Connect with us

PESISIR SELATAN

Kapolres Bersama Dandim Turun Kawal Aksi Damai AMP Pessel – siarminang.net

Kapolres Bersama Dandim Turun Kawal Aksi Damai AMP Pessel – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,- Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.iK bersama Dandim 0311 Pessel Letkol. Inf. Gamma Artadila Sakti, turun langsung mengawal jalan damai Aliansi Mahasiswa Pesisir Selatan ( AMP), Selasa (13/10) ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan. 

Berjalan dengan ratusan mahasiswa,di mulai dari taman spora painan, Kecamatan IV Jurai, Kapolres Pessel dan Dandim 0311 Pessel menuju depan Kantor DPRD Pessel. 

Tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pesisir Selatan ( AMP), menggelar aksi damai menyampaikan orasi didepan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) menolak  RUU Cipta Prakerja ( Omnibuslaw), 

Koordinator Kajian lapangan Aliansi Mahasiswa Pessel M.Rafli A dalam orasi memintak Ketua DPRD Pesisir Selatan bersama Pemkab Pessel membuat surat penolakan ke Presiden RI tentang RUU Prakerja (Omnibuslaw). 

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan siang menjelang sore, memintak DPRD Pessel dan Pemkab Pessel membuat surat kepada DPR RI menolak UU Ciptaker, menyurati Presiden, menfasilitasi uji materil atas UU Ciptaker oleh Aliansi Mahasiswa Pessel.

”  Ada lima tuntutan kita atas nama AMP,  dan kita minta Ketua DPRD Pessel menolak UU Ciptaker, ” tegas M. Rafli.

Berdasarkan pantuan Pos Metro di lapangan, dua orang anggota DPRD Pessel keluar dari gedung DPRD Pessel menemui mahasiswa, yaitu Jamalus Yatim dan Awarisman Letok. 

Dihadapan mahasiswa, anggota Fraksi Demokrat DPRD Pessel Jamalus Yatim didampingi Awarisman Letok mengapresiasi apa dilakukan Aliansi Mahasiswa Pessel, jika kelima tuntutan disampaikan ini akan disampaikan pada Ketua DPRD Pessel.

” Kita akan proses cepat bersama Pemkab Pessel. Untuk menindak lanjuti orasi dari rekan mahasiswa,” tegasnya.

Karena tidak puas dengan jawaban dari perwakilan anggota DPRD Pessel, mahasiswa memintak video call langsung dengan pimpinan DPRD Pessel. Setelah difasilitasi sekretariat DPRD Pessel, akhirnya Aliansi Mahasiswa Pesisir Selatan mendapatkan keterangan langsung dari Ketua DPRD Pessel yang menyatakan mendukung aksi mahasiswa. 

Akhirnya, beberapa orang perwakilan Aliansi Mahasiswa Pessel diterima masuk ke gedung DPRD Pessel komisi IV, diterima langsung oleh perwakilan anggota DPRD Pessel dari Fraksi Demokrat DPRD Pessel. Dan Asisten I Pemkab Pessel Mimi Irianti Serta Kesbangpol.

Perwakilan Mahasiswa Aliansi Pessel M.Rafli A memintak tegas DPRD Pessel membuat surat peryataan pada Presiden RI, DPR RI dan Uji Materi UU cipta kerja hari ini juga. Jika DPRD Pessel menolak UU cipta kerja. 

Jamalus Yatim Anggota DPRD Pessel Fraksi Demokrat menegaskan, berdasarkan intruksi dari DPP. Partai Demokrat Pusat jika menolak atas UU cipta kerja ini. Maka, dengan permintaan surat oleh rekan – rekan mahasiswa akan membuat surat hari ini, untuk kemudian diproses selanjutnya. 

Asisten I Pemkab Pessel Mimi Irianti dihadapan Aliansi Mahasiwa Pessel di ruang Komisi IV DPRD Pessel sangat mengapresiasi Aliansi Mahasisewa Pessel dimana kritis, dan ini perlu diberikan semangat serta apresiasi. 

Apa disampaikan mahasiswa, Mimi hal ini akan menjadi perhatian Pemkab Pessel bersama DPRD Pessel. 

Kapolres Pessel AKBP. Sri Wibowo, S.iK menuturkan, jajaran Polres Pessel bersama Dandim 0311 Pessel siap mengamankan jalanya aksi damai rekan – rekan Aliansi Mahasiswa Pesisir Selatan hari ini. 

Sri Wibowo, menghimbau pada rekan – rekan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi dilakukan secara tertib, sesuai aturan menyampaikan pendapat di muka umum. 

” Kita, siap amankan jalanya pelaksanan aksi damai rekan – rekan mahasiswa Pessel,” ujar Sri Wibowo.

Sementara itu diluar gedung DPRD Pessel sebagian Aliansi Mahasiwa Pessel terus melakukan orasi di depan gedung DPRD Pessel. Dan, Fraksi Demokrat DPRD Pessel berjanji menyelesaikan surat – surat diminta rekan – rekan Aliansi Mahasiswa Pessel berasal dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Pessel. 

Setelah hampir menunggu sepuluh menit, tiga draf surat dimintak oleh rekan – rekan Aliansi Mahasiswa Pessel tentang isi surat penolakan masyarakat Pessel dan DPRD Pessel menolak UU cipta kerja. Isi surat sendiri dibacakan oleh perwakilan mahasiswa untuk nantinya diteruskan ke Presiden dan DPR RI.

Akhirnya DPRD Pessel, surat penolakan UU cipta kerja 

ditanda tangani Wakil Ketua DPRD Pessel, Jamalus Yatim anggota Fraksi Demokrat Pessel menandatangani surat penolakan UU cipta kerja, dibacakan Sekwan DPRD Pessel disaksikan Forkopimda Pessel. Dan kemudian mahasiswa membubarkan diri dengan tertib. 



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESISIR SELATAN

Bersama Mahasiswa, Dedi Rahmanto Putra, gelar Tanya Jawab dan Diskusi – siarminang.net

Bersama Mahasiswa, Dedi Rahmanto Putra, gelar Tanya Jawab dan Diskusi – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan ,- Tokoh muda Pesisir Selata, Dedi Rahmanto Putra juga calon bupati Pesisir Selatan no urut 3, melakukan silahturahmi dengan Mahasiswa asal kecamatan IV Jurai, Minggu (25/10) pukul 20.00 Wib di salah satu rumah makan ada di Painan. 

Dalam pertemuan silahturahmi malam itu, Dedi Rahmanto Putra, besama Arfianof Rajab ( cawabub), ketua tim pemenangan ” DoA” Marwan Anas serta Welly Hendra ikut dalam acara tersebut.

Pada media, Dedi Rahmanto Putra mengungkapkan, untuk membangun suatu daerah harus memang butuh masukan, saran, ide, gagasan, kritikan bersifat konstruktif untuk memperbaiki kesalahan itu di lain waktu. Salah satunya bagian penting tidak dipisahkan dari pembangunan, yaitu Mahasiswa.

Baca Juga: Identitas Korban Yang Ditemukan Di Jurang Dekat Jembatan Layang Kelok 9 Terungkap

Dikatakan Dedi Rahmanto Putra, mahasiwa harus turut serta dalam pembangunan di daerah. Untuk mewujudkan Pesisir Selatan, ” Maju, Merata dan Sehjatera”, mahasiwa sebagai generasi muda dituntut dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan percepatan pembangunan di daerah. 

” Saya berharap dan mengajak mahasiswa bisa ikut berpikir bagaimana caranya ber – enterpreneur ( inovasi) agar menjadi Pessel,” ajak politisi Partai Golkar itu.

Seperti bagaimana diketahui bersama ungkap Dedi Rahmanto Putra jika Pesisir Selatan memiliki Sumber Daya Manusia ( SDM) tidak kalah dengan daerah lain, termasuk Sumber Daya Alam ( SDM). Bukan itu saja, Pendidikan, peningkatan Infrastruktur, Ekonomi masyarakat ( Nelayan, Pedagang, UMKM, Industri Kreatif, Pariwisata, kelompok perempuan, pemuda dam kelompok masyarakat lain), peningkatan penyedian bantuan sosial, dan pemberlakuan sama pada siapa saja dalam berkompetensi dan tidak karena faktor kedekatan daerah atau kecamatan. 

Dari 7 jabaran ada pada ” DoA”, tidak lah bisa berjalan optimal semua tanpa kerja kita bersama, termasuk peran aktif dari generasi muda dan mahasiwa.

Mantan ketua DPRD Pessel itu, berhubungan karena saat ini sedang pelaksanaan Pilkada, maka diharapkan mahasiswa ikut serta memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Karenanya, peran mahasiswa untuk mengedukasi masyarakat sangat penting.

” Tentukan pilihan tanpa ada paksaan, pilihlah pemimpin yang terbaik, untuk Pessel kedepan,” ujar Dedi Rahmanto Putra. 

Silahturahmi bersama mahasiswa ini bukan sebagai ajang kampanye kata Dedi, apalagi mahasiswa adalah memiliki intelektual wawasan cukup luas, sangat perlu sekali diskusi dan tanya jawab seperti ini. Baik pada pribadi dirinya.

Lebih jauh, Dedi Rahmanto Putra silahturuhmi dan diskusi akan terus dilakukan bersama mahasiswa. Untuk ikut menyumbangkan ide, gagasan dan kritikan. 

Aji salah seorang perwakilan mahasiswa, diskusi dan tanya jawab dengan kakanda Dedi Rahmanto Putra sangat berharga, apalagi Dedi Rahmanto Putra salah seorang aktifis dan organisator di kampus . Masukan, dan saran dari beliu sangat penting bagi pribadinya. 



Sumber

Baca Selengkapnya

PESISIR SELATAN

TMMD Ke-109 Kodim 0311 Pessel usai, Kampung Dilan tak lagi Terisolir – siarminang.net

TMMD Ke-109 Kodim 0311 Pessel usai, Kampung Dilan tak lagi Terisolir – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,- Akses jalan menjadi momok besar bagi warga di Kampung Dilan, Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, untuk melaksanakan aktifitas perkebunan, pertanian dan kegiatan sehari – hari. Sebelum adanya pembukaan jalan baru kampung Dilan melalui program TMMD Ke -109 tahun 2020, Kodim 0311 Pesisir Selatan. 

Melalui program TMMD Ke -109, Kodim 0311 Pessel telah membuka akses jalan sepanjang 7,9 Km, peningkatan 3 gorong – gorong, program RTLH 5 dari Baznas Kabupaten Pessel, dan 5 program RTLH 5 dari Baznas Provinsi. Secara kegiatan telah berjalan 100 %. 

” Secara keseluruhan kegiatan program TMMD Ke-109, tahun 2020 Kodim 0311 Pessel di Nagari Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan berlangsung lancar, aman dan tercapai sesuai sasaran 100 %,” ungkap Dandim 0311 Pessel Letkol. Gamma Arthadillah Sakti, dalam laporan kegiatan dihadapan  
Kolonel Inf H. Amrizen, S.E Kasrem 032/Wbr.

Penutupan program TMMD, di lakukan gedung PCC Pemkab Pesisir Selatan, Rabu (21/10) Dandim 0311 Pessel menyampaikan, selain fisik kegiatan non fisik oleh Satgas TMMD di lapangan juga dilakukan, seperti penyuluhan hukum baik narkoba, belah negara, radikalisme dan pendidikan, penyuluhan kesehatan, rekrutmen calon anggota TNI, dan kegiatan bhakti sosial lainya bersama masyarakat. 

Gamma mengucapkan terima kasih besar atas dukungan dari Pemkab Pessel, Istansi terkait dan OPD terkait. Termasuk peran aktif dari warga yang berada di lokasi TMMD ke-109 tahun 2020, Kodim 0311 Pessel, selama ini telah bergandeng tangan dan berbaur dengan Satgas TMMD dari awal kegiatan hingga berakhir nya TMMD hari ini. 

” terima kasih atas dukungan semua pihak, muda – mudahan apa telah dilaksanakan Satgas TMMD bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ungkap Dandim.

Kasrem 032/Wbr, Kolonel Inf H. Amrizen, S.E saat membacakan amanat Pangdam Bukit Barisan menegaskan, program TMMD ke-109 tahun 2020 secara serentak di 6 lokasi hari ini ditutup. Dan, semua tercapai 100 %, sesuai dengan tujuan sasaran program TMMD.

Disampaikan Amrizen, TMMD ini adalah wujud keikut sertaan TNI dalam mendukung percepatan pembangunan daerah, selama ini tersisolir. Sesuai selogan program TMMD tahun 2020 ” TMMD Mengabdi untuk Negeri,” maka selogan itu harus dipertahankan oleh anggota TNI, khususnya Kodim 0311 Pessel.

” Apa telah dilaksanakan selama program TMMD terus dilanjutkan, dikembangkan. Menuju pembangunan yang bernilai positif,” tegas Kasrem 032 Wbr.

Pada seluruh anggota Satgas TMMD, Amrizenmengucapkan terima kasih dan apresiasi atas tugas pengabdian ini, jaga keselamatan saat kembali kerumah masing – masing. Dan, jadikanlah TMMD ini menjadi pelajaran serta pengalaman berharga, sebagai bagian solusi memotifasi masyarakat. ” TNI lahir dari Rakyat, Mengabdi untuk Rakyat,”.

Pj. Bupati Pessel Mardi mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan program TMMD ke-109, Kodim 0311 Pessel di Kampung Dilan, Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Baik itu fisik dan non fisik. 

Kedepan Pemkab Pesisir Selatan, melalui OPD terkait akan melanjutkan apa telah dilaksanakan oleh Kodim 0311 Pessel agar bisa bermanfaat sebaik – baiknya.

Sementara itu Anggota DPD RI Alirman Sori, juga putra asli Pesisir Selatan hadir dalam acara penutupan TMMD pagi itu, pelaksanaan TMMD ini sangat besar manfaat nya dalam mendukung percepatan pembangunan disuatu daerah. Baik itu dalam peningkatan ekonomi masyarakat, infastruktur dan pertanian serta perkebunan.

Menurut Alirman Sori, program TMMD telah dilaksanakan ini hendaknya bisa ditindak lanjuti, untuk dilakukan peningkatan, agar tidak selesai begitu saja. 

Hadir dalam acara kali itu, Forkopimda Pessel dan OPD terkait lainya. Pemukulan gong oleh Kasrem 032/Wbr, Kolonel Inf H. Amrizen, S.E, sekaligus penyerahan laporan kegiatan oleh Dandim 0311 Pessel Letkol. Gamma Arthadillah Sakti, ke Pj. Bupati Pessel Mardi, menjadi pertanda berakhirnya pelaksanaan TMMD ke-109, tahun 2020 Kodim 0311 Pessel.



Sumber

Baca Selengkapnya

PESISIR SELATAN

Satlantas Polres Pessel gelar Patroli Hunting Sistem – siarminang.net

Satlantas Polres Pessel gelar Patroli Hunting Sistem – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,- Sat Lantas Polres Pesisir Selatan laksanakan giat Hunting Sistem Satlantas pada hari Selasa (20/10/2020) pukul 20.00 s/d 20 15 Wib. Unit turjawali Sat Lantas Polres Pessel melaksanakan Patroli Hunting sistem dengan penindakan secara selektif perioritas terhadap pelanggaran Kasatmata yang berpotensi Lakalantas di wilayah hukum Polres Pessel. 

Kegiatan patroli dilaksanakan di kawasan tertib lalulintas kota Painan dengan penindakan, seperti helm standar, surat – surat kendaraan ( SIM dan STNK), dan Knalpot Racing. Selain penindakan, juga himbauan terhadap pengguna. Sedikitnya ada kurang lebih 40 unit kendaraan roda dua dikandangkan.

Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Hendrianto, S.T.K, S.I.K, didampingi KBO Lantas Iptu. Elfison, SH usai pelaksanaan hunting mengatakan, bahwa sasaran dalam razia ini yaitu terhadap pengendara kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm, knalpot racing dan surat-surat kendaraan yang tidak lengkap.

“Selain itu giat Hunting kali ini  dimaksudkan untuk mengajak pengguna kendaraan untuk mematuhi tertib berlalu lintas,” ungkap Kasat Lantas. 

Operasi hunting system akan tetap dilakukan sewaktu – waktu di wilayah hukum Polres Pessel, Hendrianto mengajak pada seluruh pengguna kendaraan untuk tertib berlalu lintas di Kabupaten Pesisir Selatan.

Salam pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sesuai dengan kebutuhan Anda,” sebut Kasat Lantas Polres Pessel.

Begitu juga dengan Satuan Lantas disingkat Satlantas yang di pimpin oleh Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Hendrianto, S.T.K, S.I.K



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer