Connect with us

Politik

KPU Tetapkan Anggota DPRD Agam Terpilih

KPU Tetapkan Anggota DPRD Agam Terpilih


LUBUK BASUNG –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam menetapkan perolehan jumlah kursi dan calon anggota DPRD Agam dalam Rapat Pleno Terbuka di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Selasa (13/8).

Hadir dalam penetapan tersebut sejumlah partai  peserta pemilu, pejabat Forkopimda dan undangan lainnya.

Ketua KPU Agam Riko Antoni menyatakan, kegiatan ini sempat tertunda dari jadwal yang ada sebelumnya, karena masih ada calon anggota legislatif priode 2019-2024 yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan baru diperoleh salinan putusan pada Sabtu (10/8).

“Dengan keluarnya salinan putusan MK terkait gugatan sebelumnya, maka baru saat ini dilakukan  Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan kursi dan Penetapan 45 calon terpilih anggota DPRD Agam Pemilu 2019 dari 6 daerah pemilihan, “katanya.

Mudah-mudahan usai rapat pleno ini hasilnya disampaikan ke Bupati Agam dan selanjutnya ke Gubernur Sumbar. Dan kemudian mendapatkan jadwal pelantikan bagi anggota DPRD Agam periode 2019-2024 dilakukan sesegeranya. (mursyidi)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#mulyadi

Awali Kunjungan ke Sawahlunto, Mulyadi Ziarah ke Makam Mohammad Yamin

Awali Kunjungan ke Sawahlunto, Mulyadi Ziarah ke Makam Mohammad Yamin


SAWAHLUNTO -Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi mengawali kunjungannya di Kota Sawahlunto dengan ziarah makam M. Yamin. Hal itu dilakukan Mulyadi sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan nasional yang juga pelopor Sumpah Pemuda tersebut.

Anggota DPR RI tiga periode tersebut menabur bunga dan berdoa bersama di samping makam Mohammad Yamin yang terletak di Talawi, Sawahlunto (27/10). Tampak hadir Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Sawahlunto, Dahler Djamaris, dan tokoh masyarakat Sawahlunto Syamsu Rahim, serta Sekretaris DPD Demokrat Sumbar, Januardi Sumka.

Mulyadi mengatakan, Mohammad Yamin merupakan salah seorang tokoh pejuang yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar. Sebagai putra asli Minangkabau, Mulyadi rasa kebanggaan tersendiri bahwa banyak nama-nama pendiri bangsa ini dari Sumbar, salah satunya Mohammad Yamin.

“Kita harus selalu mengenang jasa para pahlawan kita. Kita sedang berada di Sawahlunto di KecamatanTalawi, kami mampir sekaligus mengenang jasa-jasa beliau sebagai pahlawan untuk bangsa ini. Ini bagian dari upaya kita semua agar generasi muda untuk terus mengenang jasa beliau,” ujar Mulyadi.

Karena tanggal 28 Oktober merupakan peringatan Sumpah Pemuda, Mulyadi mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pemuda agar terus melanjutkan perjuangan Mohammad Yamin. Menggelorakan semangat persatuan agar kemajuan bangsa ini bisa tercapai sesuai harapan para pendiri bangsa ini.

Hal itu sesuai dengan pesan Mohammad Yamin yakni “Cita-cita persatuan Indonesia bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri’. Mantan Pimpinan Komisi V ini menyebut, pesan Mohammad Yamin harus kita aplikasikan sebagai penerus bangsa ini. Menjaga persatuan yang merupakan kekuatan bangsa Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus harus melanjutkan cita-cita beliau. Kami yakin jika pesan dan cita-cita tersebut kita jalankan, Indonseia kedepan semakin maju dan baik,” ujar Mulyadi.

Mohammad Yamin lahir di Talawi, Sawahlunto pada 22 Agustus 1903. Mohammad Yamin wafat di Jakarta tepatnya di RSPAD Jakarta pada 17 Oktober 1962 dan dimakamkan di kampung halamannya di Tawali, Sawahlunto. Mohammad Yamin adalah pahlawan nasional pencetus Sumpah Pemuda. Pernah menjadi Menteri Penerangan, ia dikenal juga sebagai budayawan dan sastrawan yang merintis lahirnya puisi modern Indonesia. (Zal)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

knpi

Wako Padang Panjang Salurkan Bantuan KNPI Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19 – siarminang.net

Wako Padang Panjang Salurkan Bantuan KNPI Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19 – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net – Walikota Padang Panjang yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumbar, H. Fadly Amran,BBA Datuak Paduko Malano, menyalurkan  200 paket sembako dari Dewan Pengurus Pusat  KNPI  kepada 200 KK terdampak Covid- 19, Selasa (27/10)

Fadli mengatakan Sumatera Barat ialah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang mendapat bantuan tersebut, dan untuk Kota Padang Panjang, bantuan 200 itu tersebar di 16 Kelurahan dibagikan di depan Kantor KNPI Kota Padang Panjang.

KNPI Provinsi Sumbar menjadi yang pertama menyerahkan bantuan KNPI pusat, bersumber dari dana Kementerian Sosial. Setelah disepakati, bantuan diserahkan untuk masyarakat Kota Padang Panjang.

“Bantuan yang diperjuangkan  oleh KNPI Pusat dari Kementerian Sosial  ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 ini. Kita bersepakat bantuan 200 paket sembako diserahkan kepada masyarakat di Kota Padang Panjang, terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada Ketua Umum DPP KNPI Abangda Noer Fajriansyah,” ungkap Wako Fadly.

Acara dihadiri oleh sejumlah pengurus KNPI dari berbagai Kabupaten Kota di Sumatera Barat, sejumlah pejabat terkait di Pemko Padang Panjang dan undangan lainnya.

Selaku Ketua KNPI, Fadly Amran mengapresiasi kesigapan Kementerian Sosial yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Mudah-mudahan bantuan serupa bisa digiatkan diseluruh  kementerian maupun BUMN yang ada di Indonesia,” katanya. Penyerahan bantuan yang seiring dengan Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober nanti, kata Fadly Amran, dapat dimaknai sebagai moment untuk lebih meningkatkan nilai-nilai semangat pemuda agar peduli terhadap sesama. (Ben)



Sumber

Baca Selengkapnya

#na-ic

Nasrul Abit Tawarkan Solusi Kesejahteraan bagi Warga Pinggiran Hutan Lindung

Nasrul Abit Tawarkan Solusi Kesejahteraan bagi Warga Pinggiran Hutan Lindung


PADANG ARO —Hidup di pinggiran Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), memang menjadi dilema sebagian besar masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) selama ini. Mereka dituntut untuk menjaga “paru-paru” dunia, sementara kesejahteraan mereka seakan terabaikan, karena tidak dibolehkan memanfaatkan hasil hutan lindung.

Persoalan inilah yang akan menjadi salah satu prioritas bagi Nasrul Abit untuk diselesaikan jika nanti terpilih menjadi Gubernur Sumbar.

Dalam kunjungannya ke Jorong Manggiu, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Senin (26/10), salah satu yang disoroti Nasrul Abit adalah infrastruktur jalan yang tidak memadai. Sebab untuk membuka akses jalan baru, warga terkendala dengan keberadaan hutan lindung.

Nasrul Abit yang menjadi jagoan Partai Gerindra bersama Indra Catri ini mengatakan, infrastruktur jalan yang memadai untuk akses produksi pertanian masyarakat di pinggiran hutan lindung selalu menjadi persoalan. Mereka tinggal di dekat hutan yang luas itu, namun dunia mereka terasa sempit. Tidak bisa bergerak leluasa, membuka ladang, atau membangun kehidupan lainnya.

“Sebagai kandidat kepala daerah, saya tentu tidak mengizinkan warga untuk melakukan pembalakan liar. Tetapi untuk membuat jalan, kepentingan masyarakat, di hutan lindung, di hutan suaka, kita bisa urus izinnya,” kata Nasrul Abit yang semakin gencar berkeliling Sumbar untuk menyampaikan visi misi Sumbar Unggul ini.

Menurut Nasrul Abit yang sedang cuti sebagai Wakil Gubernur Sumbar ini, jika demi kepentingan rakyat banyak, pemerintah saat ini bisa memberi akses untuk pengurusan izin. Hal tersebut pernah dia lakukan dulu waktu menjabat Bupati di Pesisir Selatan. NA pernah lima tahun menjadi wakil Bupati dan 10 tahun menjadi Bupati Pessel.

“Artinya kita mengurus izin itu, sehingga kita nanti tidak melanggar hukum. Pembangunan untuk kesejahteraan rakyat bisa dilaksanakan, dan hutan lindung yang dibutuhkan dunia juga tetap terjaga,” terang pria yang mendapatkan dukungan penuh dari partai pemenang Pileg di Sumbar ini.

Sementara untuk mengatasi persoalan pembalakan liar, Nasrul Abit berjanji akan segera mencarikan jalan keluarnya. Salah satunya dengan menyediakan lapangan pekerjaan baru, sehingga masyarakat tidak lagi menjadikan ilegal loging sebagai sumber nafkah bagi keluarga mereka.

“Kita memiliki banyak program unggulan, baik itu di sektor pertanian dan perkebunan, serta bantuan permodalan. Ini bisa mereka manfaatkan, sehingga ekonomi keluarga bisa terangkat, dan hutan tidak lagi ditebangi sembarangan,” papar Nasrul Abit lagi. (yos)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer