Connect with us

Ekonomi

Pasar Semen Ketat, Semen Padang Butuh Dukungan Media

Pasar Semen Ketat, Semen Padang Butuh Dukungan Media


Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto memberi sambutan menjelang bukabersama dengan wartawan di Wisma Indarung, Rabu (30/5). (sawir pribadi)

PADANG – Persaingan pasar semen secara nasional saat ini sangat ketat, kuartal pertama 2018 laba bersih PT Semen Padang turun 38 persen dibanding 2017.

Hal itu disampaikan Direksi PT Semen Padang diwakili Direktur Keuangan, Tri Hartono Rianto menjamu wartawan dan Penguruw Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar berbuka bersama, Rabu (30/5) malam di Wisma Indarung.

Turunnya laba Semen Padang seiring dengan kebijakan pemerintah. Dibukanya kran investasi pabrik semen dan inport klinker, bahan semen. Meskipun Pemerintah di bawah Presiden Jokowi, sedang gencar-gencarnya membangun insfrastruktur. Kebijakan ini juga tidak banyak membantu. Kondisi itu terlihat dari besarnya selisih permintaan dengan produksi nasional mencapai 35 juta ton 2017.

Kendati begitu, PT Semen Padang terus berupaya agar perusahaan kebanggaan “Urang Awak” ini tetap eksis dan bertahan supaya keberadaan Semen Padang ini bisa dinikmati oleh anak cucu.

Dalam kesempatan itu hadir jajajaran direksi PT Semen Padang. Di antaranya, Komisaris Khairul Jasmi, Direktur Operasional PT Semen Padang, Firdaus, Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto. Dari media nampak Ketua PWI Sumbar, Heranof dan sejumlah pimpinan media di Kota Padang.

Dijelaskannya penyebab ketatnya persaingan pasar semen di Indonesia, adalah semakin tumbuhnya perusahaan semen baru di Indonesia. Bahkan saat ini, ada 15 perusahaan semen yang memperebutkan “kue” di Indonesia.

“Kalau dulu, Semen padang merupakan satu-satunya perusahaan semen di Asia Tenggara,”ujarnya.

Sekarang di Indonesia, ada 15 perusahaan semen. Sebagian dari perusahaan semen itu merupakan milik asing.

Oleh sebab itu, dia berharap agar masyarakat Sumbar ikut mendukung dan mendoakan agar Semen Padang terus survive. Selain itu, Semen Padang juga melakukan efisiensi di sejumlah lini. Termasuk menekan biaya produksi.

“Marilah kita jaga perusahaan ini, jika Semen Padang untung CSR nya juga untuk masyarakat. Semen merek lain murah, tapi CSR tidak ada,”katanya.

Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi, meminta dukungan dari media yang ada di Sumbar agar Pemerintah, menggunakan Semen Padang dalam membangun Jalan Tol Padang-Pekanbaru.

“Saya ingin ada dukungan dari pers di Sumbar untuk mendorong agar semen dari PT Semen Padang digunakan untuk membangun Jalan Tol,” kata Khairul.

Pria yang akrab disapa KJ itu juga memaparkan ada tiga catatan terkait Semen Padang. Pertama, terjadi paradok di Indonesia. Saat pemerintah membangun, namun semen berlebih 35 juta ton. Pemerintah membuka kran investasi semen. Ditambah pula adanya izin inport klinker.

“Untuk aturan ini, Gubernur harus bicara,”katanya.

Khairul juga mencatat, Selama ini Semen Padang berjarak dengan pemerintah. Orang Semen Padang yang hebat-hebat harus kerjasama dengan Pemerintah. Dalam bentuk masukan.

Kedepan, pemerintah membangun tol dan Pasar Atas di Bukittinggi. Adanya dua proyek itu, bahan bakunya harus menggunakan produk lokal. Seperti, split, batu dan semen.

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus,  mengaku  Semen Padang adalah kebanggaan masyarakat Sumbar, dan sejauh ini kontribusi Semen Padang kepada daerah  dirasakan manfaatnya.

Untuk itu, katanya, tak hanya pers yang akan mendukung, tapi masyarakat Sumbar juga mendukung agar Semen Padang, ikut ambil bagian dalam memasok semen untuk menbangun jalan tol.

“Semen Padang ini ninik mamak, tempat kita mengadu. Mari kita jaga bersama,” kata Heranof. (yose)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Bikin Konten Video Kreatif, Telkomsel Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Bikin Konten Video  Kreatif, Telkomsel Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah


MEDAN – Dalam menyemarakan bulan suci Ramadhan 2021, Telkomsel menghadirkan beragam video challenge untuk para pelanggan di Sumatera. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Telkomsel sekaligus mewadahi minat dan bakat para pelanggan dalam membuat konten video yang kreatif. Nantinya Telkomsel akan memberikan hadiah total puluhan juta rupiah kepada para pemenang di challenge tersebut.

General Manager Digital Products Sales Sumatera Telkomsel Yudi C Anwar mengatakan, Telkomsel terus membuka banyak kesempatan kepada masyarakat untuk menyalurkan hobinya dalam membuat konten video yang kreatif. “Mari kita warnai Ramadhan kali ini dengan ibadah dan menyebarkan konten yang positif dan edukatif. Melalui challenge ini Telkomsel ingin terus telibat aktif dalam mendukung penguatan adopsi layanan digital di Indonesia,” katanya.

Ada dua challenge yang dihadirkan Telkomsel di Ramadhan kali ini, yakni Telkomsel Sumatera Content Creator dan Video Islami Challenge Tik Tok. Pada challenge Telkomsel Sumatera Content Creator, para peserta diharuskan membuat video singkat sekitar 5-10 menit dengan tema “Spirit Ramadhan”. Video ini dapat berisikan story, tilawah, music performance, parodi edukatif, dll yang sesuai dengan tema. Setelah itu, video dapat di upload Instagram TV (IGTV) dengan hastag #TSCCA1 #RamadhanA1 dan mention ke akun Instagram @digionemaxstream. Bagi pelanggan yang ingin mendaftar dapat mengkases di halaman web tsel.me/RegisTSCCA1

Sedangkan untuk mengikuti challenge video islami di Tik Tok, peserta dapat membuat konten seputar cerita Ramadhan yang menarik dan kreatif, dengan tema “Ramadhan Penuh Cinta”. Sertakan hastag #BerkahTelkomsel #RamadhanChallenge #DigioneMaxstream #TselA1 #Digionetiktokchallenge dan mention ke akun tik tok @maxstream.tv @digionemaxstream

Periode challenge dimulai dari tanggal 13 April – 2 Mei 2021. Untuk infomasi lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram @digionemaxstream.

“Telkomsel ingin selalu #BukaPinduKebaikan melalui berbagai program positif dan bermanfaat, termasuk challenge yang dihadirkan kali ini. Mari jadikan momen Ramadhan ini lebih produktif melalui berbagai kegiatan yang positif. Sebagai digital telco company, Telkomsel akan terus mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia melaui produk dan layanan serta berbagai program yang bermanfaat.” Ungkap Yudi. (aci)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

BLT Subsidi Gaji Masih tak Jelas, Pekerja: Bu Menteri, Di Mana Keadilan Itu

Rp67,153 Miliar Dana Desa dan ADD untuk 11 Desa di Sawahlunto


JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sampai saat ini masih belum merilis informasi mengenai kelanjutan pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji 2020. Bantuan tersebut ditujukan untuk pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta.

Seperti yang diketahui, BLT subsidi gaji 2020 masih belum terealisasi sepenuhnya. Hingga 31 Desember 2020, anggaran itu baru terealisasi sebesar Rp29.416.358.400.000 atau 98,81%. Artinya, dana sisa yang dikembalikan ke kas negara sebesar Rp352.992.000.000.

Saat ini Kemnaker masih melakukan pencocokan data dengan beberapa pihak bank terkait untuk mengajukan kembali dana BLT tersebut ke Kemenkeu.

“Data klirnya ini yang masih belum. Istilahnya yang retur tapi belum tersalurkan itu yang masih kita cocokkan,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Aswansyah kepada Okezone.

Karena ketidakjelasan pencairan BLT subsidi gaji, banyak pekerja yang mengeluh di kolom komentar Instagram @kemnaker, Sabtu (17/4/2021). Para pekerja mendesak Kemnaker untuk segera memberi kepastian mengenai bantuan senilai Rp2,4 juta tersebut.

“BSU belum cairr ini min @kemnaker dari termin 1 dan 2 no rekening bank mandiri per tanggal 15 April 2021 profil kemnaker status tiba tiba hilang mohon bantuannya BSU saya segera dicairkan ibu menteri @idafauziyahnu tuntaskan BSU 2020 yg belum cairr sesegera mungkin semangat kerja kerja kerja tuntaskan BSU 2020 #tuntaskanbsu2020,” tulis akun @wahyudi9637.

Selain itu, ada juga pekerja yang mengeluhkan kekurangan pendapatan, maka dari itu mereka membutuhkan bantuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Apa kabar BLT bsu..kenapa tidak dilanjutkan lagi seperti BLT yg lain.. sedangkan gaji tidak naik tahun ini, Dimana kah rasa keadilan itu,” ujar akun @dedi_frisma.

“Kami sangat membutuhkan BSU gaji kami di potong dan tidak ada bantuan yg kami dapat,” kata akun @lahay.sri. (aci)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

IPC Bersama KPK Gelar Directorship Program Anti Korupsi dan Gratifikasi

IPC Bersama KPK Gelar Directorship Program Anti Korupsi dan Gratifikasi


JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia menggelar Directorship Program “No Corruption & No Gratification – Amanah, Jumat (16/4). Program ini dibuka oleh Direktur Utama IPC Arif Suhartono, dengan keynote speaker Komisaris Utama IPC Moermahadi Soerja Djanegara, dan Direktur Antikorupsi Badan Usaha Kedeputian Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Aminudin sebagai pembicara utama.

“Penyelenggaraan Directorship Program ini bertujuan agar para pimpinan di IPC memiliki komitmen dan secara konsisten memberi contoh implementasi nilai Amanah yang merupakan bagian dari core values AKHLAK, untuk mencegah serta menghindari segala bentuk tindakan korupsi dan gratifikasi di tempat kerja,” ujar EVP Sekretariat Perusahaan, Ari Santoso.

Directorship program anti korupsi dan anti gratifikasi diselenggarakan secara tatap muka dan daring ini dihadiri oleh peserta dari Direksi dan Komisaris Anak Perusahaan, General Manager Cabang Pelabuhan, serta Senior Manajemen dari Kantor Pusat IPC.

“Tidak hanya mengetahui dampak dari tindakan korupsi dan gratifikasi yang dapat berimbas pada citra pribadi dan perusahaan, para peserta juga diharapkan mampu melakukan upaya pencegahan serta mewujudkan best practice implementasi dari budaya perusahaan,” tutup Ari. (aci)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer