Connect with us

BUKITTINGGI

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas – siarminang.net

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Para pendukung dua kandidat yang mencalonkan diri sebagai ketua, terlibat saling adu argumen. Mantan Sekretaris Golkar Bukittinggi, Kamasril Katik Nan Kayo mengajukan diri sebagai ketua. Diikuti pendaftaran oleh Dedi Chandra yang tak lain adalah kerabat Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Kamasril menilai proses pendaftaran diri Dedi Chandra menyalahi aturan tata tertib Musda karena dianggap bukan kader partai. Dia pun mengajukan protes kepada panitia Musda.

Kericuhan itu terjadi menjelang jeda istirahat Shalat Zuhur di luar ruangan sidang musda. Akibatnya, Musda yang sedianya akan memilih calon Ketua DPD Golkar Bukittinggi terpaksa ditunda untuk sementara waktu. Setelah kondisi kembali kondusif, Musda kembali dilanjutkan dan berjalan sesuai aturan yang berlaku hingga akhir Musda.

Edison Katik Basa, Anggota DPRD Bukittinggi dari Fraksi Golkar menyebut segala dialektika yang muncul dalam proses Musda itu adalah hal yang lumrah. Katanya, perbedaan pendapat adalah wujud pendewasaan demokrasi.

“Tadi saya meninggalkan ruangan untuk Shalat Zuhur, karenanya tidak tahu persis kejadian (kisruh,red) itu. Yang jelas setelah sidang ditunda, pemilihan dapat dilanjutkan,” katanya.

Informasi yang disampaikan para kader, sambung Edison, pelaksanaan Musda telah selesai digelar dan ketua terpilih sudah ditetapkan secara aklamasi.

“Awalnya ada dua kandidat yang mendaftar. Ada nama Kamasril dan Dedi. Saat registrasi ulang dan para kandidat dipanggil untuk menyampaikan visi misi serta pencocokan keanggotaan, hanya satu yang hadir. Kamasril maju ke tahap berikutnya sedangkan Deddy tidak datang. Karena tersisa satu calon saja, penetapan berlangsung secara aklamasi,” jelasnya.

Edison menyebut agenda selanjutnya setelah Kamasril terpilih adalah penyampaian berita acara ke DPP Partai Golkar melalui DPD Sumbar.

“Biasanya ketua terpilih selaku formatur diberikan waktu selama 30 hari untuk menyusun kepengurusan. Pengesahan berita acara Musda, bisa dilakukan bersamaan dengan pengesahan kepengurusan, atau dilakukan secara terpisah. Kalau formatur ingin cepat disahkan, bisa saja hasil Musda dulu yang dikirim, nanti kepengurusan disusun kemudian,” katanya.

Edison berharap siapapun nanti yang masuk dalam kepengurusan Partai Golkar Bukittinggi dapat membawa kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Semoga kepengurusan baru ini bisa segera konsolidasi sampai ke tingkat kelurahan. Terlepas apapun yang terjadi saat Musda, Partai Golkar harus tetap bergerak maju,” pungkasnya.

Diwawancara terpisah, Ketua terpilih DPD Golkar Bukittinggi, Kamasril Katik Nan Kayo menilai Musda yang dilaksanakan tidak mengacu kepada tata tertib Musda, dan tidak mengacu kepada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai.

“Kami menyayangkan tidak adanya transparansi dalam tahapan penjaringan pencalonan ketua,” ujarnya.

Menurut Kamasril, salah satu persyaratan untuk maju sebagai bakal calon ketua adalah minimal pernah menjadi pengurus partai atau kader Golkar selama satu periode, atau lima tahun. Sementara dalam tahapan penjaringan bakal calon, ada indikasi untuk mengarahkan dukungan kepada Dedi Chandra, salah seorang bakal calon dari eksternal partai.

“Kita tidak mempermasalahkan siapa yang bakal menjadi calon ketua, tapi yang kita minta dalam musda ini adalah kejujuran dan ketransparanan, karena kita tidak ingin menyalahi aturan dalam musda. Jika pelaksanaan musda mengacu kepada aturan tata tertib dan AD/ART, maka musda untuk pemilihan Ketua DPD II Golkar Bukittinggi ini tidak akan terjadi kericuhan,” kata Kamasril.

Meski sempat terjadi kericuhan, Musda X DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi akhirnya berhasil menetapkan Kamasril Katik Nan Kayo sebagai ketua terpilih. Kamasril terpilih secara aklamasi setelah mendapatkan dukungan dari pimpinan kecamatan Partai Golkar se Bukittinggi dan organisasi sayap Golkar (AMPG dan KPPG).

Ketua DPD I Golkar Provinsi Sumbar, Khairunnas, ketika membuka kegiatan Musda Partai Golkar Bukittinggi mengatakan, partai Golkar Sumbar menargetkan tri sukses pada Pemilu 2024 mendatang. Tri Sukses itu yakni memenangkan pemilu presiden (Pilpres), memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan memenangkan pemilihan legislatif (pileg).

Untuk mewujudkan tri sukses tersebut, kita akan lakukan konsolidasi ke seluruh daerah dan memperbaiki infrastruktur partai hingga kecabang dan ranting. Kita bertekad mengembalikan kejayaan partai pada Pemilu 2024, sekaligus ingin mengulang lagi kesuksesan yang pernah diraih Golkar pada pemilu 2004 dan 2009 silam Dimana saat ini kursi pimpinan/ketua DPRD di sejumlah kabupaten/kota di Sumbar dipegang oleh Golkar,” kata Khairunnas.

Hingga berita ini diturunkan, Dedi Chandra yang juga merupakan mantan Ketua Tim Pemenangan Erman Safar – Marfendi pada Pilkada Bukittinggi 2020 lalu, belum berhasil dikonfirmasi. (tim)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKITTINGGI

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro – siarminang.net

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian serius pemerintah kota setempat.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar didampingi Wakil Wali Kota, Marfendi menyebutkan, kuliner merupakan daya tarik yang tak bisa dipisahkan dalam dunia ke pariwisataan.

“Mulai di depan KFC sampai di simpang ke bawah, kita jadikan tempat kuliner malam. Namanya nanti mungkin Minangkabau Street Food,” kata Erman usai menyambut kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Rabu malam (21/4/2021).

Disampaikan, optimalisasi objek wisata yang ada, selama ini cuma ada pada siang hari, bakal diciptakan bisa dirasakan pengunjung hingga tengah malam.

“Kita akan mencoba menciptakan bagaimana objek wisata yang ada ini, bisa beroperasi sampai malam hari. Tentunya dengan perubahan konsep, yaitu dengan memaksimalkan konsep kuliner di Kota Bukittinggi,” paparnya.

“Dengan pembangunan stasiun yang akan diubah menjadi stasiun dengan tema yang lebih menarik dan lebih higienis, serta mulai dari depan KFC sampai di simpang di bawahnya itu sebagai tempat kuliner malam, bisa menjadi nilai tarik tersendiri bagi wisatawan,” ungkapnya.

Menurut dia, kehadiran beberapa titik pusat kuliner dengan tema yang lebih menarik dan lebih higienis itu, nantinya bisa menampung beberapa kuliner tradisional di kota Bukittinggi.

“Kuliner yang ada yakni di Kampung Cina dan di Sudirman, untuk Street Food lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, di sepanjang jalan depan Niagara sampai dengan bank BNI,” ungkapnya.

Ia mengatakan, konsep-konsep yang dibangun, akan sama seperti Malioboro. Artinya, konsep Malioboro di Yogyakarta akan dipindahakan 100 persen, namun untuk kota Bukittinggi akan ada penambahan panggung seninya.

Dengan demikian itu, sebut Kader Partai Gerindra ini, bakalan bisa menjadi generator untuk kota Bukittinggi, sehingga orang bisa bertahan sampai pukul 24.00 WIB, bahkan bisa hingga pukul 2.00 WIB dini hari.

“Tentunya di masa pandemi covid-19, kita akan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Terpenting sekali semuanya tetap berlandaskan dengan filosofi “Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah,” tegasnya.

Kehadiran Kemenparekraf, Sandiaga Uno ke Bukittinggi, Erman berharap, dengan kunjungan tersebut bisa sebagai percepatan dalam program pemulihan ekonomi di sektor ke pariwisataan di kota Bukittinggi.

Selain itu, harapan Erman, diharapkan juga akan ada program-program dari pusat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, yang akan dijalankan di kota Bukittinggi, termasuk bagian dari menindaklanjuti proposal yang sudah dimasukkan ke Kemenparekraf. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat – siarminang.net

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Percakapan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di group internal ASN dilingkungan pemerintah kota (Pemkot) setempat, yang isinya menyentuh perasaan beredar luas di jejaring sosial.

Isi percakapan yang telah discreenshot didapatkan media ini, Selasa (20/4/2021), meminta perangkat pemerintahan terbawah agar menanyakan keadaan masyarakat, masih ada berasnya atau tidak, serta sudah makan atau belum.

Berikut kalimat dari pesan Erman Safar beredar yakni, Faktor ekonomi biasanya pak haji. Pelajaran untuk kita semua. Kalau iya karena miskin dia bunuh diri. Siap-siap untuk pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Selanjutnya, kalimat dari Erman Safar membuat yaitu, besok lurah dan camat, telusuri pemukiman miskin, pakai motor, tanya keadaan mereka. Tanya berasnya masih ada tidak. Tanya alah (sudah, red) makan atau belum. Jalankan besok.

Potongan kalimat tersebut sudah bisa diprasangkakan sebuah perintah. Rupanya Erman Safar membuat kalimat seperti itu terkait adanya seorang pria warga Bukittinggi diduga bunuh diri karena permasalahan rumah tangga.

Pria berinisial DB (48) itu, ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri dalam rumah, di Kelurahan Manggis Ganting, Kota Bukittinggi.

Korban bunuh diri diduga persoalan rumah tangga, diperkuat dari keterangan Kapolsek Bukittinggi, AKP Dedy Adriansyah Putra.

“Bahwa korban meninggal akibat bunuh diri diduga adanya permasalahan dengan istrinya,” kata Kapolsek ke wartawan pada, Senin (19/4/2021).

Pada isi percakapan Erman Safar selanjutnya, membuat kalimat berupa, Target awal makan se (saja, red) dulu. Jan ado nan ndak makan (Jangan ada yang tidak makan, red).

Kalau ada warga yang tidak makan, saya beri sanksi pada lurahnya. Ada Baznas, ada Dinsos, ada dana CSR, ada saya dan ada wawa. Pantau waga kita. Jangan mengharapkan info dari RT dan RW saja. Keliling foto kirim ke sini.

Demikian sepenggal kalimat Erman Safar di group internal ASN tersebut beredar. Bisa jadi wako Erman Safar mengeluarkan kalimat seperti itu, tujuannya tidak ada lagi kasus sama dikemudian hari lagi, makanya lurah sebagai garda terdepan diminta pantau warga, dengan jangan mengharapkan info dari RT dan RW saja.

Untuk diketahui, korban bunuh diri tersebut ditemukan pada Senin sore sekitar pukul 18.30 WIB. Ketika itu korban ditemukan tergantung di pintu kamar dengan menggunakan kabel sepanjang satu meter.

Kejadian dilaporkan ke polisi. Setelah diperiksa, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Namun dari handphone korban diketahui bahwa dia sempat pamit kepada istrinya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – siarminang.net

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu.

Pendaftaran dalam program BPUM tersebut, dibuka sampai 21 April 2021. Mereka yang memenuhi kriteria, akan mendapat bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp1.2 juta.

Demikian informasi yang diambil pada, Kamis (15/4/2021), di facebook Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, diposting sehari lalu.

Program BPUM ini diperuntukkan bagi usaha mikro, untuk lebih meningkatkan usaha mereka kembali.

Dengan adanya bantuan tersebut, akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha, akibat dari dampak covid-19 tersebut.

Sejak pandemi covid-19, telah berdampak dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah menyiapkan program BPUM, supaya mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah krisis yang diakibatkan pandemi covid-19.

Untuk pendaftaran BPUM, bisa melalui kelurahan dan kecamatan tempat tinggal masing-masing, dengan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Kriteria yang harus dipenuhi, belum pernah mengajukan BPUM tahun sebelumnya, warga negara Indonesia (WNI), mepunyai e-KTP, memiliki usaha mikro dengan bukti surat usulan dari pengusul beserta lampiran.

Selain itu, juga bukan sebagai ASN, TNI/ Polri, pegawai BUMN atau BUMD dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara untuk dokumen yang harus dipenuhi berupa, foto copy KTP, foto copy kartu keluarga (KK), foto copy NIB/ IUMK/ SKU dan foto tempat usaha. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer