Connect with us

Politik

Pjs Bupati Solsel Sidak Ke RSUD Muaro Labuah – siarminang.net

Pjs Bupati Solsel Sidak Ke RSUD Muaro Labuah – Beritasumbar.com

Solok Selatan – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah di Muara Labuh, Selasa (20/10).

Di rumah sakit, Jasman meninjau satu persatu ruangan mulai dari IGD, Ruang Pelayanan Pasien, hingga ruangan khusus pasien positif covid-19.

Di ruangan pelayanan pasien, Jasman meminta petugas rumah sakit agar tidak membiarkan pasien menumpuk dalam satu ruangan dan menghimbau agar dilakukan fisikal distancing.

Ia mengatakan, kondisi seperti itu akan membahayakan apabila ada orang yang terpapar covid-19.

“Ini sangat rawan, jangan biarkan masyarakat kita menumpuk disini, kita tidak tahu apakah ada dianatara mereka yang terpapar, kalau ada yang terpapar tentu akan membahayakan bagi masyarakat kita yang lain disini” tegasnya dihadapan Kabag TU RSUD Muara Labuh, Fetri.

Beranjak ke ruangan IGD, Jasman memerintahkan agar letak tempat membuang sampah yang berada di tengah-tengah ruangan.

Ia meminta agar di letakkan di luar ruangan dan apabila masih membutuhkan tempat sampah yang lebih besar, untuk meminta ke dinas lingkungan hidup.

Jasman juga menyampatkan diri meninjau ruangan isolasi covid-19. Dan berkomunikasi dengan dokter di RSUD yang mengeluh kekurangan tenaga medis.

Menanggapi hal tersebut, ia secara langsung menginstruksikan kepala dinas kesehatan Solok Selatan, untuk memperbantukan tenaga-tenaga medis yang berada di puskesman ke RSUD. Hal itu katanya akan sangat efektif jika dibandingkan akan melakukan rekrutmen tenaga medis lagi yang membutuhkan waktu lama, sementara hal ini urgent dan harus cepat ditindak lanjuti.(humas)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang – siarminang.net

Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Pada hari jum’at (27/11) Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari Pasar Rabu Tani – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (PRT – KMDM), Tim Pusat Tanggap Bencana (PTB) LPPM Unand, serta dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang.  Berdasarkan data di Instagram  @pandemictalks pada tanggal 27 Nov 2020 Indonesia berhasil memecahkan dua rekor sekaligus terkait jumlah kasus harian COVID-19 yang telah menembus angka 5.828 kasus dalam sehari dan angka kematian harian sebanyak 169 orang. Sehingga apabila di kalkulasi berarti setiap jam ada 242 kasus baru ada 7 orang Indonesa meninggal karena COVID-19.

Data tersebut membuktikan masih sangat diperlukannya menumbuhkan kesadaran berbagai elemen masyarakat agar lebih peduli terhadap COVID-19 baik kepada dirinya sendiri dan orang lain dalam mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19. Salah satu kelompok yang berisiko tinggi tertular infeksi COVID-19 adalah anak usia sekolah/TPA.  Berdasarkan hasil observasi langsung di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Amanah Bandarasah, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, hampir sebagian besar anak TPA tidak memakai membawa dan tidak memakai masker.

Data ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Mansur dkk (2020), yang menyatkan bahwa kurangnya pemahaman masih menjadi permasalahan pada anak usia sekolah mengenai gejala COVID-19 dan masih rendahnya sikap anak dalam  upaya perlindungan diri terhadap pandemic. Kondisi ini berpotensi meningkatkan risiko penularannya terhadap anak-anak. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa edukasi adaptasi kegiatan baru dalam menghadapi COVID-19 bagi anak TPA  sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pencegahan terhadap COVID-19 pada anak-anak.

Sebelum melakukan kegiatan pengabdian, tim datang sebelum waktu solat ashar, sebelumnya tim juga berdiskusi dengan salah satu ustadzah di TPA tersebut tentang kondisi masyarakat di sekitar TPA. Tim kemudian melaksanakan ibadah solat ashar terlebih dahulu. Setelah itu acara dibuka oleh Virtuous Setyaka dari PRT KMDM, kemudian dilanjutkan dengan edukasi tentang virus korona, tanda dan gejala, cara pencegahannya yang meliputi mencuci tangan, memakai masker.

Pengabdi menggunakan metode bercerita sambil diselingi kegiatan tanya jawab untuk meningkatkan keterlibatan santri dalam kegiatan penyuluhan.  Penyajian materi dilakukan dengan media banner.  Para Santriwan dan santriwati juga diajak untuk mendemonstrasikan cara mencuci tangan dengan benar.  Edukasi New Normal yang disampaikan oleh Said seorang Mahasiswi Prodi S-1 Keperawatan Unand dengan mengajak para Santri TPA untuk menerapkan gaya hidup baru di era new normal yanitu dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau yang dikenal dengan istilah 3 M. Santri TPA terlihat sangat senang mengikuti kegiatan pendidikan kesehatan tentang COVID-19, santri terlihat sangat antusias.  Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pembagian Paket Sedekah Pangan segar, sehat, dan ramah lingkungan untuk  54 Santri, lima orang Guru, dan seorang Kepala TPA yang dihimpun dari para donatur. 

Ketika mulai dibagikan, diiringi doa dari para Santri untuk para donatur agar senantiasa dilapangkan rezkinya, diberikan kesehatan, serta keselamatan. Sebelum acara ditutup, salah seorang dosen dari Bagian Maternitas Anak yaitu Ns. Arif Rohman Mansur, S.Kep., M.Kep memberikan beberap quiz untuk para Santri, bagi yang berhasil menjawab akan diberikan “Komik Edukasi COVID-19”, sebanyak lima eksemplar komik berhasil didapatkan oleh lima orang Santri TPA. Komik tersebut juga sebagai salah satu media edukasi yang terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan COVID-19. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengingatkan semua pihak tanpa terkecuali agar tetap waspada terhadap penyakit COVID-19 karena virus korona masih ada dan nyata walupun saat ini kita sudah masuk di era new normal.

Penulis: Arif Rohman Mansur

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.



Sumber

Baca Selengkapnya

Payakumbuh

Vanny Vabiola Pukau Pengunjung Pasar Ekraf 2020 – siarminang.net

Vanny Vabiola Pukau Pengunjung Pasar Ekraf 2020 – Beritasumbar.com

Payakumbuh,siarminang.net– Pasar ekonomi kreatif (Ekraf) 2020 yang digelar di Agam Jua Art and Culture Cafe, Kawasan Batang Agam pada hari ke tiga belas kedatangan tamu spesial artis kondang minang pada Sabtu (28/11).

Adalah Vanny Vabiola yang tampil memukau pengunjung di gelaran iven yang didanai APBD Pemprov Sumatera Barat dan dilaksanakan oleh Masyarakat Peduli Seni Budaya (MPSB) Kota Payakumbuh.

Bahkan, Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi sempat berduet dengan artis minang asal Kota Padang yang bersuara tinggi tersebut.

“Uni Vanny biasanya aktif di youtube, mengcover lagu-lagu yang hits di zamannya, sekarang dihadirkan di Pasar Ekraf 2020, tentu rasa penasaran orang-orang dengan sosoknya dapat terobati dengan tampil disini,” kata Deni Rianto, Ketua Pantia. Mengingat situasi saat ini sedang dalam penanganan dan proses adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19, Prokes wajib diikuti Pengunjung Pasar Ekraf 2020 ini.

Vanny Vabiola pun menyampaikan apresiasi dengan telah diundang dalam iven ini, dirinya juga mempersembahkan lagu berjudul Guru Urang Maimbaunyo, Ciptaan Husin Daruhan. Menceritakan seorang anak manusia yang berjuang dari bawah. Hingga menjadi orang besar di Sumatera Barat.

“Saya sangat senang tampil ini, merasakan makanan khas bundo kanduang 10 nagari di Payokumbuah. Lagu yang khusus berjudul Guru Urang Maimbaunyo ini diharapkan ada pelajaran yang bisa diambil, yaitunya sosok yang diceritakan dalam lagu menjadi motivasi bagi generasi muda, kegigihan, komitmen, dan semangat juangnya membuatnya berhasil,” tutur Vanny. (tim)



Sumber

Baca Selengkapnya

lapangan olah raga

Awal Bulan Depan Lapangan Olahraga Terbuka “Payakumbuh Bugar” Sudah Boleh Dipakai, Begini Cara Pemesanan Lapangannya – siarminang.net

Awal Bulan Depan Lapangan Olahraga Terbuka "Payakumbuh Bugar" Sudah Boleh Dipakai, Begini Cara Pemesanan Lapangannya – Beritasumbar.com

Payakumbuh ,siarminang.net,– Payakumbuh Bugar adalah nama dari Lapangan Olahraga Terbuka milik Pemko Payakumbuh yang berada di kawasan Padang kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara. Lapangan olahraga terbuka megah itu telah selesai dibangun dan dikerjakan dengan biaya sebesar Rp. 4.593.594.000, berasal dari dana APBD Payakumbuh 2020 diatas tanah seluas 1,5 Hektar.

Ada lapangan futsal dengan rumput sintetis berstandar FIFA, ada lapangan Voli, dan lapangan Basket yang berstandar nasional. Ditambah sarana batu refleksi, fitnes outdoor, dan jogging trek dengan beberapa spot yang dapat memanjakan para pecinta foto selfie.

Wali Kota Riza Falepi saat meninjau kesiapan lapangan itu bersama Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Delni Putra, Sabtu (28/11) menyebut lapangan serbaguna ini sudah boleh dimanfaatkan pada Selasa, 1 Desember 2020.

“Ini sekarang kita gratiskan bagi yang mau main, silahkan melapor ke sekretariatnya di pasar Padang Kaduduak tanggal 1 Desember nanti, sudah ada orang yang bakal mengurus dan menentukan jadwal mainnya,” kata Riza.

Riza juga berpesan kepada yang ingin menikmati fasilitas ini agar bersama-sama menjaga dan memanfaatkan dengan baik. Jangan sampai aset milik bersama yang sudah dibangun ini dirusak oleh tangan jahil begitu saja.

“Mari dijaga sarana publik kita ini. Silahkan atur jadwal permainannya, boleh tim olahraga anak-anak muda, remaja, hingga dewasa. Nanti bisa hubungi sekretariatnya, mereka yang bakal mengatur jadwal siapa saja yang bakal main di 3 lapangan itu,” kata Riza.

Riza juga berpesan agar di area lapangan olahraga jangan sampai ada yang merokok.

“Merokok di luar, jangan di area Lapangan Payakumbuh Bugar, apalagi kalau sampai di dalam lapangan,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pemuda dan Olahraga Delni menyampaikan pada 1 Desember 2020 di pagi hari ada pertandingan eksibisi pejabat pemko yang diminta oleh wali kota untuk mencoba lapangan olahraga terbuka itu.

“Setelahnya sekitar pukul 11.00 WIB, bagi yang ingin mencoba keseruan bermain di lapangan sudah bisa ke sekretariat mengatur jadwal mainnya,” kata Delni. (Humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer