Connect with us

Padang

Laporkan Natalus Pigai, Ini Komentar Ketua PMM – siarminang.net

PMM Dukung DPP KNPI Laporkan Abu Janda – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net, – Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dilaporkan ke Bareskrim Polri. Natalius dilaporkan karena diduga telah melakukan tindakan rasisme terhadap suku Minang melalui media sosial.

“Laporan kita sudah diterima oleh Bareskrim atas tindakan tidak menyenangkan atau diskriminatif terhadap suku Minang yang mengatakan bahwa suku Minang itu tidak bisa jadi Presiden,” kata Aznil, di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/2/2021).

Alasan Aznil sendiri mengaku sebagai warga suku Minang. Dia menilai menuturkan cuitan Natalius Pigai itu berpotensi membuat perpecahan. Dia mengatakan laporan tersebut bertujuan untuk menjaga kesatuan NKRI.

Menanggapi hal tersebut Ketua Umum Pergerakan Milenial Minang Fikri Haldi mengungkapkan kecamannya kepada Aznil Tan, Fikri menilai kasus pelaporan ini bentuk dukungan dan sebagai langkah melindungi Abu Janda terkait cuitannya Evolusi masih belum selesai yang di lontarkan abu janda ke Natalius Pigai dan cuitan Islam agama yang arogan dan agama pendatang yang berujung pada pelaporan oleh ketua umum DPP KNPI Haris Pertama

“Langkah yang diambil oleh Aznil Tan ini jelas bukan langkah yang mencerminkan keinginan orang Minang, orang Minang melekat filosofis orang minang ” Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” yang artinya adat bersendikan syariat, syariat adalah aturan berarti adat yang berlandaskan aturan, sedangkan “syarak basandi kitabullah” artinya syariat yang berlandaskan Kitab Allah atau aturan yang berlandaskan Kitab Allah, seharusnya yang menyinggung orang Minang itu adalah Abu Janda bukan Natalius pigai terkait cuitannya Islam agama yang arogan dan pendatang” (2/2/2021).

“Langkah yang di ambil Aznil Tan tidak mencerminkan kan sekali membawa kegelisahan orang Minang, Apakah, Aznil Tan tidak berfikir, berapa orang korban orang Minang beberapa tahun lalu di Papua atas kerusuhan di Papua yang di mulai kasus rasisme di Surabaya dan jangan sampai ini terulang, Aznil Tan jangan bikin malu orang Minang dan jangan bahayakan orang Minang dengan bawa-bawa nama orang minang”, ujar aktivis sumbar tersebut

“langkah yang diambil Aznil Tan yang melaporkan Natalius Pigai tersebut, akan merusak suasana, banyak masyarakat Minang yang di Papua masih trauma dengan kejadian beberapa tahun Belakang, kalo ingin ingin cari nama jangan bawa nama-nama orang atau suku Minang”, tegas Fikri

“Orang Minang tidak ada yang di rugikan atas ucapan Natalius Pigai, kehadiran Aznil di publik terkait kasus ini, akan berdampak buruk terhadap persatuan dan kesatuan”

“Cukup sudah bawa bawa suku dan agama dalam polemik bangsa yang terjadi jika masing kelompok ingin menjaga persatuan dan kesatuan, Jikalau ingin melapor ya melapor saja, gak usah bawa-bawa suku. Hentikan rasis dan berikan efek jera kepada pelaku rasis dengan memberikan sanksi atau hukuman berdasarkan kesalahan, dan meminta segera polri menangkap Penjarakan Abu janda, agar kekisruhan ini tidak melebar”. Tutup Fikri



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen – siarminang.net

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Tiga hal penting yang menjadi pembahasan utama ialah penguatan penanganan Covid-19 termasuk vaksinasi, proyeksi pembangunan jalan tol, serta stunting di Sumbar. Diawal rapat, Gubernur memaparkan kondisi kekinian terkait tiga poin diatas dan Gubernur meminta masukan dari peserta rapat.

“Terkait penanganan covid-19, pesan presiden yang juga disampaikan Kemendagri, kita harus lebih serius.
Kita diminta agar mempersempit ruang penyebaran untuk kemudahan pengendalian. Banyak program yg sudah ada selama ini seperti Nagari Tageh, Kongsi Covid, atau yang lainnya, itu sangat bagus sekali tinggal kita perkuat lagi, terutama disiplin prokes,” ungkap Mahyeldi.

Untuk program vaksinasi di Sumbar yang sebelumnya sempat anjlok di rangking 25 di Indonesia, sudah membaik
dengan cakupan pelaksanaan vaksin mencapai 94,83 persen. Gubernur mengapresiasi daerah dengan cakupan vaksinasinya yang sudah melebihi 100 persen.

“Alhamdulillah cakupan vaksinasi kita saat ini sudah mencapai 94,83 persen. Bahkan ada kabupaten kota yang nilainya diatas 100 persen. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak, semoga bisa menjadi motivasi bagi daerah lainnya,” tambah Mahyeldi.

Daerah dengan cakupan vaksinasi mencapai 100 persen adalah Kabupaten Padang Pariaman 124 persen, Kabupaten Sijunjung 115 persen, Kota Pariaman 111 persen, Dharmasraya 102,8 persen, Kota Sawahlunto 104,62 persen, Kota Padang Panjang 104,5 persen, dan Kota Padang 102,96 persen.

Selain itu, Rakor juga membahas progres pengerjaan jalan tol Sumbar-Riau yang terkesan lambat. Untuk pembahasan ini, bupati walikota yang hadir dalam Rakor menyatakan siap berkoordinasi dan bersinergin dengan provinsi demi peecepatan pembangunan.

Bahkan Gubernur secara tegas mengajak, jika perlu perencanaan pembangunan Sumbar kedepan yang melibatkan kabupaten kota agar dituangkan dalam bentuk MoU.

Usai menggelar rakor, peserta rapat melaksanakan Jumatan di Masjid Pemrprov Sumbar, Baitul Auliya, dengan Gubernur langsung sebagai khatib dan imam shalat.(doa/MC)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi – siarminang.net

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Kesebelas pasangan kepala daerah yang dilantik tersebut adalah pasangan Bupati Agam, Bupati Pasaman Barat, Walikota Solok, dan Bupati Dharmasraya. Kemudian dilanjutkan dengan pasangan Bupati Tanah Datar, Bupati Pasaman, Walikota Bukittinggi, Bupati Padang Pariaman, Bupati Sijunjung, Bupati Lima Puluh Kota, Bupati Pessel.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan ucapan selamat pada kepala daerah yang dilantik. Gubernur berharap pada kepala daerah bisa langsung bekerja mewujudkan janji politik demi kepada masyarakat di daerahnya.

“Dengan pelantikkan ini berarti kompetisi telah usai, saatnya melangkah bersama mewujudkan janji-janji pada rakyat, buka lapangan kerja baru dan terobosan-terobosan baru. Sesuaikan dengan kondisi daerah, sinergikan dengan propinsi dan daerah lain, tidak ada yang jalan sendiri,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga menghimbau kepala daerah dapat memaksimalkan potensi daerah masing-masing demi peningkatan ekonomi daerah. Tidak lupa menghimbau kepala daerah bisa menjaga harmonisasi demi stabilisasi daerah.

“Pasangan kepala daerah juga harus bekerja dengan harmonis, sesuai dengan porsi tugas, wewenang, hak dan kewajiban masing-masing,” pinta Gubernur.

Usai pelantikan, Gubernur dan Wakil Gubernur menggelar rapat koordinasi dengan seluruh bupati dan walikota dalam rangka membahas percepatan pembangunan di Sumbar.(doa/MC)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH – siarminang.net

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,- Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.

Kegiatan acara Musda tersebut dihadiri oleh segenap pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Barat serta para pengurus Pimpinan Cabang Kota dan Kabupaten,musda ini dibuka dan dihadiri langsung oleh Ketua Umum LPPKI Azwar Siri.SH

Dalam sambutannya Ketua Umum LPPKI menyampaikan bahwa LPPKI adalah sebuah lembaga resmi yg telah terdaftar dan dan diakui oleh pemerintah RI menyelenggarakan perlindungan dan advoaksi konsumen dengn wilayah kerja di seluruh wilayah RI melakukan advokasi sesuai UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
katanya

Dalam kegiatan musda ini dilaksankan untuk konsilidasi lembaga serta membahas mengenai kepengurusan serta program kerja dan issu perlindungan konsumen lebih lanjut disampaikan bahwa LPPKI adalah sebuah lembaga perjuangan membantu advokasi para konsumen yang dirugikan hak nya oleh pelaku usaha dan LPPKI adalah sebagai tempat edukasi konsumen agar menjadi konsumen cerdas yang mengerti hak dan kewajibanya sebagai konsumen.
ujar azwar siri

Sementara itu ketua DPW LPPKI Sumatera Barat Erifal Efendi menyampaikan dan mengajak semua pengurus untuk solid dan layal pada lembaga dan mari rapatkan barisan untuk membantu memperjungkan hak-hak konsumen Sumatera Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya. tutupnya. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer