Connect with us

Payakumbuh

Jaga Fluktuasi Harga, Pemko Payakumbuh Dukung Aspartan – siarminang.net

Jaga Fluktuasi Harga, Pemko Payakumbuh Dukung Aspartan – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net, — Kelompok/Asosiasi Tani di Kota Payakumbuh terus bergerak untuk mendekatkan langsung petani dengan konsumen tanpa perantara (toke) yang selama ini terjadi. Bergerak secara mandiri, Asosiasi Pasar Tani (Aspartan) Kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan rutin dalam menjual hasil produk taninya langsung ke konsumen yang berlangsung di Simpang Empat Koto Panjang Lamposi pada hari Kamis dan di Terminal Agribisnis Kelurahan Koto Panjang Payobasung pada hari Jumat dalam setiap minggu nya.

Ketua Aspartan Mawardi dari Sub Terminal Agribisnis (STA) Koba Jaya menyampaikan jika selain untuk pendistribusian/pemasaran produk tani secara langsung, program ini juga bertujuan mampu untuk mengatasi fluktuasi harga yang sering terjadi di tingkat petani.

“Pasar tani merupakan salah satu  jalur pemasaran produk pertanian yang lebih ringkas. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, masih banyak petani yang belum mengetahui bagaimana cara memasarkan dengan efektif. Dengan pasar tani yang sudah berdiri sejak 2013 ini, kita akan mewujudkan keinginan petani selama ini yang ingin hasil produk taninya dapat dijual langsung tanpa perantara tentunya”, ungkap Mawardi saat dihubungi media, Sabtu (21/11).

Mawardi turut menyampaikan bahwa Aspartan baru siap menerima bantuan berupa Tenda dan Bentor selama tahun 2020 dari Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat dan Bank Indonesia.

“Alhamdulilah, pada tahun 2020 Aspartan telah menerima bantuan 4 buah Tenda guna pendirian gerai fisik bagi petani untuk berdagang langsung dan juga bantuan 1 unit Becak motor untuk penggunaan kelancaran pendistribusian hasil petani ke konsumen langsung”, ucapnya.

Tidak hanya Mawardi, ketua Asosiasi STA Kota Payakumbuh Sharman juga turut dihubungi media untuk mendengarkan pendapat dari Ketua STA itu tentang keberadaan pasar tani di kota Payakumbuh yang dikelola oleh Aspartan Kota Payakumbuh.

“Keberadaan pasar tani yang digerakan Aspartan ini terbukti turut menjaga keberlangsungan konsumsi pangan masyarakat, terutama dimasa pandemi Covid-19 saat ini, yang terkhususnya pangan yang berbasis hortikultura”, ungkap Sharman.

Turut berharap dengan adanya pasar tani, Sharman menyampaikan nantinya masyarakat dapat lebih memilih dan mencintai produk dalam negeri. Selalu mengedepankan produk pertanian lokal dengan upaya-upaya untuk terus meningkatkan kualitas dari produk lokal tersebut. Terbukti, produk kita unggul, sehat dan memang diperlukan bagi tubuh kita yang utamanya untuk menjaga imunitas agar dapat terhindar dari penularan wabah Covid-19 saat ini,” ujarnya.

Mendukung hal tersebut, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Rozi Aleni turut mendukung Aspartan dalam mengembangkan dan meningkatkan pasar tani.

Program pasar tani yang sudah kita mulai sejak dari tahun 2013 ini bertujuan untuk memberikan gairah bagi para petani dalam kegiatan usahanya.

“Pemko sangat mendukung atas keberlangsungan pasar tani ini, karna dengan adanya pasar tani maka lebih mudahnya ditemukan produk tani ini langsung oleh konsumen, dan juga hasil produk tani yang dijual ini tentunya segar dan fresh”, ucap Rozi yang juga turut dihubungi media.

Berbagai strategi diupayakan untuk mengembangkan pasar tani agar lebih dikenal masyarakat luas. Hal ini tidak lepas dari perhatian masyarakat luas agar membantu perekonomian para petani lokal.

“Kami terus mengidentifikasi sekaligus memberikan pembinaan sesuai dengan standar petani. Kami juga mengajak para petani agar bisa mandiri kemudian menyalurkan produknya kepada konsumen dengan menyerap permintaan konsumen,” ujarnya melanjutkan.

Selain dalam bentuk gerai fisik, Rozi ingin kedepannya di era digital saat ini , Aspartan dengan pasar tani juga dapat berinovasi dalam bentuk menyediakan platform online yang langsung menghubungkan antara penjual dengan konsumen.

“Apalagi dimasa pandemi saat ini, warga harus ditetapkan untuk selalu menjaga sosial distancing dan dapat menghindari keramaian, sehingga dengan adanya platform online dalam menjajakan produk tani di lota Payakumbuh ini maka dapat menjaga warga dari penularan wabah Covid-19 ini tentunya, dan juga tentuny dengan platform ini konsumen yang akan dijangkau tidak terbatas nantinya”, harap Rozi.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Payakumbuh

3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15 – siarminang.net

3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15 – Beritasumbar.com

Payakumbuh ,siarminang.net,- Prestasi luar biasa ditorehkan oleh 3 orang siswa SMPN 1 Payakumbuh berhasil masuk seleksi Timnas Pelajar U-15 setelah mengikuti Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Nasional 2020.

Putra Arrafi siswa kelas 9.3 dengan posisi Center Back, lalu Gala Pagamo siswa kelas 8.8 dengna posisi Gelandang Serang, Caisar Dzaki Putra Adwinaris siswa kelas 9.5 dengan posisi Kiper.

Mereka mendapatkan kesempatan emas dengan diseleksi langsung oleh Indra Syafri, pelatih Timnas sebagai talent scoutingnya.

Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra saat ditemui media di sekolahnya, Senin (30/11) didampingi guru olahraga sebagai pembimbing siswa, Ivan Dermawan, Isna Deriati, Yulfero, Hadi Zondri menyampaikan ucapan terimakasih pada tim pelatih, terutama menejer SMPN 1 Payakumbuh. Menurutnya prestasi ini tak lepas dari dukungan setiap pihak yang bekerja keras membimbing anak.

“Awalnya ada 5 orang siswa SMPN 1 Payakumbuh ikut seleksi GSI di tingkat provinsi, lalu lulus 4 orang siswa dari 5 siswa yang mewakili Sumbar. Alhamdulillah di tingkat nasional terpilih 3 orang siswa kita masuk ke seleksi 30 besar timnas pelajar U-15,” terang Defi.

Putra Arrafi juga terpilih menjadi pemain belakang terbaik dari seluruh peserta GSI.

Defi juga ditanya, bagaimana dukungan sekolah, dirinya menjelaskan dukungan kepada siswa yang mengharumkan nama sekolah itu dengan diberikan uang saku jelang ke Jakarta, administrasi yang diuruskan sekolah, sampai keberangkatan siswa ke Jakarta diuruskan oleh sekolah ke dinas pendidikan.

“Karena pandemi, guru pembimbing tidak dapat mendampingi siswa ke Jakarta, hanya pelatihnya saja yang mendampingi anak di Jakarta, kita berharap anak kita mampu menunjukkan skill individunya dengan baik di depan pelatih Indra Syafri dan kawan-kawan,” kata Defi. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

dprd kota payakumbuh

Terkait Bocornya Tanki Penyimpanan BBM SPBU Parit Rantang, ini Komentar Hamdi Agus – siarminang.net

Terkait Bocornya Tanki Penyimpanan BBM SPBU Parit Rantang, ini Komentar Hamdi Agus – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net, – Terkait Tumpahnya atau diduga ada kebocoran bahan bakar minyak (BBM) SPBU di drainase Kelurahan Parik Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Sabtu (28/11). Hingga memicu kebakaran di drainase sepanjang 1 KM dan membuat masyarakat di sekitar Jalan Padang itu cemas, orang nomor tiga di Kota Payakumbuh angkat bicara.

Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, ST menghimbau agar masyarakat tenang dalam menghadapinya dan menyerahkan kepada stakeholder terkait untuk menyelesaikan tugasnya.

”Pertama sekali kita minta masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan terutama di daerah yang sudah tercemari. Pihak BPBD dan Pol PP Damkar sudah standby, dan aparat kepolisian sudah memasang garis polisi disekitar area,” ujar Hamdi Agus kepada media.

Berkaitan dengan pihak SPBU, Hamdi meminta tanggung jawab penuh atas terjadinya kebocoran itu, karena menyangkut keselamatan dan menjadi pelajaran juga bagi SPBU lainnya.

“Selanjutnya kejadian ini kita serahkan pada pihak-pihak yang berwenang untuk melakukan tindakan. Dan kami DPRD akan selalu memantau dan mengawasi proses penanganannya,” imbuh Hamdi Agus. 

Sementara itu, dari informasi, media masih memantau kondisi terkini di sekitar lokasi, pihak damkar telah melakukan pembersihan dengan menyemprot dengan air dicampur deterjen. Dan Dinas Lingkungan Hidup telah mengambil sampel air, untuk mengukur ketercemaran air akibat kebocoran itu.

“Kita berharap jangan ada terjadi hal serupa di SPBU lain, masyarakat tentu bakalan cemas,” kata Hamdi. (Relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

dprd kota payakumbuh

Batal Pembangunan Masjid Agung, DPRD Dukung Pemko Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi – siarminang.net

Batal Pembangunan Masjid Agung, DPRD Dukung Pemko Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,– Pembangunan Gedung Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh pada tahun 2021 mendatang dibatalkan. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Hamdi Agus dalam Rapat Paripurna Pembatalan Nota Kesepakatan antara Pemko Payakumbuh dengan DPRD Kota Payakumbuh tentang Pelaksanaan Sub Kegiatan Tahun Jamak Pembangunan Gedung Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh, Jumat (27/11).

Maksud dan tujuan Nota Kesepakatan ini adalah sebagai dasar untuk melakukan pembatalan pekerjaan Pembangunan Bangunan Utama Masjid Agung Payakumbuh dengan tahun jamak pada sub kegiatan Perencanaan, Pembangunan, Pengawasan dan Pemanfaatan, Rehabilitasi, Renovasi, Ubahsuai, serta Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana tertuang dalam Nota Kesepakatan Nomor 31/NK/WK-PYK/2020 dan Nomor 14/NK-DPRD/PYK/2020 tanggal 5 Agustus 2020 tentang Pelaksanaan Sub Kegiatan Tahun Jamak Pembangunan Bangunan Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh.

“Pembatalan Nota Kesepakatan tentang Pelaksanaan Sub Kegiatan Tahun Jamak Pembangunan Bangunan Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh karena berkurangnya pendapatan daerah baik PAD maupun TKDD, sebagai akibat dari bencana non alam yang mempengaruhi struktur keuangan secara nasional, regional maupun lokal sehingga alokasi untuk pembangunan masjid tidak dapat dipenuhi pasca refocusing RAPBD,” begitulah yang disampaikan Hamdi dalam rapat itu.

Hamdi juga menerangkan, kondisi keuangan Kota Payakumbuh defisit anggaran sebanyak Rp. 100 miliar lebih pada tahun 2021, artinya harus dilakukan refokusing. Dewan meminta wali kota untuk melakukan program pemulihan ekonomi, karena diniliai lebih efektif. Pandemi Covid-19 benar-benar memberi pukulan telak kepada dana transfer daerah dan pendapatan asli daerah.

“Saat ini biarlah pembebasan lahan dan urusan administrasi lainnya saja diselesaikan dahulu, bangunan utamanya insyallah kalau kondisi keuangan baik, dilanjutkan pada tahun selanjutnya,” papar Hamdi didampingi Edward DF. (Relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer