Connect with us

SAWAHLUNTO

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020 – siarminang.net

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020 – Beritasumbar.com

Sawahlunto,siarminang.net,-Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.

Walikota Sawahlunto Deri Asta hadir langsung membuka Kejurda itu, dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa Sawahlunto memiliki sarana dan prasarana yang memadai dalam penyelenggaraan panjat tebing ini, yakni arena panjat tebing di kawasan Silo. Sehingga dengan ketersediaan fasilitas itu, berbagai iven panjat tebing se – Sumatera maupun nasional cukup sering dilaksanakan di Sawahlunto.

“Fasilitas panjat tebing kita, yakni dinding ini tersedia untuk semua kelompok umur. Bahkan untuk senior dan profesional, tersedia dinding Silo (bangunan penyimpanan batubara berbentuk tabung besar) yang bisa dipanjat. Jadi bonusnya, selain berlomba juga sekaligus menikmati suasana di kawasan industri pertambangan batubara zaman kolonial Belanda dahulu yang sekarang masuk dalam World Heritage versi UNESCO,” ujar Walikota Deri Asta.

Sementara, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Sawahlunto yang juga Ketua DPRD Sawahlunto, Ny. Eka Wahyu Ismed mengingatkan agar para panitia dan peserta selalu menerapkan protokol kesehatan.

Para atlit yang terdaftar dalam Kejurda Panjat Tebing Sumbar 2020 ini tergabung dari berbagai kabupaten/kota, seperti Kota Padang, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pasaman dan lain – lain. (Beni M)

Tayang Bersama dMagek.ID



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto – siarminang.net

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto – Beritasumbar.com

Sawahlunto,siarminang.net,- Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Mengusung tema HAB, “Indonesia Rukun,” Walikota Sawahlunto, Deri Asta bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam amanat, Ia menyampaikan, di negara berdasarkan Pancasila, tidak ada diktator mayoritas dan tirani minoritas.

“Semua umat beragama dituntut saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing,” ujarnya membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di halaman MTsN 2 Kota Sawahlunto.

Tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama sebut Wako, dapat diterjemahkan dalam beberapa kunci yaitu, peningkatan manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penekanan moderasi beragama pada penguatan literasi dan budaya beragama serta nilai-nilai kebangsaan.Terakhir, merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

“Dirgahayu 75 tahun Kementerian Agama, semoga Pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah SWT,” tutupnya.

Usai upacara, Deri menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 11 orang PNS Kemenag Kota Sawahlunto yang telah mengabdi selama 10, 20 hingga 30 tahun.

Selanjutnya menyerahkan piagam penghargaan 6 orang pelajar MTsN 2, Pemenang Kompetisi Matematika Internasional Online BRICSMATH. COM yang diikuti 9 negara, diselenggarakan oleh DRAGONLEARN.ORG.

Selain itu, Wako juga meresmikan 3 lokal baru MTsN 2, bantuan hibah Pemko Sawahlunto yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Disamping ASN Kemenag, hadir langsung Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Anggota DPRD beserta pejabat maupun alumni madrasah terkait.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

kota inovatif

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif – siarminang.net

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif – Beritasumbar.com

SawahLunto,siarminang.net,-Kementerian Dalam Negeri menilai Pemerintah Kota Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan ‘kado’ yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi – inovasi di Pemko Sawahlunto.

Penghargaan ‘Kota Terinovatif’ pada Kota Sawahlunto itu diterima Walikota Sawahlunto Deri Asta dari Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori atas nama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pada Jum’at 18 Desember 2020 tadi di Jakarta.

Disampaikan Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori, Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi terhadap inovasi – inovasi yang telah dilakukan.

“Ini turut menjadi sarana monitoring dari pemerintah pusat pada gerak inovasi di daerah – daerah,” ujar Muhammad Hudori.

Pemko Sawahlunto sendiri, memang sudah akrab dengan inovasi. Betapa tidak, kata inovasi langsung ada dalam visi Kota Sawahlunto, yakni ; dengan kebersamaan kita wujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan, bahwa dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri telah menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan inovasi dan kreasi pada pengelolaan pemerintahan.

“Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana atas kinerjanya telah berperan membuat Sawahlunto memperoleh penghargaan ini. Kemudian, penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto,” kata Walikota Deri Asta.

Ditambahkan Walikota, hendaknya penghargaan yang didapat di penghujung tahun 2020 ini menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi di tahun mendatang. Juga jangan sampai berpuas diri dengan penghargaan yang ada sekarang.

“Kita juga ajak OPD – OPD agar lebih kreatif dan inovatif lagi. Terutama dalam penyusunan sampai pelaksanaan program yang inovatif tersebut dengan melibatkan semua pemangku kebijakan di Kota Sawahlunto,” pungkas Walikota Deri Asta.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Mukhsis, menyampaikan Pemko Sawahlunto mengusulkan sejumlah 7 inovasi untuk dinilai oleh tim Kemendagri dalam ajang IGA 2020 ini.

“Sesuai dengan arahan dari bapak Walikota dan Wakil Walikota, bahwa semua OPD itu harus ada mempunyai program inovasi. Nah dari inovasi – inovasi itu, kita pilih ada sebanyak 7 yang diusulkan untuk penilaian ke Kemendagri,” ujar Mukhsis.

Inovasi – inovasi yang dikirimkan tersebut, memperoleh nilai rata – rata per 1 inovasi yakni 183 (masuk dalam kategori nilai tinggi, sebab skor maksimal adalah 210). Sementara untuk nilai total mencapai lebih dari 1.000, sehingga dengan capaian di atas 1.000 itu menempatkan Sawahlunto sukses memboyong predikat ‘Kota Sangat Inovatif’.

“Tentunya dengan penghargaan ini sedikit banyak membantu menunjang Sawahlunto agar memperoleh perhatian dari pemerintah pusat. Sehingga harapan kita, nanti akan banyak program/kebijakan atau pun perhatian lain dari pemerintah pusat untuk Sawahlunto,” kata Mukhsis. (Beni M)

Tayang Bersama dMagek.ID



Sumber

Baca Selengkapnya

Politik

Indra Yosef Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sawahlunto – siarminang.net

Indra Yosef Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sawahlunto – Beritasumbar.com

Sawahlunto,siarminang.net,-Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sawahlunto periode 2020 – 2023 dikukuhkan pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemaren di GPK Sawahlunto. Ketua PWI Sawahlunto yang baru ini Indra Yosef bersama jajaran pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumbar Heranof Firdaus, juga disaksikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti serta Ketua DPRD Ny. Eka Wahyu Ismed.

PWI Sawahlunto periode 2020 – 2023 ini diketuai oleh Indra Yosef, Sekretaris Fadillah Jusman dan Bendahara Wong Ince.

Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya mengajak PWI Sawahlunto serta jurnalis media lainnya untuk menjadi mitra dalam pembangunan, terutama dalam masa pandemi Covid – 19 ini untuk ikut mensosialisasikan protokol kesehatan pada masyarakat.

“Terimakasih kepada Ketua dan pengurus PWI periode sebelumnya. Selamat kepada Ketua dan pengurus periode 2020 – 2023 ini,” harap Walikota.

Sementara, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengamanatkan agar anggota – anggota PWI Sawahlunto tidak lengah terhadap kaidah – kaidah dan regulasi yang mengatur pers di Indonesia. Disebut Heranof, regulasi dan kaidah itulah yang membentuk profesionalisme dan kompetensi wartawan.

“Juga yang tidak kalah penting yakni penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Bangunlah hubungan yang baik dengan narasumber dengan etika. Kita sebagai wartawan itu jadi contoh jugalah bagi masyarakat, karena itu ingat untuk menjaga segala etika dan perilaku,” ujar Heranof. (Beni M)

Tayang Bersama D.Magek.ID



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer