Connect with us

Payakumbuh

Mahasiswa STAIDA PYK Khaththathah Terbaik 3 Pada MTQN XXVIII – siarminang.net

Mahasiswa STAIDA PYK Khaththathah Terbaik 3 Pada MTQN XXVIII – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Sabtu, 21 November 2020 || Kampus STAIDA PYK yang latar belakang berdirinya dari per MTQ-an Alhamdulillah berhasil mengkader mahasiswa yang berprestasi pada MTQ baik dalam tingkat Kabupaten/ Kota, Provinsi bahkan Nasional.

Dalam malam penutupan MTQN XXVIII di Padang Sumatera Barat, ketua STAIDA, Ahmad Deski menyampaikan salah seorang mahasiswa STAIDA berhasil menjadi terbaik tiga pada cabang Khath Naskah atas nama Mita Agusmi Elvia

Ketua STAIDA menyambut baik dan sangat mengapresiasi keberhasilan Mita pada ajang Nasional ini
Dalam perbincangan dengan tim media, Ahmad Deski mengisahkan pada usia yang 10 tahun ini Alhamdulillah STAIDA PYK semakin menunjukkan keberhasilan dalam mencapai visinya yakni menjadi kampus yang berkualitas dan kompetitif. Serta memenuhi keinginan Pemerintah Kota Payakumbuh pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Yosrizal Zein, menjadikan kampus ini sebagai fasilitator bagi mahasisnya untuk mendapatkan skill dalam bermusabaqah al-Qur’an.

Diakhir pembicaraannya ketua STAIDA juga menyampaikan ini kado terbaik untuk satu dasawarsa STAIDA Payakumbuh, dengan berhasilnya mahasiswa kita pada ajang nasional semoga kedepannya lebih berprestasi lagi



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

damkar

Warga Digemparkan Dengan Api Menyala Di Drainase Belakang SPBU Parit Rantang – siarminang.net

Warga Digemparkan Dengan Api Menyala Di Drainase Belakang SPBU Parit Rantang – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Warga Parit Rantang Payakumbuh Barat sekitar jalan Padang tepatnya belakang SPBU pada Sabtu 28/11 pagi dibuat geger bahkan ada yang histeris. Pasalnya di drainase pinggir jalan tersebut api menyala. Diduga ada genangan bahan bakar minyak mengalir di saluran air tersebut.

Pasalnya, di Jalan Padang atau di belakang SPBU di kelurahan tersebut, Sabtu (28/11) pagi, drainase di belakang SPBU yang terletak di Jalan Soekarno Hatta terbakar hebat, warga disekitar tersebut yang menyaksikan sampai dibuat geger dan histeris, diduga ada kebocoran atau tumpahan bahan bakar minyak dari SPBU.

Dengan adanya dugaan kebocoran dari tanki penyimpanann BBM di SPBU tersebut Wawako Payakumbuh mengatakan agar segera di selesaikan. Jangan sampai penanganannya merusak ke lingkungan, kata Wawako.

Kepala Satpol PP dan Damkar, Devitra mendampingi Wakil Wali Kota Erwin menerangkan api berasal dari tumpahan bahan bakar minyak dari SPBU di sepanjang drainase yang ada di belakang SPBU. Tidak tanggung – tanggung, tumpahan bahan bakar minyak itu telah mengalir sepanjang lebih kurang 1 kilometer dari titik yang diduga adanya kebocoran.

“Di sepanjang drainase dibelakang SPBU ini ada tumpahan bahan bakar minyak. Jadi ada tadi masyarakat yang membuang puntung rokok dan memancing sulutan api. Jika tidak segera dibersihkan oleh pihak SPBU, bisa jadi Parit Rantang ini semuanya akan menjadi abu,” ujar Devitra didampingi Kabid Damkar Budi Kurniawan.

Menurut Devitra yang juga bersama Kabid Rehab Rekon BPBD An Denitral upaya yang dilakukan saat ini dilakukan pembersihan kepada drainase dengan memakai busa manual oleh pihak SPBU. Menurutnya metode ini butuh waktu lama dan memakan waktu.

“Saat ini daerah sekitaran drainase yang ada minyaknya ini tidak ada boleh merokok, kami sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan dipasangkan garis polisi,” ujarnya.

Pihak SPBU telah berkoordinasi dengan pihak Pertamina Padang, saat ini alat penyedot minyak sedang berada di tengah jalan menuju ke Payakumbuh.

Dari informasi yang diperoleh media, kuota BBM jenis pertalite yang bocor mengalir di drainase mencapai volume 2 ton, bahkan panjangnya sampai ke Lundang dan Batang Agam. Panjangnya mencapai 1 KM.

Salah seorang masyarakat Emi mengatakan pihak SPBU harus bertanggung jawab dengan harus menghilangkan segera bahan bakar minyak yang ada di drainase itu karena sangat membahayakan masyarakat. Setelah terjadinya kebakaran ini, masyarakat menjadi ketakutan.

“Kami cemas dan takut, apalagi aliran bahan bakar minyak sudah mengalir sampai 1 kilometer. Kami tentu mau pihak SPBU bertanggung jawab, kami cemas,” tutur Emi.

Sementara, tumpahan minyak diduga berasal dari kebocoran tanki bahan bakar milik SPBU yang merembes ke pemukiman warga. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Pemko Payakumbuh Bentuk Tim Gugus PAUD HI 2020 – siarminang.net

Pemko Payakumbuh Bentuk Tim Gugus PAUD HI 2020 – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net,- Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Gugus Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) Tahun 2020 di Kota Payakumbuh digelar di Ruang Pertemuan Ampangan, Lantai II Balaikota, Jumat (27/11).

Sekitar 20 Organisasi Perangkat Daerah dan stake holder terkait duduk bersama dipimpin Bunda PAUD Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Azwardi dan Kasi PAUD Syafni Hasni.

Menurut Henny, Gugus tugas dalam PAUD HI meliputi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi kemitraan yang saling bersinergi dan menjadi tugas mereka sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Adanya peran gugus tugas dalam penyelenggaraan PAUD HI adalah sarana untuk saling bertukar informasi dan saling membelajarkan antar anggota dengan lingkungan masyarakat terkait penyelenggaraan PAUD HI.

Contohnya saja di OPD Pemko seperti DP3AP2KB, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, dan dinas lainnya. Sementara mitra kerja seperti Polri dan stakeholder lainnya ikut mengawasi agar anak mendapatkan rasa aman dalam menjalani kehidupannya.

“Jangan sampai ada kasus kekerasan dan kriminalitas terhadap anak, itu yang paling penting,” kata Henny.

“Dengan adanya kegiatan yang dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, kita berharap seluruh OPD terkait yang tergabung dalam gugus tugas PAUD HI dapat melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program PAUD HI. Masyarakat memiliki peran penting sehingga rasa memilikinya terhadap program ini menjadi lebih kuat,” jelas Henny menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Azwardi menyampaikan kepada mitra kerja OPD dan instansi lainnya. Sosialisasi telah dilakukan, bimtek juga telah dilakukan guna menyamakan persepsi tentang tugas apa saja yang akan mereka laksanakan dalam mewujudkan PAUD HI di Kota Payakumbuh dan rencananya kelar pada akhir tahun 2020 ini.

“Intinya, pengembangan PAUD HI harus didukung oleh setiap pihak, agar terwujud keinginan kita bersama kalau anak-anak usia dini benar-benar mendapatkan haknya dan cita-cita nasional mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud,” jelasnya. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Wawako Bandung Saksikan Penampilan SPD Band Di Pasar Ekraf 2020 – siarminang.net

Wawako Bandung Saksikan Penampilan SPD Band Di Pasar Ekraf 2020 – Beritasumbar.com


Payakumbuh ,siarminang.net— SPD Band tampil dalam pasar ekonomi kreatif (Ekraf) 2020 di Agam Jua Art and Culture Cafe, Kawasan Batang Agam pada hari ke dua belas, Jumat (27/11).

Selain itu, anak-anak muda mereka juga menghibur tamu rombongan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyaksikan pertunjukan seni budaya Minangkabau bersama Wakil Wali Kota Erwin Yunaz.

Dikatakan Erwin Yunaz, di Pasar Ekraf 2020 ini, tak hanya pertunjukan seni saja, namun ada kuliner 10 nagari dan pameran tanaman bonsai. Hal itu disampaikannya saat mengajak tamunya mencicipi kuliner dan melihat-lihat koleksi tanaman hias disana.

“Kita senang, dapat dukungan dari pemerintah provinsi, sehingga ekonomi kreatif yang semula berpuasa akibat pandemi Covid-19, dapat tampil disini, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Erwin didampingi Panitia Deni Rao dari Masyarakat Peduli Seni dan Budaya (MPSB) Kota Payakumbuh.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan apresiasi atas suguhan kuliner dan penampilan seni dari Payakumbuh.

“Payakumbuh top, servicenya oke, kulinernya enak, jadi betah kita di sini,” ungkapnya.

Ketua Panitia Deni Rao menginformasikan besok akan tampil artis minang Fanny Febiola di Pasar Ekraf 2020. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer