Connect with us

Tanah Datar

Satresnarkoba Polres Tanah Datar Amankan Pelaku Narkoba – siarminang.net

Satresnarkoba Polres Tanah Datar Amankan Pelaku Narkoba – Beritasumbar.com

Tanah Datar, – Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Datar kembali mengamankan Satu orang diduga pelaku penyalahgunaan narkotika kolongan 1 jenis Shabu. Terduga pelaku berinisial YS 30 tahun, di tangkap pada Sabtu tanggal (10/10) di pinggir Jalan Jorong Kubu Rajo Nagari Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut di benarkan oleh Kapolres Tanah Datar Rokhmad Hari Purnomo, S.I.K M.Si yang didampingi Kasat Norkoba AKP Yaddi Purnama, SH, Kapolres mengatakan, “Benar telah terjadi penangkapan kepada salah seorang penyalahgunaan Narkotika golongan 1 Jenis Shabu di Nagari Lima Kaum beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Sabtu. Kita tidak mengasih ruang bagi mereka untuk melakukan bisnis Narkoba yang menghancurkan generasi muda di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Tidak ada ruang bagi mereka,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan kronologi penangkapan. Sebelumnya tim sudah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasannya YS sering mengedarkan Narkoba di daerah Lima Kaum.

Menanggapi laporan tersebut, tim langsung melakukan penyelidikan di seputaran daerah Lima Kaum.

Hasilnya, tim mendapati terduga YS sedang meletakan sebuah kantong plastik warna putih pada sebuah batu di pinggir jalan. Kemudian tim langsung mengamankan dan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan yang di saksikan oleh masyarakat setempat dan menemukan 4 bungkus paket diduga narkotika jenis Shabu di dalam sebuah kantong plastik yang tadi di letakan di sebuah batu oleh terduga YS.

Terduga YS juga mengakui bahwasanya 4 kantong paket Shabu seberat 7,5 gram tersebut adalah miliknya.

Selanjutnya, tim mengamankan dan membawa terduga pelaku bersama barang bukti ke Polres Tanah Datar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang ditemukan berupa:

  1. 4 paket butiran kristal bening yang diduga Narkotika jenis shabu yang dibungkus dengan plastik bening, yang terdiri dari 2 paket sedang dan 2 paket kecil.
  2. Uang tunai Rp. 200.000; ribu rupiah
  3. 1 lembar kertas timah rokok.
  4. 1 buah kotak timbangan digital merk constan.
  5. 1 bungkus gula pasir.
  6. 1 lembar tisu.
  7. 1 buah kantong plastik warna putih.
  8. 1 unit Handphone merk Strawberry

Untuk pasal 114 ayat (2) , 112 ayat (2) UU . NO. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman Maksimal 20 Tahun Penjara, kata Kapolres melalui Kabag Humas Iptu. Defiarta.(Rezar)



Sumber

Politik

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa – siarminang.net

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa – Beritasumbar.com

Tanah Datar,siarminang.net – Aliansi Mahasiswa seluruh Tanah Datar sempat bersitegang dengan aparat kepolisian saat melakukan demo di kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 21/10/2020.

Demo yang di awali dengan teriakan revolusi tersebut,menuntut masuk kedalam gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah datar, guna menyampaikan aspirasi dan bertemu dangan ketua serta anggota dewan kemudian dihadang pihak kepolisian.

Dalam orasi,beberapa ketua aliansi mahasiswa meminta klarifikasi mengenai beberapa hal, diantaranya mempertanyakan keberadaan Gugus Tugas Covid- 19 Tanah Datar serta anggaran yang dipergunakan untuk penanganan Covid yang terdapat beberapa kejanggalan dalam penyalurannya serta tidak ada perbaikan di berbagai infrastruktur di kabupaten Tanah Datar.

Roni Mulyadi Ketua DPRD Tanah Datar didampingi wakil dan anggotanya,saat menjawab pertanyaan dari beberapa mahasiswa tentang keberadaan Gugus tugas Covid- 19 mengatakan,badan penanganan Covid tersebut telah berganti dengan Satgas,karena Gugus tugas belum terdapat fasilitas seperti Swab tes dan penanganan lainnya yang di berikan pemerintah pusat.

“Mengenai keberadaannya kami perlu informasi dari pemerintah kabupaten,karena berada dalam naungan Pemda.”untuk penyaluran dana, penanganannya sendiri memang ada permasalahan dan sudah di periksa kejaksaan.

“Untuk infrastruktur,seperti jalan yang banyak berlubang dan pembangunan lainnya,”memang saat ini belum bisa kita kondisikan,sebab anggaran untuk saat ini banyak di alihkan ke penanggulangan Covid- 19.(haries)



Sumber

Baca Selengkapnya

Politik

Tanyakan Kinerja DPRD, Aliansi Mahasiswa Tanah Datar Gelar Unjuk Rasa – siarminang.net

Tanyakan Kinerja DPRD, Aliansi Mahasiswa Tanah Datar Gelar Unjuk Rasa – Beritasumbar.com

Tanah Datar,- Aliansi Mahasiswa Tanah Datar kembali lakukan aksi masa ke DPRD setempat. Lain halnya dengan aksi unjuk rasa tolak omnibuslaw lalu, pada aksi unjuk rasa kali ini jumlah masa hanya lebih kurang 100 orang saja, jumlah ini sangat jauh berkurang,

Unjuk rasa yang dilakukan pada Rabu (21/10/20) oleh gabungan mahasiswa dari berbagai Universitas ini, dalam orasinya menyuarakan revolusi. Berkali kali mahasiswa berteriak revolusi jelang diperbolehkan masuk kehalaman kantor DPRD setempat.

Sebelum tiba ke kantor DPRD Tanah Datar, masa terlebih dahulu melakukan longmarch dari depan istano Pagaruyung ke kantor DPRD. Sesampai di DPRD, masa lansung dihadang oleh puluhan personil kepolisian resort Tanah Datar.

Dihalaman kantor DPRD, mahasiswa juga melakukan aksi bakar ban sambil berorasi dan menyanyikan lagu ulang tahun untuk wakil rakyat di parlemen.

Selain itu, dalam orasinya mahasiswa juga mempertanyakan kinerja pemerintah, dan 1 tahun DPRD Tanah Datar.

“Bagaimana janji dan bujuk rayu DPRD saat kampanye untuk masyarakat Tanah Datar. Kami kesini mempertanyakan hak hak dari rakyat Tanah Datar,” ujar salah seorang orator.

Tampak menyambut aksi mahasiswa ini ketua DPRD Tanah Datar, Roni Mulyadi, Wakil Ketua DPRD Anton Yodra, dan beberapa anggota DPRD lainnya. Sampai berita ini diturunkan, aksi unjuk rasa masih berlansung di DPRD Tanah Datar.(Rezar)



Sumber

Baca Selengkapnya

Politik

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah

Tanah Datar, – Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada tiang pembatas kiri kanan jembatan.

Melihat kondisi tersebut cukup membahayakan bagi setiap pengendara yang akan melewati jalur alternatif menuju pagaruyung tersebut.

Menurut penelusuran media, Rabu ( 21/10/20), salah seorang warga setempat inisial Y yang tak ingin dituliskan nama jelasnya tersebut mengatakan bahwa jembatan itu dulunya memiliki besi pembatas pada bagian kiri dan kanan jembatan.

” dulu jembatan ini ada besi pembatas pada sisi kiri dan kanan jembatan, tapi sekarang hilang entah kemana” ujarnya

Ditambahkan lagi bahwa selaku anak nagari pagaruyung yang hampir setiap saat melewati jalur tersebut, agar pemerintah mau memperhatikan kondisi jembatan pada jalur alternatif menuju pagaruyung tersebut.

” tentu sangat kami harapkan kepedulian pemerintah, untuk segera memperbaiki kondisi tiang pembatas jembatan tersebut” ulasnya

Sementara itu salah seorang tokoh muda pagaruyung juga memiliki harapan yang sama, agar besi pembatas kiri kanan jembatan segera diperbaiki.

” besi pembatas itu penting, apalagi kalau dari arah kapuah menuju kampuang tangah, jalannya memiliki turunan yang cukup tajam, kalau rem motor tidak bagus, bisa bisa langsung masuk ke selo” paparnya

Ironisnya lagi bahwa kondisi besi pengaman sisi jembatan tersebut sudah acap kali disurvey oleh dinas terkait terangnya lagi.

“Sudah sering disurvey oleh dinas terkait, tapi realisasinya belum jelas dan terlaksana hingga hari ini” terangnya

Semoga kedepan ada yang mau memperhatikan serta memperbaiki kondisi besi pembatas kiri kanan jembatan tersebut harapnya optimis. (Rezar)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer