Connect with us

Padang Pariaman

Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Kantongi 40,66% Suara Di Pilbup Padang Pariaman – siarminang.net

Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Kantongi 40,66% Suara Di Pilbup Padang Pariaman – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,-Ketua Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman nomor urut 1, Suhatri Bur-Rahmang, H. Tambi telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman, Edy Zulnaidi, SH, Rabu (16/12/2020) pagi menjelang subuh sekitar 02.49 Wib di Kantor KPU Parit Malintang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Suhatri Bur-Rahmang, H. Muslim Zein, SH melalui WhatsApp nya, Rabu (16/12/2020).

Disampaikan Muslim Zein, hasil dari Rekaptulasi suara itu, Suhatri Bur-Rahmang , berhasil mengumpulkan suara 64.493 (40,66%), Sedangkan pasangan Try Suryadi-Taslim, nomor urut 2, mendapatkan suara 57.550 (36,28%). Kemudian pasangan Refrizal-Happy Neldi mendapatkan suara 36.858 (23,06%).

“Sebagai Tim Pemenangan kami bersyukur kepada Allah SWT, atas tercapainya target dari Tim untuk mengantarkan Suhatri Bur-Rahmang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman,” ujar Muslim Zein.

H.Tambi yang dihubungi melalui telepon selularnya, pada hari yang sama mengatakan, mengucapkan syukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada seluruh tim pemenangan dan relawan yang telah bekerja keras untuk memenangkan Suhatri Bur-Rahmang menjadi pemimpin Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita berharap Allah SWT, selalu memberikan kesehatan kepada Aciak Suhatri Bur-Rahmang, sehingga dapat menjalankan tugasnya untuk membangun Kabupaten Padang Pariaman kepada yang lebih baik, sesuai dengan harapan seluruh masyarakat Kabupaten Padang Pariaman,” tutur Tambi

Lebih jauh disampaikan Tambi, dengan telah selesainya Rekapitulasi penghitungan suara dan sudah jelas siapa yang unggul, kedepan tidak ada lagi nomor 1,2 dan 3 yang ada adalah Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman terpilih, Suhatri Bur-Rahmang.

“Mari kita galang kembali rasa persatuan dan kesatuan dan hilangkan rasa tidak puas, tumbuhkan kembali tali silaturahmi sesama kita usahakan saling merangkul untuk membangun Padang Pariaman kepada yang lebih baik,” Biduak lalu kiambang batauik.
ucap Tambi kembali

Menurut Tambi kemenangan Suhatri Bur-Rahmang bukan keberuntungan satu kelompok,akan tetapi kemenangan bersama untuk Padang Pariaman. Kata Tambi kita sampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Padang Pariaman, sudah memberikan hak suaranya pada tanggal 9 Desember 2020, di masing masing TPS.

Selain itu Tambi juga sampaikan rasa terima kasih kepada petugas pelaksana Pemilu Kada (Pilkada) tahun 2020 yang sudah bekerja ekstra siang dan malam, sehingga Pemilu Kada Padang Pariaman dapat berjalan dengan damai dan aman serta tertib lancar, tanpa ada insiden yang tidak diinginkan.

Ketua KPU Kabupaten Padang Pariaman, Edy Zulnadi, menulis pada beranda facebooknya mengatakan, Pilkada Pandemi Berkat rahmat-Nya dan dukungan dari tim yang hebat (KPU PPK PPS PPDP KPPSGASTIB) dan dukungan serta kerja sama stakeholder (peneyelenggara pemerintah,TNI/Polri, peserta pemilih, ormas/OKP dan pers), Pilkada di bawah bayang-bayang kekhawatiran ini telah mencapai ujung pencapaiannya.

Kata Edy Zulnaidi suara aspirasi telah dihitung dan pemegang maandat rakyat telah sesuai hasil coblosan. Mandat ini dari rakyat pemilih untuk kemaslahatan masyarakat 5 tahun ke depan, terpilih tanpa gagah-gagahan dan yang belum diberi mandat tak perlu mencaci dan berduka karena niat awal adalah demi Padang Pariaman.

“Lanjutkan tugas dan peran sesuai porsi kapasitas masing-masing karena semua punya peran demi capaian cita-cita bangsa dan daerah ini. Penghujung Pilkada 2020 mari saling tetap saling menghebatkan” tutup Edy Zulnaidi (aa/andra)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Pariaman

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek – siarminang.net

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,-Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Ketua Yayasan Fi Sabilillah Sumatera Barat, Hj. Suarni Alif, SH dalam sambutannya mengatakan, yayasan ini, baru terwujud tahun 2020 ini. Namun perencanaan untuk mendirikannya, sudah sejak 2 tahun silam. Pendirian yayasan ini, berawal dari saran dan masukan salah seorang kakak tertua Basyaruddin Alif, agar tanah peninggalan kakek dan nenek yang berna Ar-Rasul dan Zainab, dapat dimanfaatkan untuk mencari Ridha Allah Swt.

Masukan dan saran tersebut, diterima dengan baik oleh anggota keluarga beradik kakak dan anak dan sesuai dengan nama yayasan Fi Sabilillah, artinya, bergerak dalam jalan Allah, intinya semua kegiatan yayasan bertujuan untuk mencari kasih sayang Allah dan bukan untuk usaha bisnis.

Lebih jauh disampaikan Suarni Alif, yayasan ini bergerak dibidang sosial sosial, menyelenga=garakan pendidikan keagamaan, baik formal atau pun non formal dan mendirikan rumah ibadah, pondok pesantren serta madrasah. Selain itu juga menerima dan menyalurkan amal zakat, infak dan sedekah kaum muslimin dan muslimat.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita mulai membangun rumah ibadah yaitu mendirikan mushalla berukuran 12×14 meter. Bangunan mushalla ini sampai seesai akan menelan biaya Rp. 500 juta rupiah, sebagai dana awal kami menghimpun sumbangan dalam keluarga. Kedepannya, kami sangat mengharapkan bantuan dan uluran tangan dari seluruh umat Islam dimana saja berada,” ujar Suarni Alif.

Ditambahkan Suarni Alif, diharapkan akan tumbuh menjadi pusat pendidikan keagamaan bagi masyarakat sekitarnya. Selain itu juga untuk dapat dipakai sebagai ibadah rutin (shalat berjemaah 5 watu ). Disamping itu dapat juga sebagai pusat aktitas pendidikan keagamaan bagi generasi muda, seperti Hafisd Al-Qur’an dan belajar kitab kuning.

Bupati Padang Pariaman, diwakili Sekcam Patamuan, Marjoni, memberikan apresiasi kepada pengurus Yayasan Fi Sabilillah Sumatera Barat, atas ini siatifnya untuk mendirikan rumah ibadah umat Islam ini. “Kami berharap, niat baik ini dapat didukung bersama-sama ,” ucapnya.

Ikut memberikan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, diwakili Kasi Bimas Adri Ahmad, s.Hi, Ketua MUI Padang Pariaman, H. Syofyan M, Tuanku Bandaro, KUA Patamuan, Kasmir, S.Ag dan Wali Nagari Tandikaek, Syaharuddin.
Terlihat hadir dalam acara itu, pemuka masyarakat Nagari Tandikek, Bujang Pandawa, SE, Bainsa, dan Babinkhamtibmas serta Ketua Bamus Nagari Tandikek, anggota majelis taklim.(aa/andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

Dilaporkan Kuasa Hukum Paslon 02, KPU Padang Pariaman Hormati Langkah Hukum – siarminang.net

Dilaporkan Kuasa Hukum Paslon 02, KPU Padang Pariaman Hormati Langkah Hukum – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,-Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ory Sativa Sakban terkait dengan laporan kuasa hukum Paslon 02 Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Try Suryadi-Taslim, mengatakan , KPU Padang Pariaman menghormati langkah hukum atau langkah konstitusional yang ditempuh oleh Pihak Paslon 02 tersebut.

Hal itu disaampaikan Ory Sativa dalam menjawab pertanyaan wartawan Kamis (24/12/22020) melalui pesan WhatsApp nya.

Dijelaskan, KPU Padang Pariaman yakinkan seluruh pihak, bahwa KPPS telah menyelenggarakan Pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 9 desember 2020 dengan baik, dan sangat mengapresiasi Masyarakat Pemilih menggunakan hak pilihnya dengan taat protokol covid19, dan selanjutnya PPK dan KPU telah melakukan rekapitulasi secara berjenjang sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Lebih jauh ditegaskan, KPU Padang Pariaman tengah mempelajari dengan seksama pokok permohonan pihak pemohon, dan tentu mempersiapkan banyak hal untuk menghadapi Gugatan pihak Paslon di MK.

Dimana beberapa hari belakang Kuasa Hukum Try Suryadi Paslon 02 Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman dengan kuasa hukumnya Zulbahri, SH, telah melaporkan KPU Padang Pariaman ke Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, karena dianggap tidak adil dalam penyelenggaraan Pemilu Kada dan berat sebelah kepada Paslon 01 Bpati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur – Rahmang.

Suhatri Bur saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu terkait laporan kuasa Hukum Try Suryadi-Tasli ke Bawaslu Sumatera Barat, mengatakan, kita hormati laporan tersebut dan kita tentu akan mempelajari terhadap laporan tersebut.

Menurut Suhatri Bur, sudah biasa saja lapor melapor dalam Pemilu Kepala daerah tersebut, karena semuanya dibuatkan lembaganya oleh Pemerintah, siapa yang merasa kurang puas dan mengaku dikibiri ada lembaga tempat melaporkannya.

“Kita hormati semuanya itu, semoga saja persoalan ini dapat diselesaikan dengan seadil adilnya oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dan kita sangat menghargai dan menghormatinya,” ujar Aciak melalui telepon selularnya.

Suhatri Bur, menghimbau kepada seluruh relawan Paslon 01 Suhatri Bur Rahmang, untuk menahan diri dan bersabar serta bersyukur kepada Allah Swt, atas kemenangan yang kita peroleh, jangan terlalu berova ria, karena hal itu dapat merusak perasaan tetangga sebelah.
“Kita tunggu Plene Kpu dalam penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, semoga dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” ulang Suhatri bur lagi.

Ungkapan senada juga disampaikan Tim Pemenangan Suhatri Bur Rahmang, H. Muslim Zein, SH, kepada seluruh tim pemenangan diharapkan bersabar, karena acara syukuran atas kemenangan belum dapat dilaksanakan, terkait dengan uud Covid 19.

“Muda-mudahan Suhatri Bur-Rahmang tetap menjadi Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, dalam Rekapitulasi KPU Padang Pariaman, Paslon 01 unggul dari Paslon 02 dan 03,” ucap Muslim Zein. (aa/andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

madu lebah

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat – siarminang.net

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat – Beritasumbar.com


Padang Pariaman,siarminang.net,-Serangga merupakan hewan yang paling banyak jumlah jenis dan individunya di alam karena kemampuannya untuk berkembang dan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi sumber daya dan lingkungan sekitar.

Disamping kehadiran serangga yang terkadang dipandang cendrung merugikan manusia, dikarenakan memang ada beberapa kelompok serangga yang tergolong hama, peranan serangga yang menguntungkan manusia juga tak kalah banyak. Salah satu peranan serangga yang menguntungkan adalah serangga yang berperan sebagai pollinator atau penyerbuk, karena sangat membantu untuk terjadinya proses penyerbukan pada tumbuhan.

Diantara serangga yang berperan sebagai pollinator seperti kupu-kupu, kumbang, lalat dan tawon, lebah merupakan pollinator atau penyerbuk utama di berbagai belahan dunia. Di negara maju, peranan lebah sebagai polinator telah dimanfaatkan berbahga usaha perkebunan besar dan terbukti sangat membantu proses penyerbukan secara signifikan, meningkatkan hasil pertanian sehingga mempengaruhi pendanaan hingga jutaan dolar pertahunnya.

Selain peranannya sebagai pollinator utama di alam, lebah, baik lebah bersengat maupun tak bersengat juga merupakan serangga yang dapat didomestikasi, atau dipelihara di lingkungan manusia untuk tujuan tertentu, sehingga produk berupa madu (hasil utama lebah bersengat) maupun  madu, propolis dan bee polen (yang dighasilkan oleh kelompok lebah tanpa sengat/galo-galo) dapat dimanfaat kan secara langsung maupun melalui pengolahan terlebih dahulu.  

Kabupaten Pariaman yang dikenal sebagai wilayah penghasil kelapa dan beberapa produk lsinnya juga akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus jika memiliki koloni lebah pada perkebunan maupun pemukiman warga. Selain membantu penyerbukan kelapa yang akan meningkatkan produksi kelapa, masyarakat petani dan peternak dapat pula memperoleh madu dan produk lebah lainnya.

Pengelolaan pemeliharaan lebah yang sesuai akan dapat pula membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Apalagi pada era Pademi dengan tuntutan kehidupan New Normal yang menuntut kita memperhatikan vitalitas dan imunitas tubuh membuat  konsumsi madu menjadi lebih tinggi dari biasa, sehingga pasar untuk produk lebah sangatlah menjanjikan.

Kamis 17 Desember 2020, di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu,  Kelompok Pengabdi Universitas Andalas yang terdiri dari beberapa dosen dari berbagai fakultas, alumni dan mahasiswa. Seperti  Dr. Henny Herwina, Dr. Jasmi, Dr. Yaherwandi, M Nazri Janra MA yang tergabung di dalam team pengabdian masyarakat untuk membantu usaha berkembang bermitra dengan Kelompok Peternak Trigona Mandiri di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringgiang, Kabupaten Padang Pariaman.

Tim ini melakukan dialog dan saling memberi informasi, saran dan masukan serta menampung kendala dan harapan, agar dapat mendampingi usaha masyarakat secara berkelanjutan.

Pendampingan tim pengabdi UNAND ini direncanakan akan dilakukan secara berkelanjutan selama beberapa tahun ke depan (2021-2014 dibawah dukungan langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND). “Sejauh ini sebagian besar anggota kelompok peternak masih banyak yang dalam tahap pemula dalam peternakan lebah (beekeeping) sehingga pembekalan teknik masih perlu diberikan secara bertahap”, ujar Yance Andrianus Sp.D.

Ketua KTH Trigona Mandiri menjelaskan. “ Ada 16 orang anggota yang tergabung pada KTH ini, beberapa orang berprofesi sebagai guru sekaligus petani dan peternak agar terus ada penghasilan”, ujar Darwis, Sekretaris KTH Trigona Mandiri. “Pemahaman ilmiah kami mengenai berbagai hal terkait peternakan lebah masih perlu ditingkatkan lagi. Misalnya untuk perbanyakan pakan. Perbanyakan koloni hingga ukuran kotak pemeliharaan yang standar’, tambah Haswiramartha, anggota KTH Trigona mandiri yang mengaku telah memiliki puluhan koloni lebah di rumahnya.

“Hasil dialog hari ini  sangat penting terutama dalam merancang program pengabdian untuk beberapa tahun kedepan, apalagi dari kajian kami ke beberapa wilayah di Sumatra Barat,  Kabupaten Pariaman memiliki jenis lebah tanpa sengat (galo-galo) yang tak ditemukan di semua wilayah peternakan lainnya di Sumbar’, ujar Dr. Henny Herwina. “Harapan dan kendala yang dihadapi mitra saat  ini, terutama untuk teknik peternakan standar perlu kita tindaklanjuti agar hasil usaha dapat maksimal”, ujar Dr. Jasmi.

Dr Jasmi merupakan pakar lebah alumni UNAND dan sekarang tengah mengabdi di STIKES Indonesia. “Pemilihan tanaman pakan yang berpotensi baik serta managemen penamaman yang tepat perlu dibantu pengarahannya, sehingga lebah selalu mendapatkan pakan yang cukup sepanjang tahun dan  produk lebah selalu optimal” tambah Dr. Yaherwandi dari Fakultas Pertanian UNAND..

“Sambil membenahi sistim peternakan lebah agar lebih optimal, melalui berbagai kegiatan LPPM,  perwakilan peternak terus kita didampingi agar lebih mampu  mengolah produk lebah seperti madu, propolis dan produk turunan lainnya, hingga layak dipasarkan dan memiliki legalitas dari dinas terkait.

Pada minggu kedua Desember, ketua kelompok KTH Trogona Mandiri telah mengikuti pelatihan pengurusan PIRT yang diadakan LPPM UNAND yang akan sangat berguna untuk prngrtshusn pengolahan dan pemasaran produk madu dan turunannya. Pada 19 Desember 2020  akan dilanjutkan dengan  Bimtek Pengurusan Izin Usaha yang juga dikelola oleh Inkubator Bisnis dan Teknologi LPPM UNAND dan dapat diikuti oleh dosen dan mahasiswa serta para mitra yang didampingi” jelas Henny yang sangat mengapresiasi dukungan universitas sebagai bagia dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penulis: Penulis adalah team Pengabdian Masyarakat UNAND 2020
(Ketua: Dr. Henny Herwina)
mengenai  Program Berkelanjutan Membantu Mitra Kth Trigona Mandiri Untuk Tumbuh Kembang Dengan Usaha Budi Daya Lebah Madu Di Kanagarian Batu Gadang Kuranji Hulu Sungai Geringgiang Padang Pariaman dibawah dukungan langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND)  dan anggota Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Sumatra Barat.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer