi Arbi yang dimintai keterangannya, mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Barat atas penganugerahan penghargaan tersebut. Ia berharap, prestasi itu mampu memotivasi semua pihak terkait untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap persoalan remaja di daerah ini.

“Saya senang dan sangat bersyukur mendapatkan ABG Award ini. Saya berharap, ini mampu memotivasi kita untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap persoalan remaja yang semakin komplek, sekaligus untuk mewujudkan reformasi mental di kalangan generasi muda,” tutur Irfendi sembari mengatakan penghargaan itu ia dedikasikan buat masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Yeni Elvi, S.St senada menyebut, Bupati Irfendi Arbi dianugerahi ABG Award karena kepeduliannya terhadap pengendalian atau pencegahan munculnya bahaya yang mengancam generasi muda. Selain itu juga benar-benar berkomitmen mendukung generasi remaja agar hidup berencana mulai dari sekolah, bekerja untuk berikutnya baru menikah.

Sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi Irfendi Arbi. Apalagi dalam beberapa waktu belakangan cukup banyak prestasi bahkan di tingkat nasional yang sukses dikoleksi bupati tersebut.

“Saya mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi yang telah berhasil mendapatkan penghargaan ABG Award tahun 2018 ini. Kita berharap penghargaan itu menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus meningkatkan program kesehatan reproduksi Genre di daerah ini,” ungkap Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Zulkifli Dt. Rajo Mangkuto, S.Pd, MM.

Menurut Zulkifli, generasi hari ini merupakan pemimpin masa depan. Kegagalan pemimpin mendatang merupakan kegagalan pemimpin sekarang.

“Bupati Irfendi Arbi telah membuktikan kepeduliannya terhadap generasi muda yang akan mewarisi estapet kepemimpinan masa depan. Seperti kata orang bijak, generasi hari bertanggungjawab terhadap generasi selanjutnya,” tutur Zulkifli yang juga pengurus LKAAM Provinsi Sumbar dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Pujian serupa juga dilontarkan Ketua Dewan Masjid Kabupaten Limapuluh Kota Akmul DS, SP.di Dt. Rajo Bagindo. Ia berharap penghargaan itu semakin memotivasi daerah ini lebih meningkatkan perhatiannya terhadap generasi muda yang kini semakin rawan dari ancaman bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

“Tidak saja kegiatan pembinaan generasi remaja pada Dinas DPPKBP3A, saya melihat bupati juga antusias mendukung kegiatan didikan subuh, baliak basurau, pembinaan remaja masjid dan lain. Kita berharap, ke depannya Bupati terus memberikan perhatian lebih bagi generasi penerus tersebut,” tutur Akmul.

Terpisah Ketua BAMUS Kenagarian Guguak Kecamatan Guguak Fakhri Dt. Sumu dan anggota Bamus Ulu Aia Kecamatan Harau Muhammad Amin, A.Md juga mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi. Menurut mereka, Bupati Irfendi Arbi memang patut mendapatkan acungan jempol karena keseriusannya dalam upaya meningkatkan partisipasi dan peran remaja pada program kesehatan reproduksi dan pembangunan karakter remaja. Dengan begitu, dapat diharapkan terwujudnya generasi remaja yang berprilaku sehat, menghindari sex bebas, menghindari pernikahan usia dini serta mempunyai perencanaan dalam kehidupan berkeluarga.

“Kita sangat senang dan bangga Bupati Irfendi Arbi mendapatkan penghargaan lagi. Kita berharap penghargaan bisa menjadi motivasi bagi seluruh pihak di daerah ini untuk membangun kualitas dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya,” tutur Fakhri sembari mengakui selama kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi, Limapuluh Kota mulai berkibar di kancah nasional.(rel)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));
(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&appId=322156664622039&version=v2.3”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_GB/sdk.js#xfbml=1&version=v2.7&appId=322156664622039”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

abg awards

ABG Awards 2018, “Bupati Persembahkan Buat Generasi Tanah Datar”

ABG Awards 2018, “Bupati Persembahkan Buat Generasi Tanah Datar”


Tanah Datar,BeritaSumbar.com,– Dinilai berhasil dalam program kependudukan, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar raih Penghargaan Ayah-Bunda GenRe (ABG) Awards Tahun 2018.

Hal ini berdasarkan Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 yang dilakukan Badan Pusat Satistik (BPS) bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Kesehatan RI yang menunjukkan angka kelahiran total (TFR) Provinsi Sumatera Barat sebesar 2,50 anak per Wanita Usia Subur (WUS).

Dan ini salah satunya didukung oleh Kabupaten Tanah Datar yang berhasil dalam program Generasi Berencana (GenRe), Program KB dan Pembangunan Keluarga.

Dari capaian tersebut Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dianugerahi Penghargaan ABG Awards tahun 2018 kategori penyantun yang ditandai dengan pemasangan selempang oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, pada saat Ajang Temu Kreatifitas PIK R/M dan Kemah Bakti Saka Kencana Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (29/08) di Kota Sawahlunto.

Dari hasil survey dan penilaian tersebut juga dapat penghargaan Gusmal (Bupati Solok), Irfendi Arbi (Bupati 50 Kota), Zulelvian (Wali Kota Solok), Atos Pratama (Wakil Bupati Pasaman), Wahyu Iramana Putra (Wakil Ketua DPRD Kota Padang), Ny. Lisda Hendra Joni (Ketua TP-PKK Kab. Pessel), Ny. Yunisra (Ketua TP-PKK Kab. Pasaman Barat) dan Elmiyasna (Ketua Stikes Mercu Bakti Jaya Padang).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syahruddin menyebutkan, saat ini issue bonus demografi dimana remaja Indonesia masih dihadapkan kepada kesadaran yang belum merata tentang bahaya nikah dini, meningkatnya kasus triad kesehatan reproduksi seperti narkoba, seks pra nikah dan penularan HIV/AIDS.

“Kasus ini mendorong terjadinya perilaku kesehatan reproduksi yang tidak sehat dikalangan remaja, antara lain aborsi, perkosaan/kekerasan seksual, melahirkan di usia sangat muda dan tidak ada kesiapan menyonsong era bonus demografi”, kata Dia.

Kata dia lagi, “Kalau GenRe yang dikemas dalam bahasa remaja ini diwujudkan dalam bentuk promosi dan pembentukan Lembaga Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) di sekolah, Perguruan Tinggi dan jalur luar sekolah atau masyarakat”.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang pada saat itu membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Tanah Datar dan beberapa pejabat lain yang juga menerima penghargaan yang sama.

Dia juga menyebutkan pentingnya kepramukan dalam kegiatan generasi muda apalagi dipadukan dalam jambore-jambore seperti Jambore Saka Kencana dengan temu kreatifitas GenRe yang dilaksanakan itu.

“Ini momen yang penting dalam mencegah penyakit masyarakat seperti Narkoba dan mencegah pernikahan usia dini dengan adanya Generasi Berencana (GenRe) yang disemboyni Triad KRR”,katanya.

Wagub ingatkan generasi muda agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, “bagaimana merencanakan ini, katena dalam hidup perlu perencanaan”, kata Dia.

“Perlunya generasi yang berkarakter, dengan kegiatan yang bermanfaat dan menimbulkan kreatifitas yang akan melahirkan ide-ide cemerlang, dan jadilah generasi yang sukses, jangan sampai terjerat LGBT”, katanya lagi.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi usai menerima penghargaan ketika meninjau tapak perkemahan Tanah Datar, mengatakan, “Penghargaan yang kita terima ini merupakan sebuah spirit untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat, jadi ini saya persembahkan bagi generasi muda dan masyarakat Tanah Datar,” Kata Dia.

Dengan tema yang diangkat panitia pelaksana, “Menciptakan Generasi Muda Berkarakter Yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Produktif di usia Produktif”, dapat kita jadikan sebagai motivasi dalam menciptakan generasi muda tanah datar lebih kreatif dan produktif, sebut Dia.

Ia, menambahkan bahwa program GenRe dikembangkan sebagai upaya penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, sehingga mampu melangsungkan pendidikan secara terencana, berkarir dan menikah penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi yang sehat.

“Sebagai kepala daerah kedepan kita akan lebih jauh lagi memberikan pembinaan terhadap generasi muda yang siap berencana dan berumah tangga apabila telah cukup usia dan matang”, sambungnya.

Acara yang berlangsung empat hari tersebut diisi dengan kegiatan berkemah dan aneka permaikan kreatif bagi generasi muda se-Sumatera Barat. (Irfan F).

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘1410885915625287’,
xfbml : true,
version : ‘v2.10’
});
FB.AppEvents.logPageView();
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));
(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&appId=322156664622039&version=v2.3”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_GB/sdk.js#xfbml=1&version=v2.7&appId=322156664622039”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer