Connect with us

Payakumbuh

Pemko Payakumbuh Bentuk Tim Gugus PAUD HI 2020 – siarminang.net

Pemko Payakumbuh Bentuk Tim Gugus PAUD HI 2020 – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Gugus Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) Tahun 2020 di Kota Payakumbuh digelar di Ruang Pertemuan Ampangan, Lantai II Balaikota, Jumat (27/11).

Sekitar 20 Organisasi Perangkat Daerah dan stake holder terkait duduk bersama dipimpin Bunda PAUD Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Azwardi dan Kasi PAUD Syafni Hasni.

Menurut Henny, Gugus tugas dalam PAUD HI meliputi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi kemitraan yang saling bersinergi dan menjadi tugas mereka sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Adanya peran gugus tugas dalam penyelenggaraan PAUD HI adalah sarana untuk saling bertukar informasi dan saling membelajarkan antar anggota dengan lingkungan masyarakat terkait penyelenggaraan PAUD HI.

Contohnya saja di OPD Pemko seperti DP3AP2KB, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, dan dinas lainnya. Sementara mitra kerja seperti Polri dan stakeholder lainnya ikut mengawasi agar anak mendapatkan rasa aman dalam menjalani kehidupannya.

“Jangan sampai ada kasus kekerasan dan kriminalitas terhadap anak, itu yang paling penting,” kata Henny.

“Dengan adanya kegiatan yang dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, kita berharap seluruh OPD terkait yang tergabung dalam gugus tugas PAUD HI dapat melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program PAUD HI. Masyarakat memiliki peran penting sehingga rasa memilikinya terhadap program ini menjadi lebih kuat,” jelas Henny menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Azwardi menyampaikan kepada mitra kerja OPD dan instansi lainnya. Sosialisasi telah dilakukan, bimtek juga telah dilakukan guna menyamakan persepsi tentang tugas apa saja yang akan mereka laksanakan dalam mewujudkan PAUD HI di Kota Payakumbuh dan rencananya kelar pada akhir tahun 2020 ini.

“Intinya, pengembangan PAUD HI harus didukung oleh setiap pihak, agar terwujud keinginan kita bersama kalau anak-anak usia dini benar-benar mendapatkan haknya dan cita-cita nasional mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud,” jelasnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Payakumbuh

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil – siarminang.net

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net, — Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Selaku koordinator dari Komisi A, Wakil Ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura turun bersama 4 orang dari komisi A lainnya, yakni ketua komisi A Sri Joko Purwanto, wakil ketua Aprizal, sekretaris Zainir dan anggota komisi A Nasrul.

Kedatangan rombongan komisi A di kantor Disdukcapil kota Payakumbuh ditrima langsung kepala Disdukcapil Yunida Fatwa bersama jajaran di aula pertemuan kantor Disdukcapil kota Payakumbuh.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Disdukcapil Payakumbuh, Yunida Fatwa memaparkan sejumlah inovasi pelayanan terkait administrasi kependudukan yang sudah diterapkan.

Dimana inovasi pelayanan yang telah diterapkan oleh Disdukcapil Payakumbuh yakni Pelakor Tua dan Disabilits, Sini Kakek Seleb, Si Cece Urus Kakekku, Lansia Sekolah TK, Sore-UAS, Kuas 17, Belahan Jiwa, Lapau Dukcapil, Perform Braile, dan Moge Dukcapil.

Dari kesembilan inovasi yang dipaparkan oleh kepala Disdukcapil Yunida Fatwa, ketua komisi A Sri Joko Purwanto bersama koordinator komisi A Wulan Denura dan seluruh anggota komisi A yang hadir turut menyampaikan apresiasi atas hasil inovasi yang telah dilakukan Disdukcapil kota Payakumbuh.

“Kami sungguh sangat apresiasi atas inovasi yang telah diterbitkan Disdukcapil kota Payakumbuh. Karna dengan hadirnya inovasi ini tentu akan sangat membantu warga di kota Payakumbuh dalam kepengurusan administrasi kependudukannya”, ungkap Joko dengan semangat.

Lebih lanjut, setelah mendengarkan pemaparan tentang inovasi yang disampaikan oleh kepala Disdukcapil, ada salah satu inovasi yang menarik perhatian bagi Wulan Denura selaku koordinator komisi A. Wulan ingin mengetahui tentang lebih lanjut tentang inovasi Lansia Sekolah TK (Pelayanan Langsung Identitas Anak di Sekolah termasuk Akta).

Menurut Wulan yang merupakan Srikandi dari partai Gerindra itu jika untuk inovasi Lansia tersebut haruslah memiliki data yang akurat, dimana Disdukcapil harus mendata setiap siswa-siswi di kota Payakumbuh agar nanti para pelajar ini memiliki data yang valid dalam kepengurusan sekolah mereka, seperti saat para pelajar tersebut menerima beasiswa yang tentu memiliki sarat salah satunya memiliki data kependudukan yang valid”, ungkapnya.

Sementara itu, Aprizal yang merupakan wakil ketua komisi A turut ingin mengetahui lebih lanjut tentang program inovasi Moge Dukcapil (Motor Gerai Dukcapil). Ia mengatakan jika untuk inovasi Moge Dukcapil kota Payakumbuh merupakan satu-satunya di Indonesia, karna untuk di daerah lainnya telah menggunakan mobil untuk sarana pelayanan kelilingnya.

Menanggapi langsung dari pertanyaan Aprizal, kepala Disdukcapil kota Payakumbuh mengatakan jika saat ini untuk inovasi Moge Dukcapil sangat efektif, apalagi dimasa pandemi yang sedang terjadi. Dan nantinya kami akan melaksanakan program 1 minggu 1 kelurahan, yang mana setiap 1 minggu, Moge Dukcapil akan melakukan pelayanan keliling di 1 kelurahan untuk menghampiri warga langsung, dan ini akan mulai efektif berjalan pada bulan Februari besok”, ungkap Kadisdukcapil tersebut dengan semangat.

Selain dari koordinator dan wakil ketua komisi A, sekretaris komisi A Zainir dan anggota komisi A Nasrul kompak turut menyampaikan pendapat tentang kondisi sarana yang ada di Disdukcapil kota Payakumbuh.

Mereka berdua menyampaikan jika komisi A siap untuk menjalin kerjasama dengan Disdukcapil kota Payakumbuh. Hal itu disampaikan mereka karna melihat kondisi akses jalan menuju kantor Disdukcapil kota Payakumbuh yang sangat dibawah layak jalur akses bagi kantor yang menjadi tujuan warga dalam mengurus data administrasinya.

“Sebagai kantor pelayanan, tentu untuk akses jalan kesini haruslah bagus dan lancar, sehingga tidak membuat warga merasa kurang nyaman dengan akses kantor ini. Akan tetapi, melihat kondisi akses jalan saat ini, tentu ini jauh dibawah standar kelayakan untuk sebuah jalan menuju kantor pelayanan masyarakat. Dan menanggapi hal ini, kami dari komisi A siap untuk melakukan kerjasama untuk peningkatan kantor Disdukcapil kota Payakumbuh yang lebih baik lagi”, tukas Zainir sekretaris komisi A DPRD kota Payakumbuh.

Setelah selesai melakukan pertemuan, kepala Disdukcapil Yunida Fatwa membawa rombongan komisi A untuk berkeliling kantor Disdukcapil melihat langsung sarana pelayanan dan gudang arsip data yang telah tersedia di gedung kantor Disdukcapil kota Payakumbuh.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh – siarminang.net

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Payakumbuh Mesrawati di Payakumbuh, Selasa, mengatakan dalam beberapa waktu terakhir memang nasib dari honorer sekolah terus menjadi perhatian dari DPRD.

“Setidaknya gaji dan intensif guru honorer bisa sama dengan gaji dari Tenaga Harian Lepas (THL). Kalau sekarang kan memang terlalu jauh dari standar,” kata dia saat Komisi C DPRD Payakumbuh melakukan dengar pendapat dengan seluruh Kepala Sekolah SMP dan PGRI Payakumbuh.

Dengar pendapat dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Armen Faidal dan juga dihadiri Sekretaris Komisi C Syafrisal daru fraksi PBB, anggota Komisi C, Suparman fraksi PKS, YB.Dt.Parmato Alam fraksi Golkar, Fahlevi Masni fraksi Demokrat, Ismet Arius fraksi Nasdem dan Sekretaris Dewan diwakili Julfiter.

Minimal, sambungnya seluruh guru honorer bisa mendapatkan honor sebesar Rp1,5 juta. Kenyataan saat ini masih ada guru honorer yang mendapatkan honor sebesar Rp200 ribu.

Ia mengatakan hal ini juga telah disampaikan dalam pelaksanaan rapat anggaran bersama dengan pihak Pemkot Payakumbuh.

“Kami tentu akan menindaklanjuti apa yang disampaikan dan menjadi permasalahan dari kepala sekolah ini ke dinas yang bersangkutan dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Anggota Komisi C DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam mengatakan semestinya untuk hal yang mendasar seperti pendidikan ini tidak ada alasan bagi Pemkot Payakumbuh untuk tidak menganggarkan hal ini.

“Kami dari fraksi Golkar secara konsisten untuk hal ini. Karena pendidikan ini hal yang mendasar untuk membangun SDM di Payakumbuh,” katanya.

Apalagi, kata dia saat ini sekolah-sekolah di Kota Payakumbuh juga bertumpu dengan guru honorer karena banyaknya kekurangan guru PNS untuk tingkat SD dan SMP di daerah itu.

“SD itu sekitar 150 orang yang telah pensiun dan di SMP 102 orang. Ini yang saat ini diisi oleh guru honorer. Berarti ini kan tidak masuk akal kalau honorer hanya mendapatkan honor Rp200 ribu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PGRI Kota Payakumbuh Safwan di Payakumbuh, Selasa, mengatakan saat ini memang masih didapatkan gaji guru honorer di Payakumbuh yang jauh dari standar.

“Dunia pendidikan ini harus menjadi perhatian dari pemerintah setempat, ini kenyataan sekarang bahwa gaji guru honor jauh dari standar bahkan tidak cukup untuk hanya pembeli minyak kendaraan,” ujarnya.

Ia mengatakan permasalahan ini tentu juga tergantung kepada keinginan pemerintah untuk mendukung dunia pendidikan.

“Jika memang pemerintah memperhatikan dunia pendidikan, tentu salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu tenaga pendidiknya,” katanya.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran – siarminang.net

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,– Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Kedatangan Wal Asri di dampingi Kepala UPTD Sentra Rendang Novid Ardy dan beberapa orang staf disambut langsung kepala pesantren cahaya islam Ustadz Arnol ini adalah dalam rangka menyambung tali silaturahmi sesama umat dan juga menyalurkan bantuan yang telah terkumpul oleh pegawai Disnakerperin selama beberapa hari ini.

Bertempat di aula tepatnya di dekat sisa bangunan asrama putri yang terbakar pada Sabtu (16/1) dini hari lalu itu, Wal Asri bercengkrama dengan Ustadz Arnol, banyak hal yang mereka ceritakan, dari awal sampai akhir. Sehingga sampailah pada waktunya bantuan yang dibawa berupa bantuan dana yang diserahkan kepada Ustad Arnol.

Acara penyerahan berlangsung hikmat penuh haru, Ustadz Arnol mewakili yayasan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh.

“Semoga Allah SWT mencurahkan pahala yang berlipat ganda teruntuk bapak/ibu semua,” ujarnya.

Disnakerperin beberapa hari ini membuka kotak donasi peduli, ulas kadis Wal Asri, setiap pagi setelah apel tanpa diperintah, salah seorang staf sudah tahu apa yang akan dilakukan seperti mengambil kotak infak di dalam ruangan, setelah itu dijalankan ke setiap pegawai yang berada di lingkungan dinas, dan itu sudah menjadi kebiasaan di dinas.

“Menebar kebaikan menjadi kewajiban bagi tiap manusia dan perlu dipelihara sejak dini, dengan kebaikan, manusia bisa saling berbagi kebahagiaan dan memberi banyak manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Seperti kutipan hadits ini. ‘Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik’ {QS. Al-Baqarah: 195}, ini saya sampaikan saat khutbah tujuh menit dalam apel pagi dinas beberapa waktu lalu,” terang Wal Asri. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer