Connect with us

Padang

Sumbar Raih Penghargaan Provinsi Sangat Inovatif – siarminang.net

Sumbar Raih Penghargaan Provinsi Sangat Inovatif – Beritasumbar.com

Padang, siarminang.net,Jelang akhir masa jabatannya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seakan tanpa henti menorehkan prestasi berskala nasional, khususnya guna meningkatkan daya saing daerah.

Hal ini terbukti melalui Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 yang diselenggarakan Balitbang Kemendagri, dimana Pemprov Sumbar meraih urutan pertama kategori provinsi sangat inovatif.

Mewakili Gubernur, penghargaan diterima langsung oleh Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Barat di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12).

Menariknya, dibawah kepemimpinan Irwan Prayitno, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meraih hattrick penghargaan serupa selama tiga tahun terakhir.

Ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/12) Irwan Prayitno menyampaikan bahwa sebanyak tujuh hasil inovasi terbaik yang telah dijalankan jajaran Pemprov Sumbar pada tahun 2020 bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

“Ini penting guna meningkatkan daya saing daerah yang akan berimplikasi kepada peningkatan daya saing secara nasional. Inovasi erat kaitannya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta efisiensi kerja-kerja pemerintahan,” kata Gubernur Irwan.

Menurutnya, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibawah naungan Pemprov Sumbar diwajibkan melahirkan inovasi, minimal sepuluh setiap tahunnya.

“Sejumlah inovasi yang telah diterapkan di Sumbar dari berbagai OPD akan terus berlanjut guna mendapatkan pemerataan pelayanan dan kualitas pelayanan publik,” ungkapnya.

Tujuh inovasi Pemprov Sumbar tahun 2020 diantara adalah ADO (Apoteker Selalu Ado) yang diinisiator oleh RSUD M. Natsir untuk memfasilitasi apoteker melayani pasien dengan maksimal melalui media sosial.

“Ini memudahkan pasien untuk memperoleh segala informasi obat yang benar secara langsung dari apoteker dimana saja dan kapan saja,” jelas Gubernur Irwan.

Selanjutnya, tutur Gubernur terdapat inovasi Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) yang diinisiator dari Dinas Kehutanan Sumbar, dimana masyarakat setempat atau sekitar hutan diposisikan sebagai aktor utama dalam pengelolaan hutan, sehingga memiliki peran strategis dalam memastikan terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Jadi dengan adanya PHBM pemerintah terbantu dalam pelestarian hutan. Dengan dijaga langsung oleh masyarakat setempat, masyarakatpun bisa memanfaatkan hutan dengan menanam pohon durian, jengkol dan lainnya untuk meningkatkan perekonomiannya, tanpa merusak hutan,” sebutnya.

Inovasi lainnya yang ditujukan bagi aparatur pemerintahan berupa Absensi Online diinisiator oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumbar. Sebagai aplikasi kehadiran yang dapat digunakan oleh ASN dan Non ASN di lingkungan Pemprov Sumbar dengan menggunakan handphone masing-masing. Sistem ini dirancang dengan menggunakan teknologi geotagging dan foto selfie.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, sangat berguna sekali untuk mengantisipasi penularan melalui sidik jari,” tuturnya.

Inovasi lainnya adalah TUAN O (Toko Untuk Jualan Online) di inisiator Dinas Koperasi dan UMKM untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan marketpalce atau pasar online.

Samsat Malming, diinisiasi oleh Badan Keuangan Daerah Sumbar sebagai peluasan layanan pembayaran PKB dengan penambahan payment point melalui penambahan waktu layanan di malam hari yaitu Malam Minggu.

InLOVEST yang diinisiasi Dinas Penanaman Modal dan PTSP untuk mempermudah investor untuk mengetahui keberadaan lokasi peluang investasi di Sumbar menggunakan teknologi pada perangkat bergerak, dikembangkan menggunakan android yang berintegrasi dengan Google Map.

Terakhir Gelar Pangan Murah (GPM) keliling yang diinisiasi Dinas Pangan, digunakan untuk menjual komoditas bahan pangan secara langsung ke lingkungan pemukiman masyarakat, operasi pasar dan bazar pada event-event tertentu dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasar. (relis)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen – siarminang.net

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Tiga hal penting yang menjadi pembahasan utama ialah penguatan penanganan Covid-19 termasuk vaksinasi, proyeksi pembangunan jalan tol, serta stunting di Sumbar. Diawal rapat, Gubernur memaparkan kondisi kekinian terkait tiga poin diatas dan Gubernur meminta masukan dari peserta rapat.

“Terkait penanganan covid-19, pesan presiden yang juga disampaikan Kemendagri, kita harus lebih serius.
Kita diminta agar mempersempit ruang penyebaran untuk kemudahan pengendalian. Banyak program yg sudah ada selama ini seperti Nagari Tageh, Kongsi Covid, atau yang lainnya, itu sangat bagus sekali tinggal kita perkuat lagi, terutama disiplin prokes,” ungkap Mahyeldi.

Untuk program vaksinasi di Sumbar yang sebelumnya sempat anjlok di rangking 25 di Indonesia, sudah membaik
dengan cakupan pelaksanaan vaksin mencapai 94,83 persen. Gubernur mengapresiasi daerah dengan cakupan vaksinasinya yang sudah melebihi 100 persen.

“Alhamdulillah cakupan vaksinasi kita saat ini sudah mencapai 94,83 persen. Bahkan ada kabupaten kota yang nilainya diatas 100 persen. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak, semoga bisa menjadi motivasi bagi daerah lainnya,” tambah Mahyeldi.

Daerah dengan cakupan vaksinasi mencapai 100 persen adalah Kabupaten Padang Pariaman 124 persen, Kabupaten Sijunjung 115 persen, Kota Pariaman 111 persen, Dharmasraya 102,8 persen, Kota Sawahlunto 104,62 persen, Kota Padang Panjang 104,5 persen, dan Kota Padang 102,96 persen.

Selain itu, Rakor juga membahas progres pengerjaan jalan tol Sumbar-Riau yang terkesan lambat. Untuk pembahasan ini, bupati walikota yang hadir dalam Rakor menyatakan siap berkoordinasi dan bersinergin dengan provinsi demi peecepatan pembangunan.

Bahkan Gubernur secara tegas mengajak, jika perlu perencanaan pembangunan Sumbar kedepan yang melibatkan kabupaten kota agar dituangkan dalam bentuk MoU.

Usai menggelar rakor, peserta rapat melaksanakan Jumatan di Masjid Pemrprov Sumbar, Baitul Auliya, dengan Gubernur langsung sebagai khatib dan imam shalat.(doa/MC)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi – siarminang.net

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Kesebelas pasangan kepala daerah yang dilantik tersebut adalah pasangan Bupati Agam, Bupati Pasaman Barat, Walikota Solok, dan Bupati Dharmasraya. Kemudian dilanjutkan dengan pasangan Bupati Tanah Datar, Bupati Pasaman, Walikota Bukittinggi, Bupati Padang Pariaman, Bupati Sijunjung, Bupati Lima Puluh Kota, Bupati Pessel.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan ucapan selamat pada kepala daerah yang dilantik. Gubernur berharap pada kepala daerah bisa langsung bekerja mewujudkan janji politik demi kepada masyarakat di daerahnya.

“Dengan pelantikkan ini berarti kompetisi telah usai, saatnya melangkah bersama mewujudkan janji-janji pada rakyat, buka lapangan kerja baru dan terobosan-terobosan baru. Sesuaikan dengan kondisi daerah, sinergikan dengan propinsi dan daerah lain, tidak ada yang jalan sendiri,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga menghimbau kepala daerah dapat memaksimalkan potensi daerah masing-masing demi peningkatan ekonomi daerah. Tidak lupa menghimbau kepala daerah bisa menjaga harmonisasi demi stabilisasi daerah.

“Pasangan kepala daerah juga harus bekerja dengan harmonis, sesuai dengan porsi tugas, wewenang, hak dan kewajiban masing-masing,” pinta Gubernur.

Usai pelantikan, Gubernur dan Wakil Gubernur menggelar rapat koordinasi dengan seluruh bupati dan walikota dalam rangka membahas percepatan pembangunan di Sumbar.(doa/MC)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH – siarminang.net

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,- Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.

Kegiatan acara Musda tersebut dihadiri oleh segenap pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Barat serta para pengurus Pimpinan Cabang Kota dan Kabupaten,musda ini dibuka dan dihadiri langsung oleh Ketua Umum LPPKI Azwar Siri.SH

Dalam sambutannya Ketua Umum LPPKI menyampaikan bahwa LPPKI adalah sebuah lembaga resmi yg telah terdaftar dan dan diakui oleh pemerintah RI menyelenggarakan perlindungan dan advoaksi konsumen dengn wilayah kerja di seluruh wilayah RI melakukan advokasi sesuai UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
katanya

Dalam kegiatan musda ini dilaksankan untuk konsilidasi lembaga serta membahas mengenai kepengurusan serta program kerja dan issu perlindungan konsumen lebih lanjut disampaikan bahwa LPPKI adalah sebuah lembaga perjuangan membantu advokasi para konsumen yang dirugikan hak nya oleh pelaku usaha dan LPPKI adalah sebagai tempat edukasi konsumen agar menjadi konsumen cerdas yang mengerti hak dan kewajibanya sebagai konsumen.
ujar azwar siri

Sementara itu ketua DPW LPPKI Sumatera Barat Erifal Efendi menyampaikan dan mengajak semua pengurus untuk solid dan layal pada lembaga dan mari rapatkan barisan untuk membantu memperjungkan hak-hak konsumen Sumatera Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya. tutupnya. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer