Connect with us

Ekonomi

Selama Semester I, UPZ Baznas PT Semen Padang Salurkan Zakat Rp4 Miliar Lebih

Selama Semester I, UPZ Baznas PT Semen Padang Salurkan Zakat Rp4 Miliar Lebih


PADANG – Selama Januari s.d. Juni atau semester I tahun 2021, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas PT Semen Padang telah menyalurkan zakat karyawan Semen Padang Group sebesar Rp4 miliar lebih kepada para mustahik (orang yang berhak menerima zakat).

Zakat yang berasal dari 2,5 persen gaji karyawan itu disalurkan melalui berbagai program zakat yang ada di UPZ Baznas PT Semen Padang. Di antaranya, peduli pendidikan, peduli kemanusiaan, peduli kesehatan, peduli ekonomi, serta program dakwah dan advokasi.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, penyaluran zakat karyawan melalui UPZ Baznas PT Semen Padang, merupakan bentuk perhatian perusahaan dalam memudahkan karyawan menunaikan zakat kepada yang berhak menerima.

“Bagi umat Islam, zakat mal itu wajib 2,5 persen dari gaji yang diterima setiap bulannya, untuk disalurkan kepada orang yang menerima zakat agar penghasilannya berkah. Penyaluran zakat
karyawan tersebut telah berlangsung sejak 1995, atau sejak zakat karyawan dikelola oleh seksi sosial di Korpri PT.Semen Padang,” kata Oktoweri.

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas PT Semen Padang Muhammad Arif mengucapkan terimakasih kepada karyawan Semen Padang Group yang selama ini, telah memberikan kepercayaan kepada UPZ Baznas PT Semen Padang untuk menghimpun dan menyalurkan zakatnya kepada para mustahik.

“Semoga Allah SWT memberi pahala atas keikhlasan karyawan Semen Padang Group yang menjadi muzakki (orang yang membayar zakat) dari harta yang dizakatkan dan menjadikan berkah serta mensucikan atas harta yang lainnya,” kata Arif.

Terkait penyaluran zakat sebesar Rp4 miliar lebih selama semester I tahun 2021, Arif menyampaikan bahwa zakat tersebut telah disalurkan kepada mustahik yang tergolong delapan asnaf yang terdiri dari fakir, miskin, amil, mualaf, fisabilillah, pemerdekaan, berhutang dan ibnu sabil.

Zakat tersebut, disalurkan melalui berbagai program, yaitu program pendidikan sebesar Rp532.006.000. Melalui program peduli kesehatan sebesar Rp114 juta lebih, peduli kemanusiaan Rp712 juta lebih, peduli ekonomi Rp814 juta lebih, program dakwah dan advokasi sebesar Rp341 juta lebih, amil atau operasional sebesar Rp381 juta lebih.

“Selain beberapa program zakat tersebut, juga ada penyaluran dana zakat karyawan dari UPZ Baznas PT Semen Padang ke Baznas Pusat sebesar Rp1,1 miliar lebih. Jumlah tersebut, 30 persen dari total zakat yang dihimpun dari karyawan setiap bulannya, yaitu sejak Januari sampai Juni,” ujarnya.

Untuk bulan Juni 2021, tambah Arif, pihaknya
juga telah menyalurkan zakat sebesar Rp643 juta lebih. Zakat ratusan juta itu, kata dia, juga disalurkan kepada asnaf delapan yang pada umumnya, merupakan para mustahik yang tinggal di ring 1 perusahaan dan Kota Padang umumnya.

Rinciannya, untuk asnaf fakir sebesar Rp58.000.000, disalurkan kepada 347 orang penerima manfaat biaya hidup rutin dan 8 orang biaya hidup non rutin yang terdiri dari faqir, jompo, janda dan cacat.

Kemudian asnaf miskin sebesar Rp177.342.500, juga telah disalurkan dalam bentuk beberapa program. Di antaranya, program Peduli Ekonomi berupa modal usaha diberikan kepada 39 orang penerima manfaat.

Selanjutnya untuk program Sosial Kemanusiaan berupa insentif, diberikan kepada kepada 9 lembaga, dan untuk 1 kepala keluarga (KK) penerima manfaat Peduli Hunian berupa perbaikan rumah dan kepada 1 (KK) korban bencana alam (kebakaran).

Sementara itu Program Kesehatan, diberikan kepada 7 orang dengan rincian, untuk bayar hutang berobat di rumah sakit dengan dibayarkan langsung ke rumah sakit, bantuan bayar tunggakan BPJS Kesehatan, dan bantuan pembelian tiket pesawat untuk pasien rujukan ke RS Harapan Kita, dan juga untuk pembelian alat bantu dengar.

“Untuk program ekonomi, dilakukan pemberdayaan dengan pembekalan kewirausahaan, serta untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para penerima manfaat, seperti memberikan pelatihan marketing dan akuntansi praktis. Tujuannya, agar adanya kesinambungan bagi penerima manfaat,” ujarnya.

Kemudian untuk asnaf muallaf, disalurkan sebesar Rp84.100.000 dalam bentuk honor Da’I binaan UPZ Baznas PT Semen Padang yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan program dakwah lainnya, serta untuk Ibnu Sabil sebesar Rp5.000.000 berupa bantuan biaya perjalanan.

“Sedangkan untuk asnaf fisabilillah sebesar Rp87.700.000, kami salurkan melalui program peduli pendidikan untuk 98 orang penerima beasiswa rutin, 27 orang beasiswa insidentil, 99 orang untuk honor rutin guru TPQ/TQA dan 38 lembaga yang meliputi program pendidikan, dakwah rutin dan non rutin,” kata Arif.
Penyaluran zakat itu, lanjut Arif, dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat dan karyawan UPZ Baznas PT Semen Padang juga sudah divaksin.(yose)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Wagub Sumbar bakal Ubah Ruang Kerjanya jadi Ruang Promosi Produk UMKM –

Wagub Sumbar bakal Ubah Ruang Kerjanya jadi Ruang Promosi Produk UMKM -


PADANG – Menunjukan komitmen dalam menudukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada masa sulit dalam pandemi covid-19 Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bakal manfaatkan ruang kerjanya jadi ruang promosi UMKM.

Audy menjelaskan bahwa ini adalah salah satu bentuk dukungan terhadap perkembangan UMKM di Sumbar. Dijelaskan, Audy menilai UMKM dan Ekonomi Kreatif adalah tulang punggung perekonomian Sumbar ke depan. Oleh karena itu memberikan dukungan dari segala sektor adalah kewajiban pemerintah.

“Iya. Ruang kerja saya cukup luas. Masih ada ruang yang tidak terpakai. Maka saya putuskan untuk menjadikan ruang ini sebagai tempat pajangan untuk produk UMKM Sumbar. Jadi saya juga bisa jadi marketing produknya sekalian nih,” ujarnya.

Audy berharap, bentuk dukungan kecil ini bisa menjadi semangat bagi para pengusaha UMKM untuk bertahan di tengah pandemi. Ia juga berharap langkah yang ia ambil ini bisa juga diterapkan di kabupaten kota lain.

“Para Bupati dan Walikota kan sering menerima silaturahmi dari banyak kalangan. Ada juga yang dari luar kota. Nah itu kan salah satu peluang untuk mempromosikan produk UMKM kita. Dengan begitu kita bisa pro aktif bantu UMKM kita sendiri,” lanjut Audy.

Bagi pengusaha UMKM yang ingin produknya dipromosikan di ruang Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy menyediakan link formulir untuk diisi, https://bit.ly/umkmsumbarbangkit

“Bagi pengusaha UMKM di Sumbar, nanti silahkan diisi link yang sudah disediakan ya. Silahkan diisi segera, agar produknya juga bisa segera kita pajang,” ajaknya.(yose)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Transaksi Belanja di Masa PPKM Tetap Sehat dan Aman –

Transaksi Belanja di Masa PPKM Tetap Sehat dan Aman -


JAKARTA – OCTO Mobile, aplikasi digital banking dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang dibekali fitur lengkap layaknya Super App, senantiasa memahami kebutuhan nasabah dalam berbagai kondisi. Termasuk di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini.

Bagi nasabah yang harus berkegiatan di luar rumah seperti untuk berbelanja beragam kebutuhan pokok, OCTO Mobile menyediakan fitur pembayaran Scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang dapat digunakan di semua merchant berlogo QRIS. Melalui fitur tersebut, aktivitas belanja menjadi lebih sehat dan aman karena dilakukan secara nontunai dan tanpa kontak fisik.

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, CIMB Niaga menghimbau agar masyarakat yang berkegiatan di luar rumah, termasuk berbelanja kebutuhan pokok, tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, sehingga dapat terhindar dari paparan COVID-19.

“Agar aktivitas belanja lebih efektif, nasabah juga perlu fokus dalam memilih barang sesuai daftar yang telah disiapkan. Lalu, gunakan metode pembayaran yang sehat dan aman yaitu Scan QRIS OCTO Mobile dari handphone tanpa perlu bersentuhan dengan benda lain,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Menurut Bambang, transaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Diantaranya transaksi menjadi lebih cepat, tidak perlu membawa uang tunai, serta aman karena semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Tersedia beragam penawaran menarik

Selain itu, lanjut Bambang, transaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile juga menguntungkan, karena tersedia beragam penawaran menarik. Saat ini, pengguna dapat menikmati cashback 20% di berbagai merchant yang telah bekerjasama. Diantaranya Ranch Market dan Farmers Market yang memberikan cashback sebesar 20% (maksimum Rp20 ribu) per transaksi, serta LOTTE Mart dan All Fresh (maksimum Rp15 ribu) per transaksi.

Setiap pengguna bisa mendapatkan maksimum 1 kali cashback per hari atau 2 kali cashback per bulan selama periode berlangsung. Adapun cashback akan dikreditkan secara real time atau maksimum 1×24 jam ke saldo Rekening Ponsel yang terdaftar di OCTO Mobile nasabah.

Untuk bertransaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile, nasabah dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, login ke aplikasi OCTO Mobile, lalu pilih menu QR. Kedua, klik pindai/scan dan tentukan sumber dana (dengan pilihan mulai dari Kartu Kredit, Rekening Tabungan, Rekening Ponsel, atau Poin Xtra). Ketiga, melakukan konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN OCTO Mobile, maka transaksi pun berhasil.

Sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia, transaksi QRIS saat ini juga terus ditingkatkan limitnya. Pengguna OCTO Mobile dapat bertransaksi Scan QRIS di merchant hingga Rp5 juta per transaksi atau Rp25 juta per hari. Dengan kenaikan limit tersebut pengguna bisa lebih leluasa dalam berbelanja berbagai kebutuhan.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk menikmati penawaran dari OCTO Mobile tetapi belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan mendaftar OCTO Mobile, maka nasabah dapat berbelanja menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile.(ist)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Paket Bundling Vision+ dengan Kuota MAXstream Jauh Lebih Hemat

Paket Bundling Vision+ dengan Kuota MAXstream Jauh Lebih Hemat


JAKARTA – Vision+ kembali menjalin kerja sama dengan Telkomsel untuk meningkatkan kenyamanan serta kemudahan para pengguna. Resmi berkolaborasi pada tanggal 2 Agustus 2021, pengguna Telkomsel dapat menggunakan kuota MAXstream dari Telkomsel untuk menikmati konten-konten Vision+ premium.

Bisa dikatakan menonton streaming adalah aktivitas modern yang sering dilakukan oleh pengguna internet. Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan, seperti membeli paket berlangganan dan juga biaya kuota saat streaming.

Berlandaskan kebutuhan tersebut aplikasi streaming terkemuka, Vision+ dan perusahaan telekomunikasi digital terdepan Indonesia, Telkomsel melakukan kemitraan strategis dengan memberikan penawaran bundling Vision+ premium dan kuota MAXstream yang dikemas jauh lebih hemat dan praktis.

Seperti yang dikatakan Clarissa Tanoesoedibjo selaku Managing Director Vision+, keberadaaan industri OTT tidak lepas dari industri pendukung lainnya seperti perusahaan telekomunikasi digital yang memiliki jangkauan luas seperti Telkomsel.

Clarissa menambahkan, dengan adanya kerja sama ini, pengguna akan lebih diuntungkan karena jauh lebih hemat dan praktis dibandingkan membeli paket secara terpisah.

Vision+ memiliki kekuatan pada konten-kontennya yang lengkap. Tidak seperti aplikasi serupa lainnya yang hanya menawarkan koleksi video on demand (VOD), Vision+ juga menghadirkan ragam pilihan lainnya seperti channel TV lokal terlengkap, channel-channel International serta premium dan ada juga Original Series dengan judul baru setiap bulan.

Sementara itu, Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan sekaligus operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia, kini melayani lebih dari 164 juta pelanggan yang tersebar hingga pelosok Tanah Air, dengan jaringan terluas di Indonesia yang didukung jaringan broadband terkini. Dengan demikian, kolaborasi ini selain memberikan penawaran spesial namun juga akan memperluas pemerataan akses konten berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, dan sebagai “Home of Entertainment’ terus berkomitmen untuk menghadirkan ragam produk dan layanan digital yang customer centric sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kolaborasi Telkomsel dengan Vision+ akan mengakomodasi kebutuhan pelanggan akan konten berkualitas dan meningkatkan pengalaman digital lifestyle lebih jauh lagi. Hal ini juga sejalan dengan upaya kami untuk mengembangkan ekosistem digital yang dapat membuka lebih banyak manfaat dan keseruan bagi semua lapisan masyarakat dengan memperluas kolaborasi bersama para pemangku kepentingan.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, pelanggan Telkomsel kini dapat menikmati konten dari Vision+ dengan berbagai paket berlangganan yang tersedia mulai dari Rp10.000 dengan kuota hingga 24GB untuk berlangganan selama 1 tahun. Pilihan paket tersebut dapat diaktivasi melalui MyTelkomsel, dengan memilih paket Vision+ premium melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi menu akses *363*465# kemudian pilih Vision+. (met)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer