Connect with us

BUKITTINGGI

Polisi Serahkan Berkas Kasus MOGE Ke Kejaksaan Bukittinggi – siarminang.net

Polisi Serahkan Berkas Kasus MOGE Ke Kejaksaan Bukittinggi – Beritasumbar.com

Bukittinggi,- Penanganan Kasus Pengendara Moge dengan anggota Kodim 0304/Agam terus berlanjut. Jumat, 6 November 2020 Bertempat di Kantor Kejaksaaan Negeri Bukittinggi, Penyidik Sat Reskrim Polres Bukittinggi menyerahkan berkas perkara tindak pidana penganiayaan secara bersama-sama.

Penyerahan berkas perkara ini disaksikan langsung oleh Kapolres Bukittinggi Akbp Dody Prawirangera, SH. SIK. MH, didampingi oleh Dandim 0304 Agam Letkol. Arh. Yosip Brozti Dadi, S.E., M.Tr (Han), Wakapolres Bukittinggi Kompol Indra Sandy Purnama Sakti, SIK , Kasat Reskrim Polres Bukittinggi Akp Chairul Amri Nasution. SIK , Kasubbag Humas Polres Bukittinggi Akp Robinhot Sitinjak, SH,

Kasat Reskrim Akp Chairul selaku Penyidik bersama personil Reskrim melakukan penyerahan berkas perkara dugaan tindak pidana penganiayaan secara bersama – sama, yang terjadi pada hari Jumat tanggal 30 Oktober 2020 sekira pukul 16.40 wib, bertempat di pinggir jalan raya depan konter handphone Simpang Tarok Kelurahan Tarok Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, dan berkas diterima oleh staf kantor Kejaksaan Negeri Bukittinggi.

Kapolres Bukittinggi Akbp Dody Prawiranegara, SH, SIK, MH, berkas perkara yang diserahkan ke Kejaksaan Negeri Bukittinggi tersebut adalah untuk 5 orang tersangka dengan inisial MS (49), JA (26), RHS (48), TR (33), dan BS (16). Dari 5 orang tersangka tersebut, 1 orang adalah anak berhadapan dengan hukum atau merupakan anak dibawah umur, dan akan di proses sesuai dengan sistem peradilan anak, dan Kapolres AKBP Dody menambahkan bahwa melalui pelaksanaan tahap 1 ini menunjukkan keseriusan dari Polres Bukittinggi dalam proses perkaranya secara baik dan benar.

Dandim 0304 Agam Letkol. Arh. Yosip Brozti Dadi, S.E., M.Tr (Han) selaku mewakili korban penganiayaan menyebutkan bahwa “proses hukum ini tetap mempercayai Polres Bukittinggi hingga tuntas”

Dalam perkara ini, penyidik mempersangkakan tersangka 4 orang dengan Pasal 170 ayat (2) ke 1e Jo 351 Jo 56 KUHP Pidana, dan kepada tersangka anak berhadapan hukum dengan Pasal 170 ayat (2) ke 1 e jo 351 jo 56 KUHPPidana jo Undang-undang Nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak, demikian Akp Chairul mengakhirinya.(rel)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKITTINGGI

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro – siarminang.net

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian serius pemerintah kota setempat.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar didampingi Wakil Wali Kota, Marfendi menyebutkan, kuliner merupakan daya tarik yang tak bisa dipisahkan dalam dunia ke pariwisataan.

“Mulai di depan KFC sampai di simpang ke bawah, kita jadikan tempat kuliner malam. Namanya nanti mungkin Minangkabau Street Food,” kata Erman usai menyambut kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Rabu malam (21/4/2021).

Disampaikan, optimalisasi objek wisata yang ada, selama ini cuma ada pada siang hari, bakal diciptakan bisa dirasakan pengunjung hingga tengah malam.

“Kita akan mencoba menciptakan bagaimana objek wisata yang ada ini, bisa beroperasi sampai malam hari. Tentunya dengan perubahan konsep, yaitu dengan memaksimalkan konsep kuliner di Kota Bukittinggi,” paparnya.

“Dengan pembangunan stasiun yang akan diubah menjadi stasiun dengan tema yang lebih menarik dan lebih higienis, serta mulai dari depan KFC sampai di simpang di bawahnya itu sebagai tempat kuliner malam, bisa menjadi nilai tarik tersendiri bagi wisatawan,” ungkapnya.

Menurut dia, kehadiran beberapa titik pusat kuliner dengan tema yang lebih menarik dan lebih higienis itu, nantinya bisa menampung beberapa kuliner tradisional di kota Bukittinggi.

“Kuliner yang ada yakni di Kampung Cina dan di Sudirman, untuk Street Food lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, di sepanjang jalan depan Niagara sampai dengan bank BNI,” ungkapnya.

Ia mengatakan, konsep-konsep yang dibangun, akan sama seperti Malioboro. Artinya, konsep Malioboro di Yogyakarta akan dipindahakan 100 persen, namun untuk kota Bukittinggi akan ada penambahan panggung seninya.

Dengan demikian itu, sebut Kader Partai Gerindra ini, bakalan bisa menjadi generator untuk kota Bukittinggi, sehingga orang bisa bertahan sampai pukul 24.00 WIB, bahkan bisa hingga pukul 2.00 WIB dini hari.

“Tentunya di masa pandemi covid-19, kita akan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Terpenting sekali semuanya tetap berlandaskan dengan filosofi “Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah,” tegasnya.

Kehadiran Kemenparekraf, Sandiaga Uno ke Bukittinggi, Erman berharap, dengan kunjungan tersebut bisa sebagai percepatan dalam program pemulihan ekonomi di sektor ke pariwisataan di kota Bukittinggi.

Selain itu, harapan Erman, diharapkan juga akan ada program-program dari pusat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, yang akan dijalankan di kota Bukittinggi, termasuk bagian dari menindaklanjuti proposal yang sudah dimasukkan ke Kemenparekraf. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat – siarminang.net

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Percakapan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di group internal ASN dilingkungan pemerintah kota (Pemkot) setempat, yang isinya menyentuh perasaan beredar luas di jejaring sosial.

Isi percakapan yang telah discreenshot didapatkan media ini, Selasa (20/4/2021), meminta perangkat pemerintahan terbawah agar menanyakan keadaan masyarakat, masih ada berasnya atau tidak, serta sudah makan atau belum.

Berikut kalimat dari pesan Erman Safar beredar yakni, Faktor ekonomi biasanya pak haji. Pelajaran untuk kita semua. Kalau iya karena miskin dia bunuh diri. Siap-siap untuk pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Selanjutnya, kalimat dari Erman Safar membuat yaitu, besok lurah dan camat, telusuri pemukiman miskin, pakai motor, tanya keadaan mereka. Tanya berasnya masih ada tidak. Tanya alah (sudah, red) makan atau belum. Jalankan besok.

Potongan kalimat tersebut sudah bisa diprasangkakan sebuah perintah. Rupanya Erman Safar membuat kalimat seperti itu terkait adanya seorang pria warga Bukittinggi diduga bunuh diri karena permasalahan rumah tangga.

Pria berinisial DB (48) itu, ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri dalam rumah, di Kelurahan Manggis Ganting, Kota Bukittinggi.

Korban bunuh diri diduga persoalan rumah tangga, diperkuat dari keterangan Kapolsek Bukittinggi, AKP Dedy Adriansyah Putra.

“Bahwa korban meninggal akibat bunuh diri diduga adanya permasalahan dengan istrinya,” kata Kapolsek ke wartawan pada, Senin (19/4/2021).

Pada isi percakapan Erman Safar selanjutnya, membuat kalimat berupa, Target awal makan se (saja, red) dulu. Jan ado nan ndak makan (Jangan ada yang tidak makan, red).

Kalau ada warga yang tidak makan, saya beri sanksi pada lurahnya. Ada Baznas, ada Dinsos, ada dana CSR, ada saya dan ada wawa. Pantau waga kita. Jangan mengharapkan info dari RT dan RW saja. Keliling foto kirim ke sini.

Demikian sepenggal kalimat Erman Safar di group internal ASN tersebut beredar. Bisa jadi wako Erman Safar mengeluarkan kalimat seperti itu, tujuannya tidak ada lagi kasus sama dikemudian hari lagi, makanya lurah sebagai garda terdepan diminta pantau warga, dengan jangan mengharapkan info dari RT dan RW saja.

Untuk diketahui, korban bunuh diri tersebut ditemukan pada Senin sore sekitar pukul 18.30 WIB. Ketika itu korban ditemukan tergantung di pintu kamar dengan menggunakan kabel sepanjang satu meter.

Kejadian dilaporkan ke polisi. Setelah diperiksa, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Namun dari handphone korban diketahui bahwa dia sempat pamit kepada istrinya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – siarminang.net

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu.

Pendaftaran dalam program BPUM tersebut, dibuka sampai 21 April 2021. Mereka yang memenuhi kriteria, akan mendapat bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp1.2 juta.

Demikian informasi yang diambil pada, Kamis (15/4/2021), di facebook Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, diposting sehari lalu.

Program BPUM ini diperuntukkan bagi usaha mikro, untuk lebih meningkatkan usaha mereka kembali.

Dengan adanya bantuan tersebut, akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha, akibat dari dampak covid-19 tersebut.

Sejak pandemi covid-19, telah berdampak dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah menyiapkan program BPUM, supaya mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah krisis yang diakibatkan pandemi covid-19.

Untuk pendaftaran BPUM, bisa melalui kelurahan dan kecamatan tempat tinggal masing-masing, dengan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Kriteria yang harus dipenuhi, belum pernah mengajukan BPUM tahun sebelumnya, warga negara Indonesia (WNI), mepunyai e-KTP, memiliki usaha mikro dengan bukti surat usulan dari pengusul beserta lampiran.

Selain itu, juga bukan sebagai ASN, TNI/ Polri, pegawai BUMN atau BUMD dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara untuk dokumen yang harus dipenuhi berupa, foto copy KTP, foto copy kartu keluarga (KK), foto copy NIB/ IUMK/ SKU dan foto tempat usaha. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer