Connect with us

Limapuluh Kota

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII – siarminang.net

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII – Beritasumbar.com

Jakarta,siarminang.net,-Sanggar kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Tim kesenian yang merupakan bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota ini tampil dengan membawakan sejumlah tarian dan lagu Minangkabau, sehingga dapat memuaskan ratusan pengunjung yang datang silih berganti secara bergelombang sejak Minggu siang hingga sore.

Dalam sambutannya dalam acara tersebut, Bupati Limapuluh Kota, Ir. H Irfendi Arbi, M.P yang diwakili Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Win Hari Endi mengatakan kegiatan pagelaran seni adalah salah satu sarana untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Limapuluh Kota di tingkat Nasional.

“Seni budaya merupakan aset di Sumbar, walaupun di masa pandemi ini saya berharap tidak akan menjadi penghalang untuk kita untuk berkreativitas dalam menggerakkan dan mempromosikan kesenian budaya daerah kita ini,” ujarnya.

Selain itu ia berharap dukungan dari perantau dalam mendukung dan juga mempromosikan kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Perantau kita ini ada hampir di seluruh daerah di Indonesia dan termasuk di Jakarta ini. Jadi ini merupakan potensi besar untuk bisa membantu mempromosikan pariwisata daerah kita,”sambungnya.

Ia optimis dengan promosi yang masif melalui media sosial termasuk dukungan dari para perantau, gaung pariwisata, kesenian dan budaya di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Limapuluh Kota akan semakin dikenal luas.

Sementara itu, Kepala Badan penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Limapuluh Kota yang sangat aktif dalam mempromosikan dan mendukung kegiatan-kegiatan event festival budaya dan pagelaran seni Minangkabau khususnya Limapuluh Kota ke daerah lain.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bupati Irfendi Arbi yang terus aktif dalam mempromosikan kesenian dan kebudayaan Minangkabau khususnya Limapuluh Kota di daerah lainnya di Indonesia. Jadi dengan kegiatan ini nantinya kita berharap selain untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan daerah kita, kegiatan ini juga dapat mengobati kerinduan masyarakat kita diperantauan akan kampung halamannya”tuturnya.

Andre mengatakan, dengan adanya fasilitas anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah ini Ia berharap seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dapat memanfaatkan Anjungan tersebut sebagai alat promosi daerah dan juga sebagai wadah untuk para perantau yang berada di seluruh nusantara untuk bersilahturahmi.

“Dengan adanya rasa memiliki anjungan ini di setiap perantau, maka fasilitas ini sangat bermanfaat bagi perantau yang ingin menggunakan anjungan sebagai media transformasi edukasi adat istiadat bagi generasi penerus,” Harapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama salah satu tokoh perantau Limapuluh Kota, Ferry Yasman dt Patiah Nan Mudo,yang juga merupakan pengurus Gonjong Limo Tangerang dan juga Ketua Ikatan Perantau Kecamatan Harau mengaku sangat senang akan kegiatan pagelaran kesenian dan kebudayaan Limapuluh Kota ini.

Ia menjelaskan kesenian dan budaya Minangkabau merupakan kesenian yang tiada taranya, sehingga kegiatan pagelaran seni ini sangat berpotensi untuk Kabupaten Limapuluh Kota untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada didaerah.

“Melihat pergelaran kesenian ini sangat menghibur kami para perantau akan kampung halaman sebab sebagian kita perantau tidak dapat pulang kampung saat masa pandemi covid-19 ini. Semoga ivent ini terus berkembang sehingga kesenian dan kebudayaan kita ini terus dikenal dan lestari,” ungkapnya.



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Limapuluh Kota

IKM Baruah Gunuang Terbentuk – siarminang.net

IKM Baruah Gunuang Terbentuk – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang ini di inisiasi oleh Abdul Hamid, Haris Abdul Yamin, Diah Nawang Wulan dengan beberapa rekan mahasiswa lainnya di Nagari Baruah Gunuang.

Kegiatan gathering ini diadakan di Aula Kantor Nagari Baruah Gunuang, Kec. Bukik Barisan, Kab. Lima Puluh Kota, pada hari Minggu ( 25/7) siang.

Tujuan dibentuknya ikatan keluarga mahasiswa ini tak lain untuk mempererat hubungan persaudaraan dan komunikasi antar sesama mahasiswa se Nagari Baruah Gunuang. Harapan lainnya, Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang ini juga menjadi suatu wadah untuk menampung seluruh aspirasi mahasiswa tentang informasi akademik, khususnya calon mahasiswa baru. Himpunan ini perlu dibentuk agar “chek dan balances” berjalan dengan baik.

Selain dari pada itu, pembetukan ikatan kelurga mahasiswa ini menjadi penting untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap kemajuan nagari menjadi lebih baik.

Menurut Haris Abdul Yamin selaku ketua terpilih Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

“Ikatan keluarga mahasiswa ini dibentuk untuk mewadahi semangat mahasiswa yang selalu ingin aktif berkegiatan, selain itu membantu pihak kenagarian dalam mutu untuk kemajuan Nagari Baruah Gunuang”. ( ABD)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur – siarminang.net

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur – Beritasumbar.com

Lima Puluh Kota,siarminang.net, – Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Rabu (14/7/2021) adalah hari terakhir penugasan TMMD/N ke 111 yang ditandai dengan ditutupnya secara resmi kegiatan TMMD/N oleh Kasiter Rem 032/wbr Kolonel Kav Husnizon, S.I.P di Aula Kantor Bupati Kabupaten 50 Kota.

Di hari akhir penugasan ini, Anggota Satgas mengunjungi warga untuk mengucapkan salam perpisahan karena telah selesainya rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111. Anggota Satgas TMMD merasa berat untuk mengakhiri kegiatan ini, mengingat banyaknya kegiatan yang tekah dilakukan bersama masyarakat Nagari Talang Maur. Dan kedekatan yang terjalin pun sudah sangat erat.

Dari pihak warga, mereka mengungkapkan bahwa mereka akan sangat merasa kehilangan setelah kepulangan anggota Satgas dari panugasan TMMD/N ke 111 ini. Telah banyak jasa yang diberikan anggota Satgas untuk Nagari Talang Maur yang membuat eratnya tali silaturahim yang terjalin. Warga sangat berterima kasih atas semua tenaga dan waktu yang telah di korbankan oleh anggota satgas selama mewujudkan kemanunggalan bersama warga.



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan – siarminang.net

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan – Beritasumbar.com

Lima Puluh Kota,siarminang.net, – Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Rabu (14/7/2021) merupakan hari penutup kegiatan TMMD/N ke 111 yang dilakukan di Nagari Talang Maur. Di hari terakhir ini Wali Nagari Talang Maur menghadiahkan jamuan khusus untuk Anggota Satgas di salah satu warung makan di Nagari Talang Maur. Dalam jamuan yang digelar ini, Bapak Efendi menyampaikan beberapa kata yang ditujukan untuk anggota satgas yang sebentar lagi akan pergi meninggalkan Nagari Talang Maur.

“Jamuan ini adalah jamuan terima kasih dan perpisahan untuk anggota Satgas karena rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah berakhir pada hari ini,” ungkap Bapak Efendi.

Anggota Satgas yang dijamu pun merasa terharu dan juga senang dengan apa yang dilakukan oleh Wali Nagari Talang maur beserta warga masyarakat selama mereka melakukan bakti di Nagari ini. Mereka berharap semua yang telah mereka lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat Nagari Talang Maur dan bisa memajukan Nagari.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer