Connect with us

Limapuluh Kota

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra – siarminang.net

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,-Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Piagam penghargaan kompetisi tingkat nasional yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) itu diserahkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didampingi Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Limapuluh Kota Monalisa Irfendi Arbi dalam sebuah acara di pendopo rumah dinas bupati, Senin (25/1/2021).

Irfendi Arbi mengapresiasi dan berterimakasih atas kebolehan Maya. Menurutnya, Maya telah mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya kerajinan tenun di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saya mengapresiasi Ibu Maya Trisno Eko atas prestasinya menjadi juara favorit cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia dengan menggunakan kain Tenun Kubang. Saya juga mengucapkan terimakasih karena beliau telah mempromosikan Tenun Kubang yang merupakan salahsatu kekayaan budaya kita,” papar Irfendi.

Irfendi berharap, prestasi membanggakan yang diraih Maya Trisno Eko menjadi momentum bagi Kabupaten Limapuluh Kota untuk terus melestarikan dan membangkitkan usaha kerajinan tenun di daerah ini. Menurutnya, dukungan terhadap Tenun Kubang akan berdampak positif terhadap penguatan ekonomi masyarakat.

Lebih jauh Irfendi mengajak masyarakat agar ikut mendukung keberadaan Tenun Kubang dengan menggunakan hasil kerajinan industri kain tradisional tersebut dalam berbagai ivent termasuk menjadi pakaian dinas bagi aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota setiap seminggu sekali.

“Mari kita viralkan memakai kain Tenun Kubang. Ini adalah warisan nenek moyang yang harus kita lestarikan,” tutur Irfendi sembari mengajak berbagai pihak di daerah ini untuk peduli dan bangga memakai hasil kerajinan tenun tradisional ini.

Sebelumnya Maya Trisno Eko mengaku pada awalnya memutuskan menjadi peserta kompetisi hanya sebatas ikut berpartisipasi karena ia tertarik dengan kain tradisional. Ia tidak menyangka akan keluar sebagai pemenang favorit dalam lomba tersebut.

“Saya maju sebagai perwakilan Bhayangkari se Indonesia dengan memakai pakaian dari Tenun Kubang yang merupakan koleksi pribadi saya. Saya sama sekali tidak menyangka akan menjadi pemenang favorit. Alhamdulillah, ternyata saya bisa mendapatkan dukungan 22.816 likes dan 427 comments,” ungkap Maya sembari berharap prestasi itu membawa semangat dan mampu mengangkat Tenun Kubang ke depannya.

Ikut hadir dalam acara itu Ketua Bhayangkari Cabang Payakumbuh, sejumlah kepala OPD dan organisasi pecinta pakaian tradisional.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Limapuluh Kota

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah – siarminang.net

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota, siarminang.net,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

“Sebagai penerus bangsa setiap anak mendapat bimbingan dan pendampingan agar berkualitas. Ini bagian dari solusi untuk menekan angka anak putus sekolah hingga anak berhadapan dengan hukum,” kata Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo ketika mengikuti tahapan verifikasi lapangan hybrid dan evaluasi kabupaten layak anak secara virtual di Aula Kantor bupati, Sarilamak, Jumat (11/6/2022).

Sementara itu tim verifikator, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Meydina Wisistuti menyampaikan, dengan terbitnya Peraturan Presiden no 25 tahun 2021 KLA dan perlindungan anak jadi lebih kuat dan dapat terus dikembangankan untuk memenuhi hak dan kebutuhan anak sebagai generasi penerus.

“KLA akan di evaluasi, kita dapat melihat tanggung jawab seluruh kepentingan dalam melindungi anak, dan tetapkan peraturan UU no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak sebagai pedoman evaluasi,” kata Meydina.

Ditambahkannya, jumlah anak usia 18 tahun ada 84 juta anak, sebanyak 31,6 persen harus dipenuhi hak nya sebagai generasi yang terpenuhi seluruh hak dan kebutuhan seperti Pemenuhan sipil, kesehatan, keluarga, pendidikan dan
perlindungan khusus.

“Akan terus menjadi perhatian kita bersama, terkhusus kepada kabupaten yang telah menjadi KLA. Indonesi layak anak dapat kita wujudkan tahun 2022 dan atas dukungan bupati kami ucapkan terimkasih.” Tutupnya. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Harus Gerak Cepat – siarminang.net

Harus Gerak Cepat – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net, – Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandarao Rajo mengatakan, AKI 2021 merupakan langkah dan motivasi daerah untuk tahun dimana seluruh pihak harus bergerak cepat. Pandemi Covid-19 benar telah menggerus ekonomi kreatif daerah, khususnya Kabupaten Limapuluh Kota secara umum. Inovasi terbarukan musti dilahirkan untuk memajukan dan menumbuh kembangkan industri kreatif masyarakat.

“Semoga cepat berlalu pandemi ini, daerah perlu bangkit. Dalam kebertahanan saat ini, gerak bersama seluruh pihak perlu dilakukan untuk membangkitkan industri kreatif Masyarakat di Limapuluh Kota,” kata Bupati usai mengikuti keynote speech, lunching AKI 2021 secara langsung.

Dijelaskan bupati, memperkuat kolaborasi dalam masalah ini sangat perlu dilakukan. Industri kreatif merupakan penopang ekonomi masyarakat yang butuh inovasi untuk terus bertahan masa pandemi covid-19. Perlu pendampingan pemanfaatkan ekosistem digital yang berkembang sangat pesat.

“Platform digital sudah saatnya dimanfaatkan oleh seluruh industri kreatif yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Perlu pola baru dalam menjual produk dan mendapatkan pasar yang strategis,” jelas Bupati.

Dalam acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mengimbau seluruh pihak yang terlibat di sektor ekonomi kreatif, mulai dari pemerintah, masyarakat, swasta hingga asosiasi agar berkolaborasi dalam memanfaatkan kekuatan ekonomi kreatif agar tujuan agenda pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

“Semua orang harus memiliki andil dalam membantu menggeliatkan kembali industri ekonomi kreatif di Indonesia bahkan global,” ujar Sandiaga. (RC).



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Kampung Sarugo Jadi Kampung Adat Terpopuler di Ajang Pesona Indonesia – siarminang.net

Kampung Sarugo Jadi Kampung Adat Terpopuler di Ajang Pesona Indonesia – Beritasumbar.com

Labuan Bajo – Kementerian Pariwisata RI Anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 karena mampu dan terbukti mencetuskan dan mempertahankan branding yang berdampak pada dunia pariwisata sebagai kabupaten beradat dan berbudaya. Kabupaten Limapuluh Kota meraih juara Dua, masuk pada kategori Kampung Adat Terpopuler yakni Kampung Sarugo di Koto Tinggi.

Anugerah Pesona Indonesia diterima langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo Kamis, 20 Mei 2021 yang dipusatkan di Inaya Bay Komodo Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Dikatakan Bupati, penghargaan dari pemerintah pusat berdasarkan kemampuan masyarakat kabupaten Limapuluh Kota bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota dan pihak terkait dalam mengeksekusi Kampuang Sarugo menjadi destinasi Kampuang Adat Terpopuler.

“Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat limapuluh kota, di ranah maupun di rantau. Ini bentuk kerja kita bersama,” kata bupati.

Dijelaskan bupati, penghargaan ini tentu tidak menjadi pajangan manis saja. Namun sebagai pelecut inovasi pengembangan potensi destinasi lain yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Kedepan perlu ada kajian akademis yang tajam terhadap seluruh potensi wisata yang ada.

“Mengembangkan dengan inovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dalam bentuk pengelolaan serta menajemen pada setiap destinasi wisata yang ada di limapuluh kota,” tambah bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota Hj.Nengsih Spd.Mpd menyebutkan, Kampuang Sarugo di maksimalkan menjadi Kampung Adat pada 2019 lalu bersama Universitas Muhammadiayah Sumatera Barat (UMSB).

“Masih banyak yang perlu kita benahi. Anugerah Pesona Indonesia ini merupakan buah kerja masyarakat Kampung Sarugo itu sendiri dan dukungan masyarakat limapuluh kota secara umum,” sebut Nengsih.

Senada dengan Bupati, Rektor UMSB Dr Riki Saputra, MA menyebutkan, pihaknya akan terus memberikan support dan bentuk kerjasama akademis dalam pengembangan sektor yang ada di daerah.

“Bentuk kerjasama akan kita jalin terus agar daerah memiliki dokumen kajian akademis untuk mengembangkan sektor yang ada,” tutup Riki. (RC).



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer