Connect with us

BUKITTINGGI

Kawanan Pengutil Ditangkap di Bukittinggi

Kawanan Pengutil Ditangkap di Bukittinggi


Kawanan Pengutil Ditangkap di BukittinggiReviewed by Muhammad Aidilon.This Is Article AboutKawanan Pengutil Ditangkap di BukittinggiBUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Mulai ramainya pusat keramaian seperti pasar sering membuat masyarakat lengah dan pelaku pencurian memanfaatkan momentum tersebut. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Pasalnya, satu dari 13 pelaku pencurian ditangkap oleh petugas kepolisian dari Polsek Kota Bukittinggi. Salah satu pelaku tersebut berinisial M (23). Aksi pencurian yang dilakukan oleh perempuan berhijab tersebut adalah dengan […]

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Mulai ramainya pusat keramaian seperti pasar sering membuat masyarakat lengah dan pelaku pencurian memanfaatkan momentum tersebut. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada.

Pasalnya, satu dari 13 pelaku pencurian ditangkap oleh petugas kepolisian dari Polsek Kota Bukittinggi. Salah satu pelaku tersebut berinisial M (23). Aksi pencurian yang dilakukan oleh perempuan berhijab tersebut adalah dengan mengutil barang bawaan belanja pembeli dengan diam-diam.

“Pelaku berhasil dibekuk berkat rekaman Circuit Closed Television (CCTV) atau kamera pengintai di kawasan Pasar Aur Kuning. Dari pengakuannya, dirinya sudah beraksi sejak empat hari terakhir,” kata Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Zahari Almi, Senin, 4 Juni 2018.

Sebut Zahari, pelaku yang berasal dari Sibolga, Sumatera Utara yang sengaja datang ke Bukittinggi dan menginap di dua hotel yang berada di kota wisata tersebut.

“Kerugian korban bermacam-macam. Ada yang hanya mengalami kerugian sebesar Rp500 ribu, bahkan ada juga yang sampai Rp6 juta. Namun dari pelaku M kami hanya berhasil menyita barang bukti (bb) seharga Rp300 ribu,” tutur Kapolsek.

Zahari Almi berharap masyarakat untuk selalu waspada menjelang lebaran, terutama di pusat keramaian seperti pasar.

“Baik di pasar atas, pasar bawah, maupun pasar Aur Kuning agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap aksi kejahatan yang tak hanya merencanakan, tapi juga mendapatkan kesempatan seperti ini,” pungkasnya. [Red]

Topik: , ,





Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKITTINGGI

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – siarminang.net

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu.

Pendaftaran dalam program BPUM tersebut, dibuka sampai 21 April 2021. Mereka yang memenuhi kriteria, akan mendapat bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp1.2 juta.

Demikian informasi yang diambil pada, Kamis (15/4/2021), di facebook Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, diposting sehari lalu.

Program BPUM ini diperuntukkan bagi usaha mikro, untuk lebih meningkatkan usaha mereka kembali.

Dengan adanya bantuan tersebut, akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha, akibat dari dampak covid-19 tersebut.

Sejak pandemi covid-19, telah berdampak dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah menyiapkan program BPUM, supaya mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah krisis yang diakibatkan pandemi covid-19.

Untuk pendaftaran BPUM, bisa melalui kelurahan dan kecamatan tempat tinggal masing-masing, dengan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Kriteria yang harus dipenuhi, belum pernah mengajukan BPUM tahun sebelumnya, warga negara Indonesia (WNI), mepunyai e-KTP, memiliki usaha mikro dengan bukti surat usulan dari pengusul beserta lampiran.

Selain itu, juga bukan sebagai ASN, TNI/ Polri, pegawai BUMN atau BUMD dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara untuk dokumen yang harus dipenuhi berupa, foto copy KTP, foto copy kartu keluarga (KK), foto copy NIB/ IUMK/ SKU dan foto tempat usaha. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan – siarminang.net

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di bulan Ramadhan 1442 H.

Demikian himbauan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam Surat Edaran No. 400/151//Kesra/2021, yang ditandatangani, Senin (12/4/2021).

SE tentang himbauan dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 H / 2021 M, memuat sebanyak sembilan point penting yang harus dipahami seluruh masyarakat Bukittinggi.

Pada point ke-sembilan, wako Erman Safar meminta agar menghentikan kegiatan hiburan di hotel, cafe, karaoke, warung internet, game online, play station pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih.

Sementara pada point ke-8, memuat agar masyarakat kota Bukittinggi mengendalikan diri dari segala perbuatan yang dilarang agama, adat dan peraturan perundangan-undangan dengan tidak, huruf a. membuka usaha makanan pada siang hari.

Huruf b. agar tidak menjual minuman keras dan bentuk lainnya, c. tidak memasang gambar, merek atau tulisan minuman keras yang melanggar kesopanan, adat istiadat dan norma agama.

Huruf d. tidak menjual dan membunyikan petasan/marcon, meriam bambu, kembang api dan sejenisnya, e. tidak melakukan balapan liar dan atau menggunakan kendaraan berknalpot suara keras dan huruf f. tidak berdua-duaan laki-laki dan perempuan atau berpacaran yang melanggar tatakarama, agama dan adat.

SE tersebut ditujukan kepada seluruh pengelola hotel/penginapan/ restoran/ cafe/ rumah makan, camat/ lurah se Kota Bukittinggi, RT dan RW se Kota Bukittinggi, pengelola rumah ibadah dan masyarakat Kota Bukittinggi.

Mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19, dalam SE pada point 7, membuat himbauan a. melaksanakan 3 M (memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan), b. menjaga kebersihan badan dan pakaian, c. menutup mulut dengan tissue/ sapu tangan saat bersin atau batuk, d. menghindari/ mengurangi kegiatan atau aktifitas di luar rumah dan e. membawa sajadah atau alat sujud pada saat sholat berjamaah di masjid atau mushalla.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang pernuh berkah dan maghfirah, dengan penuh rasa syukur kehadirat Allah SWT, dalam SE menghimbau masyarakat Kota Bukittinggi untuk menyantuni fakir miskin dan kaum dhuafa untuk menambah amal ibadah dan memperkokoh kesetiakawanan sosial. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020

Bukittinggi, siarminang.net — Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI periode 2020 – 2023.

Sebagai Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar juga mengukuhkan kepengurusan SMALBI. Acara pengukuhan bertempat di Aula Rumah Dinas Belakang Balok, Minggu (11/4/2021).

Sebagai alumni SMALBI, Erman Safar merupakan kebanggaan bagi SMA-nya. Hal itu sekaitan Erman Safar lah satu-satunya alumni berhasil sebagai wali kota Bukittinggi.

Bahkan, Erman Safar merupakan wali kota termuda sepanjang sejarah pemerintahan kota Bukittinggi, dengan usia yang belum genap 35 tahun.

Lahir di Bukittinggi pada Mei 1986, dan menempuh pendidikan di SD 09 Pakan Kurai pada 1998. Lalu melanjutkan ke MTsN 1 Bukittinggi dan tamat tahun 2001.

Pasca menyelesaikan pendidikan di MTsN, Erman Safar melanjutkan ke SMA 5 Bukittinggi. Selanjutnya Erman Safar melanjutkan pendidikan ke Kota Bandung pada 2008 dengan Jurusan Hukum di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Erman Safar disela-sela pengukuhan Alumni SMALBI mengatakan, sekolah SMA 5 merupakan tempat ia menimba ilmu, sebelum ke perguruan tinggi dan merantau.

Kata dia, pembekalan yang telah diberikan luar biasa para guru kepada alumni, patut diberikan perhatian kepada sekolah, dan adik-adik di SMA 5 Bukittinggi.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan dibuatnya ikatan alumni SMA 5, akan mampu membangun kualitas SDM, khususnya di SMA 5 Kota Bukittinggi.

“Terbentuknya alumni ini, akan mampu mendorong prestasi SMA 5 khususnya di Bukittinggi, atau di Sumatera Barat (Sumbar), dan bahkan di Indonesia,” harapannya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer