Connect with us

Dharmasraya

Penentu Baiknya Perekonomian Solok Selatan – siarminang.net

Penentu Baiknya Perekonomian Solok Selatan – Beritasumbar.com

Padang Aro, siarminang.net – Pembangunan jalan yang menghubungkan Padang Aro dengan Kabupaten Dharmasraya akan menjadi salah satu faktor penentu peningkatan perekonomian di Solok Selatan, kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat, Zigo Rolanda.

“Nanti akan dibahas dan dikaji lebih jauh oleh pihak terkait ruas mana yang akan dibantu oleh Kemenko Maritim dan juga oleh Pemprov Sumbar,” katanya, di Padang Aro baru-baru ini.

Ia berharap Pemerintah pusat dan Provinsi mendukung upaya pembangunan jalan tembus yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Solok Selatan – Dharmasraya.

Jalan tembus yang menghubungkan Solok Selatan dengan Dharmasraya dapat melalui beberapa alternatif yakni Padang Aro lewat Abai tembus di Sungai Dareh atau Padang Aro via Sungai Sungkai terus ke Sungai Rumbai.

Untuk ruas jalan Abai – Sungai Dareh berstatus jalan propinsi dan berharap agar pihak Pemprov Sumbar dapat melanjutkan secara bertahap pembangunannya yang sebelumnya telah dimulai oleh pihak Kemenko Maritim.

“Perlu dukungan dan alokasi dana yang lebih besar dari pihak Pemprov melalui APBD provinsi untuk membantu peningkatan jalan yang menjadi tanggung jawab Provinsi yang saat ini dalam kondisi rusak parah,” ujarnya.

Sedangkan untuk jalan kabupaten di ruas Sungai Sungkai-Sungai Dareh, yang terhubung juga dengan jalur Simpang PB – Tandai nantinya juga menjadi jalan strategis yang diharapkan dapat terus ditingkatkan pembangunannya.

Ruas tersebut menurutnya akan menghubungkan berbagai daerah, bukan hanya Solok Selatan, Dharmasraya, dan Pesisir Selatan, tetapi juga beberapa daerah di Propinsi Jambi seperti Kerinci dan Muaro Bungo.

Menurutnya saat ini Solok Selatan berada di ujung tetapi dengan adanya akses tembus ke Dharmasraya, Solok Selatan bisa menjadi gerbang Sumbar bagian selatan langsung ke jalan lintas sumatera.

“Saat ini Solok Selatan seperti daerah “botol”, dimana pintu masuk dan pintu keluarnya sama, hanya di satu pintu saja” katanya.

Dengan dibukanya akses ke Dharmasraya ujarnya, maka akan menambah alternatif tambahan pintu keluar masuk ke Solok Selatan. Selain itu harapannya juga dapat menjadi gerbang depan pintu keluar masuknya Sumbar.

Selanjutnya dengan dibukanya jalan tersebut, juga akan mendukung upaya kolaborasi dalam pembangunan Solsel bersama Kabupaten Dharmasraya nantinya. “Dan hal ini akan terus diurus dan diupayakan bagaimana jalan tembus tersebut bisa diwujudkan,” tegas Mantan Anggota DPRD Sumbar 2014-2019 itu. (Akbar)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dharmasraya

Kepemimpinan Sutan Riska Tuai Apresiasi – siarminang.net

Kepemimpinan Sutan Riska Tuai Apresiasi – Beritasumbar.com

Dharmasraya,siarminang.net,-Lima tahun kepemimpinan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, menuai apresiasi dari beragam kalangan. Apresiasi itu disampaikan pada kesempatan Rapat Paripurna DPRD Dharmasraya dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 17, yang digelar di Ruang Rapat Utama Sekretariat DPRD, Kamis (07/01/21).

Apresiasi itu diantaranya datang dari Tokoh Pemekaran Kabupaten Dharmasraya, yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Hasan Zaini. Menurutnya, periode pertama jabatan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, telah banyak keberhasilan yang dicapai, baik fisik atau non fisik.

Pembangunan berjalan begitu pesat. Diantaranya pembangunan jembatan pulai, rusunawa, IKM Logam, melanjutkan pembangunan gedung baru RSUD Sungai Dareh yang sempat terbengkalai, serta pembangunan Masjid Agung Dharmasraya.

“Lima tahun lalu, kami telah mengusulkan pada bupati dan wakil bupati, untuk menyelesaikan pembangunan RSUD Sungai Dareh yang terbengkalai. Alhamdulillaah, hal tersebut telah dilaksanakan dan telah menjadi kenyataan. Rumah sakit tersebut kini telah berfungsi dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Hasan Zaini, atas nama masyarakat, ia juga menyampaikan rasa bangga dengan pembangunan Masjid Agung Dharmasraya yang cukup besar dan megah. “Kita berharap, mudah-mudahan dalam waktu dekat masjid ini sudah bisa diresmikan dan dimanfaatkan masyarakat,” ungkapnya.

Mewakili masyarakat, Hasan Zaini juga menyampaikan harapan kepada Bupati Sutan Riska yang kembali terpilih untuk memimpin Dharmasraya pada periode 2021-2024, untuk membangun rumah adat yang representatif, megah dan besar di Dharmasraya. Karena menurutnya, rumah adat selain berfungsi melestarikan budaya adat Minangkabau, juga dalam rangka menerapkan pepatah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
“Sehingga seimbang dan saling mendukung dengan fungsi Masjid Agung,” tandasnya.

Tidak hanya dari tokoh masyarakat, apresiasi terhadap kinerja Bupati Sutan Riska selama 5 tahun memimpin Kabupaten Dharmasraya, juga mengalir dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Menurutnya, selama dipimpin Bupati Sutan Riska, banyak kemajuan yang dicapai oleh Dharmasraya.
“Jika dibandingkan dengan kabupaten yang sama-sama mekar dengan Dharmasraya, seperti Solok Selatan dan Pasaman Barat, kemajuan Dharmasraya adalah yang paling pesat,” ungkapnya.

Wagub menilai, Bupati Sutan Riska cukup piawai dalam menjalin hubungan baik dengan pemerintah pusat. Sehingga banyak anggaran yang berhasil digaet, untuk mendorong percepatan pembangunan daerah. Malah kabarnya, pemerintah pusat juga telah menyetujui rencana pembangunan akses menuju pintu tol Trans Sumatera dari Dharmasraya – Kuantan Singingi – Indragiri Hulu.

“Di Sumbar ini, satu-satunya kepala daerah yang bisa dengan mudah masuk ke istana, hanya Sutan Riska. Begitu sayangnya istana dengan anak muda ini. Menurut saya, ini sesuatu hal yang memang sangat dibutuhkan dari seorang kepala daerah,” ucap wagub.
Pada kesempatan itu, Wagub juga mengucapkan selamat atas kembali terpilihnya Bupati Sutan Riska memimpin Dharmasraya, untuk periode 2021-2024, berpasangan dengan Dasril Panin Dt. Labuan.
“Pesan saya dalam penyelenggaraan pemerintahan ke depan, antara bupati dengan wakil bupati harus kompak. Jangan sampai terpecah. Bangun singkronisasi dan harmonisasi dengan DPRD. Dan kepada segenap unsur masyarakat, mari kita dukung bersama bupati dan wakil bupati terpilih dalam menjalankan tugas dan amanah kedepannya. Selamat Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 17. Semoga ke depan jauh lebih baik dan menjadi sumber inspirasi bagi daerah lain,” pungkas Wagub

Sementara itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam kesempatan yang sama menyampaikan permohonan ma’af kepada segenap unsur masyarakat, apabila dalam periode pertama kepemimpinannya dalam menjalankan pemerintahan, belum memuaskan.
“Saya juga berterimakasih, karena kembali diberi kepercayaan memimpin Dharmasraya untuk periode kedua. In syaa Allaah, perjuangan ini kita lanjutkan. Kita berdo’a kepada Allah semoga diberikan kemudahan untuk mewujudkan Dharmasraya yang maju, mandiri dan berbudaya,” ujar bupati.

Dikatakan bupati, setelah pelantikan dirinya menjadi Bupati Dharmasraya untuk periode kedua yang menurut rencana akan dilaksanakan pada 17 Februari 2021, dirinya bersama wakil bupati terpilih, Dasril Panin Dt Labuan, akan bekerja keras mewujudkan visi misi yang telah dicetuskan. Setidaknya, kata bupati, ada 14 program prioritas yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi misi tersebut.

“Untuk itu, mohon dukungan masyarakat, DPRD, termasuk tokoh tokoh pemekaran. Apabila kita semua bersatu, saya yakin mimpi mimpi baik kita untuk Dharmasraya bisa menjadi kenyataan. Mari bersama kita kuatkan niat untuk memajukan Dharmasraya, semoga ke depan jauh lebih baik lagi,” tandas bupati.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Dharmasraya

Menteri PUPR Resmikan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya – siarminang.net

Menteri PUPR Resmikan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya – Beritasumbar.com


Dharmasraya,-Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, menginisiasi kegiatan Peresmian Infrastruktur Kabupaten Dharmasraya dilakukan secara virtual langsung dari Jembatan Pulai Kabupaten Dharmasraya pasa Senin (21/09). Diikuti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Forkopimda setempat, Para Kepala Balai Pekerjaan Umum di Sumatera Barat beserta tokoh masyarakat setempat, kegiatan peresmian Virtual ini berlangsung khidmat dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kementeriaan PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang ikut serta membangun infrastruktur di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Dharmasraya yang dibiayai dari APBN Tahun 2019 yakni, Pertama : Pekerjaan Pembangunan Embung Padang Roco yang berlokasi di Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung, Kedua : Pekerjaan Pembangunan Embung Sungai Duo Gajah Meno yang berlokasi di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung, dan yang Ketiga : Pekerjaan Pembangunan Prasarana Pengendalian Banjir Batang Piruko yang berlokasi Kenagarian Koto Kecamatan Koto Baru. Dengan total nilai kontrak dari ketiga pekerjaan tersebut sebesar Rp 19.439.350.000,- (sembilan belas miliar empat ratus tiga puluh sembilan juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Yang mana dua dari ketiga pekerjaan ini juga menjadi bagian dari 10 Infrastruktur yang diresmikan oleh Menteri PUPR pada hari ini.

Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah mewujudkan cita – cita masyarakat Dharmasraya melalui pembangunan yang dihadirkan di Kabupaten Dharmasraya. “Total Anggaran yang diberikan untuk Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya mencapai Rp227 Milyar lebih, kami sangat berterimakasih atas bantuan tersebut dalam rangka mewujudkan Dharmasraya maju, mandiri, dan berbudaya” Kata Sutan Riska. Dalam kesempatan tersebut Sutan Riska juga mengutarakan permohonan masyarakatnya terkait pembangunan di Kabupaten Dharmasraya kedepan.

Permintaan tersebut disambut baik dan ditampung oleh Menteri PUPR, Ir Basuki Hadimuljono, M.Sc, Ph.D dalam kesempatan yang sama. Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari segala pihak dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Dharmasraya. “Pembangunan ini menjadi wujud komitmen Kementerian PUPR kepada Pemerintah Daerah, khususnya Kabupaten Dharmasraya dalam menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. Kami mendukung Pemerintah Kabupaten dalam hal ini, dan kami mengingatkan masyarakat serta Pemerintah harus berperan lebih aktif lagi untuk bekerja sama dalam rangka mewujudkan infrastruktur yang handal”, Kata Basuki.

“Prioritas Pembangunan Nasional pada periode pertama tahun 2015 hingga 2019 telah dilakukan, akan dilanjutkan dalam periode kedua yakni tahun 2020-2024 mendatang. Pembangunan infrastruktur kini menjadi tumpuan penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama di masa Pandemi seperti saat ini” Basuki menegaskan. Untuk itu, seluruh insan PUPR beserta seluruh pihak diminta bersama sama bekerja keras mendukung pembangunan yang ada, memanfaatkan dan memelihara infrastruktur yang telah tersedia dengan baik.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

#bacalon bupati

Dua Pasangan Calon Peserta Pilkada Dharmasraya Mendaftar ke KPU

Tahapan Pilkada, KPU Sumbar Sosialisasi Secara Virtual


DHARMASRAYA – Dua bakal pasangan calon kepala daerah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mendaftar ke kantor KPU setempat pada pendaftaran hari pertama, Jumat (4/9). Mereka adalah Sutan Riska Tuanku Kerajaan berpasangan dengan Dasril Panin Dt Labuan dan Panji Mursyidan berpasangan dengan Yosrizal.

“Keduanya sudah berkoordinasi dengan KPU untuk mendaftar hari ini. Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Dt Labun mendaftar pukul 14.00 WIB dan Panji Mursyidan-Yosrizal mendaftar pukul 09.00 WIB,” ujar Koordinator Divisi Teknis Dan Penyelenggara KPU Dharmasraya Andriadi di Pulau Punjung.

KPU Dharmasraya melakukan tahapan pembukaan pendaftaran selama tiga hari, yaitu sejak Jumat (4/9) sampai Minggu (6/9). Pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB, sementara pada hari terakhir akan dibuka sampai pukul 24.00 WIB.

“Kita menyiapkan lokasi di auditorium Kantor Bupati Dharmasraya dengan menerapkan protokol kesehatan saat pendaftaran,” katanya.

Untuk masuk dalam ruangan pendaftaran hanya diperkenankan beberapa orang saja. Selain bakal pasangan calon, ada ketua dan sekretaris partai pengusul, penghubung, dan kemudian dua orang dari Bawaslu Kabupaten Dharmasraya. Sedangkan tim pengantar lainnya menempati tenda VIP yang sudah disediakan, itupun dalam jumlah yang terbatas. (rin/ant)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer