Connect with us

Ekonomi

Tarif Listrik 900 Va Dipastikan Naik Tahun Depan

Tarif Listrik 900 Va Dipastikan Naik Tahun Depan


JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa ada kenaikan tarif listrik untuk golongan rumah tangga mampu (RTM) dengan daya 900 va pada 2020.

Hal itu dia sampaikan setelah rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta.

“Kalau yang mampu disesuaikan (tarif listriknya). Mudah-mudahan industri tetap bisa dijaga stabil,” ujar dia, Selasa (19/11).

Namun, ketika ditanya apakah kenaikan listrik itu sekitar Rp29.000 per bulan atau mengikuti biaya listrik yang dibayarkan golongan 1.300 volt ampere (VA). Menteri ESDM hanya menjawab kenaikan itu tidak besar. “Kan enggak banyak. Bentar lagi berlakunya,” pungkas dia dikutip dari okezone.  (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Libur Panjang, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Harga Pertamax Turun Rp200 - Portal Berita Singgalang


JAKARTA –  PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan pasokan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), LPG dan avtur dalam kondisi aman dan distribusi lancar, selama libur panjang cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November 2020,

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam informasi tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu menyatakan dalam rangka mengantisipasi kebutuhan energi akibat meningkatnya mobilitas manusia dalam liburan panjang selama 5 hari, Pertamina telah menyediakan pasokan yang cukup.

Untuk jenis BBM mulai dari pertaseries, dexseries, premium dan solar, ketahanan stok secara nasional rata-rata di atas 31 hari, sedangkan untuk LPG di atas 18 hari dan akan terus terjamin ketersediaannya.

“Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386 ribu KL,” kata Fajriyah.

Menurutnya, Pertamina juga mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama. Stok LPG di SPPBE dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman. Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kg selama libur panjang ini, Pertamina menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen atau sekitar 5.750 metrik ton/hari.

“Agar kebutuhan energi tetap terpenuhi dan masyarakat tetap nyaman menikmati liburan panjang, Pertamina akan terus memantau adanya kenaikan permintaan LPG dan akan menyiapkan penambahan pasokan secara fakultatif bila diperlukan. Namun kami mengimbau bagi masyarakat yang secara ekonomi terkategori mampu dapat menggunakan LPG nonsubsidi dengan varian Bright Gas,” imbuh Fajriyah.

Di tengah pandemi COVID-19, lanjut Fajriyah, Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pertamina semenjak awal pandemi telah menerapkan standar protokol pencegahan COVID-19 di seluruh fasilitas BBM dan LPG termasuk SPBU. Sehingga kami akan sangat berterima kasih apabila konsumen juga dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan tersebut,” tambah Fajriyah. (ant/mat)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Dukung Kreativitas Masyarakat Indonesia, TikTok dan Telkomsel Jalin Kemitraan 

Dukung Kreativitas Masyarakat Indonesia, TikTok dan Telkomsel Jalin Kemitraan 


JAKARTA – TikTok, platform destinasi video singkat terkemuka di Indonesia, dan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, mengumumkan kemitraan strategis. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman mengeksplorasi dan menginspirasi melalui akses internet yang cepat serta lingkungan yang nyaman dan positif bagi generasi muda, khususnya bagi pengguna TikTok dan 160 juta pengguna Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Studi YouGov menunjukkan bahwa 54% masyarakat memilih video singkat menjadi konten terbaik untuk mengekspresikan kreativitas, yang mengungkapkan 40% diantaranya membutuhkan media musik untuk mendukung mereka untuk mendukung ide kreatif tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran konten interaktif dengan kolaborasi audio dan visual menjadi format menarik untuk menyampaikan suatu gagasan konten kreatif.

Hal inilah yang melandasi kemitraan strategis TikTok dengan Telkomsel melalui sebuah misi yang sama, yaitu mendukung kreativitas anak muda di era digital melalui beberapa kegiatan, antara lain:

Ketersediaan kuota khusus TikTok di paket data Kuota Ketengan, UnlimitedMAX, dan Combo Sakti. Upaya ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresi kreatif mereka melalui format video singkat di TikTok, dengan akses internet yang cepat dan terjangkau.

Pelaksanaan webinar bertema literasi digital, termasuk meningkatkan pemahaman mengenai potensi kejahatan siber di era digital serta memberikan tips pada peserta untuk menjadi warga digital yang bijak. Webinar ini akan diselenggarakan pada 5 November 2020 dengan melibatkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) dan pakar teknologi dan informasi, Onno W Purbo.

“Saat ini, banyak dari kita yang beralih ke teknologi untuk membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari. Dan kami bersyukur di tengah kondisi yang menantang ini, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan TikTok sebagai rumah mereka untuk berkreasi, tempat untuk menjalin kebersamaan dan dimana mereka bisa menjadi diri sendiri,” kata Vanessa Brown, Director of Business Development, TikTok SEA. “Karena itulah, kami sangat menyambut baik kemitraan ini. Kami senang bisa bekerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel, untuk menghadirkan pengalaman terbaik kepada masyarakat Indonesia dalam mengekspresikan kreativitas, serta menggunakan internet dengan lebih positif.”

Hal senada disampaikan oleh Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, “Literasi digital menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalani gaya hidup digital. Maka dari itu, Telkomsel merasa antusias dalam menjalani kemitraan dengan TikTok karena kami memiliki kesamaan visi dalam menjaga kebermanfaatan internet bagi masyarakat. Kolaborasi ini juga melanjutkan upaya sebelumnya dari Telkomsel melalui inisiatif Internet BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses dunia maya.”

Selain kolaborasi dengan TikTok, perhatian Telkomsel terhadap literasi keamanan siber di tengah masyarakat juga sudah diwujudkan melalui program Internet BAIK. Internet BAIK fokus melindungi pengguna internet, khususnya anak-anak dan remaja sebagai digital native, dari dampak negatif dunia maya. Sampai saat ini, Internet BAIK telah melakukan edukasi ke puluhan kota, ratusan sekolah, serta puluhan ribu murid, orang tua, dan guru.

“Peningkatan literasi digital membutuhkan upaya yang berkelanjutan. Dengan bermitra bersama Telkomsel, kami yakin dapat merangkul lebih banyak masyarakat untuk ikut memberdayakan diri menjadi warga digital yang bijak dalam mengekspresikan kreativitasnya di platform digital,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia.

Sejalan dengan Telkomsel, keamanan dan kenyamanan pengguna menjadi prioritas utama TikTok. Selain membekali pengguna dengan berbagai fitur keamanan, seperti akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung, TikTok juga mengadakan berbagai kerjasama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, antara lain tentang perundungan siber dan aman berinternet. (wan)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Amatil X Berinvestasi pada Start-Up Cloud Kitchen Yummy Corp

Amatil X Berinvestasi pada Start-Up Cloud Kitchen Yummy Corp


 

JAKARTA – Coca-Cola Amatil mengumumkan investasi terbaru platform modal ventura Amatil X kepada start-up Indonesia, Yummy Corp sebagai bagian dari penggalangan modal Seri B senilai 12 juta dollar AS.

Yummy Corp adalah perusahaan manajemen cloud kitchen terbesar di Indonesia. Perusahaan ini terus mengembangkan 70 jaringan dapur cloud kitchen dan telah melayani lebih dari 50 mitra merek makanan dan minuman di Jakarta, Bandung, dan Medan.

Cloud kitchen, yang juga seringkali disebut sebagai ghost kitchen, adalah restoran yang tidak menyediakan layanan makan di tempat atau takeaway kepada pelanggan. Layanan utamanya diberikan secara virtual dan bergantung pada aplikasi pengiriman makanan, situs web, atau panggilan telepon dari pelanggan untuk menghasilkan penjualan.

Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz mengatakan bahwa investasi Amatil X di Yummy Corp akan mendukung strategi bisnis Coca-Cola Amatil Indonesia yang lebih luas sebagai pemasok minuman terdepan di kanal pengiriman makanan yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

“Kebiasaan konsumen telah berubah dengan cepat sejak tindakan darurat diterapkan pada pertengahan Maret untuk memperlambat penyebaran COVID-19, hal ini mendorong peritel untuk memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan pelanggan.”

“Saat ini konsumen semakin beralih ke layanan pengiriman makanan dan minuman di Indonesia, mendorong pertumbuhan yang cepat dalam pasar ini,” ujar Kadir Gunduz.

Kadir Gunduz mengatakan dia pertama kali bertemu Yummy Corp pada Oktober tahun lalu dan terkesan dengan pertumbuhan perusahaan yang begitu cepat.

“Kami senang dapat mendukung Yummy Corp dalam meningkatkan skala bisnisnya dengan memanfaatkan setiap peluang di pasar,” katanya. “Dengan lebih seringnya konsumen mengakses makanan dan minuman secara online, tim kami akan bekerja sama untuk menyediakan minuman yang tepat dengan pesanan makanan konsumen.”

Yummy Corp merupakan investasi start-up ketiga dari Amatil X di Indonesia. Sebelumnya Amatil X telah melakukan investasi di pasar logistik pengiriman Indonesia Kargo Technologies, dan aplikasi B2B untuk ‘warung makan’ Wahyoo.

Kadir Gunduz mengatakan Coca-Cola Amatil Indonesia adalah perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terkemuka yang telah beroperasi di Indonesia sejak 1992. Perusahaan ini mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur dengan jaringan distribusi yang luas dan menjangkau seluruh pelosok negeri. Amatil Indonesia telah melakukan perjalanan transformasi digital sejak 2015, berinvestasi dalam sistem dan teknologi tercanggih untuk mendukung operasinya di seluruh negeri.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong perkembangan ekonomi digital. Start-up di Indonesia kini mengatur kecepatan inovasi, menjangkau populasi besar dan memasuki pasar baru. Kami percaya bekerja dengan mitra yang tepat akan membantu menciptakan banyak kemungkinan dan menangkap peluang pertumbuhan untuk masa depan,” ujar Kadir Gunduz.

Mario Suntanu, Pendiri dan CEO Yummy Corp, mengatakan peluang bagi dapur satelit di Asia Tenggara sangat besar mengingat populasinya yang tinggi, PDB per kapita yang kian meningkat, dan pasar pengiriman makanan yang populer.

“Indonesia adalah pasar pengiriman makanan terbesar di Asia Tenggara (lebih dari 50%) dan kini bertumbuh 35,2% setiap tahun. COVID telah mempercepat peningkatan bisnis cloud kitchen,  tumbuh 40% setiap bulannya,” katanya.

“Dengan putaran pembiayaan ini, kami akan fokus pada misi kami untuk berperan aktif membantu industri makanan dan minuman mengembangkan bisnis pengirimannya, terutama pada saat pandemi. Kami mengundang seluruh pengusaha makanan dan minuman, baik besar maupun kecil, untuk bermitra dengan kami, sehingga bersama-sama kita tidak hanya bertahan tetapi juga dapat berkembang pesat di masa pandemi ini.”

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan lebih erat dengan tim di Coca-Cola Amatil Indonesia dalam memperluas jasa kami ke seluruh Indonesia,” kata Suntanu. (mat)

 

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer