Connect with us

Ekonomi

FFI Bangun Kolaborasi, Tingkatkan Peran Peternak Sapi Perah untuk Jaga Ketahanan dan Keamanan Pangan

FFI Bangun Kolaborasi, Tingkatkan Peran Peternak Sapi Perah untuk Jaga Ketahanan dan Keamanan Pangan


JAKARTA – Dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober, hari ini perusahaan produk susu bernutrisi PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menggelar webinar bersama Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) dan para pakar peternakan.

Kegiatan webinar ini ditujukan untuk meningkatkan pemberdayaan peternak sapi perah Indonesia dalam mencapai tujuan bersama, yaitu menjaga ketahanan dan keamanan pangan terutama di masa pandemi. Selaras dengan tema ‘Food Safety, Everyone’s Business’ yang diusung Organisasi Pangan dan Pertanian dunia (FAO) pada peringatan Hari Pangan Sedunia 2020, FFI dan GKSI mengangkat peran peternak sapi perah dalam memastikan keamanan pangan untuk Indonesia. FFI dan GKSI juga meyakini bahwa keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama dan setiap pihak memiliki peran untuk memastikan makanan yang dikonsumsi masyarakat memenuhi kriteria-kriteria keamanan dan kesehatan.

Webinar ‘Peranan Peternak Sapi Perah Indonesia dalam Menjaga Ketahanan dan Keamanan Pangan, Terutama di Masa Pandemi’ yang digelar mulai pukul 09.00 WIB menghadirkan pembicara para pakar peternakan dari Kementerian Pertanian, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Gadjah Mada. Diskusi berlangsung menekankan pentingnya kerjasama dengan mitra koperasi untuk meningkatkan pemberdayaan peternak sapi perah lokal dan pengetahuan tentang peternakan berkelanjutan untuk kemajuan industri susu sapi segar di Indonesia.
Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro dalam sambutan pada pembuka webinar hari ini menyampaikan harapannya atas kerjasama dengan koperasi peternak sapi perah.

Sejak tahun 1996, melalui program Dairy Development Program (DDP), FFI telah berbagi pengalaman tentang peternakan berkelanjutan yang mengutamakan keamanan dan kesehatan pangan, yang dapat digunakan untuk memastikan ketahanan dan keamanan pangan khususnya susu segar terutama di masa pandemi seperti saat ini.
Andrew juga menyampaikan apresiasi perusahaan atas dukungan Kementerian Pertanian, GKSI, mitra koperasi dan peternak dalam keberhasilan program pemberdayaan peternak sapi perah Indonesia. “Keahlian peternak Belanda memberikan pengalaman hampir 150 tahun mengelola peternakan sapi perah yang berkelanjutan. Kunci utama keberhasilan adalah kolaborasi yang kuat dan konsisten, semoga bersama – sama kita dapat terus memberikan manfaat kebaikan susu bagi seluruh keluarga Indonesia,” pungkasnya.

Terbantu oleh FFI
Senada dengan Andrew, Ketua Gabungan Susu Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi juga menyampaikan harapannya terhadap kerjasama peternak dengan swasta. “Kerjasama antara berbagai koperasi susu dan PT Frisian Flag Indonesia telah banyak membantu kami mendukung pemenuhan kebutuhan konsumsi susu segar di Indonesia,” ujarnya.

Pemberdayaan peternak sapi perah lokal yang disampaikan FFI telah meningkatkan kualitas peternakan dan berdampak positif terhadap produktivitas dan pengembangan usaha. “Kami dapat berbagi tentang tantangan mengelola ternak sapi perah dan mendapat banyak pembelajaran untuk mengatasinya. Semangat kemitraan ini sangat positif dan memberi manfaat nyata bagi kesejahteraan anggota koperasi kami. Tidak hanya peningkatan produktivitas dan kualitas susu segar, kemitraan ini juga meningkatkan kualitas sumber daya para peternak,” ulasnya.

Kerjasama yang baik antara perusahaan dan peternak juga mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian dan dinilai menjadi salah satu kunci keberhasilan pengembangan industri susu segar di tanah air. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc., mengungkapkan pentingnya kerjasama untuk menjaga ketahanan dan keamanan pangan di Indonesia, khususnya di tengah pandemi.

“Kemampuan kita untuk memenuhi kebutuhan susu segar secara mandiri akan sangat dibutuhkan terutama di masa pandemi. Hal penting yang harus kita lakukan di saat pandemi adalah menjaga ketersediaan secara mandiri sumber protein – terbanyak berasal dari hewan, seperti telur, daging dan susu – yang dibutuhkan masyarakat sebagai salah satu asupan bergizi untuk meningkatkan dan menjaga imunitas diri. Pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak untuk memastikan keseimbangan produksi serapan serta mewujudkan ketahanan dan keamanan pangan. Setiap anggota masyarakat punya perannya masing – masing, peran yang berbeda namun sama pentingnya. Program kemitraan antara FFI dan koperasi adalah contoh yang baik dalam menggalang kerjasama untuk kebaikan Indonesia. Bersama kita wujudkan keamanan dan ketahanan pangan dan menjamin ketersediaan pangan yang aman, sehat dan bergizi untuk masyarakat Indonesia.”

Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB, Dr. Epi Taufik, S.Pt., MVPH., MSi., “Manajemen peternakan sapi perah Indonesia terutama dalam memenuhi ketahanan pangan harus terus ditingkatkan agar tidak kalah dengan negara – negara lain. Edukasi, inovasi, dan kerjasama antara pemerintah-akademisi-peternak-perusahaan dalam mewujudkan peternakan sapi perah yang modern, berkualitas, dan berkelanjutan, harus kita lakukan untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas. IPB terus berinovasi di bidang peternakan dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk berikan solusi peternakan yang maju dan berkelanjutan.”

Sementara itu, Pakar Pakan Ruminansia sekaligus Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN.Eng, menekankan pentingnya pengelolaan pakan dan kesehatan ternak sebagai kunci keamanan pangan. “Peternakan yang mengutamakan prinsip keamanan dan kesehatan menjadi sumber pangan berkualitas yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Kesadaran menyediakan pangan aman harus dimulai dari hulu dan seyogyanya menjadi sebuah standar operasi dalam mengelola peternakan, dan dimulai dari pakan. Pakan tidak hanya aspek jumlahnya tetapi juga mutu dan keamanannya bagi kesehatan ternak dan produk hasil ternak seperti susu segar dan hasil olahannya, yang nantinya aman di konsumsi oleh masyarakat.”

Webinar ‘Peranan Peternak Sapi Perah Indonesia dalam Menjaga Ketahanan dan Keamanan Pangan, Terutama di Masa Pandemi’ berlangsung hingga pukul 12.30 WIB diikuti ratusan orang peserta, terdiri dari akademisi, mahasiswa, pelajar, mitra peternak sapi perah dan perwakilan koperasi dari berbagai daerah serta pemangku kepentingan lainnya. (yuni)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Ekonomi

CIMB Niaga Syariah Permudah Pembayaran Zakat melalui OCTO Mobile –

CIMB Niaga Syariah Permudah Pembayaran Zakat melalui OCTO Mobile


JAKARTA – Aplikasi perbankan digital kini tak hanya dapat digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan transaksi perbankan, melainkan juga bisa memfasilitasi pembayaran donasi seperti zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Perbankan pun terus mengembangkan layanan tersebut agar nasabah semakin mudah dalam berbagi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Salah satunya, Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) yang terus mengoptimalkan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk membantu nasabah dalam menyalurkan ZIS melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang terpercaya.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, pada bulan suci Ramadan CIMB Niaga Syariah mengajak masyarakat untuk memperbanyak amal kebaikan dan berbagi berkah kepada sesama. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan menyediakan layanan pembayaran ZIS yang praktis dan mudah bagi para donatur.

“Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi Syariah, kami memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam membayar ZIS lewat OCTO Mobile. Cukup menggunakan ponsel di genggaman tangan, pembayaran donasi bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja sehingga lebih sehat dan aman dalam situasi saat ini,” kata Pandji di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Bagi masyarakat yang ingin membayarkan ZIS melalui OCTO Mobile dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, login ke aplikasi OCTO Mobile dan pilih menu Pembayaran Tagihan. Kedua, pilih Zakat dan Kebajikan. Ketiga, lengkapi detil termasuk nama yayasan/lembaga, jenis donasi, serta nominal donasi. Terakhir, selesaikan dengan konfirmasi PIN OCTO Mobile.

Untuk pembayaran donasi tersebut, nasabah bisa menggunakan beragam sumber dana seperti Rekening Tabungan, Rekening Ponsel, maupun Poin Xtra. Selain itu, waktu pembayaran donasi juga dapat diatur sesuai keinginan nasabah, baik sekarang, sesuai tanggal, maupun berulang (terjadwal). Dengan waktu transaksi yang dapat ditentukan, OCTO Mobile bisa membantu nasabah untuk melakukan amal secara rutin.

Adapun LAZ mitra CIMB Niaga Syariah yang memiliki layanan pembayaran ZIS di OCTO Mobile sebanyak 15 lembaga, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Daarut Tauhid Peduli, Baitul Mal Hidayatullah (BMH), PPPA Daarul Qur’an, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Al-Azhar, Rumah Yatim, Griya Yatim Dhuafa, Nurul Hayat, Baziz DKI, Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma), dan Dompet Sosial Madani.

Pembayaran Wakaf di OCTO Mobile

Selain ZIS, CIMB Niaga Syariah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) juga terus mengembangkan produk dan layanan dalam mempermudah pembayaran wakaf. Melalui OCTO Mobile, nasabah bisa berwakaf melalui uang untuk disalurkan menjadi program yang bersifat produktif atau sosial dari Lembaga Pengelola Wakaf (Nazhir).

Sebagai dukungan kepada Gerakan Nasional Wakaf Uang, CIMB Niaga Syariah juga memasarkan produk wakaf uang Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR002 yang diterbitkan Kementerian Keuangan dan didukung Badan Wakaf Indonesia (BWI) di OCTO Mobile. Sukuk bertenor 2 tahun ini memberikan tingkat imbalan tetap sebesar 5,57% per tahun yang akan disalurkan kepada Nazhir untuk membantu pengembangan investasi sosial dan wakaf produktif di Indonesia.

”Dengan kemudahan layanan melalui OCTO Mobile, kami berharap potensi penghimpunan donasi baik zakat, infak, sedekah, maupun wakaf dapat terus meningkat, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai penerima manfaat. CIMB Niaga Syariah akan terus memberikan customer experience terbaik melalui produk dan layanan inovatif agar nasabah dapat memenuhi beragam kebutuhan finansialnya dari satu aplikasi,” ujar Pandji pada Webinar Berwakaf Itu Keren yang dilaksanakan Kamis, 15 April 2021 lalu.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk memperoleh beragam keunggulan OCTO Mobile lainnya, namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat menikmati fitur-fitur yang dibutuhkan.(***)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro – siarminang.net

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian serius pemerintah kota setempat.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar didampingi Wakil Wali Kota, Marfendi menyebutkan, kuliner merupakan daya tarik yang tak bisa dipisahkan dalam dunia ke pariwisataan.

“Mulai di depan KFC sampai di simpang ke bawah, kita jadikan tempat kuliner malam. Namanya nanti mungkin Minangkabau Street Food,” kata Erman usai menyambut kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Rabu malam (21/4/2021).

Disampaikan, optimalisasi objek wisata yang ada, selama ini cuma ada pada siang hari, bakal diciptakan bisa dirasakan pengunjung hingga tengah malam.

“Kita akan mencoba menciptakan bagaimana objek wisata yang ada ini, bisa beroperasi sampai malam hari. Tentunya dengan perubahan konsep, yaitu dengan memaksimalkan konsep kuliner di Kota Bukittinggi,” paparnya.

“Dengan pembangunan stasiun yang akan diubah menjadi stasiun dengan tema yang lebih menarik dan lebih higienis, serta mulai dari depan KFC sampai di simpang di bawahnya itu sebagai tempat kuliner malam, bisa menjadi nilai tarik tersendiri bagi wisatawan,” ungkapnya.

Menurut dia, kehadiran beberapa titik pusat kuliner dengan tema yang lebih menarik dan lebih higienis itu, nantinya bisa menampung beberapa kuliner tradisional di kota Bukittinggi.

“Kuliner yang ada yakni di Kampung Cina dan di Sudirman, untuk Street Food lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, di sepanjang jalan depan Niagara sampai dengan bank BNI,” ungkapnya.

Ia mengatakan, konsep-konsep yang dibangun, akan sama seperti Malioboro. Artinya, konsep Malioboro di Yogyakarta akan dipindahakan 100 persen, namun untuk kota Bukittinggi akan ada penambahan panggung seninya.

Dengan demikian itu, sebut Kader Partai Gerindra ini, bakalan bisa menjadi generator untuk kota Bukittinggi, sehingga orang bisa bertahan sampai pukul 24.00 WIB, bahkan bisa hingga pukul 2.00 WIB dini hari.

“Tentunya di masa pandemi covid-19, kita akan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Terpenting sekali semuanya tetap berlandaskan dengan filosofi “Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah,” tegasnya.

Kehadiran Kemenparekraf, Sandiaga Uno ke Bukittinggi, Erman berharap, dengan kunjungan tersebut bisa sebagai percepatan dalam program pemulihan ekonomi di sektor ke pariwisataan di kota Bukittinggi.

Selain itu, harapan Erman, diharapkan juga akan ada program-program dari pusat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, yang akan dijalankan di kota Bukittinggi, termasuk bagian dari menindaklanjuti proposal yang sudah dimasukkan ke Kemenparekraf. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Lindungi Data dari Kejahatan Siber, Telkomsel Gandeng Lookout

Lindungi Data dari Kejahatan Siber, Telkomsel Gandeng Lookout


JAKARTA–  Telkomsel merilis kemitraan dengan Lookout, Inc., perusahaan keamanan siber terkemuka, untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

Telkomsel meluncurkan layanan Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS) yang menghadirkan dua solusi keamanan untuk memastikan pelanggannya untuk terhindar dari ancaman siber yang terus berkembang. Kedua solusi tersebut meliputi TEMS Mobile Endpoint Protection dan TEMS Mobile Apps Protection.

Keduanya, yang tersedia mulai hari ini, adalah solusi keamanan siber berbasis cloud terbaru Telkomsel yang bekerja sama dengan Lookout. TEMS Mobile Endpoint Protection dan TEMS Mobile App Protection memungkinkan perusahaan untuk melindungi ponsel, tablet, hingga Chromebook karyawan sekaligus mengamankan aplikasi yang digunakan pelanggannya. Solusi tersebut didukung oleh Lookout Security Graph yang mampu menganalisis data lebih dari 200 juta perangkat, 142 juta aplikasi, dan 4 juta alamat web setiap hari. Dengan teknologi machine intelligence, Lookout mampu mengamankan pengguna dari ancaman berupa phishing serta ancaman lainnya pada perangkat, aplikasi, dan jaringan dengan tetap mengutamakan privasi. Platform berbasis cloud ini pun dapat secara otomatis mendeteksi ancaman yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang customer-centric bagi pelanggan di seluruh Indonesia, baik B2B maupun B2C.

“Kini, melalui kolaborasi dengan Lookout, kami mewujudkan komitmen tersebut dengan meluncurkan Telkomsel Enterprise Mobile Security yang memberi keamanan maksimal bagi pelanggan Enterprise. Dengan sistem keamanan yang lebih terjamin, perusahaan bisa terus fokus meningkatkan produktivitasnya tanpa perlu mengkhawatirkan perlindungan terhadap aplikasi dan data,” katanya.

TEMS Mobile Endpoint Protection (MEP) – Lebih dari setengah perangkat yang digunakan karyawan untuk mengakses data organisasi menjalankan iOS, Android, dan Chrome OS. Ini dapat menjadi masalah jika keamanan pada perangkat seluler diabaikan, sehingga menciptakan celah dalam sistem keamanan organisasi. Seiring dengan implementasi bekerja secara remote, mereka mengharapkan privasinya tetap terjaga.

TEMS MAP hadir dengan manfaat yang meliputi, pengamanan dari ancaman terhadap aplikasi, perangkat, dan jaringan. Mudah diintegrasikan ke berbagai aplikasi dengan library SDK yang ringan. Tidak memengaruhi kinerja dari aplikasi.

Melalui kemitraan dengan Lookout, Telkomsel memastikan bahwa TEMS Mobile App Protection telah mengikuti peraturan perlindungan data nasional dan internasional serta menerapkan lapisan keamanan yang efisien untuk melindungi data perusahaan.

General Manager of Carrier Partnerships Lookout Firaz Azmeh mengatakan, mengutip Asia Times,  cybercriminals meningkatkan serangan yang berfokus pada orang-orang pada bisnis, dan yang paling umum dari semuanya adalah serangan phishing itu sendiri.

“Kolaborasi dengan Lookout menjadi upaya lanjutan dari kami dalam mengutamakan inovasi dan kolaborasi untuk menghadirkan pemanfaatan teknologi di segala sektor. Telkomsel Enterprise Mobile Security diharapkan dapat membantu para pelaku industri untuk beradaptasi terhadap kondisi new-normal dengan menyesuaikan proses bisnis operasionalnya melalui pemanfaatan teknologi digital yang tepat guna,” kata Dharma menutup.

TEMS MEP dan TEMS MAP tersedia melalui Telkomsel myBusiness, unit usaha Telkomsel yang fokus dalam menghadirkan solusi mobilitas bagi pelaku UMKM, perusahaan, dan pemerintahan.

Dalam rangka memberikan informasi lebih lengkap terkait dengan solusi TEMS, Telkomsel akan mengadakan webinar untuk pelanggan enterprise pada Mei 2021. Untuk informasi lebih lanjut mengenai TEMS MEP dan TEMS MAP beserta manfaatnya bagi pelanggan enterprise, kunjungi situs kami di tsel.me/mobileendpointprotection dan tsel.me/mobileappsprotection.

SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang baik dengan Lookout dalam menghadirkan solusi digital terbaru Telkomsel myBusiness yang bernama Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS). (aci)

 

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer