Connect with us

Payakumbuh

Kunjungi MPP Kota Payakumbuh, Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Apresiasi Kondisi MPP Dimasa Pandemi Covid-19 – siarminang.net

Kunjungi MPP Kota Payakumbuh, Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Apresiasi Kondisi MPP Dimasa Pandemi Covid-19 – Beritasumbar.com

Payakumbuh — Dipimpin oleh Wakil Ketua Edwar DF, Komisi B DPRD Kota Payakumbuh bidang ekonomi dan keuangan lakukan kunjungan bersama 6 orang anggota Komisi B ke Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Payakumbuh yang berlokasi di lantai 1 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Selasa (6/10/2020).

Kepala DPMPTSP Kota Payakumbuh Harmayunis menyambut kedatangan Komisi B dan mengajak berkeliling ke tiap-tiap konter di MPP Payakumbuh sembari menjelaskan fungsi dan tugas masing-masing konter serta pelayanan apa saja yang didapat masyarakat.

“Alhamdulillah di MPP kota Payakumbuh Dinas terkait yang sering dikunjungi oleh masyarakat dan memiliki peran penting seperti Disdukcapil, Samsat, Imigrasi dan lain-lain sudah lengkap berada disini agar masyarakat terbantu tanpa harus berpindah tempat serta pelayanan yang diterima oleh masyarakat relatif cepat hanya sekitar 5-10 menit,” ujar Harmayunis.

Dijelaskan Harmayunis, walaupun sekarang dimasa pandemi covid-19, pelayanan di MPP tetap berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Walaupun sekarang dalam masa pandemi, kami tetap melayani masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan ketat,” ucapnya.

Mendengar penjelasan Kepala Dinas DPMPTSP Harmayunis, Wakil ketua komisi B DPRD Kota Payakumbuh Edwar DF pada kesempatan itu juga turut mengatakan jika kedatangannya bersama rombongan dalam rangka kunjungan ke DPMPTSP serta juga untuk melakukan tinjauan ke MPP kota Payakumbuh.

“Kunjungan kami kesini bertujuan ke DPMPTSP Kota Payakumbuh yang juga sekaligus untuk meninjau langsung MPP kota Payakumbuh yang mana dimasa pandemi saat ini apakah ada berdampak bagi MPP, apakah dampak pandemi Covid-19 berefek pada penurunan kunjungan warga kesini,” Kata Edwar DF.

Lebih lanjut, Edwar sangat mengapresiasi kesiapan MPP Kota Payakumbuh yang mampu melayani sekitar 500 orang per hari. Meskipun sekarang dalam masa pandemi, namun tidak ada terlihat penurunan angka yang signifikan pada kunjungan warga ke MPP Kota Payakumbuh,” lanjutnya.

“Tentu melihat hal kondisi MPP saat ini sangat kami apresiasi sekali, dimana Pelayanan MPP Kota Payakumbuh sungguh patut diacungi jempol Ditengah pandemi Covid-19 berlangsung. Dan untuk kedepannya kami akan coba lebih untuk menggali lagi dan tentunya lebih mendengar lain aspirasi dari masyarakat kota Payakumbuh untuk peningkatan MPP kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya,” tukas Edwar.



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kpu kota payakumbuh

KPU Sumbar Optimis Partisipasi Pemilih Tetap Meningkat di Pilkada Serentak 2020 – siarminang.net

KPU Sumbar Optimis Partisipasi Pemilih Tetap Meningkat di Pilkada Serentak 2020 – Beritasumbar.com

Payakumbuh, BeritaSumbar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tetap optimis partisipasi pemilih menggunakan hak pilihnya akan meningkar di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 meski berjalan di saat pandemi COVID-19.

Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay mengatakan KPU Sumbar telah menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 ini mencapai 77,5 persen.

“Angka ini cukup jauh jika dibandingkan dengan Pilkada serentak sebelumnya pada 2015 yang partisipasi pemilih pada saat itu adalah 59,98 persen. Tentu ini menjadi tugas berat,” ujarnya saat sosialisi yang digelar KPU Payakumbuh kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Payakumbuh, Sabtu (31/10)

Ia mengatakan dalam tiga kali pelaksanaan Pilkada sebelumnya di Sumbar, angka partisipasi terus menurun. pada 2005 angka partisipasi mencapai 64,26.

“Selanjutnya pada 2010, angkanya menurun menjadi 63,62 persen dan 2015 itu 59,98 persen,” katanya didampingi Ketua KPU Payakumbuh Haidi Mursal.

Terlebih pada tahun ini Pilkada akan dilakukan di tengan pandemi COVID-19 yang juga membuat banyak masyarakat takut untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Meski bergitu, pihaknya mengaku tetap optimis dalam mencapai target tersebut. Menurutnya, angka partisipasi ini akan dapat dicapai apabila seluruh kalangan masyarakat dapat mempercayai bahwa proses pemungutan suara telah berjaland dengan standar protokol kesehatan.

“Kami dari penyelenggara semaksimal mungkin telah mempertimbangkan hal ini. Jadi di TPS itu sudah sesuai protokol kesehatan, mulai dari saat pemilih datang hingga selesai memilih,” ujarnya.

Ia mengatakan kehadiran media massa dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk dapat meyakinkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang.

“Wartawan dengan tulisannya di media masing-masing tentunya akan dapat menjangkau banyak orang dan media massa memang menjadi salah satu rujukan dari banyak masyarakat. Jadi kehadiran media massa memang sangat penting,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi berbasis komunitas, karena komunitas memiliki anggota yang banyak dan komunitas ini juga memiliki ikatan yang kuat setiap anggotanya.

“kami juga telah bekerja sama dengan para influencer, di sini akan menyentuh langsung para pemilih milenial dan pos milenial dengan caranya sendiri dalam bersosialisasi,” ujarnya.

Selanjutnya, KPU Sumbar juga telah bekerja sama dengan lembaga pendidikan baik sekolah atau pun kampus.

Sementara itu, narasumber sosialisasi Hary Effendi mengatakan bahwa untuk dapat meningkatkan partisipasi pemilih memang dibutuhkan sosialisasi agar masyarakat dapat diberikan pelajaran dan pemahaman.

“Baik itu dari segi kesehatannya, tahapan pemilih dan proses pemungutan susara itu sendiri. Jadi memang sedikit ekstra, mungkin langkah yang saat ini itu baik dengan melibatkan wartawan,” kata dia. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya

covid-19

Pecah Rekor Positif Covid-19 Di Payakumbuh, Muncul Klaster Tahanan Polisi – siarminang.net

Pecah Rekor Positif Covid-19 Di Payakumbuh, Muncul Klaster Tahanan Polisi – Beritasumbar.com

Payakumbuh, www.siarminang.net – Kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh pecah rekor, dimana pada pada Jumat, 30/10 terkonfirmasi 30 orang warga positif virus corona deasase dan muncul klaster baru.

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Bakhrizal didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Fatma Nelly pada Jumat sore mengatakan dari 30 orang terkonfirmasi positif itu muncul klaster tahanan polisi, sebanyak 9 orang.

Selain itu, klaster ASN/THL disejumlah perangkat daerah, serta pensiunan juga mendominasi.

Sembilan orang tahanan polisi yang terpapar tersebut meliputi lelaki AD, 57 thn, RS, 30 thn, HB, 50 thn, TS, 34 thn, R, 36 thn, ED, 24 thn, N, 42 thn, PD, 24 thn, WS, 43 thn, PD, 24 thn.

Kemudian, 8 klaster ASN/THL/Pensiunan, tercatat lelaki RP, 28 thn, Kominfo, lelaki MFM, 39 thn, Ketahanan Pangan, perempuan LM, 43 thn, DLH, perempuan MW, 45 thn, Ketahanan Pangan, lelaki RH, 35 thn, Pengadilan Agama, perempuan D, 52 thn, KUA Payakumbuh Timur. Dua pensiunan, perempuan NH, 62 thn dan perempuan H, 60 thn.

Mahasiswa dan pelajar, total 4 orang, lelaki MN, 19 thn, Padang Tinggi Piliang, lelaki JW, 20 thn, Kotopanjang Padang, lelaki LEH, 18 thn, Bulakan Balai Kandi, lelaki FNK, 15 thn, Bulakan Balai Kandi.

Kemudian, 3 orang dari kalangan swasta, lelaki YS, 33 thn, Kotopanjang Padang, lelaki HAS, 24 thn, Kotopanjang Padang, lelaki IYR, 49 thn, Padang Tinggi Piliang.

Selanjutnya, 3 orang ibu rumah tangga, SA, 46 thn, Bulakan Balai Kandi, Z, 57 thn, Balai Cacang, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, NM, 69 thn, Bulakan Balai Kandi.

Berikutnya, seorang tenaga kesehatan di RSIA Anisa, perempuan RZA, 30 thn, warga Tanjung Gadang Sungaipinago. Seorang pedagang, lelaki AI, 42 thn, Ibuah. Seorang tak bekerja, E, 57 thn, warga Payobadar Padang Tangah.

Hingga saat ini total warga Kota Randang yang positif menjadi 360 orang, sementara yang sembuh tercatat 11 orang, sehingga jumlah sembuh menjadi 286 orang. (Rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Tenun Balai Panjang Pukau Ribuan Pasang Mata Dalam ISEF 2020 – siarminang.net

Tenun Balai Panjang Pukau Ribuan Pasang Mata Dalam ISEF 2020 – Beritasumbar.com

Payakumbuh — 12 desainer menampilkan karya terbaiknya dalam Fashion Show di hari ketiga gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Jumat (30/10) malam.

Menariknya, ada 2 produk IKM Payakumbuh, yaitunya produk Tenun Balai Panjang yang ikut tampil dengan desainer Tuty Adib, satu lagi karya desainer lokal D’Fitra Nats yang memadukan tenun Balai Panjang dengan bordir kerancang.

ISEF merupakan inisiasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan seluruh pemegang kepentingan yang terkait dengan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Bank Indonesia sebagai bank sentral berupaya memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, diantaranya melalui penyelenggaraan kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) sejak tahun 2014. 

Sebagai upaya mewujudkan visi tersebut, Bank Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan cakupan kegiatan ISEF ke level internasional. ISEF bertransformasi dari agenda bersifat lokal nasional menuju level internasional dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang unggul di dunia.

Rangkaian kegiatan ISEF 2020 terdiri dari exhibition, talkshow, workshop, cultural performance dan fashion show, tabligh akbar serta kompetisi. Agenda dilaksanakan dengan konsep virtual melalui platform berbasis website.

Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi yang menyaksikan secara daring via aplikasi Zoom mengatakan ini adalah kesempatan emas lainnya yang didapatkan oleh IKM Kota Payakumbuh untuk melebarkan sayapnya di kancah dunia. Hasil karya masyarakat yang luar biasa berpotensi harus mendapat dukungan agar bisa memberikan dampak yang baik bagi daerah setempat.

“Kami berharap agar tenun Balai Panjang, Payakumbuh bisa dikenal di dunia, makanya melalui pagelaran fashion bergengsi bisa menjembatani niat mulia ini,” kata Henny.

Dikutip dari IDN Times, untuk memperkenalkan kain tenun Balai Panjang, Payakumbuh, Tuty Adib bersama 10 designer lokal lainnya pernah mengikuti Fashion Week New York 2019 yang akan berlangsung pada 8 September 2019 lalu di Metropolitan Pavilliun, New York. Sesuai dengan tema besar acara tersebut, yakni Spring Summer 2020, maka Tuty Adib memamerkan kedua belas koleksi busana tenun bertajuk ‘Blossom Minang’.

Indah dan mahal merupakan dua hal yang paling melekat bila membicarakan tentang tenun. Menurut Tuty Adib, tenun Balai Panjang, Payakumbuh memiliki motif yang lebih beragam agar menyesuaikan dengan tren yang tengah disukai generasi millennial. Permainan warnanya juga lebih fresh, seperti warna-warna pastel, beige, dusty pink, hijau, mint, dan putih.

“Saya ingin membuat generasi millennial jatuh cinta dan mulai mau menggunakan fashion dari tenun untuk gaya sehari-hari. Kini, ada outer, skirt, pants, blouse sampai dress yang bisa dipilih. Pokoknya hampir semua busana tenun ini ready to wear,” ungkap Tuty Adib seperti dikutip dari IDN Times. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer