Connect with us

Padang Panjang

Tampung Aspirasi Publik Untuk Revisi RTRW 2012-2032, Pemko Gelar Konsultasi Publik II – siarminang.net

Tampung Aspirasi Publik Untuk Revisi RTRW 2012-2032, Pemko Gelar Konsultasi Publik II – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,- Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menggelar Konsultasi Publik II Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) daerah itu 2012 – 2032 di ruang VIP Balaikota setempat, Rabu (11/11).

Konsultasi publik ini dilakukan guna menyikapi perubahan dinamika pembangunan dan perubahan fungsi RTRW Kota Padang Panjang tahun 2012-2032.

Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama Pemerintah Kota Padang Panjang akan merencanakan revisi RTRW tahun 2012-2032 untuk menampung dinamika perubahan serta memperbaiki dan meningkatkan pengaturan tata ruang dan wilayah di kota Padang panjang. RTRW memiliki peran penting dalam pembangunan daerah.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Konsultasi Publik Tahap I yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 21 Oktober 2020 lalu. Insya Allah sebagaimana tahap II kita berharap konsultasi publik tahap II ini juga akan menghasilkan poin poin penting dalam mengukung/mendukung/menampung aspirasi serta saran dan masukan dari seluruh stakeholder terkait dalam penyusunan revisi RTRW nantinya, “ucapnya.

Dalam konteks ini sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam PP nomor 68 tahun 2010 khususnya tercantum dalam pasal 6 dinyatakan bahwa peran serta masyarakat dalam penyusunan rencana tata ruang itu diikuti dengan peran di dalam penentuan arah pengembangan kan wilayah atau kawasan, pengidentifikasian potensi dan masalah pembangunan wilayah atau kawasan, perumusan konsepsi rencana tata ruang dan atau penetapan rencana tata ruang itu sendiri nantinya.

“Dalam menyikapi latar belakang dan pertimbangan dasar hukum tersebut Alhamdulillah pada saat ini kita telah sampai pada tahap Konsultasi Publik II yang dilaksanakan untuk menyampaikan hasil analisa kajian dan saran masukan dari berbagai pihak yang sebelumnya telah dilaksanakan, “tambahnya.

Dalam implementasinya Pemerintah Kota Padang panjang melalui Konsultasi Publik II ini mengupayakan untuk dapat bergerak selaras dan bersama-sama dengan berbagai stakeholder serta pemangku kepentingan untuk nantinya bersama-sama memberikan kontribusi dan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan penataan ruang peraturan daerah revisi RTRW yang nantinya menjadi pedoman pemerintah dan masyarakat Kota Padang panjang hingga tahun 2032 nantinya yang didukung dengan program kegiatan yang berkualitas serta tepat sasaran.

“Oleh karena itu dalam konsultasi publik ini diharapkan dapat di carikan titik keseimbangan tersebut agar terciptanya suatu keadilan sosial bagi masyarakat Kota Padang panjang, “ujarnya.

“Untuk itu melalui konsultasi publik yang juga dilakukan ini, diharapkan seluruh kelompok masyarakat, niniak mamak dan pemangku kepentingan harus berperan dalam menentukan isu panjang terkait revisi RTRW 2012-2032 agar tujuan pembangunan berkelanjutan 2032 dapat tercapai,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Padang Panjang, Welda Yusar, ST, MT menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dokumen rencana revisi RTRW Kota Padang Panjang berdasarkan hasil dari kajian tim konsultan dan masukan dari tim teknis revisi RTRW serta masukan dari stakeholder dan pemangku kepentingan pada saat penjaringan aspirasi usulan, saran dan masukan pada saat Konsultasi Publik I yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Pemko Padang Panjang juga telah melakukan konsultasi publik I untuk menjaring masukan seluruh tokoh masyarakat ninik mamak serta pemangku kepentingan sebagai dasar perbaikan materi teknis dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Kegiatan Konsultasi Publik II ini dilaksanakan dengan dua sistem yakni tatap muka dan virtual dengan melibatkan unsur dari Perguruan Tinggi/Akademi, Dunia Usaha, Asosiasi serta unsur dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tetangga, Organisasi non Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan.

Konsultasi publik 1 ini juga dihadiri oleh perwakilan dari DPRD Kota Padang Panjang, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si, Tim leader konsultan PT. Sitarti Bakysa Asasta, Ir. Djuharman dan tim ahli lingkungan Ivan, ST, Kepala OPD terkait, Ketua Kerapatan Adat Nagari Busur, Gunuang dan Lareh nan panjang. (Ben)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Panjang

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan – siarminang.net

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan – Beritasumbar.com

Padang Panjang,siarminang.net,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.

Ragam permasalahan pemuda tersebut muncul di tengah masyarakat, salah satunya disebabkan karena belum maksimalnya pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan kepada mereka.

Menindaklanjuti ragam permasalahan yang muncul di kalangan pemuda, sebagai salah satu peran dan tanggungjawab mendasar yang ada di kepengurusan Karang Taruna, maka pada hari ini (Sabtu, 17/04) Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang mengadakan Rapat Bersama di Aula Dinas Sosial P2KBP3A Kota Padang Panjang.

Dari rapat tersebut, Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang menyepakati akan mengadakan kegiatan Pesantren Leadership Ramadhan dengan tema “Momentum Ramadhan 1442 H: Untuk Pembentukan Kesadaran Mental, Rohani dan Kepemimpinan Generasi Muda Kota Padang Panjang”, yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-27 April 2021. Pelaksanaan kegiatan ini rencananya akan dipusatkan di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang, ungkap Iwan selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Meskipun persiapan acara ini terbilang mendesak, hanya tersisa beberapa hari saja, kita ingin membuktikan bahwa Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang, dalam hal ini jajaran panitia pelaksana masih memiliki semangat dan kapasitas untuk berkontribusi bagi pembangunan generasi muda di Kota Padang Panjang.

Sementara itu, Muhamad Gandhi selaku Ketua Karang Taruna Kota Padang Panjang mengapresiasi semangat teman-teman panitia untuk mengangkatkan kegiatan ini, apalagi bulan suci Ramadhan ini bisa menjadi momentum bagi pembentukan karakter dan kesadaran mental dan kepemimpinan bagi generasi muda di Bumi Serambi Mekah ini. Sejalan dengan cita-cita kita di kepengurusan Karang Taruna Kota Padang Panjang, yaitu untuk membumikan kembali kesadaran mental dan kepemimpinan, maka program ini sejatinya bisa didukung bersama oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah daerah, ungkap Gandhi.

Lebih lanjut, Gandhi menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan seluruh elemen terkait, termasuk kepada Wali Kota Padang Panjang. Mudah-mudahan semangat dan kerja keras kawan-kawan Karang Taruna Kota Padang Panjang dapat support dan dukungan penuh dari Pemko. Sebab, agenda ini bisa menjadi salah satu contoh kegiatan yang bisa dilaksanakan secara rutin ke depannya, tegas Ketua.

Rapat bersama ini ditutup dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Program Sinergis Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang dalam rangka mengimarahkan ibadah di bulan suci Ramadhan 1442 H. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Yuniar Sulaiman selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Padang Panjang Barat, Supria Rahman selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Padang Panjang Timur dan Muhamad Gandhi selaku Ketua Karang Taruna Kota Padang Panjang. (Mby)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Panjang

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah – siarminang.net

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah – Beritasumbar.com


Padang Panjang,siarminang.net,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa ‘maarak galundi’, makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Kegiatan yang sponsori oleh Konco Arek Sahati (KOARSA) Foundation, Bukittinggi Medical Rescue (BMR), Lantamal II ini menuai apresiasi dari banyak pihak, termasuk dari masyarakat Nagari Batu Taba.

Kegiatan ini berhasil dilaksanakan berkat semangat dan kerja keras seluruh elemen masyarakat dan dukungan semua pihak, ungkap Heru selaku Camat di Batipuh Selatan. Camat milenial ini juga mengapresiasi semangat dan kerja keras masyarakat di Nagari Batu Taba.

Dalam sambutannya, Basrizal Angku Dt Panghulu Basa selaku Ketua KAN Batu Taba berharap agar semangat kebersamaan dan sinergis seluruh elemen masyarakat tetap dijaga. Ia juga menyampaikan bahwa sinergis dan kolaborasi merupakan pilar penting dalam melaksanakan pembangunan yang perlu dikembangkan ke depannya.

Sementara itu, Laksma TNI Angkasa Dipua selaku Aspam Kasal mengucapkan terimakasih atas sambutan masyarakat Nagari Batu Taba, meski sederhana namun syarat dengan nilai budaya dan tradisi kearifan lokal masyarakat. Ia juga berharap mudah-mudahan kehadiran Mushalla Fii Sabilillah dapat bermanfaat bagi masyarakat Nagari Batu Taba.

Acara ini juga dihadiri oleh Buya Mas’ud ‘Abidin yang juga memberikan taushiah menyambut Ramadhan 1442 H bersama masyarakat Nagari Batu Taba dan anggota KOARSA Foundation. (khz)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Panjang

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman – siarminang.net

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur'an Kepada Santri PontrenMu Kauman – Beritasumbar.com

Padangpanjang, siarminang.net,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan – Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.

Kegiatan penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis saat menghadiri Wisuda Tahfiz Quran angkatan ke 10 yang digelar di halaman PontrenMu jalan RI Dt Sinaro Panjang nomor 1-6 Kelurahan Tanah Pak Lambiak. Sabtu, 10 April 2021.

Mahyeldi mengapresiasi acara wisuda para hafidz (penghafal Alquran) yang merupakan program unggulan PontrenMu Kauman.
Dalam sambutannya beliau berpesan agar program hafiz quran terus digalakkan dan lebih masif dilaksanakan oleh pondok pesantren.

“Saya sangat bangga dengan anak-anak yang sudah bisa hafal Al- Qur’an. Selamat kepada anak-anakku santri PontrenMu Kauman Padangpanjng yang hari ini diwisuda menjadi hafidz Qur’an. Mudah-mudahan menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan dan menjadi ulama-ulama hebat di masa depan,” ucapnya.

Wisuda para penghafal Al Qur’an ini menurut Buya Mahyeldi tentunya sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar yakni Satu Desa Satu Hafidz Al Qur’an. Untuk itu, Buya Mahyeldi mengajak pemerintah daerah yang ada di Sumbar bisa bekerjasama demi memaksimalkan program seperti ini.

“Seorang Hafidz atau Penghafal Al-Qur’an 30 juz bisa menyelematkan 10 anggota keluarganya dari siksaan api neraka di akhirat kelak. Jika di suatu negeri ada anak yang mampu menghapal 30 juz Al-Qur’an, maka negeri itu akan diberkahi oleh Allah SWT, seperti halnya Mekkah, Madinah dan Palestina,” sebut Mahyeldi.

Sementara menurut Asrul, Wakil Walikota yang menghadiri kegiatan tersebut menyebutkan bahwa PontrenMu senantiasa melahirkan program-program keagamaan yang mana hal itu membantu program pemko dalam hal keagamaan.

“Kami dari pemerintahan kota akan terus mendukung setiap program pondok pesantren yang mana program tersebut sesuai dengan program pemerintahan kota. Apalagi kita akan menjadi tuan rumah MTQ, tentu program tahfiz sangat membantu untuk melahirkan calon-calon kafilah MTQ nantinya” Katanya.

Sejalan dengan itu Mudir PontrenMu, Derliana, MA mengatakan, kewajiban mengajarkan anak membaca Al-Qur’an ada pada orangtuanya tapi sebagai orang tua asuh disini juga memiliki tanggungjawab yang sama besarnya. Oleh karena itu program tahfiz menjadi hal yang wajib diikuti oleh semua santri yang menimba ilmu dipontrenMu.

“Kami menyadari bahwa tanggungjawab pondok pesantren tidak hanya melahirkan lulusan yang hebat secara iptek tapi yang terpenting adalah imtaqnya. Makanya program unggulan di pondok kita adalah melahirkan hafizul quran secara terus menerus” Ungkapnya.

Program ini lanjutnya sudah berjalan selama 10 tahun. Hasil yang didapatkan adalah beberapa anak yang lulus perguruan tinggi dan menjadi angkatan merupakan lulusan khusus jalur tahfiz.

“Alhamdulillah kami telah melahirkan ratusan hafiz quran. 60% diantaranya telah terbantukan masuk perguruan tinggi dan menjadi abdi negara dengan jalur seleksi tahfizul quran. Saat ini kami berupaya untuk terus mewujudkan program pemerintahan provinsi, melahirkan hafizul-hafizul quran terbaik untuk nantinya membangun peradaban dan juga pemimpin dimasa depan.” tutupnya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Harian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah(PWM) Sumatra Barat, Solsafat, M.Ag, Dikdasmen PWM Sumbar, Afdi Efendi, Dt Rajo indo, Wakil Walikota Padangpanjang, Drs. Asrul, Pimpinan Daerah Muhammadiyah(PDM) Pabasko, Amirrudin, Kepala Rutan kelas II B, Kakankemenag Padangpanjang, Kepala Bank Nagari Syariah kota Padangpanjang, serta warga persyarikatan Muhmmadiyah Pabasko.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer