Connect with us

Padang Panjang

Pertama di Sumbar, Pemko Fasilitasi Pembekalan Sekolah Kedinasan Secara Gratis – siarminang.net

Pertama di Sumbar, Pemko Fasilitasi Pembekalan Sekolah Kedinasan Secara Gratis – Beritasumbar.com

Padang Panjang,siarminang.net,- Pemerintah Kota Padang Panjang memfasilitasi pembekalan sekolah kedinasan secara gratis bagi siswa-siswi lulusan SLTA. Program ini merupakan yang pertama di Sumatera Barat.

Diikuti sebanyak 80 orang, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdako, Ade Afdil, S.Pd.I Rabu (9/6) menyampaikan, para pelajar memasuki tahapan latihan kesamaptaan atau latihan fisik yang digembleng langsung pelatih fisik dari Sekolah Calon Tamtama (Secata B).

Dikatakannya lagi, pembekalan sudah dilaksanakan sejak 27 Mei hingga 15 Juni mendatang. Sebelumnya, siswa-siswi tersebut telah mengikuti berbagai materi, seperti psikologi selama tiga hari dan akademik selama empat hari dari tim EO.

“Untuk kesemaptaan kita beker jama dengan Secata B. Berlangsung selama 10 hari. Pembinaan fisik ini sangat penting sebagai salah satu bagian dari tes fisik pada sekolah kedinasan,” ujarnya Ade yang tengah menyaksikan latihan di lapangan Bancah Laweh.

Kasubag Kesejahteraan Masyarakat, Zetra Efendi, SE menambahkan, program pembekalan untuk masuk sekolah kedinasan ini merupakan hal yang sangat berarti bagi para pelajar tersebut. “Pemko Padang Panjang memfasilitasi sekolah kedinasan, bisa dikatakan sekolah calon pemimpin. Selama ini mereka bimbel sendiri dengan biaya yang mahal, dengan hadirnya program ini menjadi hal yang sangat membantu bagi mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Pelatih Jasmani Secata B, Yoerlanda menjelaskan, materi kesamaptaan di antaranya, penguatan fisik seperti lari sprint, sit up dan push up, lalu latihan PBB. “Untuk kualitas mereka menghadapi tes kesemaptaan nanti, kita latih membentuk otot kaki yang terdiri dari urat tendon, betis, paha. Lalu, push up dan sit up, untuk penguatan perut dan pergelangan tangan,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjut Yoerlanda, guna meraih nilai yang maksimal pada tes kesamaptaan. “Sambil melatih dan membina, tim pelatih menerapkan kedisiplinan kepada para siswa yang mengikuti pembekalan. Kunci berhasil tes kesamaptaan ialah berlatih, belajar, disiplin, dan berdoa,” pungkasnya. (ben)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Panjang

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM – siarminang.net

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

Tim Zona Integritas (ZI) Kankemenag Kota Padang Panjang penuhi undangan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat terkait Usulan Satuan Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Kementrian Agama Tahun 2021 ini berdasarkan Surat Menteri Agama RI Nomor : R-222/MA/OT.00/6/2021 tanggal 3 Juni 2021 tentang Usulan Satuan Kerja/UPT Berpredikat WBK dan WBBM pada Kementrian Agama Tahun ini.

Memenuhi undangan Pembinaan menuju Zona Integritas (ZI) ini, Tim ZI Kankemenag Kota Padang Panjang lansung dipimpin Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang beserta seluruh Pengurus Pokja Zona Integritas (ZI) Ketua H. Bustami beserta tim, Koordinator Pokja Manajemen Perubahan Endang Sriyani beserta tim, Koordinator Pokja Penataan Tata Laksana Wahyu Salim beserta tim, Koordinator Pokja Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Hj. Rifniyetti beserta tim, Koordinator Pokja Penguatan Akuntabilitas Kinerja Fryta Nery Putri Zam beserta tim, Koordinator Pokja Penguatan Pengawasan H. Suarman beserta tim, Koordinator Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Editiawarman beserta tim, dan Koordinator Pokja Komponen Hasil H. Syaiful Arifin beserta tim, serta Pranata Humas Ahli Muda Supriadi untuk dokumentasi dan publikasi.

Kegiatan Pembinaan ini selain dibuka langsung oleh Plt Kakanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat H. Syamsuir, juga mendatangkan Narasumber dari Kemenang RI, yakninya Perencana Madya Mulyono, sekaligus Pendamping Persiapan Penilaian 4 (empat) Satker se Sumatera Barat menuju penilaian Zona Integritas (ZI) oleh Kemenpan RB.

“Terimakasih kasih atas partisipasi kita semua, kita sangat bersyukur dan menyambut kegiatan Pembinaan menuju Zona Integritas bisa terwujud di Kementerian Agama,” ujar Syamsuir.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat didampingi Kabag Tata Usaha H. Irwan memberikan arahan pada kegiatan pendampingan Pilot Project menuju WBK-WBBM ini, menegaskan bahwa 4 (empat) satker ini adalah wakil dari Sumatera Barat yang nantinya akan dinilai oleh Menpan RB, maka persiapkanlah diri sebaik-baiknya.

Menyikapi penjelasan Kakanwil, Narasumber ZI Kemenang RI mengatakan, “Diantara strategi yang harus segera kita siapkan menunggu Penilaian dari Menpan RB adalah melengkapi Eviden yang ada,” tutur Mulyono.

“Pendampingan disini bukan mengintervensi, tapi memberikan motivasi dan dukungan yang jelas tentang hal lainnya yang terkait dengan Zona Integritas,” Ulas Mulyono.

Menanggapi penjelasan dari Mulyono, Kakankemenag Kota Padang Panjang sangat puas dengan uraian dan penjelasan yang dipaparkan, dan berharap hal ini dapat terealisasi di Kankemenag Kota Padang Panjang.

“Supaya hal tersebut dapat diterapkan di Kankemenag Kota Padang Panjang, tentu kami sangat mengharapkan bimbingan, arahan, evaluasi serta motivasi yang intensif dari tim Zona Integritas (ZI) Kemenang RI,” tukas Gusman.

“Kami menyebut Zona Integritas (ZI) ini Zona Ikhlas Beramal yang sesuai dengan Logo Kementrian Agama, maka dari itu kami membutuhkan Pendampingan yang lebih agar keempat Satker ini lolos ketahapan selanjutnya,” tambahnya.

Pada Kesempatan ini juga diserahkan Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM dari Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat kepada 4 (empat) Satker Pilot Project Menuju WBK-WBBM Tingkat Nasional

“Tim Zona Integritas Kemenang RI bersama Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat siap membantu secara bersama-sama sesuai juklak dan juknis untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Kementerian Agama RI”, tutur Mulyono mengakhiri pertemuan ini. (Adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Panjang

Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Kakankemenag Serahkan Dokumen Selalu Samawa – siarminang.net

Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Kakankemenag Serahkan Dokumen Selalu Samawa – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan di MAN 2 Padang Panjang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang melanjutkan agenda menjadi Saksi Pernikahan Warga Kota Padang Panjang Agung dan Reno sekaligus menyerahkan dokumen Selalu Samawa (Setelah Akad Semua Dokumen di bawa) pada prosesi akad nikah yang dilaksanakan di Islamic Centre. Selesai prosesi akad nikah, Marliyus Penghulu KUA Padang Panjang Timur menyampaikan bahwa dokumen Selalu Samawa diserahkan langsung oleh Kakankemenag H. Gusman Piliang, Jum’at (11/06/2021).

Kakankemenag beri ucapan selamat dan Nasihat Pernikahan kepada kedua mempelai dan keluarga. Serta sampaikan inovasi buah kerjasama Disdukcapil dan Kemenag Kota Padang Panjang. Delapan dokumen yang diperoleh Catin mulai dari Dua Buku Nikah (Suami Istri) , Satu Kartu Nikah, Tiga Kartu Keluarga (KK Suami Istri, KK Orang Tua dan KK Mertua) dan Dua KTP (Suami Istri).

“Inovasi Selalu Samawa adalah bentuk kongrit inovasi sebagai bukti nyata untuk tingkatkan kemudahan, kepuasan dan kualitas layanan publik bagi masyarakat,” ujar Gusman. Dan Pernyataan Kakankemenag terkait penyerahan Dokumen Selalu Samawa ini, direspon positif oleh Maini Kepala Disdukcapil Padang Panjang via Medsos, serta siap mempertahankan kerjasama untuk tingkatkan layanan kepada masyarakat.

Sementara kedua mempelai mengucapkan terimakasih dan sangat bersyukur dengan Inovasi Selalu Samawa ini, sehingga memberi kemudahan kepada masyarakat Kota Padang Panjang yang akan melangsungkan Akad Pernikahan. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Kemenag dan Disdukcapil Kota Padang Panjang yang telah mempermudah urusan kami dan semoga Inovasi Layanan Publik ini tetap berlanjut serta Allah membalas kebaikan Bapak/Ibu semua,” Ungkap Agung(mempelai laki-laki).

Menanggapi ucapan terimakasih kedua mempelai, Marliyus Penghulu KUA Padang Panjang Timur mengatakan, “ini sudah tugas kami selaku Hamba Allah, Abdi Negara serta Pelayanan Masyarakat,” tuturnya. “Semoga Masyarakat Kota Padang Panjang Puas dengan Inovasi Selalu Samawa buah kerja kongkrit Kemenag dan Disdukcapil ini dan Allah memberkahi kita semua,” ujarnya. (Adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Panjang

Wujudkan Generasi Berkualitas, Kemenag Gelar Bimwin di MAN 2 Padang Panjang – siarminang.net

Wujudkan Generasi Berkualitas, Kemenag Gelar Bimwin di MAN 2 Padang Panjang – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang gelar kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Tahun 2021 dengan tema “Kita Ciptakan Generasi Muda Yang Berkualitas,” di MAN 2 Padang Panjang, Jum’at (11/06/2021).

Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang langsung membuka secara resmi acara ini dan langsung menjadi Narasumber untuk Sesi Pertama dengan Judul Materi “Kebijakan Kemenag dalam Pembinaan Remaja”.

Sementara untuk Acara sesi kedua diisi oleh Pemateri Raudhatul Jannah, S.Ag, M.Pd dari Batusangkar dengan tema “Keluarga Sakinah Impian Remaja” dan sesi ketiga diisi oleh Kepala Seksi Bina Masyarakat Islam H. Syaiful Arifin, S.Ag, M.Pd dengan tema “Membentuk Generasi Muda Berkualitas”.

Turut hadir mendampingi Kakankemenag Kasi Bimas Islam H. Syaiful Arifin beserta jajarannya dan Kepala MAN 2 Padang Panjang Agustamam selaku tuan rumah.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta, dengan rincian 26 orang putra dan 24 orang putri.

“Remaja Madrasah harus paham, mengerti, dan matang baik itu aturan Agamanya maupun aturan perundang-undangan,” tutur Kakankemenag.

Harapan Kakankemenag kepada peserta Bimwin agar hendaknya menjadi generasi yang berkualitas baik untuk urusan dunia maupun akhirat. “Tunda nikah usia dini, semangat raih prestasi,” jelas Gusman dalam penyampaian materinya.

Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti acara ini mulai dari awal sampai akhir dan Pemateripun sangat senang dengan keaktifan peserta mengajukan berbagai pertanyaan dalam sesi tanya-jawab. (Adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer