Connect with us

Payakumbuh

Bersama Gubernur, Wako Riza Falepi Kukukan Pengurus Cabang INKANAS Kota Payakumbuh Masa Bakti 2020-2024 – siarminang.net

Bersama Gubernur, Wako Riza Falepi Kukukan Pengurus Cabang INKANAS Kota Payakumbuh Masa Bakti 2020-2024 – Beritasumbar.com

Payakumbuh — Wali Kota Riza Falepi bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengukuhkan Pengurus Cabang (Pengcab) Institut Karate-Do Nasional (INKANAS) Kota Payakumbuh masa bakti 2020-2024 di Aula SMKN 2 Payakumbuh, Minggu (27/9).

Sensei Irwan Prayitno merupakan Karateka yang pernah mengikuti ujian teknik Dan 6 yang diuji langsung majelis dewan guru (MDG) dan majelis tinggi dewan guru (MTDG) PB INKANAS Pusat, sama dengan Gubernur terdahulu Gamawan Fauzi. Saat ini, Irwan Prayitno dipercaya sebagai Ketua Pengurus Daerah (Pengda) INKANAS Sumbar Periode 2016-2020.

“Pengukuhan Pengcab Padang Pariaman juga telah dilaksanakan di Rumah Dinas Gubernur, secara sederhana mengingat pendemi Covid-19,” kata Irwan Prayitno.

Didampingi Sekretaris Pengda INKANAS Sumbar L. Siregar dan Ketua MSA Pengda INKANAS Provinsi Sumatera Barat Efriadi Sikumbang, dilaksanakan penyerahan Pataka dan pembacaan SK Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh dihadapan Karateka se Kota Payakumbuh dan Pengcab kota/kabupaten lainnya di Provinsi Sumbar.

Dua Karateka Payakumbuh Fadilla Rahmi dan Iklimatul Aimi merupakan perwakilan dari INKANAS yang berhasil mewakili Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Sumbar ikut dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2021 di Provinsi Papua bersama 6 atlet lainnya.

Seterusnya, ada Milioner dan Rama dari INKANAS Kabupaten Solok, serta Yayuk dari INKANAS Kota Padang, mereka dilatih oleh Pengda INKANAS Sumbar Senpai Zeli Arianto.

Pembinaan yang dilakukan di tingkat kota/kabupaten hingga provinsi ini mengantarkan Karateka di Sumbar menjadi juara di tingkat nasional, bahkan internasional. Dinilai Gubernur sebagai berkat dari kerja keras seluruh pengurus, sehingga membuahkan hasil yang nyata, dan progresnya jelas.

“Ini berkat latihan secara komprehensif dan tidak malas-malasan, ada latihan rutin membangun disiplin serta keahlian Karateka kita secara teratur dan tertib, insyaallah janji Allah itu nyata, kata kuncinya rajin latihan sesuai jadwal dan patuh serta taat kepada pelatih,” ungkap Irwan.

Dengan adanya dua Karateka INKANAS Payakumbuh yang mewakili Sumbar ini ke ajang lomba yang lebih tinggi. Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi tinggi atas pembinaan itu. Karateka dinilai sebagai aset yang harus dijaga dan terus dibina.

“Prestasi yang ditorehkan semoga dapat memicu Pengcab lain untuk harus lebih rajin dan memantapkan Karateka mereka. Perhatian pengurus dan sinergi dengan pemerintah daerahnya sangat diperlukan juga untuk memacu bibit-bibit unggul yang akan mengharumkan nama daerah,” kata Gubernur Irwan.

Wali Kota Riza Falepi mengucapkan selamat kepada Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh yang baru saja di lantik. Riza juga selalu mendukung pembinaan atlet olahraga termasuk keberadaan atlet INKANAS melalui penganggaran di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga lewat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh.

“Tertumpang harapan agar Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh terus meningkatkan pelatihan-pelatihan dan pemantapan kepada calon bibit Karateka yang akan dibina dan direkrut di masa yang akan datang,” harap Riza senada dengan Gubernur.

“Capaian atlet-atlet kita meraih juara membuat kita bangga sekali, namun kita tentu mengharapkan prestasi yang lebih banyak lagi,” tambah Riza.

Mendukung itu, Riza juga sedang membangun Gedung Olah Raga (GOR) Type B untuk kebutuhan Olahraga dalam ruangan yang sudah berstandar nasional melalui dana alokasi khusus (DAK) di kawasan Batang Agam, tepatnya Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat. Selain itu Riza juga mengebut pembuatan Area Olahraga Terbuka di Kawasan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.

“Mudah-mudahan seluruh sarana penunjang aktifitas olahraga masyarakat di Kota Payakumbuh yang kita bangun ini dapat memberikan kontribusi nyata guna memfasitasi atlet-atlet kita, serta menjadi sarana menuju masyarakat yang hidup sehat rajin berolah raga,” harap Riza.

Dalam sepatah katanya, Ketua Umum Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh Hamdi Agus didampingi Ketua Harian Sensei Eri Danus serta Ketua MSA Muhammad Al Rego menyampaikan ucapan terimakasih atas mandat dan kepercayaan yang telah diberikan Pengda INKANAS Sumbar kepada dirinya dan pengurus.

“Mewakili seluruh pengurus, kita sampaikan apresiasi kepada gubernur dan wali kota, serta dukungan pengurus Pengcab dan Pengda INKANAS se Sumatera Barat, kita berharap dengan diberikan amanah ini dapat terus meningkatkan prestasi dan banyak melahirkan Karateka hebat untuk dapat terus bersaing di kancah nasional maupun internasional,” kata Hamdi Agus yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Ketua Panitia Zul Hendra dan Sekretaris Dwina Susanti melaporkan kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Pengcab INKANAS se Sumatera Barat karena mengingat tidak boleh terlalu ramai dan berdesakan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kita juga sampaikan apresiasi kepada Kepala SMKN 2 Payakumbuh Dalius yang turut hadir dan membantu menfasilitasi keguatan kita ini,” kata Zul Hendra. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Payakumbuh

3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15 – siarminang.net

3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15 – Beritasumbar.com

Payakumbuh ,siarminang.net,- Prestasi luar biasa ditorehkan oleh 3 orang siswa SMPN 1 Payakumbuh berhasil masuk seleksi Timnas Pelajar U-15 setelah mengikuti Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Nasional 2020.

Putra Arrafi siswa kelas 9.3 dengan posisi Center Back, lalu Gala Pagamo siswa kelas 8.8 dengna posisi Gelandang Serang, Caisar Dzaki Putra Adwinaris siswa kelas 9.5 dengan posisi Kiper.

Mereka mendapatkan kesempatan emas dengan diseleksi langsung oleh Indra Syafri, pelatih Timnas sebagai talent scoutingnya.

Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra saat ditemui media di sekolahnya, Senin (30/11) didampingi guru olahraga sebagai pembimbing siswa, Ivan Dermawan, Isna Deriati, Yulfero, Hadi Zondri menyampaikan ucapan terimakasih pada tim pelatih, terutama menejer SMPN 1 Payakumbuh. Menurutnya prestasi ini tak lepas dari dukungan setiap pihak yang bekerja keras membimbing anak.

“Awalnya ada 5 orang siswa SMPN 1 Payakumbuh ikut seleksi GSI di tingkat provinsi, lalu lulus 4 orang siswa dari 5 siswa yang mewakili Sumbar. Alhamdulillah di tingkat nasional terpilih 3 orang siswa kita masuk ke seleksi 30 besar timnas pelajar U-15,” terang Defi.

Putra Arrafi juga terpilih menjadi pemain belakang terbaik dari seluruh peserta GSI.

Defi juga ditanya, bagaimana dukungan sekolah, dirinya menjelaskan dukungan kepada siswa yang mengharumkan nama sekolah itu dengan diberikan uang saku jelang ke Jakarta, administrasi yang diuruskan sekolah, sampai keberangkatan siswa ke Jakarta diuruskan oleh sekolah ke dinas pendidikan.

“Karena pandemi, guru pembimbing tidak dapat mendampingi siswa ke Jakarta, hanya pelatihnya saja yang mendampingi anak di Jakarta, kita berharap anak kita mampu menunjukkan skill individunya dengan baik di depan pelatih Indra Syafri dan kawan-kawan,” kata Defi. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

dprd kota payakumbuh

Terkait Bocornya Tanki Penyimpanan BBM SPBU Parit Rantang, ini Komentar Hamdi Agus – siarminang.net

Terkait Bocornya Tanki Penyimpanan BBM SPBU Parit Rantang, ini Komentar Hamdi Agus – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net, – Terkait Tumpahnya atau diduga ada kebocoran bahan bakar minyak (BBM) SPBU di drainase Kelurahan Parik Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Sabtu (28/11). Hingga memicu kebakaran di drainase sepanjang 1 KM dan membuat masyarakat di sekitar Jalan Padang itu cemas, orang nomor tiga di Kota Payakumbuh angkat bicara.

Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, ST menghimbau agar masyarakat tenang dalam menghadapinya dan menyerahkan kepada stakeholder terkait untuk menyelesaikan tugasnya.

”Pertama sekali kita minta masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan terutama di daerah yang sudah tercemari. Pihak BPBD dan Pol PP Damkar sudah standby, dan aparat kepolisian sudah memasang garis polisi disekitar area,” ujar Hamdi Agus kepada media.

Berkaitan dengan pihak SPBU, Hamdi meminta tanggung jawab penuh atas terjadinya kebocoran itu, karena menyangkut keselamatan dan menjadi pelajaran juga bagi SPBU lainnya.

“Selanjutnya kejadian ini kita serahkan pada pihak-pihak yang berwenang untuk melakukan tindakan. Dan kami DPRD akan selalu memantau dan mengawasi proses penanganannya,” imbuh Hamdi Agus. 

Sementara itu, dari informasi, media masih memantau kondisi terkini di sekitar lokasi, pihak damkar telah melakukan pembersihan dengan menyemprot dengan air dicampur deterjen. Dan Dinas Lingkungan Hidup telah mengambil sampel air, untuk mengukur ketercemaran air akibat kebocoran itu.

“Kita berharap jangan ada terjadi hal serupa di SPBU lain, masyarakat tentu bakalan cemas,” kata Hamdi. (Relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

dprd kota payakumbuh

Batal Pembangunan Masjid Agung, DPRD Dukung Pemko Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi – siarminang.net

Batal Pembangunan Masjid Agung, DPRD Dukung Pemko Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,– Pembangunan Gedung Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh pada tahun 2021 mendatang dibatalkan. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Hamdi Agus dalam Rapat Paripurna Pembatalan Nota Kesepakatan antara Pemko Payakumbuh dengan DPRD Kota Payakumbuh tentang Pelaksanaan Sub Kegiatan Tahun Jamak Pembangunan Gedung Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh, Jumat (27/11).

Maksud dan tujuan Nota Kesepakatan ini adalah sebagai dasar untuk melakukan pembatalan pekerjaan Pembangunan Bangunan Utama Masjid Agung Payakumbuh dengan tahun jamak pada sub kegiatan Perencanaan, Pembangunan, Pengawasan dan Pemanfaatan, Rehabilitasi, Renovasi, Ubahsuai, serta Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana tertuang dalam Nota Kesepakatan Nomor 31/NK/WK-PYK/2020 dan Nomor 14/NK-DPRD/PYK/2020 tanggal 5 Agustus 2020 tentang Pelaksanaan Sub Kegiatan Tahun Jamak Pembangunan Bangunan Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh.

“Pembatalan Nota Kesepakatan tentang Pelaksanaan Sub Kegiatan Tahun Jamak Pembangunan Bangunan Utama Mesjid Agung Kota Payakumbuh karena berkurangnya pendapatan daerah baik PAD maupun TKDD, sebagai akibat dari bencana non alam yang mempengaruhi struktur keuangan secara nasional, regional maupun lokal sehingga alokasi untuk pembangunan masjid tidak dapat dipenuhi pasca refocusing RAPBD,” begitulah yang disampaikan Hamdi dalam rapat itu.

Hamdi juga menerangkan, kondisi keuangan Kota Payakumbuh defisit anggaran sebanyak Rp. 100 miliar lebih pada tahun 2021, artinya harus dilakukan refokusing. Dewan meminta wali kota untuk melakukan program pemulihan ekonomi, karena diniliai lebih efektif. Pandemi Covid-19 benar-benar memberi pukulan telak kepada dana transfer daerah dan pendapatan asli daerah.

“Saat ini biarlah pembebasan lahan dan urusan administrasi lainnya saja diselesaikan dahulu, bangunan utamanya insyallah kalau kondisi keuangan baik, dilanjutkan pada tahun selanjutnya,” papar Hamdi didampingi Edward DF. (Relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer