Connect with us

NASIONAL

Pembelajaran Tatap Muka Harus Cegah Klaster Institusi Pendidikan – siarminang.net

Pembelajaran Tatap Muka Harus Cegah Klaster Institusi Pendidikan – Beritasumbar.com

JAKARTA – Pembukaan kembali pembelajaran tatap muka dalam masa pandemi Covid-19 harus dilakukan dengan mengutamakan pencegahan penularan. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, hal ini guna mencegah timbulnya klaster baru, yaitu klaster di lingkungan institusi pendidikan.

“Untuk menghindari potensi klaster baru di lingkungan institusi pendidikan, maka kegiatan sekolah tatap muka harus mengikuti ketentuan yang disyaratkan,” tegas Wiku saat menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor, Kamis (26/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ketentuan yang dimaksud harus merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri terkait penyelenggaraan pembelajaran tatap muka. Untuk sekolah atau institusi pendidikan, sebelum diperbolehkan membuka kegiatan belajar mengajar harus memenuhi daftar periksa.

Yaitu, ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer dan disinfektan. Juga harus mampu mengakses mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, memilki alat pengukur suhu badan atau thermogun .

Dan satuan pendidikan harus memiliki pemetaan seluruh elemen sekolah yang mencakup kondisi kesehatan atau riwayat komorbid, risiko perjalanan pulang pergi termasuk akses transportasi yang aman untuk siswa dan gurunya. Serta riwayat perjalanan dari daerah dan zona risiko tinggi dan kontak erat, juga pemeriksaan rentang isolasi mandiri yang harus diselesaikan pada kasus positif Covid-19. Kemudian persetujuan Komite Sekolah atau perwakilan orang tua atau wali.

“Semua ini harus dilakukan dengan simulasi yang melibatkan berbagai pihak tingkat daerah, orang tua murid, pihak sekolah dan pemerintah daerah agar akhirnya dicapai suatu kondisi yang ideal untuk sekolah melakukan tatap muka dan bertahap,” jelas Wiku.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. SKB ini ditandatangi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang diumumkan pada Jumat 20 November 2020 di Jakarta.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 – siarminang.net

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 – Beritasumbar.com

JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Polri langsung menerbitkan Surat Telegram Nomor ST/67/I/Ops.2./2021 tanggal 15 Januari 2021 ynag memerintahkan jajaran kilayahan untuk melakukan analisis dan evaluasi penanganan pandemi COVID-19 di wilayahnya masing-masing.

Surat Telegram tersebut ditandatangani atas nama Kapolri oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Aman Nusa II Penanganan COVID-19 Tahun 2021.

“Surat Telegram ini dialamatkan kepada para Kasatgas Opspus Aman Nusa II, Kasubsatgas Aman Nusa II, Kaopsda Aman Nusa II (Kapolda), dan para Kasatgas Opsda Aman Nusa II,” ujar Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 16 Januari 2021.

Menurut Komjen Pol Agus Andrianto, Surat Telegram tersebut juga memerintahkan jajaran Polri yang terlibat dalam Ops Aman Nusa II untuk melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, TNI, pihak rumah sakit, dan stakeholder lainnya guna mengantisipasi peningkatan pasien terkonfirmasi positif dengan menambah kapasitas tempat isolasi, IGD, ICU, dan rumah sakit darurat jika dibutuhkan.

“Serta menyiapkan sarana prasarana dan tenaga kesehatan untuk menangani pasien COVID-19 dalam rangka menekan angka kematian dan mencegah penyebaran COVID-19,” imbuh Komjen Pol Agus Andrianto.

Selain itu, jajaran Ops Aman Nusa II juga diminta melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara masif terkait pelaksanaan vaksinasi dengan melibatkan tokoh masyarakat, togoh agama, artis/influenser, dan lain-lain agar masyarakat tidak takut serta mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

“Terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait disiplin mematuhi protokol kesehatan, terutama 3M, untuk selanjutnya bersama-sama dengan Pemda, TNI, dan stakeholder lainnya untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan secara ketat dengan meningkatkan kegiatan operasi yustisi,” pesan Komjen Pol Agus Andrianto kepada jajarannya.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

NASIONAL

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi – siarminang.net

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi – Beritasumbar.com

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto menyatakan bahwa proses pertama yang harus dilewati oleh lulusan SMA, SMK, MA untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi ada pada proses seleksi. Proses ini menjadi syarat penting agar baik lulusan maupun perguruan tinggi dapat mengukur kualitas calon peserta didiknya. “Untuk itu kami menggandeng LTMPT melakukan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN,”katanya.

Terdapat sejumlah 40 Politeknik dan 12 Unista Vokasi (data per tanggal 15 Januari 2021) yang tahun ini bergabung dalam seleksi LTMPT. Ratusan program studi ditawarkan bagi lulusan vokasi. “Ini merupakan sebuah kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ditengah upaya perguruan tinggi vokasi yang bersinergi bersama dunia industri dan dunia kerja agar ke depannya dapat mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya serap tinggi di industri.

Tidak dapat dipungkiri, pendidikan vokasi kini makin mengemuka dengan berbagai pilihan program studi yang ditawarkan. Tak hanya itu, ciri khas yang melekat pada pendidikan vokasi seperti memiliki lebih banyak praktik, menjadi keuntungan tersendiri. Pelatihan langsung yang real atau mendekati situasi nyata di dunia kerja membuat vokasi satu langkah lebih maju.

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan saat melanjutkan ke pendidikan vokasi adalah ketersediaan lapangan kerja yang lebih luas. Seorang sarjana terapan atau diploma memiliki kesempatan diterima bekerja lebih tinggi karena keahlian yang dimiliki benar-benar spesifik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi tertentu.

“Di sinilah kami melihat bahwa untuk mewujudkan pembangunan SDM Vokasi, dibutuhkan institusi pendidikan vokasi yang berkualitas. Diksi berusaha mewujudkan pendidikan vokasi yang lebih mumpuni. Ke depannya pasti kita akan melihat antrean masuk SMK, Politeknik, maupun Unista Vokasi. Di sana mereka akan mendapatkan pengalaman dan praktik kerja yang kuat untuk kepentingan modal karier masa depan mereka nantinya,” tutup Wikan.

“Senada dengan Dirjen Diksi, Ketua FDPNI Zainal Arief menyampaikan jika Politeknik siap membuka seluas-luasnya akses masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi politeknik. Mengingat pendaftaran dan seleksi tahun ini pun dilakukan secara online, maka masyarakat diminta cermat dan teliti dalam mencari informasi seputar jalur penerimaan mahasiswa baru jalur vokasi. “Agar tidak salah memilih jalur penerimaan, sedapatnya pendaftar mengakses informasi yang tertera pada laman LTMPT dan Pusat Informasi Politeknik Negeri Se-Indonesia melalui laman http://politeknik.or.id/,”katanya.

Ketua pelaksana eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto menyampaikan SNMPTN dibuka bagi calon pendaftar yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan Sarjana Terapan (Diploma IV). “Kami siap mendukung program Diksi untuk memperluas jangkauan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. Tak ada pembedaan, baik akademik maupun vokasi semua bisa mendaftarkan diri di LTMPT dan memilih program studi yang sesuai dan linear,”terangnya.

Beliau pun juga mengingatkan agar sekolah segera mengecek status pendataannya di Dapodik dan Pusdatin. Karena jika mengikuti seleksi dari LTMPT, maka data yang akan digunakan adalah kedua data tersebut untuk menentukan kuota sekolah dan sebagainya. (humassnmpn)

Berikut daftar Politeknik dan Unista yang mendaftarkan D4 nya melalui LTMPT dapat dilihat melalui link https://www.ltmpt.ac.id/?mid=20.

PESERTA SNMPTN – UNISTA ( 40 Politeknik – 298 Prodi)
NO PROVINSI INSTANSI PRODI D4
1 BANDA ACEH POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE 10
2 SUMATRA UTARA POLITEKNIK NEGERI MEDAN 8
3 SUMATRA BARAT POLITEKNIK NEGERI PADANG 10
4   POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH 2
5 SUMATRA SELATAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA 13
6 KEPULAUAN RIAU POLITEKNIK NEGERI BATAM 9
7   POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS 9
8 KEPULAUAN BANGKA BELITUNG POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG 3
9 BANDAR LAMPUNG POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG 11
10 DKI JAKARTA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA 20
11   POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF 5
12 JAWA BARAT POLITEKNIK MANUFAKTUR BANDUNG 3
13   POLITEKNIK NEGERI BANDUNG 18
14   POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU 2
15 JAWA TENGAH POLITEKNIK MARITIM NEGERI INDONESIA 1
16   POLITEKNIK NEGERI SEMARANG 13
17   POLITEKNIK NEGERI CILACAP 2
18 JAWA TIMUR POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA 8
19   POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 10
20   POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI 4
21   POLITEKNIK NEGERI JEMBER 14
22   POLITEKNIK NEGERI MADIUN 1
23   POLITEKNIK NEGERI MALANG 19
24 KALIMANTAN BARAT POLITEKNIK NEGERI KETAPANG 2
25   POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK 9
26   POLITEKNIK NEGERI SAMBAS 6
27 KALIMANTAN SELATAN POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN 6
28   POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT 1
29 KALIMANTAN TIMUR POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN 2
30   POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA 10
31   POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI SAMARINDA 3
32 SULAWESI UTARA POLITEKNIK NEGERI MANADO 8
33 SULAWESI SELATAN POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG 12
34   POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKAJENE KEPULAUAN 9
35 BALI POLITEKNIK NEGERI BALI 8
36 NTT POLITEKNIK NEGERI KUPANG 8
37   POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG 6
38 MALUKU POLITEKNIK NEGERI AMBON 7
39   POLITEKNIK PERIKANAN NEGERI TUAL 6
40 PAPUA BARAT POLITEKNIK NEGERI FAKFAK 1
       
PESERTA SNMPTN – UNISTA (12 Unista – 54 Prodi)
NO PROVINSI INSTANSI PRODI D4
1 SUMATERA BARAT ISI PADANG PANJANG 1
2   UNIVERSITAS NEGERI PADANG 4
3 JAMBI UNIVERSITAS JAMBI 2
4 DI YOGYAKARTA ISI YOGYAKARTA 1
5   UNIVERSITAS GADJAH MADA 21
6 JAWA TENGAH ISI SURAKARTA 2
7   UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2
8 JAWA TIMUR INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER 8
9 BALI ISI DENPASAR 2
10   UNIVERSITAS UDAYANA 1
11 SULAWESI SELATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN 2
12   UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 8
Informasi selengkapnya mengenai Politeknik dan jalur seleksinya silahkan diunduh melalui https://politeknik.or.id  

Informasi mengenai seleksi LTMPT silahkan diunduh melalui https://www.ltmpt.ac.id

Kontak lebih lanjut hubungi:
Koordinator Humas SNMPN Andri Suryandari (WA/HP. 0819833824)
Humas Diksi: Kristiani (WA/ HP 08161327480) Teguh Susanto ( WA/ HP 08128612886)



Sumber

Baca Selengkapnya

NASIONAL

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara – siarminang.net

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara – Beritasumbar.com

JAKARTA – Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik kedatangan DPP Surosowan Indonesia Bersatu

“Lembaga MPR RI akan bersinergi dengan Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, dalam sosialisi 4 pilar kebangsaan nantinya, Ormas Surosowan akan kita libatkan. Bentuk kerjasama yang ditawarkan Ormas Surosowan kami terima. Kedepan agenda Surosowan kita dukung, dengan tetap 4 pilar sebagai program utama”, ujar Bamsoet yang juga Ketua Dewan Pembina DPP Surosowan Indonesia Bersatu.

Ketua Umum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Tb. Uuy Faisal Hamdan menyampaikan

“Alhamdulillah, silaturahmi kami Ormas Surosowan Indonesia Bersatu diterima oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan kedepan Program Sosialisasi 4 pilar kebangsaan kita sukseskan sesuai dengan petunjuk Ketua MPR RI”, ulas Uuy

Tb Uuy Faisal Hamdan juga menjelaskan mengenai Ormas Surosowan Indonesia Bersatu

“Di Ormas Surosowan Indonesia Bersatu ini berhimpun kader generasi muda yang peduli adat istiadat, peduli budaya nusantara, kalangan dosen, pendidik, pengajar, pengacara, pengusaha, disini juga ada kalangan ulama, keraton, kesultanan dan sepuh tokoh-tokoh adat nusantara”

“Ormas Surosowan Indonesia Bersatu,
Mempunyai 7 Organ Jajaran, yakninya

  1. Lbh Surosowan
  2. Surosowan Muda Indonesia
  3. Garda Pandawa Surosowan
  4. Cendikiawan Surosowan Indonesia
  5. Srikandi Surosowan
  6. Pengusaha Surosowan Indonesia
  7. Koperasi dan Badan Usaha Surosowan

“Semua berhimpun di Ormas Surosowan Indonesia Bersatu memiliki tugas dan fungsi masing-masing, dan Ormas Surosowan Indonesia Bersatu telah terbentuk di berbagai daerah”, tutur Tb Uuy Faisal Hamdan

Dalam kesempatan tersebut sempat dibahas sinergitas Program Ormas Surosowan Indonesia Bersatu dengan Ardindo (Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia) dengan Ketum Bambang Soesatyo, dan Pengurus Kadin (Kamar Dagang Industri) Suprayogi Soepaat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dewan Pembina DPP Surosowan Indonesia Bersatu Suprayogi Soepaat, Herdiyan Bayu Samudro selaku Ketum Surosowan Muda Indonesia, Hasdar Hanafi selaku Ketum Cendikiawan Surosowan Indonesia yang juga Sekjen Puspindo (Perkumpulan Usahawan Ponsel Indonesia), dan Ketua ADPPI (Asosiasi Dosen Pemerhati Pendidikan Indonesia) Sulawesi Selatan, dan Aris Rahmatdi pengurus DPP Surosowan Indonesia Bersatu. (Megy Aidillova)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer