Connect with us

Padang

Reido Deskumar Kritik Profesionalisme Tim NA-IC – siarminang.net

Mahyeldi Audy Punya Konsep Keren di Sektor Pertanian – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Perhelatan demokrasi haruslah dilalui dengan cara-cara elegan, bersih dan tentu tidak menciderai kandidat lain. Sehingga kotestasi Pilgub Sumbar benar-benar fair dan bisa dinikmati prosesnya oleh setiap orang.

Pemandangan yang tidak diharapkan hadir dari pasangan NA IC salah satu kandidat di Pilgub Sumbar. NA IC mencantumkan lambang partai PKS pada alat peraga kampanye (APK) berupa kelender. Dimana PKS jelas mendukung Mahyeld Audy berkoalisi dengn PPP bukan dengan Gerindra Untuk Usung Paslon NA IC.

Kejadian ini merupakan bentuk ketidak profesionalan NA IC dalam mengikuti Pilgub Sumbar. Ya, jelas merugikan pasangan Mahyeldi Audy menguntungkan NA IC. Kenapa? PKS merupakan partai yang telah dua periode memimpin Sumbar. Reputasi PKS di Sumbar sangat baik. Dibawah kepemimpinan Irwan Prayitno telah banyak kebermanfaatan yang dihadirkan untuk masyarakat Sumbar. Dan Peluang kepemimpin ini dilanjutkan oleh Mahyeldi Audy sangat terbuka lebar.

Kalaulah NA IC berasalan kejadian ini sebuah ketelodaran. Sangat tidak masuk akal. Harusnya NA IC memiliki quality control yang jelas terutama terkait APK sebelum didistribusikan ke masyarakat. APK merupakan hal yang sensitif. Salah saja akan berakibat fatal, bahkan menciderai yang lain.

Kenapa harus dilaporkan dulu oleh tim Hukum Mahyeldi Audy baru diakui ini sebuah kesalahan oleh NA IC? Alangkah baiknya NA IC secara proaktif dan kooperatif menyampaikan ke masyarakat, ke Bawaslu bahkan mendatangi tim Mahyeldi Audy mengakui mereka ada kecerobohan dalam penyetakan APK. Hal tersebut lebih sportif dan berjiwa besar. Selain itu penilaian masyarakat akan berbeda. Daripada dilaporkan dulu baru mengakui ini sebuah kesalahan.

Diakhir-akhir masa kampanye ini, mari saling sportif dalam bertindak. Jangan sampai kandidat lain diciderai dan dicurangi dengan cara-cara yang tidak elegan. Mari saling menjaga komitmen Pilkada badunsanak sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik.(*)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang – siarminang.net

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang – Beritasumbar.com

Padang,- Pada saat ini masih ditemukan balita dengan kasus gizi kurang dan gizi buruk di kota Padang, karena penanganan masalah gizi kurang dan gizi buruk belum maksimal. Penderita gizi kurang dan gizi buruk terbanyak pada balita usia emas di bawah 2 tahun. Berdasarkan survei yg dilakukan ditemukan balita anggota Posyandu Anggrek 2 mengalami gizi kurang dan gizi buruk. Berdasarkan observasi yang dilakukan secara dari rumah ke rumah (door to door) oleh tim peneliti, penyebab utama dari gizi kurang dan gizi buruk pada balita Posyandu Anggrek 2 adalah kurangnya pengetahuan ibu balita tentang pentingnya makanan bergizi untuk tumbuh-kembangnya balita, kesehatan dan imunitas, disamping itu kondisi ekonomi keluarga dan jumlah anak juga sangat berpengaruh terhadap status gizi balita.

Hal ini mendorong tim peneliti dari Jurusan Kimia FMIPA dan Fakultas Farmasi Unand  melaksanakan kegiatan ”Program Kemitraan Masyarakt (PKM) Posyandu Anggrek 2 di kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang”. Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang didanai oleh didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Deputi Bidang Penguatan Risbang Kemenristek/BRIN.

Baca Juga: Program Rutin Jumat Berkah Bersama Koperasi Mandiri Dan Merdeka Melalui Unit PRT

Kegiatan ini bertujuan untuk bertujuan untuk meningkatkan gizi balita anggota Posyandu Anggrek 2 dan meningkatan pengetahuan ibu dari balita tentang makanan bergizi dan cara pengolahan makanan agar tidak kehilangan nutrisi nya. Membarikan pengatahuan tentang manfaat Spirulina platensis sebagai suplement bernutrisi tinggi.

Tim diketuai oleh Dr. Armaini, MS. dengan anggota Prof. Dr. Yetria Rilda (Kimia-FMIPA) dan Dr. Netti Suharti (Fakultas Farmasi), serta melibatkan 2 orang mahasiswa. Solusi yang diberikan tim PKM untuk mengatasi masalah gizi kurang dan gizi buruk dilakukan dalam 2 bentuk kegiatan. Pertama memberikan kapsul Spirulina platensis yang merupakan suplement bernutrisi tinggi, disertai pemberian menu makanan bergizi untuk meningkatkan status gizi balita dari gizi kurang dan gizi buruk menjadi gizi baik dan juga meningkatkan imunitas balita. Status gizi balita ditentukan bardasarkan indek Antropometri (berat badan/umur dan tinggi badan/umur ) untuk menentukan status gizi balita merujuk pada Surat Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (SK MEMKES No: 1995/MENKES/SK/XI/2010).

Kegiatan kedua memberikan penyuluhan yang diberikan dengan 3 tahap yaitu penyuluhan sosialisai COVID-19 untuk penerapan protokol COVID-19, waspadai gejala, penanganan dan peningkatan imunitas selama pendemi, penyuluhan tentang gejala gizi buruk, makanan bergizi yang dapat meningkatkan status gizi dan imunitas, penyuluhan manfaat Spirulina platensis sebagai suplement nutrisi tinggi untuk meningkatkan gizi dan sebagai antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan imunitas pada balita.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dan ucapan terima kasih dari ibu dari balita anggota Posyandu Anggrek 2 kepada tim PKM Unand karena telah membantu mengatasi masalah gizi kurang dan gizi buruk pada anak mereka, Pemberian kapsul Spirulina platensis telah dapat meningkatan status gizi balita dan penyuluhan memberikan pengetahuan tentang gizi dan makanan dan menu balita bergizi tinggi, manfaat Spirulina platensis, pengetahuan tentang COVID-19 dan peningkatan imunitas keluarga. Kami tim PKM sangat senang karena kegiatan ini telah dapat membantu masalah gizi balita Posyandu Anggrek 2 di Sebarang Padang.

Tim pelaksanaan kegiatan mengucapkan terima kasih untuk respon yang positif dan dukungan dari Kepala Puskemas Sebarang Padang, dr. Desy Susanti dan petugas Puskesmas untuk kegiatan Posyandu Rahmawati S.ST, M.Kes. Keberadaan dan konstribusi mitra yaitu tim kadar Posyandu yang diketuai oleh Roza Yusra dan anggotanya sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan.



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Ketum LPPKI Azwar Siri Dipercaya Sebagai Team Seleksi Calon Anggota BPSK Sumbar – siarminang.net

Ketum LPPKI Azwar Siri Dipercaya Sebagai Team Seleksi Calon Anggota BPSK Sumbar – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,– Seleksi tertulis dan wawancara calon anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Provinsi Sumatra Barat dari unsur pemerintah yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatra Barat,
Pada Selasa 24/11/2020.

Dalam acara penjaringan seleksi calon anggota BPSK itu diikuti oleh 7 orang peserta yaitu 4 orang dari Kota Padang dan 3 orang dari Kota Solok dan semua calon anggota itu adalah sebagai pengganti antar waktu,karena anggota yang lama telah memasuki usia pensiun sesuai peraturan perundang-undangan.

Bagi anggota BPSK dari unsur pemerintah tersebut apabila telah memasuki usia pensiun tidak boleh lagi duduk menjabat sebagai anggota majelis BPSK mewakili unsur pemerintah. Maka dengan itu diadakan penggantian antar waktu dengan tetap melakukan prosedur dan memenuhi syarat administratif serta mengikuti tes tertulis dan wawancara.

Dalam kesempatan itu Azwar Siri,SH.Med.CPL Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) yang juga dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat sebagai anggota team seleksi calon anggota BPSK tersebut lebih jauh Azwar Siri menyampaikan bahwa semua calon mempunyai kemampuan dan kesempatan untuk menjadi anggota BPSK.

Apalagi calon anggota BPSK dari unsur pemerintah semua mempunyai peluang jadi ketua BPSK nantinya.
Maka dengan itu jika terpilih karena UU (Undang-Undang) menetapkan bahwa ketua BPSK haruslah yang berasal dari unsur pemerintah. Maka kami sebagai team seleksi harus sedikit selektif menseleksi para calon anggota tersebut.
ujarnya

Ditambahkan oleh Azwar Siri bahwa kita mencari yang terbaik diantara yang baik,karena penyelesaian perkara di BPSK justru berbeda dengan penyelesaian perkara di pengadilan. Kalau di BPSK itu sendiri lebih mengedepankan mediasi dengan mencari win-win solution bukanlah semata-mata hukum sebagai ukuran utama saja.

Akan tetapi penyelesaian kasus BPSK perlu kearifan,kebijaksanaan,dan kecerdasan,serta kesabaran yang cukup tinggi dalam menyelesaikan suatu sengketa perkara itu. Maka kita harus perlu sosok jiwa seperti niniak mamak di minangkabau yaitu “manimbang samo barek,maukua samo panjang, imbuh Azwar Siri. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

bakat

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa – siarminang.net

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa – Beritasumbar.com


PADANG (siarminang.net) – Keberadaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Padang termasuk salah satu sekolah yang diperhitungkan di Sumatera Barat, karena prestasi yang diraih oleh para siswanya di berbagai ajang perlombaan. Selain membekali dengan ilmu agama, sekolah ini juga membina dan menyalurkan bakat dan keterampilan para siswanya.

Kepala SMP Muhammadiyah 6 Padang, Hj. Suharti, S.Pd. saat kami wawancarai pada Selasa (24/11/2020) di kantornya, Jalan Jhoni Anwar No.6, mengatakan, “Pengembangan bakat dan keterampilan yang kami berikan kepada para siswa adalah salah satu strategi pembelajaran yang telah kami terapkan. Kami menyadari, siswa-siswa SMP berada di usia pancaroba, mereka dalam proses pencarian jati dirinya. Mereka butuh pengakuan dan perhatian. Dengan mengasah dan menyalurkan bakat dan keterampilan yang mereka miliki, waktu mereka jadi terisi dengan kegiatan positif, untuk menjauhkan mereka dari kenakalan, agar tidak terjerumus pada perilaku negatif.”

Seperti dikatakan oleh Suharti, SMP 6 Muhammadiyah Padang telah berhasil meraih juara di berbagai ajang perlombaan, seperti; Story Telling, Gerak Jalan Tepat Waktu, Pencak Silat, Futsal, Festival Seni, Drum Kompetisi, Tapak Suci, Musabaqoh Syarhil Qur’an, Lagu Religi, dan lainnya.

Suharti juga mengatakan, “Prestasi-prestasi yang diraih SMP Muhammadiyah 6 Padang merupakan hasil pembinaan yang kami lakukan secara berkesinambungan. Para guru di sekolah kami konsisten membekali dan mengasah bakat dan keterampilan para siswa, dengan pendekatan secara individual membuat para siswa persisten mengembangkan bakat mereka, dan juga atas dukungan dari para orangtua siswa.”

“Para orangtua telah mengamanahkan anak-anak mereka untuk bersekolah di sekolah kami. Kami sebagai tenaga pendidik ingin membalas kepercayaan yang diberikan dengan prestasi yang dilahirkan oleh anak mereka, demi mengharumkan nama sekolah dan membuat orangtua mereka bangga,” kata Suharti.

Lebih lanjut Suharti mengatakan, “Dengan pembinaan bakat dan keterampilan para siswa, tidak hanya melahirkan prestasi di berbagai ajang perlombaan, tapi juga mendorong siswa untuk berprestasi di mata pelajaran. Bagi siswa yang meraih juara umum setiap menerima rapor di sekolah kami, selain piala juga diberi hadiah berupa bebas uang sekolah sesuai kebijakan yang ditetapkan.”

Suharti berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, agar para siswa dapat belajar lagi seperti biasa melalui tatap muka, supaya proses belajar mengajar dapat berjalan efektif kembali, dan program-program pembelajaran lebih dapat diimplementasikan sesuai dengan yang diekspektasikan.

(Muhammad Fadhli)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer