Connect with us

Sijunjung

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi – siarminang.net

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan akta kelahiran.

“Kerja sama ini untuk melahirkan program “Anak Lahir Akta Siap” atau disingkat Anla Aksi”,” kata Direktur RSUD Sijunjung Dr.Diana Oktavia di Ruang kerjanya Jumat (7/5).

Ia mengatakan setiap anak yang lahir di RSUD tersebut sudah disiapkan akta kelahirannya, apakah anak itu lahir normal atau lewat operasi pasti diberikan akta. Tinggal yang bersangkutan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan akta kelahiran ini, diantaranya Fotochopy atau scan buku nikah/SPTJM asli ( terlihat biodata dan nomor registrasi), fotochopy atau scan kartu keluarga, fotochopy atau scan keterangan lahir/ SPTJM asli, dan memberi nama anak.

Kemudian, setelah dicetak kartu keluarganya ditandatangani oleh kepala keluarga dengan tinta biru.

Anak pertama yang mendapatkan akta kelahiran di RSUD Sijunjung atas nama  Ayra Monera Ayona anak dari pasangan Yoki Saputra dengan Dona Febriyanti warga Jorong Ambacang Nagari Pulasan kecamatan Tanjung Gadang.

Anak kedua yang mendapat akta Kelahiran dalam program Anla Aksi ini adalah   Annasya Keyla Auriska anak pasangan Rio Winata dengan Riska Andriani warga Jorong Talang Nagari Sei Lansek kecamatan Kamang Baru.

Terobosan yang dilakukan RSUD ini untuk membantu Masyarakat Sijunjung untuk mendapatkan akta kelahiran anaknya dengan mudah.

“Kalau mereka sendiri yang mengurus ke Disdukcapil akan memerlukan biaya transportasi mereka dan memerlukan waktu. Biasanya masalah seperti ini yang membuat orang tua malas mengurus akta kelahiran anaknya,” katanya.

Orang tua akan sibuk mengurus akta kelahiran anaknya, apabila sudah diperlukan seperti mau masuk sekolah dan keperluan lainnya. Dengan adanya program Anla Aksi ini, anak dan orang tua sudah mendapatkan akta kelahiran yang dapat dipergunakan untuk beberapa kebutuhan di adminstrasi jorong, nagari, dan kebutuhan administrasi lainnya. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sijunjung

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban – siarminang.net

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi di Ruang Kerjanya, Rabu (16/6) mengatakan terbannya badan jalan juga akibat kurang baiknya saluran airnya. Selain itu apabila curah hujan tinggi, limpahan air juga merusak badan jalan.

“Seperti yang terjadi di ruas Jalan Lingkar Kantor Camat Koto VII yang terban beberapa meter,” katanya.

Ia mengatakan, untuk perbaikan jalan yang terban dan saluran air sepanjang 100 meter dibutuhkan sebesar 90 juta, dan dalam waktu dekat segera diperbaiki.

Menurutnya, tindakan yang diambil Dinas PUPR sesuai dengan arahan Bupati Sijunjung Beny Dwiva pada saat meninjau jalan yang terban dan rusak tersebut menyampaikan bahwa kerusakan jalan ini harus segera ditangani, karena dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.

Selain memperbaiki jalan yang rusak,  Dinas  PUPR dan BPBD juga melaksanakan penebangan pohon pohon yang mengganggu keselamatan bagi pengguna jalan. “Setiap ada laporan dari masyarakat masalah tanah longsor, jalan terban, jembatan putus, jalan rusak, dan yang lainnya segera kita tinjau kelapangan. Setelah itu kita carikan solusi pemecahan masalahnya,” tegasnya. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Sijunjung

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek – siarminang.net

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.

Dalam rombongan Kabag Opsnalev Baharkam polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko, MM. beserta jajaran polres sesampai Dilokasi disambut langsung oleh Polsek Sijunjung Iptu Barata, Babinsa, Bhabinkantibmas, Walinagari Silokek beserta perangkat nagari Silokek. kunjungan jendral Hendi bersama rombongan sekaligus pemantau prokes dilokasi wisata, hasil yang temui dilapangan masyarakat telah mema
tuhi Prokes terutama tentang wajib pakai masker memasuki lokasi wisata.

Di akhir kunjungan Jendral Handoko berpesan kepada Pak wali Silokek, Pengurus Pokdarwis agar tetap dan
tanpa bosan- bosannya untuk selalu mengajak para pengunjung wisata untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian Kepada Bhabinkantibmas dan Babinsa tetap solid pantau kegiatan masyarakat bersama walinagari, tokoh masyarakat,pemuda yang ada di Nagari Silokek. tetap solid saling koordinasi dalam rangka pemulihan situasi terkini dampak covid-19 terhadap perekonomian masyarakat. Dengan mematuhi protokol kesehatan pakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak dan hindari kerumunan, insyallah bisa memutus mata rantai penyebaran Virus covid 19, di kabupaten Sijunjung, tegas Jendral Hendi.( alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Sijunjung

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung – siarminang.net

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung – Beritasumbar.com

Sijunjung,siarminang.net,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.

Di Posko relawan telah ditunggu oleh Kapolsek Sijunjung Iptu Barata Rahmat, SH dan Camat Sijunjung serta Wali dan perangkat Nagari Sijunjung.

Brigjen Pol Hendi Hadoko, pada kesempatan tersebut menyampaikan memorynya ketika bertugas di wilayah hukum polres Sijunjung yang meliputi Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya.
Ketika itu Jendral polisi ini selaku Waka Polres Sawahlunto Sijunjung di era tahun 2000. Menurut Jendral bintang satu ini, sangat berkesan dinas di Sijunjung daerahnya sewaktu itu sangat luas dari Sawahlunto sampai ke Sungai Rumbai Dhamasraya.

Kemudian Hendi Handoko berpesan kepada wali nagari petugas diposko tetap perkuat hubungan koordinasi antar semua unsur, tetap jaga prokes dan kapan berlakukan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat).. untuk daerah Sijunjung ini. Sehingga Sijunjung secara keseluruhan terhindar dari penyebaran covid-19, tegas Hendi Handoko.( alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer