Connect with us

Ekonomi

Industri Pariwisata Sumbar pada Liburan Akhir 2020 dan Awal 2021

Industri Pariwisata Sumbar pada Liburan Akhir 2020 dan Awal 2021


Oleh: Abdul Aziz
Bayangan keceriaan liburan akhir tahun yang sudah dirancang jauh-jauh hari berubah menjadi momok paling menakutkan. Itulah gambaran perasaan setiap orang di kota-kota besar yang hendak berlibur diakhir tahun 2020 mengingat saat ini terjadinya peningkatan kasus positif wabah Covid-19 secara nasional.

Masih tingginya kasus positif Covid-19, telah melahirkan kekecewaan bagi para wisatawan karena tidak bisa menikmati liburan akhir tahun dengan leluasa. Kegelisahan yang sama juga timbul di hati masyarakat di daerah dengan kedatangan wisatawan ke daerahnya di musim liburan akhir 2020. Kalau wisatawan kecewa dengan kemungkinan kegagalan untuk berlibur, sebaliknya orang di daerah sangat khawatir akan terjadinya peningkatan kasus postif Covid-19 di daerahnya paska libur tahun baru nanti.

Sumbar merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dengan kasus positif dan kematian terendah akibat pandemi Covid-19 sampai 15 Desember 2020. Satgas Covid-19 mengapresiasi Sumbar beserta 5 provinsi prioritas lainnya, lantaran tren kasus aktif di provinsi tersebut mengalami penurunan setiap minggunya. Sampai dengan 13 Desember 2020, kasus positif di Sumbar mengalami penurunan sebanyak 28,6 persen. Sedangkan oenurunan juga tampak pada kasus kematian. Sumbar mengalami penurunan sebesar 53,6 persen. Demikian disampaikan ujar Wiku dalam keterangan pers yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/12).

Kekhawatiran terhadap terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 paska libur akhir tahun, pemerintah pusat kembali melakukan pengetatan mobilitas masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19. Salah satu bentuk kebijakan yang dibuat adalah mewajibkan hasil negatif rapid test antigen sebagai syarat perjalanan. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali telah juga menyikapi kekhawatiran tersebut dengan menginstruksikan kebijakan wajib rapid test antigen untuk perjalanan orang keluar-masuk kota di daerah-daerahnya.

Liburan akhir tahun biasanya disambut antusias oleh Pemda Sumbar mengingat Provinsi Sumbar memiliki 10 tujuan wisata yang bisa dibanggakan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Bukittingi dengan menara Jam Gadangnya yang sudah berusia 90 masih mempertahankan bentuk aslinya. Istana Basa Pagaruyung di Batusangkar merupakan sisa kejayaan Kerajaan Pagaruyung. Pantai Air Manis yang terkenal dengan Batu Malin Kundang merupakan karakter dalam sebuah cerita rakyat yang terkenal durhaka kepada ibunya. Indahnya Lembah Harau menjadikannya salah satu tempat wisata favorit wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Danau Singkarak, Danau Maninjau, Pulau Setan, Pantai Carocok di Painan, Taman Nasional Kerinci Seblat dan banyak lagi tujuan wisata menakjubkan di Sumatera Barat.

Ancaman peningkatan kasus Covid-19 dapat saja terjadi pada masyarakat daerah seperti Sumatera Barat dan daerah tujuan wisata lainnya dikarenakan ketidakpatuhan para pelancong terhadap SOP Prokes yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan Sumatera Barat. Program pengembangan dan pendayagunaan sumber daya dan potensi pariwisata diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi. Kedatangan wisatawan akan memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi penduduk setempat. Seperti halnya dengan sektor lainnya, pariwisata juga berpengaruh terhadap perekonomian daerah atau negara tujuan wisata. Bagi Sumatera Barat pariwisata juga merupakan salah satu jenis industri baru yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam penyediaan lapangan kerja, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktivitas lainnya.

Pemerintah Daerah Sumatera Barat tidak boleh lengah sedikitpun dalam menyambut kedatangan para wisatawan di musim liburan tahun ini. Upaya antisipasi terhadap potensi tingginya kedatangan wisatawan yang masuk dan bepergian ke tempat-tempat wisata, harus tetap dikawal untuk berpedoman kepada Prokes dalam berlibur. Satgas Covid-19 di Daerah harus selalu mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, terutama di lokasi wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang, sekaligus mencegah timbulnya klaster baru penularan Covid-19 saat libur akhir tahun.

Agar liburan akhir dan tahun baru memiliki arti yang sama bagi wisatawan dan masyarakat di daerah, diharapkan agar wisatawan dan masyarakat di daerah tujuan wisata mematuhi dan menjalankan semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Ekonomi tetap harus berputar, lokasi wisatapun harus tetap buka, namun masyarakat Indonesia harus memiliki rasa kepedualian yang tinggi untuk sama-sama waspada terhadap penularan virus Covid-19. Tetaplah sama-sama menjalankan dan mematuhi semua protokol kesehatan agar ekonomi Indonesia bisa segera bangkit kembali dan memiliki makna yang sama tentang liburan. (Penulis Pengamat Ekonomi dan Teknologi)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Ekonomi

Elnusa Petrofin Tebar Ribuan Paket Sembako di Seluruh Indonesia

Elnusa Petrofin Tebar Ribuan Paket Sembako di Seluruh Indonesia


JAKARTA – Elnusa Petrofin (EPN) Anak Usaha PT Elnusa Tbk turut membagikan berkah di bulan suci Ramadhan 1421 H. Kegiatan ini merupakan bagian dari #PetrofinPeduli yang menjadi payung Integrasi Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan mulia ini dilakukan pada Bulan suci Ramadhan setiap tahunnya.

Pada tahun ini, PT Elnusa Petrofin membagikan kurang lebih sebanyak lebih dari 6.000 Paket sembako yang disebarkan ke sekitar 60 titik di seluruh Indonesia terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Seremonial penyerahan paket sembako ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin beserta manajemen. Penyerahan dilakukan secara langsung kepada perwakilan kaum dhuafa dan Yatim piatu di wilayah Unit Depo Semper, Rawabadak, Jakarta Utara, baru-baru ini dengan tetap mematuhi Protokol COVID19. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian paket sembako di seluruh Indonesia oleh unit operasi Elnusa Petrofin di lokasi masing-masing.

Putiarsa Bagus Wibowo sebagai Corporate Communication Head yang bertanggungjawab atas kegiatan CSR menjelaskan pemberian Paket sembako diberikan kepada eksternal maupun internal perusahaan. Terlebih kepada masyarakat yang berada di wilayah ring 1 atau terdekat dari unit operasional Elnusa Petrofin di seluruh Indonesia.

“Setelah serah terima bantuan secara simbolis yang dilakukan di Depo Semper Jakarta, pembagian kemudian dilakukan secara berkala selama Ramadhan 1442 H di seluruh unit Operasional PT Elnusa Petrofin yang ada di Indonesia,” ujar Putiarsa.

Putiarsa menambahkan Depo Semper dipilih sebagai tempat penyerahan pertama penyerahan bantuan karena lokasi tersebut memiliki nilai historis tersendiri bagi Elnusa Petrofin. Depo Semper menjadi salah satu unit operasional Pertama PT Elnusa Petrofin pada tahun 1996 yang kemudian seiring berjalannya waktu terus berkembang dan tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai lini bisnis yang berjalan sampai saat ini.

Pembagian sembako pun diberikan kepada eksternal yang berada di dekat operasional dan internal perusahaan seperti Awak Mobil Tangki sebagai upaya bantuan terhadap stakeholder terdekat Elnusa Petrofin.

Selain pembagian sembako, Elnusa Petrofin juga mengadakan beberapa kegiatan CSR seperti pembagian Alquran untuk panti asuhan di Kalimantan. Juga pemberian alat kebersihan di beberapa rumah Ibadah, sampai kegiatan lomba baca tulis Alquran yang bekerjasama dengan pihak masjid maupun warga sekitar Tanjungpandan, Belitung.

Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengatakan kegiatan CSR ini sebagai wujud rasa syukur perusahaan sekaligus sebagai sarana untuk menebar kebaikan dan keberkahan khususnya sepanjang Bulan Suci Ramadhan kali ini. Dalam sambutannya, Haris Syahrudin menekankan agar kehadiran Elnusa Petrofin turut memberikan manfaat dimanapun unit operasional dijalankan, terlebih masa seperti saat ini pastinya semakin banyak pihak yang membutuhkan uluran tangan. Baik berupa bantuan sembako maupun kegiatan CSR lainnya. (mat)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Rupiah Menguat Pagi Ini di Level Rp14.272/USD

Rupiah Pagi Ini Menguat Rp13.980


JAKARTA – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah pagi ini menguat ke Rp14.200-an per USD.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Jakarta, Jumat (7/5/2021), pada pukul 09.04 WIB, Rupiah pada perdagangan spot exchange menguat 46 poin atau 0,32% ke level Rp14.272 per USD. Rupiah bergerak di kisaran Rp14.272 hingga Rp14.272 per USD.

Sementara itu, yahoofinance mencatat Rupiah di kisaran Rp14.360 per USD. Rupiah bergerak di Rp14.360-14.360 per USD.

Untuk diketahui, Dolar AS merosot pada perdagangan Kamis atau menjadi titik terendah dalam tiga hari berturut-turut. Dolar AS melemah karena selera risiko pasar global membaik dan para pedagang menantikan laporan pekerjaan April yang akan dirilis pada Jumat.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun di bawah 500.000 pada minggu lalu atau menjadi yang pertama jumlahnya sejak pandemi Covid-19 meluas lebih dari setahun yang lalu. Data menunjukkan bahwa telah terjadi pemulihan pasar tenaga kerja memasuki fase baru di tengah ekonomi yang berkembang pesat. (okezone)

Lihat Artikel Asli

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Hari Pertama Larangan Mudik, Bandara Soetta Lengang

Hari Pertama Larangan Mudik, Bandara Soetta Lengang


TANGERANG – Tak ada aktivitas penerbangan di hari pertama pelarangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau Lebaran 2021 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Di Bandara Soetta hanya ada petugas gabungan dari TNI-Polri dan juga petugas Avsec yang tetap melakukan patroli keamanan.
Pemerintah telah melakukan pelarangan mudik mulai hari ini, Kamis (6/5/2021) sampai dengan 17 Mei 2021 mendatang.

Suasa sepi pun tampak menghiasi setiap terminal di Bandara Soetta. Aktivitas bandara yang kerap padat kini tampak lengang setelah adanya larangan lebaran.

Kapolsubsektor Terminal 2 Bandara Soetta Ipda Sofyanto memastikan bahwa tak ada aktivitas penerbangan di Bandara Soetta.

“Tapi kita tetap melakukan pengamanan di kawasan Terminal 2 Bandara Soetta,” kata dia. (okezone)

Lihat Artikel Asli

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer