Connect with us

Politik

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Bantu Kerugian Penabrak Mobil Dinas Yang Sedang Parkir – siarminang.net

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Bantu Kerugian Penabrak Mobil Dinas Yang Sedang Parkir – Beritasumbar.com

Tanah Datar,siarminang.net,-Malang tak dapek ditulak pepatah itu sering dilantunkan oleh masyarakat Minangkabau Sumatera Barat umumnya.

Beberapa waktu yang lalu, hal naas itu terjadi pada Saidani Wakil ketua DPRD Tanah Datar, niat hati ingin membeli buah dipinggir jalan pada selasa 24/11 lalu, tapi kejadian naas itu tak bisa dielakkan, saat mobil sedang terparkir tiba tiba saja ditabrak oleh sepeda motor dari arah belakang.

Menurut keterangannya kepada media Ketua DPD PKS Tanah datar itu membenarkan bahwa malam itu dirinya parkir dan keluar dari mobil untuk membeli sesuatu, tiba tiba mobil hitam ditabrak dari belakang oleh motor.

” kejadiannya kira jam 23.00, saya sedang membeli sesuatu, mobil diparkir dipinggir jalan, tiba tiba saja ditabrak dari arah belakang” ulasnya.

Sementara itu Kapolres Tanah datar melalui kasatlantas Iptu M Nashir membenarkan kejadian tersebut

” ya benar demikian, ada kecelakaan di dusun tuo Limo Kaum, tapi akan kita kembangkan dulu” tuturnya

Terkait dengan kerugian korban, saat dikonfirmasi media akan membantu pengobatannya semaksimal mungkin

” Terkait kerugian dan pengobatan korban, intinya kita akan bantu” tulisnya Via WA (Rezki)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan – siarminang.net

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.

Untuk mewujudkan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi objek wisata di Kota Payakumbuh terutama Goa Ngalau Indah dari pemalakan dan premanisme, Maharnis Zul berharap kepada pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh sebagai pihak pengelola objek wisata tersebut, untuk menghadirkan tenaga keamanan di objek wisata Ngalau Indah tersebut.

“Tapi jangan pula sampai terjadi nanti, pangar makan tanaman. Artinya, jangan petugas keamanan yang melakukan aksi tidak terpuji seperti pemalakan. Jika ada pengunjung melakukan kesalahan melanggar norma,cukup ditegur saja dan jangan sampai terjadi pula tindak pemalakan atau pemerasan,” harap Maharnis Zul.

Maharnis Zul juga menyatakan bahwa sekaitan adanya kebijakan Pemko Payakumbuh akan menyerahkan pengelolaan eks kantor Balaikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, untuk disulap menjadi hotel, meski sudah direkomendasikan DPRD. Namun sejauh ini masih ada komplain dari warga Balai Panjang terkait persoalan tanah yang stastus pinjam pakai.

“Pada prinsipnya, Komisi B DPRD Kota Payakumbuh memberikan dukungan adanya kebijakan Pemko akan menjadikan eks bangunan kantor Balaikota Bukik Sibaluik itu untuk hotel maupun kampus Perguruan Tinggi. Yang penting, jangan jadikan Kota Payakumbuh sebagai kota transit namun jadikanlah kota ini sebagai kota tujuan. Artinya, hadirkan hotel bintang tiga dengan fasilitas bintang lima. Sehingga dengan majunya daerah Kota Payakumbuh sebagai dawrah tujuan, akan berdampak kepada aspek ekonomi masyarakat dan tumbuh kembangnya UMKM dan industri rumah tangga,” ujar Maharnis Zul.

Pada kesempatan tersebut, Maharnis Zul juga menginformasikan kepada jajaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh bahwa, untuk melestarikan cagar budaya yang ada di Kota Payakumbuh, utamanya keberadaan Rumah Gadang yang ada di Empat Balai. Pihaknya sudah pernah melakukan koordinasi dengan Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif terkait bantuan dana untuk rehabisitasi terhadap rumah gadang tersebut.

Namun dari pihak kementrian diperoleh penjelasan bahwa dana bantuan untuk budaya di lembaga Kemenekraf tersebut minim, maka harapan untuk mendapatkan dana bantuan rumah gadang tersebut belum dapat diwujudkan.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Hamdi Agus yang ikut serta dalam kunjungan kerja Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh itu menyampaikan harapan agar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh terus menggali potensi wisata yang ada di Daerah ini. Meskipun kondisi daerah ini masih pandemi, kiranya perlu melakukan inovasi baru dengan menciptakan icon-icon baru seperti yang telah dilakukan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, dengan melakukan normalidasi Batang Agam.

“Kedepannya, Pemko sudah merencanakan akan melanjutkan pembangunan normalidasi Batang Agam mulai dari jembatan Balai Panjang sampai jembatan Tanjung Pauh. Jika pembangunan normalidasi Batang Agam tersebut sudah terealisasi, maka panjang jalan kiri dan kanan sepanjang aliran Batang Agam mencapai 24 kilomoter. Sedangkan lahan kosong disepanjang aliran Batang Agam sepanjang kawasan normalisasi akan diusulkan menjadi hutan kota. Dan tentunya, kehadiran Batang Agam akan menjadi objek wisata baru yang akan menjanjikan datangnya para wisatawan untuk berkunjung,” sebut Hamdi Agus.

Sedangkan anggota Komisi B, Yernita, berharap kepada jajaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh untuk menjadikan kota ini sebagai daetah tujuan.

“Upayakan Kota Payakumbuh menjadi kota prioritas di Sumbar sebagai daerah kunjungan,” pinta srikandi Partai Gerindra tersebut.

Pada kesempatan tatap muka dengan anggota Komisi B DPRD Kota Payakumbuh itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Desmon Corina didampingi para Kabid, Riswandi, Jebri Abdi, Delni Putra dan Doni Saputra, menyampaikan apresiasi kepada anggota Komisi B DPRD Kota Payakumbuh yang telah memberikan masukan, dorongan, saran dan kritikan kepada Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh untuk terus melakukan inovasi, agar dunia kepariwisataan dan kebudayaan daerah ini maju dan berkembang.

“Sarana dan prasarana pariwisata di Kota Payakumbuh terus ditingkatkan, baik kualitas maupun jumlahnhya. Namun demikian pengelolaan kolam renang Ngalau Indah masih ada kendala soal ketersedian air yang masih mengandalkan air milik PDAM. Disparpora Payakumbuh berharap, adanya kajian terkait sumber sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk kebefadaan kolam renang tersebut. Sejauh ini sumber air tersebut sudah ada di sekitar lokasi, namun perlu kajian izin pemakaian air tanah,” sebut Desmon Corina.

Desmon Corina juga mengungkapkan bahwa potensi wisata kuliner sangat berkembang di Kota Payakumbuh. Dengan potensi wisata kuliner tersebut diharapkan Kota Payakumbuh bukan lagi sebagai kota persinggahan tetapi akan menjadi kota kunjungan.

“Untuk mendukung pekembangan sektor parisiwata di daera ini, Disparpora Payakumbuh telah meningkatkan sektor wisata perkotaan seperti Payakumbuh Bugar, Batang Agam dan Pentas Seni di objek wisata serta iven-iven rutin. Kita berharap keberadaan pentas-pentas yang ada dimanfaatkan untuk tempat latihan atau mengisi kegiatan lainnya. Minimal 1 kali dalam sebulan. Tujuannya untuk menarik kunjungan,” ujarnya. (Relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil – siarminang.net

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net, — Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Selaku koordinator dari Komisi A, Wakil Ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura turun bersama 4 orang dari komisi A lainnya, yakni ketua komisi A Sri Joko Purwanto, wakil ketua Aprizal, sekretaris Zainir dan anggota komisi A Nasrul.

Kedatangan rombongan komisi A di kantor Disdukcapil kota Payakumbuh ditrima langsung kepala Disdukcapil Yunida Fatwa bersama jajaran di aula pertemuan kantor Disdukcapil kota Payakumbuh.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Disdukcapil Payakumbuh, Yunida Fatwa memaparkan sejumlah inovasi pelayanan terkait administrasi kependudukan yang sudah diterapkan.

Dimana inovasi pelayanan yang telah diterapkan oleh Disdukcapil Payakumbuh yakni Pelakor Tua dan Disabilits, Sini Kakek Seleb, Si Cece Urus Kakekku, Lansia Sekolah TK, Sore-UAS, Kuas 17, Belahan Jiwa, Lapau Dukcapil, Perform Braile, dan Moge Dukcapil.

Dari kesembilan inovasi yang dipaparkan oleh kepala Disdukcapil Yunida Fatwa, ketua komisi A Sri Joko Purwanto bersama koordinator komisi A Wulan Denura dan seluruh anggota komisi A yang hadir turut menyampaikan apresiasi atas hasil inovasi yang telah dilakukan Disdukcapil kota Payakumbuh.

“Kami sungguh sangat apresiasi atas inovasi yang telah diterbitkan Disdukcapil kota Payakumbuh. Karna dengan hadirnya inovasi ini tentu akan sangat membantu warga di kota Payakumbuh dalam kepengurusan administrasi kependudukannya”, ungkap Joko dengan semangat.

Lebih lanjut, setelah mendengarkan pemaparan tentang inovasi yang disampaikan oleh kepala Disdukcapil, ada salah satu inovasi yang menarik perhatian bagi Wulan Denura selaku koordinator komisi A. Wulan ingin mengetahui tentang lebih lanjut tentang inovasi Lansia Sekolah TK (Pelayanan Langsung Identitas Anak di Sekolah termasuk Akta).

Menurut Wulan yang merupakan Srikandi dari partai Gerindra itu jika untuk inovasi Lansia tersebut haruslah memiliki data yang akurat, dimana Disdukcapil harus mendata setiap siswa-siswi di kota Payakumbuh agar nanti para pelajar ini memiliki data yang valid dalam kepengurusan sekolah mereka, seperti saat para pelajar tersebut menerima beasiswa yang tentu memiliki sarat salah satunya memiliki data kependudukan yang valid”, ungkapnya.

Sementara itu, Aprizal yang merupakan wakil ketua komisi A turut ingin mengetahui lebih lanjut tentang program inovasi Moge Dukcapil (Motor Gerai Dukcapil). Ia mengatakan jika untuk inovasi Moge Dukcapil kota Payakumbuh merupakan satu-satunya di Indonesia, karna untuk di daerah lainnya telah menggunakan mobil untuk sarana pelayanan kelilingnya.

Menanggapi langsung dari pertanyaan Aprizal, kepala Disdukcapil kota Payakumbuh mengatakan jika saat ini untuk inovasi Moge Dukcapil sangat efektif, apalagi dimasa pandemi yang sedang terjadi. Dan nantinya kami akan melaksanakan program 1 minggu 1 kelurahan, yang mana setiap 1 minggu, Moge Dukcapil akan melakukan pelayanan keliling di 1 kelurahan untuk menghampiri warga langsung, dan ini akan mulai efektif berjalan pada bulan Februari besok”, ungkap Kadisdukcapil tersebut dengan semangat.

Selain dari koordinator dan wakil ketua komisi A, sekretaris komisi A Zainir dan anggota komisi A Nasrul kompak turut menyampaikan pendapat tentang kondisi sarana yang ada di Disdukcapil kota Payakumbuh.

Mereka berdua menyampaikan jika komisi A siap untuk menjalin kerjasama dengan Disdukcapil kota Payakumbuh. Hal itu disampaikan mereka karna melihat kondisi akses jalan menuju kantor Disdukcapil kota Payakumbuh yang sangat dibawah layak jalur akses bagi kantor yang menjadi tujuan warga dalam mengurus data administrasinya.

“Sebagai kantor pelayanan, tentu untuk akses jalan kesini haruslah bagus dan lancar, sehingga tidak membuat warga merasa kurang nyaman dengan akses kantor ini. Akan tetapi, melihat kondisi akses jalan saat ini, tentu ini jauh dibawah standar kelayakan untuk sebuah jalan menuju kantor pelayanan masyarakat. Dan menanggapi hal ini, kami dari komisi A siap untuk melakukan kerjasama untuk peningkatan kantor Disdukcapil kota Payakumbuh yang lebih baik lagi”, tukas Zainir sekretaris komisi A DPRD kota Payakumbuh.

Setelah selesai melakukan pertemuan, kepala Disdukcapil Yunida Fatwa membawa rombongan komisi A untuk berkeliling kantor Disdukcapil melihat langsung sarana pelayanan dan gudang arsip data yang telah tersedia di gedung kantor Disdukcapil kota Payakumbuh.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran – siarminang.net

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,– Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Kedatangan Wal Asri di dampingi Kepala UPTD Sentra Rendang Novid Ardy dan beberapa orang staf disambut langsung kepala pesantren cahaya islam Ustadz Arnol ini adalah dalam rangka menyambung tali silaturahmi sesama umat dan juga menyalurkan bantuan yang telah terkumpul oleh pegawai Disnakerperin selama beberapa hari ini.

Bertempat di aula tepatnya di dekat sisa bangunan asrama putri yang terbakar pada Sabtu (16/1) dini hari lalu itu, Wal Asri bercengkrama dengan Ustadz Arnol, banyak hal yang mereka ceritakan, dari awal sampai akhir. Sehingga sampailah pada waktunya bantuan yang dibawa berupa bantuan dana yang diserahkan kepada Ustad Arnol.

Acara penyerahan berlangsung hikmat penuh haru, Ustadz Arnol mewakili yayasan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh.

“Semoga Allah SWT mencurahkan pahala yang berlipat ganda teruntuk bapak/ibu semua,” ujarnya.

Disnakerperin beberapa hari ini membuka kotak donasi peduli, ulas kadis Wal Asri, setiap pagi setelah apel tanpa diperintah, salah seorang staf sudah tahu apa yang akan dilakukan seperti mengambil kotak infak di dalam ruangan, setelah itu dijalankan ke setiap pegawai yang berada di lingkungan dinas, dan itu sudah menjadi kebiasaan di dinas.

“Menebar kebaikan menjadi kewajiban bagi tiap manusia dan perlu dipelihara sejak dini, dengan kebaikan, manusia bisa saling berbagi kebahagiaan dan memberi banyak manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Seperti kutipan hadits ini. ‘Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik’ {QS. Al-Baqarah: 195}, ini saya sampaikan saat khutbah tujuh menit dalam apel pagi dinas beberapa waktu lalu,” terang Wal Asri. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer