Connect with us

Limapuluh Kota

Peringatan Hari Bela Negara ke 72 Digelar Online dan Ofline – siarminang.net

Peringatan Hari Bela Negara ke 72 Digelar Online dan Ofline – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,-Upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-72 tahun 2020 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (19/12) berlangsung khidmat dan lancar. Peringatan hari bersejarah itu dilaksanakan secara online dan offline di auditorium Monumen Bela Negara di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Kabupaten Limapuluh Kota.

Acara diawali dengan menyaksikan upacara tingkat nasional secara virtual. Berikutnya dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara secara offline dengan inspektur upacara Kasrem 032/ Wira Braja diwakili Kasipers Rem 032/WBR Kol. Inf. Ade Eka Putra, S.IP.

Dalam upacara hari bersejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia tersebut, naskah Pancasila dibacakan inspektur upacara. Sedangkan pembacaan Ikrar Bela Negara dilakukan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Forum Bela Negara Provinsi Sumbar H. Mahyeldi Ansyarullah, S.P.

Peringatan Hari Bela Negara yang bertemakan “Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul” itu ikut dihadiri Asisten Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa (Kemenkopolhukam) Brigjen TNI Rufbin Marpaung, para pejabat Pemprov Sumbar, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, serta unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD Kabupaten Limapuluh Kota dan berbagai elemen masyarakat. Selain itu juga hadir calon bupati Limapuluh Kota terpilih Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan mantan bupati Alis Marajo.

Acara dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan pembagian handsanitizer kepada para peserta upacara.

Sebelumnya pada upacara tingkat nasional secara virtual, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dalam amanatnya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa dalam mempertahankan NKRI. Mengenang kembali pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, sekaligus untuk menguatkan kembali keyakinan akan pentingnya persatuan dan kesatuan, semangat pantang menyerah, kebersamaan dan gotong royong untuk mempertahankan serta menjaga keutuhan NKRI.

Dikatakan, bela negara merupakan hak dan kewajiban konstitusional seluruh warga negara Indonesia.

“Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari berbagai ancaman,” papar Prabowo.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Limapuluh Kota

IKM Baruah Gunuang Terbentuk – siarminang.net

IKM Baruah Gunuang Terbentuk – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang ini di inisiasi oleh Abdul Hamid, Haris Abdul Yamin, Diah Nawang Wulan dengan beberapa rekan mahasiswa lainnya di Nagari Baruah Gunuang.

Kegiatan gathering ini diadakan di Aula Kantor Nagari Baruah Gunuang, Kec. Bukik Barisan, Kab. Lima Puluh Kota, pada hari Minggu ( 25/7) siang.

Tujuan dibentuknya ikatan keluarga mahasiswa ini tak lain untuk mempererat hubungan persaudaraan dan komunikasi antar sesama mahasiswa se Nagari Baruah Gunuang. Harapan lainnya, Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang ini juga menjadi suatu wadah untuk menampung seluruh aspirasi mahasiswa tentang informasi akademik, khususnya calon mahasiswa baru. Himpunan ini perlu dibentuk agar “chek dan balances” berjalan dengan baik.

Selain dari pada itu, pembetukan ikatan kelurga mahasiswa ini menjadi penting untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap kemajuan nagari menjadi lebih baik.

Menurut Haris Abdul Yamin selaku ketua terpilih Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

“Ikatan keluarga mahasiswa ini dibentuk untuk mewadahi semangat mahasiswa yang selalu ingin aktif berkegiatan, selain itu membantu pihak kenagarian dalam mutu untuk kemajuan Nagari Baruah Gunuang”. ( ABD)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur – siarminang.net

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur – Beritasumbar.com

Lima Puluh Kota,siarminang.net, – Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Rabu (14/7/2021) adalah hari terakhir penugasan TMMD/N ke 111 yang ditandai dengan ditutupnya secara resmi kegiatan TMMD/N oleh Kasiter Rem 032/wbr Kolonel Kav Husnizon, S.I.P di Aula Kantor Bupati Kabupaten 50 Kota.

Di hari akhir penugasan ini, Anggota Satgas mengunjungi warga untuk mengucapkan salam perpisahan karena telah selesainya rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111. Anggota Satgas TMMD merasa berat untuk mengakhiri kegiatan ini, mengingat banyaknya kegiatan yang tekah dilakukan bersama masyarakat Nagari Talang Maur. Dan kedekatan yang terjalin pun sudah sangat erat.

Dari pihak warga, mereka mengungkapkan bahwa mereka akan sangat merasa kehilangan setelah kepulangan anggota Satgas dari panugasan TMMD/N ke 111 ini. Telah banyak jasa yang diberikan anggota Satgas untuk Nagari Talang Maur yang membuat eratnya tali silaturahim yang terjalin. Warga sangat berterima kasih atas semua tenaga dan waktu yang telah di korbankan oleh anggota satgas selama mewujudkan kemanunggalan bersama warga.



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan – siarminang.net

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan – Beritasumbar.com

Lima Puluh Kota,siarminang.net, – Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Rabu (14/7/2021) merupakan hari penutup kegiatan TMMD/N ke 111 yang dilakukan di Nagari Talang Maur. Di hari terakhir ini Wali Nagari Talang Maur menghadiahkan jamuan khusus untuk Anggota Satgas di salah satu warung makan di Nagari Talang Maur. Dalam jamuan yang digelar ini, Bapak Efendi menyampaikan beberapa kata yang ditujukan untuk anggota satgas yang sebentar lagi akan pergi meninggalkan Nagari Talang Maur.

“Jamuan ini adalah jamuan terima kasih dan perpisahan untuk anggota Satgas karena rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah berakhir pada hari ini,” ungkap Bapak Efendi.

Anggota Satgas yang dijamu pun merasa terharu dan juga senang dengan apa yang dilakukan oleh Wali Nagari Talang maur beserta warga masyarakat selama mereka melakukan bakti di Nagari ini. Mereka berharap semua yang telah mereka lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat Nagari Talang Maur dan bisa memajukan Nagari.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer