Connect with us

Politik

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan – siarminang.net

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan – Beritasumbar.com


Padang Aro – Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai.

Pejabat Sekdakab Solok Selatan Fidel Efendi mengatakan bahwa dalam kurun waktu tertentu, Solok Selatan terus memperlihatkan berbagai prestasi dan kemajuan dari berbagai aspek, termasuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Kita patut bersyukur, perkembangan IPM selama kurun waktu 2019-2020 menunjukkan trend peningkatan dari tahun ke tahun, yaitu dari 68,94 pada tahun 2019 meningkat menjadi 69,04 pada 2020,” terangnya saat perhelatan momen HUT Kabupaten Solok Solok Selatan.

IPM sendiri diambil dari tiga indikator, yakni angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, dan harapan lama sekolah.

Pejabat Sekda Solok Selatan memberikan hadiah kepada salah satu wali nagari berprestasi

Selanjutnya Fidel menyampaikan bahwa untuk tingkat kemiskinan Penduduk Solok Selatan juga terus mengalami penurunan, dimana tahun 2019 tercatat sebanyak 7,33 persen, dan saat ini turun menjadi 7,15 persen.

Disamping itu, dalam rangka percepatan penanganan Covid-9, Pemkab Solsel juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 66,2 Miliar, dimana sebanyak Rp. 30,8 Miliar diantaranya dipergunakan telah disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), penanganan kesehatan, ekonomi, dan penanganan lainnya.

Selanjutnya untuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan Tahun 2020, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Pemkab Solsel juga membangun Rumah Sakit Pratama di Lubuk Malako dengan anggaran mencapai Rp. 25 Miliar, serta pengadaan alat-alat kesehatan senilai Rp. 16,3 Miliar.

Berbagai penghargaan juga diperoleh selama tahun 2020, diantaranya perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama 4 tahun berturut-turut, pencapaian Laporan Penyelenggaraan Pemda (LPPD) untuk pertama kalinya dengan predikat “sangat tinggi” dari Kemendagri, Pengelolaan dana desa terbaik di Sumbar, serta berbagai penghargaan lainnya.

Fidel yang membacakan sambutan Pelaksana tugas Bupati tersebut mengajak semua komponen untuk terus bersatu padu dalam membangun Solok Selatan serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kesuksesan pilkada serentak di Solok Selatan.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Solok Selatan AKBP. Tedy Purnanto, S.Ik, Kajari M. Bardan, Dandim 0309 Solok yang diwakili Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, Baznas, sejumlah wali nagari, dan pejabat eselon III dan IV.

Pejabat Sekda saat memimpin upacara HUT Kabupaten Solok Selatan ke-17

Seusai upacara, tamu undangan menuju Kantor DPRD Solok Selatan guna mengikuti paripurna DPRD dalam rangka memperingati HUT Kabupaten yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten ke-17 yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat pada Kamis, 7 Januari 2020. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Dr. H. Fidel Efendi yang membacakan sambutan Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman.

Gubernur Sumbar foto bersama dengan Penjabat Sekda Solok Selatan Fidel Efendi beserta pimpinan DPRD setempat dan Forkopimda dari Provinsi maupun Kabupaten

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, penetapan APBD Solok Selatan tahun 2021 merupakan yang tercepat di Sumbar.

“Saya mengapresiasi pengesahan APBD tercepat di Sumbar dan berharap kedepan eksekutif dan legislatif lebih kompak lagi,” ujarnya.***



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Payakumbuh

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh – siarminang.net

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Hal yang sama juga dilakukan dilembaga pendidikan, Pemerintah Kota Payakumbuh terhitung bulan Januari tahun 2021 sesuai ketentuan dan aturannya Dinas Pendidikan telah memberikan informasi kepada masing-masing sekolah bahwa pembelajaran tatap muka sudah dapat diberlakukan kembali namun dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Menyikapi dan merespon kondisi saat ini, khusus disekolah rendah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), Terkait proses belajar mengajarnya Bunda PAUD Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi mengatakan untuk Payakumbuh saat ini kita masih di Zona Kuning. Kendati demikian untuk proses belajar mengajar dengan tatap muka disekolah harus diterapkan dengan protokol kesehatan ketat. Karena dikwatirkan Anak Usia Dini tidak bisa menjalani protokol kesehatan di PAUD dan dikawatirkan nantik tertular.

“Untuk memberikan pemahaman kepada anak usia dini tidak semudah yang dibayangkan, anak usia dini berbeda dengan anak usia SD sampai SMA yang notabene sudah mengerti dan paham apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan protokol kesehatan. Anak harus diberikan pemahaman yang ekstra dan itu tidak mudah,” Ujar Henny saat di temui di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Kamis(21/1).

Ditambahkan Heny, Pada prinsipnya Jika ada pilihan tidak masuk sekolah untuk PAUD itu pilihan yang baik. Namun ini juga dilema bagi orang tua yang yang bekerja diluar, nantik anaknya bagaimana. Terkait hal ini diberikan pilihan kepada wali murid.

“Menurut saya lebih baik memberikan pilihan apakah orang tua bisa menghendel dan punya waktu di rumah dan bisa memberikan stimulasi tumbuh kembang anak, kita akan menyarankan lebih baik di rumah. Dan kita juga akan memberikan pendampingan dari PAUD bagaimana menstimulasi tumbuh kembang anak di usia dini. Namun jika tidak ada pilihan, orang tuanya bekerja, dan anaknya akan tidak terperhatikan maka PAUD memang harus ambil alih untuk ini karena Golden Age anak ini nanti akan terlewatkan. Kita akan memberikan pendampingan kepada anak bagaimana mereka berinteraksi bersama teman-teman dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada ,” Pungkas Henny.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan – siarminang.net

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Sampai seputaran flay over kelok sembilan mobil tidak terkendali. Diduga akibat sopir mengantuk. Truk masuk ke dalam jurang yang memiliki kedalaman lebih kurang 100 meter.

Setelah masuk jurang dump truk tersebut terbakar. Akibatnya hampir seluruh truk hangus terbakar. Dalam kejadian tersebut sopir truk berhasil keluar dari dalam truck dan selamat.

Melihat ada kejadian kecelakaan tersebut,masyarakat yang berada di lokasi lansung menghubungi Pihak Polres 50 Kota. Mendapat laporan warga personil Polres 50 Kota yang piket lansung menuju TKP untuk melakukan evakuasi korban dan pengaturan arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polres 50 Kota AKP Mazwanda, SH lansung turun bersama anggota ke lokasi kejadian bersama Damkar dan Basarnas Kabupaten Lima Puluh Kota untuk memadamkan api yang membakar dan mengevakuasi Korban.

Adapun identias Korban yaitu Rahmad Alfarabi, Padang/2 Juni 1980 (40 tahun), Minang, Sopir, Jr. Bulakan Nag. Tanjung Gadang Kec. Lareh Sago Halaban Kab. Lima Puluh Kota,

Selanjutnya pukul 03.15 WIB sopir truk berhasil dievakuasi oleh tim Polres 50 Kota, Damkar dan Basarnas Kab. Lima Puluh Kota. Medan yang terjal membuat tim sedikit sulit untuk mengevakuasi korban dari dasar jurang. Setelah dievakuasi Korban dirujuk ke RSUD Adnan WD Kota Payakumbuh karena mengalami beberapa luka di badan.(Humas Polres 50 Kota)



Sumber

Baca Selengkapnya

Pariaman

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok – siarminang.net

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok – Beritasumbar.com

Pariaman,siarminang.net,-Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok.
Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Ketua Umum PC IMM Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman Ranggi Armayadi mengatakan, bahwa akhir-akhir ini banyak bencana yang menimpa di daerah Indonesia.
Salah satu diantaranya Banjir di wilayah Kota dan Kabupaten Solok Sumatra Barat,beberapa waktu lalu,yang mengakibatkan merendam ratusan rumah warga dan fasilitas umum lainnya.

Menanggapi kejadian musibah banjir itu, dengan tajuk IMM Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman Peduli Banjir Solok dengan turun kejalan mengetuk pintu kepedulian dan membuka kesempatan kepada masyarakat pengguna jalan untuk mengulurkan tangan membantu meringankan para korban banjir tersebut.

“Aksi sosial kemanusiaan dan solidaritas ini dilakukan selama 2 hari dibeberapa titik di kota Pariaman dan Objek wisata Pantai.

Lebih lanjut Ranggi Armayadi menuturkan saya mewakili PC IMM Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman menyampaikan ucapan terima kasih kepada kader IMM Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman dari semua komisariat yang telah berpartisipasi”
kata Ranggi Armayadi

“Hari ini kita turun ke jalan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial.
Demi mengimplementasikan nilai-nilai humanitas yang menjadi ciri kader IMM.”
Jelas ranggi

Beberapa kader IMM yang ikut berpatisipasi yaitu Afdhal, Rendi Jultra Handika, Nova Novita, Ririn Wahyuni, Rida Sita Dewi, Imelia, Nadia Azahra, Siti Farhatul Husna, Farhan Maulana, Riki Efendi, Sherly Sinta Dewi, Aburahman Sayuti, Fransiska Riana, Arozak Prasetya, Anggraini Puspa Wardani, Suci Fitria Erni, Dian Laras Fitriani dan Bima Putra selaku konseptornya.

Sementara itu hasil penggalangan dana sebanyak Rp 3.200.000,- berbentuk paket sembako dan baju layak pakai sebanyak 8 pack tersebut telah diserahkan langsung kepada korban banjir Solok,melalui pendistribusian ke Pengurus PC IMM Solok di sekretariat pimpinan daerah Aisyiyah Kabupaten Solok, Pada hari Rabu 20 Januari 2021, pungkasnya. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer