Connect with us

Politik

Warga Trans Sijunjung Dapat Pelatihan Pertanian Produktif – siarminang.net

Warga Trans Sijunjung Dapat Pelatihan Pertanian Produktif – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net,-Tak ada orang lain yang akan merubah nasib kita, kecuali dari dalam diri kita sendiri. Demikian kalimat yang menyentuhkan disampaikan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dihadapan peserta Pelatihan Pengelolaan Budidaya Jahe Merah, Serei Wangi dan Pinang di lokasi UPT Padang Tarok SP.1, kata Kadis Nakertrans Kabupaten Sijunjung Adlis ST, di Muaro Rabu (2/12).

Bupati berharap kepada masyarakat Sijunjung khusus warga transmigrasi untuk selalu memanfaatkan potensi yang ada didaerah masing masing-masing untuk peningkatan ekonomi keluarga.
Kalau kita memiliki lahan tidur supaya ditanami dengan tanaman bisa memiliki nilai jual yang bagus di pasaran seperti jahe merah, serai wangi dan pinang.

Ketiga komoditi ini sangat bagus peminat dan pemasarannya. Untuk itu masyarakat supaya bisa membaca pangsa pasar ini secara baik.Kalau masyarakat sudah memiliki semua ini, dengan sendirinya ekonomi keluarga akan membaik, demikian harapan bupati, jelas Adlis.

Dengan narasumber Balai acara pelatihan ini dilaksanakan selama 4 ( empat) hari dengan 2 angkatan.masing-masing angkatan sebanyak 50 ( lima puluh) orang. Sebagai nara sumber Penyuluh Pertanian Kecamatan Kamang Baru.

Peserta pelatihan terdiri dari warga Transmigran, pemuka masyarakat, pengurus organisasi, dan PKK.
Adapun tujuan acara pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan SDM warga transmigrasi sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan pendapatan warga transmigrasi untuk menuju tranmigrasi yg mandiri. Pada kesempatan itu bupati Sijunjung juga memberikan bantuan serta penebaran benih ikan nila di kolam warga. Acara ini djuga dihadiri beberapa Kepala OPD Kab Sijunjung , Camat Kamang Baru, Wali Nagari, Pemuka Mayakat dan Ninik Mamak Nagari Padang Tarok, tambah Adlis.( alim)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Limapuluh Kota

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan – siarminang.net

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Sampai seputaran flay over kelok sembilan mobil tidak terkendali. Diduga akibat sopir mengantuk. Truk masuk ke dalam jurang yang memiliki kedalaman lebih kurang 100 meter.

Setelah masuk jurang dump truk tersebut terbakar. Akibatnya hampir seluruh truk hangus terbakar. Dalam kejadian tersebut sopir truk berhasil keluar dari dalam truck dan selamat.

Melihat ada kejadian kecelakaan tersebut,masyarakat yang berada di lokasi lansung menghubungi Pihak Polres 50 Kota. Mendapat laporan warga personil Polres 50 Kota yang piket lansung menuju TKP untuk melakukan evakuasi korban dan pengaturan arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polres 50 Kota AKP Mazwanda, SH lansung turun bersama anggota ke lokasi kejadian bersama Damkar dan Basarnas Kabupaten Lima Puluh Kota untuk memadamkan api yang membakar dan mengevakuasi Korban.

Adapun identias Korban yaitu Rahmad Alfarabi, Padang/2 Juni 1980 (40 tahun), Minang, Sopir, Jr. Bulakan Nag. Tanjung Gadang Kec. Lareh Sago Halaban Kab. Lima Puluh Kota,

Selanjutnya pukul 03.15 WIB sopir truk berhasil dievakuasi oleh tim Polres 50 Kota, Damkar dan Basarnas Kab. Lima Puluh Kota. Medan yang terjal membuat tim sedikit sulit untuk mengevakuasi korban dari dasar jurang. Setelah dievakuasi Korban dirujuk ke RSUD Adnan WD Kota Payakumbuh karena mengalami beberapa luka di badan.(Humas Polres 50 Kota)



Sumber

Baca Selengkapnya

Pariaman

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok – siarminang.net

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok – Beritasumbar.com

Pariaman,siarminang.net,-Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok.
Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Ketua Umum PC IMM Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman Ranggi Armayadi mengatakan, bahwa akhir-akhir ini banyak bencana yang menimpa di daerah Indonesia.
Salah satu diantaranya Banjir di wilayah Kota dan Kabupaten Solok Sumatra Barat,beberapa waktu lalu,yang mengakibatkan merendam ratusan rumah warga dan fasilitas umum lainnya.

Menanggapi kejadian musibah banjir itu, dengan tajuk IMM Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman Peduli Banjir Solok dengan turun kejalan mengetuk pintu kepedulian dan membuka kesempatan kepada masyarakat pengguna jalan untuk mengulurkan tangan membantu meringankan para korban banjir tersebut.

“Aksi sosial kemanusiaan dan solidaritas ini dilakukan selama 2 hari dibeberapa titik di kota Pariaman dan Objek wisata Pantai.

Lebih lanjut Ranggi Armayadi menuturkan saya mewakili PC IMM Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman menyampaikan ucapan terima kasih kepada kader IMM Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman dari semua komisariat yang telah berpartisipasi”
kata Ranggi Armayadi

“Hari ini kita turun ke jalan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial.
Demi mengimplementasikan nilai-nilai humanitas yang menjadi ciri kader IMM.”
Jelas ranggi

Beberapa kader IMM yang ikut berpatisipasi yaitu Afdhal, Rendi Jultra Handika, Nova Novita, Ririn Wahyuni, Rida Sita Dewi, Imelia, Nadia Azahra, Siti Farhatul Husna, Farhan Maulana, Riki Efendi, Sherly Sinta Dewi, Aburahman Sayuti, Fransiska Riana, Arozak Prasetya, Anggraini Puspa Wardani, Suci Fitria Erni, Dian Laras Fitriani dan Bima Putra selaku konseptornya.

Sementara itu hasil penggalangan dana sebanyak Rp 3.200.000,- berbentuk paket sembako dan baju layak pakai sebanyak 8 pack tersebut telah diserahkan langsung kepada korban banjir Solok,melalui pendistribusian ke Pengurus PC IMM Solok di sekretariat pimpinan daerah Aisyiyah Kabupaten Solok, Pada hari Rabu 20 Januari 2021, pungkasnya. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Politik

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling – siarminang.net

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling – Beritasumbar.com

Sijunjung, Berita Sumbar–Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).

Karena kantor Samsat Sijunjung yang letaknya di pusat kota Muaro, sangat jauh ditempuh oleh masyarakat yang berada di kecamatan Kamang Baru, Kecamatan Sumpur Kudus mencapai 50 kilometer lebih, maka perlu kita lakukan jemput bola dengan memanfaatkan mobil samsat keliling kita miliki, jelas Masri.

UPTD Samsat Sijunjung sejak mendapat bantuan mobil Samsat Keliling dari Pemkab Ranah Lansek Manih, sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak kendaraannya.

Dengan jarak tempuh 50 kilometer lebih, memerlukan biaya ekstra bagi wajib pajak.pertama biaya kendaraan dan biaya komsumsi .eteka dalam perjalan. Kedua, dari segi waktu akan menghabiskan hari kerja masyarakat selama satu hari.

Dengan telah kita buat jadwal pelayanan untuk beberapa lokasi di kecamatan Kamang Baru dan Kecamatan Sumpur Kudus, kecamatan Lubuk Tarok yang bersamaan dengan hari pasar nagari setempat, mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraannya.kata Masri.
Malahan banyak masyarakat yang menundah pembayaran pajak kendaraan untuk beberapa hari sampai datang jadwal Samsat Keliling dari pada datang ke Muaro.Karena akan mengeluarkan biaya lebih dari pada membayar denda keterlambatan pembayaran pajak, demikian keterangan yang disampaikan masyarakat selama ini, tambah Masri.

Samsat Sijunjung berterima kasih sekali kepada Pemerintah Kabupaten Sijunjung yabg telah membantu kendaraan operasional untuk Samsat Keliling.karena satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat yang mendapat kendaraan Samsat keliling ini.Untuk itu kita manfaatkan semaksimal mungkin, tekad Masri.

Adapun jadwal samsat keliling itu untuk kecamatan Sumpur Kudus hari Selasa, kecamatan Lubuk Tarok hari Rabu dan kecamatan Kamang Baru ada 3 ( Tiga) tempat hari Kamis di Kunangan Parit Rantang, Senen di Sungai Betung dan Selasa di kawasan ekstransmigrasi di Jorong Timpeh IV.Selama ini kehadiran Samsat keliling mendapat respon positif dari masyarakat dan menambah minat mereka untuk membayar kewajiban, kata Masri.( alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer