Connect with us

BUKITTINGGI

Terkait Medsos,Anggota DPRD Bukittibggi diminta Polres Bukittinggi untuk klarifikasi

Terkait Medsos,Anggota DPRD Bukittibggi diminta Polres Bukittinggi untuk klarifikasi


Terkait Medsos,Anggota DPRD Bukittibggi diminta Polres Bukittinggi untuk klarifikasiReviewed by Muhammad Aidilon.This Is Article AboutTerkait Medsos,Anggota DPRD Bukittibggi diminta Polres Bukittinggi untuk klarifikasiBukittinggi,Redaksi sumbar    0pini yang berkembang di masyarakat yang  muncul dari status akun media Facebook salah seorang anggota DPRD di Kota Bukittinggi yang dinilai keliru, dan dikhawatirkan bakal menimbulkan berbagai tanggapan dari berbagai pihak, Polres Bukittinggi akan meminta klarifikasi dari anggota dewan bersangkutan. Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana yang ditemui wartawan, Sabtu (12/5/2018) menjelaskan […]

Bukittinggi,Redaksi sumbar

   0pini yang berkembang di masyarakat yang  muncul dari status akun media Facebook salah seorang anggota DPRD di Kota Bukittinggi yang dinilai keliru, dan dikhawatirkan bakal menimbulkan berbagai tanggapan dari berbagai pihak, Polres Bukittinggi akan meminta klarifikasi dari anggota dewan bersangkutan.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana yang ditemui wartawan, Sabtu (12/5/2018) menjelaskan bahwa status Facebook yang ditulisnya itu menjadi viral setelah dibagikan oleh pemilik akun lainnya, baik itu di Facebook maupun via What’sApp, dan berhubungan dengan peristiwa yang serangan di Mako Brimob di Kelapa Dua beberapa waktu lalu.

“Dalam status akun Facebook yang diduga dari salah seorang anggota dewan dari fraksi PKS itu berinisial SE, tertulis “Mako Brimbob : Sebuah Tragedi atau Hanya Komedi”, apakah ini sebuah unsur kesengajaan atau akunnya di retas oleh orang tidak bertanggung jawab, inilah yang belum jelas bagaimana kondisi sebenarnya,” ulas Kapolres.

Terkait statusnya benar atau tidak ditulis anggota dewan bersangkutan itu Arly Jembar Jumhana, Polres Bukittinggi pada Jum’at 11 Mei 2018 kemaren, telah memberikan surat undangan pada Ketua DPRD Bukittinggi,dalam hal ini Polres Bukittinggi menunggu penjelasan dari anggota dewan itu sebagai bentuk klarifikasi, sambil didampingi pimpinan DPRD, “mengingat status ini sudah viral, sehingga ditemukan titik terang, karena sesuai kondisinya DPRD juga memiliki hubungan kerja dengan jajaran Polres Bukittinggi, sehingga silaturahmi hendaknya selalu terjaga dengan baik,” jelasnya.

Arly Jembar Jumhana menambahkan, upaya yang dilakukan terkait status anggota dewan ini, pihak Polres Bukittinggi telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan ketua DPRD, dan setelah komunikasi ini, sesuai rencana akan menghadirkan yang bersangkutan ke Mapolres Bukittinggi, pada Senin 14 Mei 2018 mendatang, sekitar pukul 10.00 WIB.

Intinya Polres Bukittinggi ingin menghadirkan anggota dewan bersangkutan, berbincang-bincang, bagaimana kondisi yang sebenarnya, maka dari itu Polres Bukittinggi berharap surat undangan yang telah diberikan pada Ketua DPRD ini dipenuhi, dan yang bersangkutan hadir untuk memberikan klarifikasi.

Arly Jembar Jumhana berharap, dengan adanya upaya untuk memberikan klarifikasi ini, kedepan tidak ada lagi masyarakat di dunia maya yang membuat status yang berkaitan dengan institusi Polri, karena apabila terjadi kesalahan akan memberikan persepsi negatif dari pengguna akun lainnya, apalagi dari anggota dewan yang notabene wakil masyarakat di legislatif. (Rud)

Topik: , ,





Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKITTINGGI

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat – siarminang.net

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Percakapan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di group internal ASN dilingkungan pemerintah kota (Pemkot) setempat, yang isinya menyentuh perasaan beredar luas di jejaring sosial.

Isi percakapan yang telah discreenshot didapatkan media ini, Selasa (20/4/2021), meminta perangkat pemerintahan terbawah agar menanyakan keadaan masyarakat, masih ada berasnya atau tidak, serta sudah makan atau belum.

Berikut kalimat dari pesan Erman Safar beredar yakni, Faktor ekonomi biasanya pak haji. Pelajaran untuk kita semua. Kalau iya karena miskin dia bunuh diri. Siap-siap untuk pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Selanjutnya, kalimat dari Erman Safar membuat yaitu, besok lurah dan camat, telusuri pemukiman miskin, pakai motor, tanya keadaan mereka. Tanya berasnya masih ada tidak. Tanya alah (sudah, red) makan atau belum. Jalankan besok.

Potongan kalimat tersebut sudah bisa diprasangkakan sebuah perintah. Rupanya Erman Safar membuat kalimat seperti itu terkait adanya seorang pria warga Bukittinggi diduga bunuh diri karena permasalahan rumah tangga.

Pria berinisial DB (48) itu, ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri dalam rumah, di Kelurahan Manggis Ganting, Kota Bukittinggi.

Korban bunuh diri diduga persoalan rumah tangga, diperkuat dari keterangan Kapolsek Bukittinggi, AKP Dedy Adriansyah Putra.

“Bahwa korban meninggal akibat bunuh diri diduga adanya permasalahan dengan istrinya,” kata Kapolsek ke wartawan pada, Senin (19/4/2021).

Pada isi percakapan Erman Safar selanjutnya, membuat kalimat berupa, Target awal makan se (saja, red) dulu. Jan ado nan ndak makan (Jangan ada yang tidak makan, red).

Kalau ada warga yang tidak makan, saya beri sanksi pada lurahnya. Ada Baznas, ada Dinsos, ada dana CSR, ada saya dan ada wawa. Pantau waga kita. Jangan mengharapkan info dari RT dan RW saja. Keliling foto kirim ke sini.

Demikian sepenggal kalimat Erman Safar di group internal ASN tersebut beredar. Bisa jadi wako Erman Safar mengeluarkan kalimat seperti itu, tujuannya tidak ada lagi kasus sama dikemudian hari lagi, makanya lurah sebagai garda terdepan diminta pantau warga, dengan jangan mengharapkan info dari RT dan RW saja.

Untuk diketahui, korban bunuh diri tersebut ditemukan pada Senin sore sekitar pukul 18.30 WIB. Ketika itu korban ditemukan tergantung di pintu kamar dengan menggunakan kabel sepanjang satu meter.

Kejadian dilaporkan ke polisi. Setelah diperiksa, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Namun dari handphone korban diketahui bahwa dia sempat pamit kepada istrinya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – siarminang.net

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu.

Pendaftaran dalam program BPUM tersebut, dibuka sampai 21 April 2021. Mereka yang memenuhi kriteria, akan mendapat bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp1.2 juta.

Demikian informasi yang diambil pada, Kamis (15/4/2021), di facebook Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, diposting sehari lalu.

Program BPUM ini diperuntukkan bagi usaha mikro, untuk lebih meningkatkan usaha mereka kembali.

Dengan adanya bantuan tersebut, akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha, akibat dari dampak covid-19 tersebut.

Sejak pandemi covid-19, telah berdampak dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah menyiapkan program BPUM, supaya mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah krisis yang diakibatkan pandemi covid-19.

Untuk pendaftaran BPUM, bisa melalui kelurahan dan kecamatan tempat tinggal masing-masing, dengan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Kriteria yang harus dipenuhi, belum pernah mengajukan BPUM tahun sebelumnya, warga negara Indonesia (WNI), mepunyai e-KTP, memiliki usaha mikro dengan bukti surat usulan dari pengusul beserta lampiran.

Selain itu, juga bukan sebagai ASN, TNI/ Polri, pegawai BUMN atau BUMD dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara untuk dokumen yang harus dipenuhi berupa, foto copy KTP, foto copy kartu keluarga (KK), foto copy NIB/ IUMK/ SKU dan foto tempat usaha. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan – siarminang.net

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di bulan Ramadhan 1442 H.

Demikian himbauan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam Surat Edaran No. 400/151//Kesra/2021, yang ditandatangani, Senin (12/4/2021).

SE tentang himbauan dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 H / 2021 M, memuat sebanyak sembilan point penting yang harus dipahami seluruh masyarakat Bukittinggi.

Pada point ke-sembilan, wako Erman Safar meminta agar menghentikan kegiatan hiburan di hotel, cafe, karaoke, warung internet, game online, play station pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih.

Sementara pada point ke-8, memuat agar masyarakat kota Bukittinggi mengendalikan diri dari segala perbuatan yang dilarang agama, adat dan peraturan perundangan-undangan dengan tidak, huruf a. membuka usaha makanan pada siang hari.

Huruf b. agar tidak menjual minuman keras dan bentuk lainnya, c. tidak memasang gambar, merek atau tulisan minuman keras yang melanggar kesopanan, adat istiadat dan norma agama.

Huruf d. tidak menjual dan membunyikan petasan/marcon, meriam bambu, kembang api dan sejenisnya, e. tidak melakukan balapan liar dan atau menggunakan kendaraan berknalpot suara keras dan huruf f. tidak berdua-duaan laki-laki dan perempuan atau berpacaran yang melanggar tatakarama, agama dan adat.

SE tersebut ditujukan kepada seluruh pengelola hotel/penginapan/ restoran/ cafe/ rumah makan, camat/ lurah se Kota Bukittinggi, RT dan RW se Kota Bukittinggi, pengelola rumah ibadah dan masyarakat Kota Bukittinggi.

Mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19, dalam SE pada point 7, membuat himbauan a. melaksanakan 3 M (memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan), b. menjaga kebersihan badan dan pakaian, c. menutup mulut dengan tissue/ sapu tangan saat bersin atau batuk, d. menghindari/ mengurangi kegiatan atau aktifitas di luar rumah dan e. membawa sajadah atau alat sujud pada saat sholat berjamaah di masjid atau mushalla.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang pernuh berkah dan maghfirah, dengan penuh rasa syukur kehadirat Allah SWT, dalam SE menghimbau masyarakat Kota Bukittinggi untuk menyantuni fakir miskin dan kaum dhuafa untuk menambah amal ibadah dan memperkokoh kesetiakawanan sosial. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer