Connect with us

Payakumbuh

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi – siarminang.net

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi – Beritasumbar.com

Payakumbuh ,siarminang.net,- Dengan tema “Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi”, Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kota Payakumbuh diwakili Kasi Olahraga Fiqih Rahmat. Turut hadir Wakil Ketua KONI Jondrizon, bertindak pemegang mandat Ketua ESI Kota Payakumbuh Ade Vianora, dan perwakilan tim/club E-Sport di Payakumbuh.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Muskot 1 Yaumil Qodri menyampaikan ESI merupakan cabang olahraga (cabor) baru yang berhimpun di KONI, Muskot 1 dilaksanakan mengacu kepada mandat langsung dari ESI Provinsi Sumatera Barat.

“Kita mencari Ketua Definitif ESI Payakumbuh 2021-2025. Semoga ESI dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi player gamers di Payakumbuh,” kata Yaumil.

Ketua ESI Payakumbuh Ade Vianora menyampaikan, dirinya selaku pemegang mandat dari ESI Sumbar pada akhir 2020 lalu diberi tugas membentuk kepengurusan ESI di tingkat Kota Payakumbuh dan membentuk struktur kepengurusannya.

Ade menyebut jauh hari, bentuk giat dari kegiatan ESI telah banyak terlaksana dengan beberapa kali iven pertandingan yang dilaksanakan oleh squad atau tim yang ada di Payakumbuh, hasilnya luar biasa. Namun, mereka belum punya wadah tempat berhimpun, yaitu cabang olahraga resmi.

“Kami memiliki harapan agar ESI bisa berjalan sebaik-baiknya, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi, baik itu pemain maupun pelatih. Game online atau E-Sport adalah olahraga baru yang sangat dilirik oleh anak muda dan kaum milenial. Tidak cukup dengan hanya berkecimpung di klub saja, tapi perlu wadah seperti ESI,” kata Ade.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Kota Payakumbuh Jondrizal menyampaikan banyak hal yang bisa didapat dan dilakukan dengan kehadiran ESI. Perkembangan teknologi saat ini, dengan memegang perangkat elektronik, seakan berhadapan dengan sisi mata uang. Ada sisi positif dan sisi negatifnya.

“Kondisi pada saat ini pada penyuka game dan player. Bila melihat ini hobi sebagai rekreasi adalah yang selama ini sudah dilakukan. Tapi, meraih prestasi dari hobi, ini tidak bisa dipungkiri lagi. Pesepakbola saja di awal-awal dianggap menghabiskan waktu dan bukan profesi. Namun mereka mampu menjadikan hobi sebagai profesi dan berprestasi.

ESI hadir sebagai lembaga mewadahi, memandu, dan mengarahkan profesionalisme player. Banyak hal bisa diraih dengan perkembangan teknologi, apa yang bisa ditampung ESI sehingga muaranya ada atlet yang profesional.

Kasi Olahraga Disparpora Payakumbuh Fiqih Rahmat menyampaikan E-Sport dan game berbeda. E-Sport sudah masuk ke ASEAN Games dan SEA Games, diakui sebagai olahraga prestasi di tingkat internasional. Di Indonesia, pengukuhan E-Sport pada Agustus 2020 lalu dan masuk ke cabang olahraga prestasi.

“Selama ini game masuk ke olahraga kreasi, dinikmati untuk kesenangan saja, tapi sekarang sudah masuk ke cabang olahraga prestasi karena dilombakan di pentas internasional. Kedepan akan masuk ke cabang yang diperlombakan di Porprov,” ujarnya.

Fiqih juga menambahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga menyampaikan 3 substansi olharaga seperti sport science, sport tourism, dan sport industry. E-Sport lebih cenderung masuk ke kategori olahraga industri, tapi di Payakumbuh tidak menutup kemungkinan bisa masuk ke olahraga pariwisata.

“Stigma di masyarakat tentang game online masih banyak yang negatif karena edukasi yang belum optimal. Sementara pada pelaku gaming atau player, mereka bermain game online memang karena hobi saja. Rata-rata tim E-Sport bergenre, namun ada juga yang selalu prestasi di 1 genre,” ungkapnya.

Fiqih juga berpesan ESI jangan lupa nanti dengan masalah data seperti atlet, pelatih, wasit, sarana prasarana, dan klub E-Sport yang ada di Payakumbuh.

“Pemko mendukung ESI sebagai Cabor resmi di Payakumbuh, semoga terwujud apa yang menjadi moto pada Muskot 1 kali ini,” ujarnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Payakumbuh

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh – siarminang.net

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net, – Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan 90 vial vaksin tersebut kalau pemberiaannya benar dan tepat bisa diperuntukkan untuk 900 orang, karena 1 vial itu bisa untuk 10 dosis.

“Untuk tahap II ini akan diberikan untuk pelayan publik, dan untuk awal-awal ini akan kota berikan untuk tenaga pendidik dulu,” kata Kadinkes Bakhrizal kepada Media di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kota Payakumbuh didampingi Kakan Kesbangpol Budhy D. Permana.

Bakhrizal menerangkan untuk pemberian tahap II ini akan dimulai secepatnya, karena sampai hari ini untuk pemberian vaksin tahap I sudah hampir selesai untuk tenaga kesehatan.

“Sampai hari ini berdasarkan data PCare dan yang datang ke fasyankes yang sudah diberikan dosis 1 mencapai 1.078 dosis atau 69 persen dan yang telah diberikan dosis 2 sebanyak 589 orang atau sudah 37,7 persen,” terang Kadinkes.

Pencapaian ini disebabkan adanya sebanyak 307 orang yang ditunda pemberiannya karena sedang sakit, hamil, sedang mengkonsumsi obat serta 177 orang tidak diberikan karena punya riwayat penyakit atau konorbid.

“Sejauh ini yang telah menerima vaksin Covid-19 tidak ada menimbulkan gejala yang berarti dan kami himbau kepada semuanya agar mau untuk di vaksin,” pungkasnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021 – siarminang.net

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021 – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

Dari informasi yang diperoleh media dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Azwardi saat diwawancara media di kantornya, Jumat (26/2), kalau ujian akhir sekolah tingkat SD dan SMP bakal dilaksanakan tanggal 29 Maret sampai 1 April 2021 mendatang.

“Untuk penyusunan kisi kisi soal, telaah soal, dan penyusunan soal sudah dilaksanakan tanggal 1 sampai 11Februari 2021 lalu,” ujar Azwardi didampingi Kasi Kurikulum SMP Sospi Darmi.

Ujian Tengah Semester (UTS) II dilaksanakan tanggal 1 sampai 6 Maret 2021. Sementara itu, ujian semester II kelas VI tingkat SD dan kelas IX tingkat SMP dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 13 Maret 2021. Untuk ujian semester II kelas 1 s.d V tingkat SD dan kelas VII s.d VIII tingkat SMP dilaksnakan Tanggal 31 Mei hingga 12 Juni 2021.

“Libur awal Ramadhan akan dilaksanakan tanggal 12 sampai 14 April 2021,” ungkapnya.

Mata pelajaran yang akan diujiankan untuk SMP adalah:

  1. PAI
  2. PPKN
  3. B. INDONESIA
  4. MTK
  5. IPA
  6. IPS
  7. B.INGGRIS
  8. SENIBUDAYA
  9. PENJASKES
  10. PRAKARYA

Mata pelajaran yang akan diujiankan untuk SD adalah:

  1. PAI
  2. PPKN
  3. B. INDONESIA
  4. MTK
  5. IPA
  6. IPS
  7. PENJASKES
  8. SPDP

Terkait Pesantren Ramadhan, Azwardi menjelaskan dinas sudah mempersiapkan jadwalnya, tapi pelaksanaannya harus ada persetujuan dari Ketua Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh, yaitu Wali Kota Riza Falepi.

Diterangkannya, adapun tahapan sebelum ujuan akhir sekolah dilaksanakan, dinas sudah melaksanakan sosialisasi ke sekolah untuk melaksanakan ujian dengan prosedur yang telah ditetapkan, apalagi protokol kesehatannya harus diperhatikan.

“Soal dan kisi diserahkan ke sekolah masing-masing, tapi rambu-rambunya tetap diatur oleh dinas pendidikan seperti jadwal pelaksanaan. Dinas tetap akan memonitoring ujian, sekaligus protokol kesehatan di sekolah,” pungkasnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker – siarminang.net

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Tak hanya itu, potong kue dan makan bersama turut memeriahkan perayaan sederhana yang dipusatkan di posko Damkar yang bertempat di Kelurahan Nunang Daya Bangun.

Pantauan, usai potong kue, Kepala Satuan (Kasat) Pol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra secara langsung menyerahkan bingkisan untuk tiga anggota posko pemadam untuk mengapresiasi kinerja petugas damkar serta unjuk kebolehan yel-yel damkar tanpa mengesampingkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Devitra mengatakan dalam situasi Pandemi Covid-19, sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri nomor 16 tahun 2020, perayaan serentak HUT Damkar serentak di Indonesia, dilaksanakan dengan sederhana. Pun, pembatasan peserta upacara mutlak menerapkan prokes dan disiarkan langsung melalui video confrence via Zoom.

Dalam memperingati HUT Damkar Ke 102, Devitra berharap dapat meningkatkan profesionalitas petugas damkar serta menunjang kelengkapan saranan dan prasarana dalam menjalankan tugas mendukung eadaptasi kebiasan baru dengan meningkatkan quick respon dengan standar dan prosedur yang harus dijalankan.

Pihaknya juga menghimbau kepada Masyarakat Kota Payakumbuh agar tetap waspada terutama rumah dan tempat usaha agar menyediakan alat pemadam api ringan sehingga jika terjadi kebakaran tingkat awal dapat segera diantisipasi secara langsung serta diharapkan kepada warga agar mencek kembali instalasi yang sudah tidak layak pakai karena sebahagian besar kebakaran yang terjadi di Kota Payakumbuh karena adanya arus pendek instalasi listrik. Untuk quick respon Pemadam Kebakaran Warga dapat menghubungi 0752-92913.(humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer